Cara Merawat dan Membersihkan Tas Kulit Asli dengan Mudah

Jenis Tas Kulit
Photo by Álvaro Serrano on Unsplash

Temukan cara merawat dan membersihkan tas kulit asli dengan mudah, menjaga keindahan dan ketahanannya agar tetap terlihat seperti baru.

Cara merawat dan membersihkan tas kulit asli sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya saja banyak yang malas melakukannya. Ini bisa jadi sangat merugikan, mengingat harga jenis tas tersebut yang relatif mahal.

Semakin sering tas dirawat, daya tahannya pun semakin lama. Sebaliknya jika jarang dirawat, jangan berharap barang aksesoris tersebut awet. Tidak dapat di pungkiri bahwa tas kulit masih menjadi idaman bagi banyak orang, terutama pecinta fashion.

Dengan menggunakan jenis tas ini, penampilan pun semakin trendi dan classy. Tidak hanya itu saja, anda pun terlihat elegan saat mengenakannya. Apalagi model yang ditemukan saat ini bervariasi, dapat disesuaikan dengan outfit dan acara.

Jenis Tas Kulit

Jenis Tas Kulit
Photo by Álvaro Serrano on Unsplash

Sebelum membahas mengenai cara merawat tas kulit dan juga membersihkannya, tidak ada salahnya kita ketahui terlebih dahulu jenis-jenisnya.

Tidak terlalu banyak pilihan, jadi untuk memiliki salah satunya pun tidak membingungkan. Berdasarkan bahannya, tas kulit terbagi menjadi dua macam, yakni dari hewan asli dan kulit sintetis.

Tas Kulit Asli

Jenis yang pertama adalah dengan bahan kulit asli hewan, misalnya buaya, ular, sapi, dan domba. Jenis tas ini sangat awet dan lebih mudah dalam perawatannya, namun harganya jauh lebih mahal.

Setiap kulit hewan mempunyai kelebihan masing-masing. Misalnya sapi yang dikenal awet dan tahan lama, juga tidak mudah rusak dalam bentuk apapun.

Kemudian ada kulit domba, dimana lebih tipis dari kulit sapi. Namun jenis kulit ini lebih halus dan lembut dengan permukaan yang lebih merata.

Baca Juga:  15 Merek Tas Carrier Terbaik dengan Kapasitas Besar

Kulit ular banyak dijumpai sebagai bahan aksesoris, termasuk tas. Kelebihannya yakni lebih elastis dari jenis kulit lainnya. Jika anda ingin tampilan unik, kulit buaya dapat dijadikan pilihan utama.

Tas Kulit Sintetis

Tidak hanya kulit hewan asli yang dijadikan sebagai tas kulit, namun juga bahan sintetis. Bahan ini menyerupai kulit asli, namun tidak menggunakan kulit hewan seperti jenis sebelumnya.

Bahan-bahan yang umum digunakan dalam pembuatan tas kulit sintetis antara lain poliuretan (PU) dan polivinil klorida (PVC).

Jenis tas ini sering kali dipilih sebagai alternatif untuk tas kulit hewan karena lebih ramah lingkungan dan juga lebih terjangkau secara finansial.

Meski bukan kulit asli, beberapa produk membuatnya lebih detail sehingga mirip kulit hewan tertentu. Harganya memang lebih murah, namun dari segi ketahanan tidak terlalu bagus.

Cara Merawat Tas Kulit Asli

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, saatnya kita membahas bagaimana cara merawat tas kuli asli. Kali ini kita tidak membahas jenis tas kulit sintetis, hanya saja beberapa cara yang diberikan nantinya tidak jauh berbeda.

Sebagaimana yang disebutkan tadi, sebenarnya tidak sulit merawatnya agar tampilan tetap terlihat baru dan tahan lama.

1. Jauhkan dari Sinar Matahari dan Air

Saat menggunakan tas untuk keperluan di luar ruangan, usahakan tidak terlalu lama terkena paparan sinar matahari. Bukan tanpa alasan, karena hal tersebut dapat menyebabkan warna tas kusam dari sebelumnya.

Sinar UV sangat berbahaya bagi bahan yang terbuat dari kulit. Anda dapat menutupinya dengan plastik atau kain untuk menghindari cahaya.

Selain sinar matahari langsung, hindari juga terkena air. Baik air hujan atau lainnya, keduanya dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang dapat merusak tas kulit.

Jangan menyimpan tas pada ruangan yang lembap, karena itu sama saja dengan terkena air. Jenis tas ini sebaiknya tidak dicuci dan usahakan selalu dalam kondisi kering.

2. Langsung Bersihkan Jika Terkena Noda

Cara merawat tas kulit asli selanjutnya yakni segera bersihkan jika terkena noda. Kulit asli sangat rentan terhadap noda karena bahannya mudah menyerap.

Semakin lama noda tersebut menempel, biasanya semakin sulit dibersihkan. Beberapa jenis noda yang perlu diperhatikan yakni darah dan tinta, segera usap dengan pembersih khusus dan keringkan.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Tas Kulit Wanita Model Terbaru dan Elegan

3. Beri Bubble Wrap Agar Bentuknya Terjaga

Tidak selamanya tas kulit anda selalu terjaga bentuknya seperti saat pertama kali membeli. Artinya, lambat laun bentuk tas akan berubah jika salah dalam perawatannya.

Meski tidak dapat mempertahankan bentuk selamanya, namun penggunaan bubble wrap sedikit membantu menjaga bentuk seperti aslinya. Bukan pada bagian luar tas, melainkan di bagian dalamnya. Cara ini juga hanya dilakukan apabila tas tidak dipakai

 Sebaliknya jika anda ingin menggunakannya, keluarkan bubble wrap dan isi dengan barang sesuai kebutuhan. Apabila tidak memiliki bahan tersebut, menggunakan bag pillow juga dapat dijadikan alternatif.

4. Jangan Menyimpan dengan Cara Ditumpuk

Jangan ditumpuk, ini adalah cara merawat tas kulit yang paling efektif. Namun sayang, ternyata hingga saat ini masih banyak yang melakukannya.

Tas yang ditumpuk secara otomatis mendapatkan beban, yang mana hingga pada akhirnya dapat mengubah bentuknya. Selain itu, hindari juga menyimpan dengan cara menggantung.

Kedua cara ini paling sering digunakan oleh mereka yang memiliki banyak tas. Cukup beralasan sebenarnya, karena dianggap lebih efektif dan tidak memakan banyak ruang.

Jika untuk jenis tas kain atau lainnya mungkin tidak masalah, namun jangan sekali-kali untuk tas kulit asli. Sebaiknya dalam posisi berdiri dan diletakkan pada rak khusus.

5. Simpan dengan Silica Gel

Silica gel seringkali ditemukan pada produk tas, dompet, atau sejenisnya. Bukan tanpa sebab kenapa produsen memberikan bahan yang mirip butiran kaca tersebut. Fungsinya adalah untuk menjaga kelembaban dan mengatasi jamur.

Jadi jika anda membeli tas kulit dan di dalamnya terdapat sachet bersisi bahan tersebut, sebaiknya jangan dibuang. Lalu bagaimana jika telanjur dibuang, tidak ada cara lain kecuali anda harus membelinya.

Pasalnya, ini adalah salah satu cara merawat tas kulit asli agar lebih awet dan tahan lama. Dengan menghindari kondisi lembap, jamur pun tidak mudah tumbuh. Namun sebaiknya perlu diperhatikan dalam penyimpanannya, karena bahan ini tidak aman untuk anak-anak.

6. Masukkan dalam Dust Bag Jika tidak Digunakan

Penggunaan tas kulit tentunya tidak setiap hari, mengingat harganya yang mahal sehingga hanya untuk acara tertentu saja. Selain itu, sebagian yang memang harus menggunakan jenis tas ini biasanya punya lebih dari satu.

Baca Juga:  10 Merk Sepatu Pantofel Formal Terbaik untuk Wanita

Apabila dalam jangka waktu lama tidak dipakai, sebaiknya simpan tas dalam wadah khusus saat pertama kali membelinya.

Anda juga dapat menggunakan dust bug khusus yang banyak ditemukan di pasaran. Bisa juga menggunakan pouch kain jika ingin irit karena harganya lebih murah.

Tujuan dari penyimpanan dengan cara ini yaitu untuk menghindari penumpukan debu. Sesekali anda dapat mengeluarkannya agar mendapatkan udara masuk dan mencegah kondisi lembap.

7. Oleskan Lotion

Supaya tas kulit terlihat selalu mengkilap, jangan lupa oleskan lotion. Bukan sembarang lotion tentunya, melainkan khusus untuk produk tas kulit.

Cara ini juga dapat diaplikasikan hanya saat sedang digunakan. Selain tampak mengkilap, penggunaan lotion juga dapat menjaga kelenturan dan warna aslinya.

Cara Membersihkan Tas Kulit Asli

Cara Membersihkan Tas Kulit Asli
Photo by Lina Verovaya on Unsplash

Pembahasan diatas adalah cara merawat tas kulit asli, lalu bagaimana cara membersihkannya? Mengingat jenis tas ini tidak boleh dicuci, maka ada cara khusus yang harus anda ketahui.

Tidak terlalu sulit juga, yang penting butuh kesabaran dan ekstra hati-hati. Berikut adalah beberapa cara yang dimaksud!

Gunakan Cairan Pembersih Khusus

Cara membersihkan tas kuli asli yang paling umum adalah menggunakan cairan pembersih khusus. Untuk merek tertentu, biasanya anda mendapatkan cairan tersebut secara gratis.

Silahkan simpan dan digunakan saat dibutuhkan. Jika memang tidak, ada banyak toko online yang menjualnya, silahkan pilih merek terbaik untuk hasil lebih maksimal.

Pakai Sabun Cuci Muka

Penggunaan detergen pada tas kulit asli tidak disarankan karena dapat menyumbat pori-pori. Dimana nantinya, permukaan tas mudah rusak dan merusak warna aslinya.

Sebagai gantinya, anda dapat menggunakan sabun cuci muka karena relatif aman. Campur dengan air, kemudian masukkan dalam botol spray dan semprotkan merata.

Bersihkan Permukaan dengan Kain

Jika hanya sekedar membersihkan noda pada permukaan tas, caranya sangat mudah. Cukup gunakan kain yang teksturnya tidak kasar untuk menghindari lecet.

Cara ini juga dapat dilakukan setelah anda menyemprotkan campuran air dengan sabun cuci muka. Untuk hasil lebih maksimal, pastikan menggunakan kain microfiber yang lebih lembut.

Bagaimana, cukup mudah bukan bagaimana cara merawat dan membersihkan tas kulit asli agar lebih awet dan warnanya tidak mudah pudar. Semua cara diatas juga efektif agar bahan tidak mudah mengelupas. Jika anda merasa artikel ini menarik dan bermanfaat, tidak ada salahnya berbagi tips pada teman dengan cara membagikannya.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Nikeisha

Nikeisha suka bepergian, fotografi dan pastinya makanan enak. Dia paling sering bersama dengan laptopnya, menulis apa saja yang muncul dibenaknya.