15 Cara Menambah Nafsu Makan yang Aman dan Makin Sehat

Temukan berbagai cara aman dan efektif untuk meningkatkan nafsu makan Anda, sehingga membantu Anda mendapatkan asupan nutrisi yang lebih baik untuk kesehatan yang optimal.

Nafsu makan yang sehat dan cukup penting untuk menjaga keseimbangan nutrisi tubuh. Makanan merupakan sumber utama energi dan nutrisi yang diperlukan untuk menjalankan fungsi tubuh yang optimal.

Bagi anda yang kesulitan menambah bera badan, sebenarnya ada cara menambah nafsu makan yang aman supaya tubuh tetap sehat dan terjaga. Setiap nutrisi memiliki peran penting dalam menjaga fungsi tubuh yang sehat.

Protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral yang terdapat dalam makanan harus dikonsumsi dalam jumlah yang tepat agar tubuh dapat bekerja dengan baik.

Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan masalah kesehatan, penurunan energi, dan kekebalan tubuh. Setelah mengalami penyakit atau cedera, nafsu makan yang baik sangat penting untuk pemulihan yang cepat dan optimal.

Tubuh membutuhkan lebih banyak energi dan nutrisi selama masa penyembuhan. Jika seseorang kehilangan nafsu makan atau dalam jumlah yang kurang, pemulihan dapat menjadi lebih lambat dan risiko komplikasi bisa meningkat.

1. Mengatur Jadwal Makan

Mengatur Jadwal Makan
Photo by Ella Olsson on Unsplash

Cara menambah nafsu makan yang aman pertama adalah mengatur jadwal makan. Pola makan yang teratur membantu menjaga tingkat energi yang stabil sepanjang hari, meningkatkan pencernaan, mengoptimalkan penyerapan nutrisi, dan memelihara berat badan yang sehat.

Selain itu, cara ini juga sangat efektif untuk mencegah rasa lapar yang berlebihan. Ketika kita melewatkan makanan untuk waktu yang lama, tubuh akan merasa lapar yang berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan pola makan yang tidak seimbang. Maksudnya, anda akan meningkatkan porsi makan pada saat itu sehingga kurang menyehatkan.

2. Konsumsi Asam Folat

Photo by Silvia on Pixabay

Asam folat, juga dikenal sebagai vitamin B9, adalah nutrisi penting yang berperan dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk pembentukan sel-sel darah dan fungsi sistem saraf. Meskipun asam folat sendiri tidak secara langsung meningkatkan nafsu makan, kekurangan asam folat dapat menyebabkan anoreksia atau hilangnya nafsu makan.

Jika Anda mengalami penurunan nafsu makan dan ingin meningkatkannya, asam folat bisa membantu dalam situasi di mana defisiensi nutrisi menjadi penyebabnya. Namun penting untuk diketahui, bahwa peningkatan nafsu makan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, dan bukan hanya karena defisiensi asam folat.

Baca Juga:  11 Jenis Makanan Sehat Penambah Imun Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

3. Makan dengan Porsi Kecil tapi Sering

Makan dengan Porsi Kecil tapi Sering
Photo by Ella Olsson on Pexels

Sebagian orang menganggap bahwa kepuasan adalah hal yang utama dalam hal makanan. Tidak jarang ditemui mereka yang mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak sekaligus, kemudian berjam-jam kemudian tidak lagi makan. Padahal hal ini justru menurunkan nafsu makan, selain itu juga tidak menyehatkan.

Makan dengan porsi kecil merupakan salah satu cara menambah nafsu makan yang aman dan tetap sehat. Dengan cara ini, beberapa waktu lagi anda pun akan merasakan lapar. Lanjutkan dengan mengonsumsi makanan dalam jumlah kecil lagi. Diantara waktu jeda makan ini, anda bisa menambahkan camilan dalam menu harian.

4. Rutin Berolahraga

Rutin Berolahraga
Photo by Sam Moghadam Khamseh on Unsplash

Rutin berolahraga juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan anda. Saat berolahraga, tubuh membakar kalori dan meningkatkan metabolisme. Ini dapat membuat anda merasa lapar dan menginginkan lebih banyak makanan. Tidak harus olahraga berat, justru kali ini disarankan olahraga yang ringan.

Misalnya saja joging, berjalan kaki, berenang, senam, dan lain sebagainya. Cobalah untuk berolahraga sebelum waktu makan utama, misalnya sekitar 1-2 jam sebelum makan. Namun pastikan mengonsumsi makanan yang seimbang dan nutrisi yang cukup setelah berolahraga. Pasalnya, tubuh membutuhkan asupan energi dan nutrisi yang tepat untuk pemulihan otot.

5. Jangan Melewatkan Sarapan

Jangan Melewatkan Sarapan
Photo by Eiliv Aceron on Unsplash

Sarapan adalah waktu makan yang penting dan dapat membantu meningkatkan nafsu makan sepanjang hari. Banyak orang yang kehilangan nafsu makan ketika melewatkan waktu sarapan. Hal ini cukup berbahaya, karena nantinya dapat menyebabkan berbagai gangguan penyakit, terutama gangguan lambung dan pencernaan.

Tidak hanya sarapan, namun anda harus memastikan asupan yang kaya akan nutrisi. Pilih makanan yang mengandung protein, karbohidrat kompleks, serat, vitamin, dan mineral. Contohnya telur, oatmeal, roti gandum, yogurt rendah lemak, buah-buahan, atau sayuran segar. Supaya tidak bosan, silahkan membuat variasi makanan yang berbeda setiap harinya.

6. Mengkonsumsi Vitamin K

Mengkonsumsi Vitamin K
Photo by Any Lane on Pexels

Mengonsumsi vitamin K juga termasuk salah satu cara menambah nafsu makan yang aman dan cukup efektif. Vitamin K memiliki peran penting dalam pembentukan protein yang terlibat dalam pembekuan darah, kesehatan tulang, dan fungsi seluler. Beberapa sumber makanan yang kaya akan vitamin K1 meliputi sayuran berdaun hijau.

Meskipun tidak ada bukti yang kuat, namun konsumsi yang memadai dapat mendukung fungsi tubuh yang optimal. Sebaliknya jika anda kekurangan vitamin K, maka tubuh lebih mudah lemah dan tidak bertenaga. Namun ad yang perlu diperhatikan, yakni kebutuhan jenis vitamin ini dalam satu hari sekitar 90 mg.

Baca Juga:  15 Menu Makanan Sehat & Bergizi Seimbang yang Wajib Dikonsumsi

7. Siapkan Makanan Favorit Anda

Siapkan Makanan Favorit Anda
Photo by Ca Creative on Unsplash

Cara menambah nafsu makan yang aman kali ini sepertinya sudah sering anda lakukan. Semua orang pasti memiliki makanan favorit, dimana akan menggugah selera ketika disajikan. Anda bisa menggunakan cara ini, karena dijamin sangat mudah dan siapa saja bisa melakukannya. Buatlah daftar makanan favorit dan pilih beberapa di untuk disiapkan.

Menyajikan makanan dengan cara yang menarik juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Gunakan piring yang menarik, tambahkan hiasan, atau atur makanan dengan tampilan yang menggugah selera. Selain itu, cobalah untuk menghadirkan variasi rasa pada makanan favorit supaya tidak mudah bosan.

8. Gunakan Piring yang Lebih Besar

Gunakan Piring yang Lebih Besar
Photo by Brooke Lark on Unsplash

Mungkin tidak banyak yang berpikiran bahwa menggunakan piring lebih besar ternyata dapat meningkatkan nafsu makan. Hal ini cukup logis, karena makanan yang disajikan pada piring besar terlihat lebih sedikit.

Kesan ilusi didapatkan dengan cara ini dan dianggap efektif bagi banyak orang. Tidak ada salahnya anda mencoba untuk membuktikannya.

9. Mengubah Tekstur Makanan

Mengubah Tekstur Makanan
Photo by Maarten van den Heuvel on Pexels

Kebanyakan mereka yang kehilangan nafsu makan disebabkan oleh tampilan dan rasa yang sama dari makanan yang disajikan. Selain itu, ada juga yang bosan karena tekstur makanan sama. Dengan demikian, mengubah tekstur makanan dapat menjadi strategi yang efektif sebagai cara menambah nafsu makan yang aman dan sehat.

Jika anda biasanya makan tekstur yang lembut, cobalah tambahkan makanan yang renyah atau kenyal. Mengubah metode memasak juga dapat menghasilkan tekstur yang berbeda pada makanan. Misalnya anda dapat menggoreng, memanggang, merebus, atau mengukus makanan untuk mendapatkan hasil yang berbeda-beda.

10. Buat Variasi Bahan Makanan

Buat Variasi Bahan Makanan
Photo by Dan Gold on Unsplash

Ada banyak bahan makanan yang dapat dijadikan menu sehat untuk menambah nafsu makan. Anda bisa memilih beberapa diantaranya yang dianggap paling favorit. Misalnya hanya sayuran dalam satu kali penyajian makanan. Selain itu, bisa juga menambahkan buah dan bahan makanan lain untuk menggugah selera makan.

Cara ini cukup efektif supaya anda tidak merasa bosan dengan bahan makanan yang digunakan. Pastikan setiap bahan makanan mengandung asupan yang dibutuhkan tubuh. Misalnya protein yang bisa didapatkan dari daging, ikan, ayam, telur, tahu, tempe, kacang-kacangan, dan bahan lainnya yang mudah ditemukan di pasar.

11. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi Makanan Sehat
Photo by Pexels on Pixabay

Apapun cara yang anda gunakan, pastikan mengonsumsi makanan yang sehat. Secara tidak langsung, makanan yang sehat juga dapat dijadikan sebagai cara menambah nafsu makan. Bahkan cara ini dianggap paling alami sehingga aman dan tetap menyehatkan. Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi penting, seperti protein, serat, vitamin, dan mineral.

Baca Juga:  15 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan

Contoh makanan sehat yang dapat meningkatkan nafsu makan meliputi ikan, daging tanpa lemak, telur, dan sayuran hijau. Selain itu, buah-buahan, biji-bijian utuh, dan susu atau produk olahan susu rendah lemak juga termasuk jenis makanan yang dimaksud. Supaya hasilnya lebih efektif, hindari olahan makanan yang mengandung gula.

12. Tambahkan Rempah-rempah

Tambahkan Rempah-rempah
Photo by Ratul Ghosh on Unsplash

Bahan herbal atau alam memang dikenal baik untuk menjaga kesehatan. Faktanya, bahan yang dimaksud juga dapat meningkatkan nafsu makan lebih efektif. Anda bisa mencoba menambahkan rempah yang lebih banyak untuk setiap menu masakan yang dibuat. Namun demikian, pastikan tidak mengubah selera rasa yang anda sukai.

Tidak semua rempah dapat dijadikan cara meningkatkan nafsu makan secara alami. Beberapa bahan yang dimaksud diantaranya yaitu jahe, cengkeh, dan kayu manis. Jahe memiliki sifat pemanasan dan merangsang nafsu makan. Sedangkan cengkeh memiliki sifat aroma yang kuat untuk menggugah selera makan.

13. Tingkatkan Jumlah Kalori

Tingkatkan Jumlah Kalori
Photo by Steve Buissinne on Pixabay

Sebagian besar cara yang disebutkan diatas berhubungan dengan makanan yang dikonsumsi. Memang pada dasarnya nafsu makan tergantung dari jenis makanan yang disajikan. Jika menarik dan merupakan makanan favorit, mungkin anda tidak perlu cara lain. Namun faktanya, cara ini masih kurang efektif untuk sebagian orang.

Jika anda mengalami hal demikian, tidak ada salahnya mencoba meningkatkan jumlah kalori. Ada banyak jenis makanan yang mengandung kalori tinggi, seperti daging merah dan telur. Jika perlu, anda bisa menambahkan jenis kalori saat memasaknya. Contohnya adalah memasak telur dan daging menggunakan minyak zaitun atau mentega.

14. Jangan Minum Sebelum Makan

Jangan Minum Sebelum Makan
Photo by Bluewater Sweden on Unsplash

Ada anggapan umum bahwa minum sebelum makan dapat mengurangi nafsu makan seseorang. Namun, pendapat ini tidak selalu berlaku untuk setiap individu. Beberapa orang mungkin merasa kenyang setelah minum banyak cairan sebelum makan, sementara yang lain tidak terpengaruh secara signifikan.

Bagi anda yang terbiasa minum sebelum makan dan kehilangan selera, tidak ada salahnya menggunakan cara ini. Cobalah untuk langsung makan tanpa harus memasukkan cairan kedalam tubuh terlebih dahulu. Apabila anda tidak bisa karena harus minum, maka silahkan kurangi porsi nya menjadi lebih sedikit.

15. Konsumsi Multivitamin

Konsumsi Multivitamin
Photo by Leohoho on Unsplash

Cara terakhir untuk meningkatkan nafsu makan yakni mengonsumsi multivitamin. Tentunya banyak yang sudah tahu akan hal ini, banyak juga produk yang ditemukan di pasaran. Selain memberikan manfaat utamanya, usahakan anda membeli produk yang memberikan manfaat tambahan. Biasanya, manfaat yang dimaksud untuk kesehatan tubuh.

Multivitamin adalah suplemen yang mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral. Bentuknya bervariasi, ada yang serbuk, kapsul, atau bahkan yang siap minum. Namun ingat, jangan pernah menjadikan multivitamin ini sebagai pengganti asupan makanan harian. Makanan utuh yang kaya akan nutrisi masih merupakan sumber nutrisi terbaik.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai bagaimana cara menambah nafsu makan yang aman dan tetap sehat. Jika semua cara yang anda lakukan diatas masih belum membuahkan hasil, sebaiknya konsultasi dengan dokter. Anda akan mendapatkan cara yang lebih efektif sesuai kebutuhan, kondisi, dan masalah tubuh yang sedang dialami.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Nikeisha

Nikeisha suka bepergian, fotografi dan pastinya makanan enak. Dia paling sering bersama dengan laptopnya, menulis apa saja yang muncul dibenaknya.