10 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami yang Mudah Dilakukan

10 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami yang Mudah Dilakukan

Ketombe menjadi salah satu masalah yang membuat banyak orang kesal. Mengingat ketombe menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala yang tak tertahankan. Tak jarang hingga membuat kulit kepala terluka karena digaruk. Penyebab adanya ketombe ini juga sangat beragam dan dari berbagai faktor. Seperti sampo yang tidak cocok atau kulit kepala yang memang kering sehingga menyebabkan ketombe muncul.

Faktor lainnya bisa disebabkan dengan kebiasaan dalam melakukan perawatan pada rambut. Misalnya terlalu sering keramas membuat rambut tidak mempunyai waktu untuk memproduksi minyak alami rambut. Sehingga membuat kulit kepala kering dan juga menimbulkan ketombe. Begitu juga dengan malas untuk keramas, akan membuat minyak dan kotoran menumpuk.

Untuk mengatasi masalah rambut ini, yuk simak ulasan cara untuk menghilangkan ketombe secara alami sebagai berikut.

1. Memanfaatkan Minyak Serai

Minyak Serai

Image Credit: Kompas.com

Minyak Serai bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala. Serai sendiri merupakan tumbuhan herbal yang dikenal untuk berbagai pengobatan seperti untuk mengatasi darah rendah hingga menghilangkan stress. Selain dijadikan bumbu untuk masakan, juga dibuat ekstrak hingga menjadi minyak serai. Minyak inilah yang nantinya bisa digunakan untuk mengatasi adanya ketombe yang ada di kepala anda.

Memiliki kandungan anti peradangan dan juga anti bakteri membuat bahan ini sangat pas untuk menghilangkan ketombe. Meski memang sudah banyak yang membuktikan, anda tetap harus mengetahui cara penggunaannya yang tepat. Minyak serai tidak diperbolehkan untuk langsung digunakan ke rambut, mengingat minyak ini memiliki senyawa iritan yang bisa menimbulkan reaksi ketika langsung dioleskan ke kepala.

Untuk menggunakannya adalah dengan mencampurkan minyak serai pada sampo ataupun condisioner yang dipakai. Tambahkan beberapa tetes saja hingga kemudian pijatkan pada kulit kepala. Sehingga kandungan sampo dan juga minyak bisa menyerap ke dalam kulit dengan maksimal. Selain sampo dan juga konditioner bisa juga mencampurkannya dengan air. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan apakah itu iritasi atau tidak.

Caranya dengan mengoleskan ke kulit dan menunggunya hingga satu jam dan melihat reaksinya. Jika tidak ada reaksi yang berarti seperti gatal dan lainnya anda bisa menyimpulkan jika anda tidak alergi dengan minyak serai. Tapi jika sebaliknya, maka sebaiknya menghindari minyak serai untuk dijadikan bahan alami mengghilangkan ketombe. Selain memakai langsung juga bisa memilih produk yang mengandung minyak serai.

2. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah Buaya

Image Credit: Kanal24.az

Lidah buaya memang menjadi bahan yang bahkan sudah banyak dikenal untuk mengatasi berbagai masalah pada rambut. Lidah buaya sendiri menjadi bahan yang paling mudah untuk ditemukan di sekitar kita. Aloe vera dikenal sebagai bahan alami yang mampu untuk meredakan luka, peradangan hingga penyembuhan luka. Dan hal tersebut tentunya juga berkaitan dengan rambut karena nutrisinya bisa untuk memulihkan jaringan.

Pada tanaman ini, bagian gelnya bisa melembabkan kulit sekaligus bisa untuk memberikan efek sejuk. Mengingat ketombe bisa terjadi akibat kulit kepala yang kering. Aloevera juga bisa membersihkan rambut dan juga kulit kepala dari minyak rambut yang berlebihan. Melindungi sel-sel kulit kepala dari kerusakan karena juga memiliki kandungan antioksidan yang terbilang tinggi. Banyaknya manfaatnya membuat aloevera menjadi penghilang ketombe alami.

Untuk cara penggunaannya juga mudah, yakni dengan langsung mengoleskan bagian gel lidah buaya pada rambut dan juga kulit kepala. Biarkan sekitar 30 menit sampai 60 menit agar gel bisa menyerap ke dalam kulit kepala. Setelah itu baru bilas rambut dengan menggunakan sampo. Selain menggunakan secara langsung juga bisa dicampurkan dengan minyak eukaliptus atau minyak zaitun untuk dijadikan masker rambut anda.

BACA:  10 Penyebab & Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Pada Wanita

3. Menggunakan Garam

Garam

Image Credit: Kompas.com

Bahan dapur yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe di rambut anda adalah garam. Garam bisa digunakan sebagai bahan eksfoliasi alami untuk mengangkat sel sel kulit mati. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya dengan cara menggunakan secara rutin. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan garam sebagai cara atasi ketombe. Anda bisa langsung menggunakan garam dan mencampurkannya dengan sampo.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menggunakan beberapa sendok garam untuk melakukan pijat lembut pada kulit kepala. Setelah itu langsung saja bisa mengaplikasikannya sampo dan mencuci kepala hingga bersih. Garam ini juga bisa dicampurkan dengan beberapa bahan seperti minyak zaitun, lidah buaya, lemon, minyak kelapa dan cuka apel. Cara menggunakannya tentunya hampir sama dengan hanya menggunakan garam dan sampo saja.

Garam menjadi bahan yang sangat mudah ditemui dan memiliki banyak manfaat untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka sebaiknya melakukannya secara rutin. Saat memijat kulit kepala juga sebaiknya tidak terlalu keras mengingat partikel garam bisa dikatakan kasar. Justru bisa menimbulkan luka yang akan membuat kulit kepala perih ketika anda sedang mencuci rambut.

4. Minyak Tea Tree

Minyak Tea Tree

Image Credit: Deherba.com

Ketombe yang membandel bisa dihilangkan dengan menggunakan minyak essensial satu ini. Segudang manfaatnya memang sudah tersohor dan membuat minyak ini menjadi bahan yang sengaja dicampurkan dalam berbagai produk. Selain menggunakan sampo yang mengandung minya tea tree, juga bisa langsung menggunakan bahan ini. Namun tetap harus dicampurkan dengan air maupun dengan sampo untuk menghindari senyawa iritannya.

Minyak essensial ini mengandung senyawa terpinen 4-ol yang memiliki sifat antimikroba kuat. Penggunaan kandungan senyawa ini dalam konsentrasi yang tinggi bisa membantu untuk mengurangi adanya ketombe di kepala. Karena bisa menekan pertumbuhan jamur serta adanya bakteri di kulit kepala. Cara penggunaannya juga terbilang mudah untuk dilakukan sendiri di rumah tanpa harus ada bantuan dari orang lain.

Step pertama yang dilakukan adalah mencampurkan sampo dengan beberapa tetes minyak tea tree. Setelah itu pijat pada bagian kulit kepala secara merata dengan pijatan yang lembut. Barulah kemudian di bilas hingga bersih dan mengaplikasikan sampo setelah menunggu beberapa saat. Sebaiknya jangan menggunakan minyak tea tree tanpa campuran secara langsung jika tidak ingin kulit kepala mengalami peradangan maupun iritasi.

5. Menggunakan Cuka

Cuka

Image Credit: Beres.id

Bahan alami selanjutnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi adanya ketombe adalah cuka. Cuka dikenal sebagai bahan yang dapat membantu untuk merawat kulit kering dan juga gatal. Hal ini dikarenakan cuka memiliki kandungan yang bisa untuk membunuh jamur. Sehingga bisa dikatakan jika bahan ini cukup ampuh untuk menghilangkan ketombe dengan cara membunuh bakteri penyebab adanya ketombe pada kulit kepala anda.

Selain itu, cuka juga bisa membantu untuk mengurangi adanya pengelupasan secara drastis pada kulit kepala. Cara yang harus anda lakukan juga terbilang mudah, yakni dengan mencampurkan cuka dan air. Perbandingan campuran antara keduanya adalah 1:1 atau kadar yang sama. Setelah itu silahkan mengoleskan pada kulit kepala secara merata sambil di pijat lembut. Tunggu beberapa saat kira kira setengah jam barulah bisa dibilas hingga bersih.

BACA:  10 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut Agar Lebih Sehat

6. Menggunakan Baby Oil

Baby Oil

Image Credit: Cekaja.com

Dibuat dari mineral oil yang berbasis petroleum yang kemudian disempurnakan membuat baby oil memiliki banyak manfaat. Formulanya yang ringan juga tidak akan memberikan efek samping berupa alergi. Dalam baby oil juga tidak ada kandungan berbahaya seperti pewarna, paraben dan zat zat lainnya. Sehingga sangat aman untuk digunakan dalam perawatan tubuh anda, baik rambut dan juga yang lainnya.

Produk yang identik dengan bayi ini juga bisa anda jadikan bahan untuk mengusir adanya ketombe di kepala. Baby oil memang dikenal sebagai produk bayi yang juga bisa digunakan oleh orang dewasa dan memiliki banyak manfaat untuk rambut. Kulit kepala yang kering menjadi indikasi untuk membuat rambut menjadi berketombe. Dengan menggunakan baby oil maka bisa menenangkan kulit kepala yang kering dan membuatnya lembab.

Menjaga kelembaban pada kulit kepala lebih lama dibandingkan denagn pelembab lainnya. Cara menggunakan baby oil untuk mengatasi adanya ketombe juga terbilang mudah untuk dilakukan. Anda bisa langsung saja mengoleskan baby oil secara langsung pada kulit serta akar rambut anda. Lakukan pijatan lembut dan lakukan secara merata pada seluruh rambut. Kemudian diamkan beberapa saat, barulah bisa membilasnya hingga rambut bersih.

7. Memanfaatkan Minyak Zaitun

Image Credit: Sehatq.com

Minyak zaitun sebagai obat tradisional luas memang dikenal luas bisa mengatasi berbagai masalah. Salah satunya dalam menangani masalah rambut dan menghilangkan ketombe yang membandel. Minyak zaitun memiliki kandungan yang bisa melembabkan kulit kepala yang bersisik dan juga kering. Minyak zaitun bisa membuat bagian yang bersisik itu mengelupas dalam potongan yang besar dan tidak serpihan kecil seperti ketombe umumnya.

Untuk mendapatkan hal tersebut, anda bisa melakukannya dengan cara mengoleskan minyak zaitun ke area kulit kepala secara merata. Setelah itu didiamkan selama semalaman sehingga minyak bisa meresap dengan sempurna. Barulah keesokkan harinya dibilas hingga bersih dengan menggunakan sampo. Anda harus memastikan jika cara ini, keesokkan harinya memiliki waktu yang cukup untuk anda keramas karena rambut akan sangat lepek.

Anda bisa menuangkan sekitar 10 tetes minyak zaitun pada telapak tangan. Pijat dan balurkan pada seluruh bagian kulit kepala. Setelah merata anda bisa menutup dengan shower cap dan mendiamkannya sekitar 8 jam. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya masker rambut dari minyak zaitun ini sering dilakukan. Caranya juga terbilang mudah, sehingga anda bisa meluangkan cukup waktu untuk melakukan rutinas ini dan terbebas dari ketombe.

8. Dengan Daun Sirsak

Daun Sirsak

Image Credit: Tokopedia.com

Bahan alami yang selanjutnya juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe adalah daun sirsak. Daun sirsak memiliki kandungan Acetogenin yang dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satunya bisa mengatasi rasa gatal yang datang akibat adanya ketombe di kepala. Acatogenin adalah senyawa aktif yang bisa membantu untuk membunuh racun yang ada di dalam tubuh. Inilah yang menjadikan daun sirsak efektif melawan ketombe.

Untuk menggunakan daun sirsak, anda harus lebih dahulu menumbuk beberapa daun sirsak. Setelah halus baru tambahkan sedikit air hingga kekentalannya pas menurut anda. Anda juga bisa menggunakan hasil tumbukan ini untuk menjadi masker rambut. Silahkan langsung balurkan tumbukan ini pada seluruh rambut anda dan kulit kepala. Setelah itu diamkan sekitar 30 menit agar kandungannya bisa meresap, barulah bisa dibilas dengan menggunakan air bersih.

BACA:  10 Manfaat Kurma untuk Kulit dan Rambut yang Perlu Diketahui

Melakukannya dengan rutin menjadi langkah yang paling tepat jika ingin mendapatkan manfaatnya. Selain hanya menggunakan daun sirsak yang ditumbuk, anda juga bisa menambahkan beberapa bahan. Seperti misalnya madu, lidah buaya dan juga lemon untuk menghilangkan ketombe yang membandel. Bahan bahan ini dipercaya sangat efektif jika disatukan agar ketombe yang membandel hilang dan tidak balik lagi.

Cara penggunaannya juga sama dengan hanya menggunakan daun sirsak saja. Selain di tumbuk, daun sirsak juga bisa direbus untuk kemudian diambil airnya dan digunakan untuk keramas. Bahan bahan seperti madu atau lidah biaya bisa digunakan setelah selesai keramas dengan menggunakan air rebusan daun sirsak. Kecuali lemon yang bisa langsung dimasukkan perasannya pada air rebusan dan kemudian digunakan untuk keramas.

9. Mengusir Ketombe Dengan Bawang Putih

Image Credit: Hellosehat.com

Bawang putih tidak hanya bisa digunakan untuk membuat masakan yang lezat. Namun juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe yang membandel. Nutrisi atau kandungan dalam bawang putih dipercaya bisa membunuh bakteri dan juga kuman yang bisa menyebabkan ketombe. Selain itu, nutrisi pada bawang putih juga bisa untuk memperkuat akar rambut, melembutkan rambut dan juga mengangkat sel sel kulit mati di kulit kepala.

Untuk menggunakan bawang putih sebagai pengusir ketombe, anda membutuhkan tambahan bahan berupa madu. Caranya juga terbilang mudah yakni dengan mengupas bawang putih sebanyak 5 hingga 7 siung dan menghaluskannya. Setelah itu campurkan madu 2 hingga 3 sdm dengan bawang putih yang sudah dihaluskan hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan pasta ini pada rambut yang sebelumnya sudah dibasahi dengan air.

Terutama pada kulit kepala yang berketombe kemudian diamkan sekitar 20 menit. Langsung saja bilas rambut jika sudah hingga tidak ada bawang yang tertinggal. Untuk membuatnya semakin bersih anda juga bisa keramas menggunakan sampo. Setelah itu keringkan rambut yang telah bersih agar tidak memunculkan ketombe baru pada kulit kepala. Karena selain bisa memunculkan ketombe, rambut basah juga bisa membuatnya jadi lepek.

Menggunakan cara ini sekitar 2 kali dalam satu minggu maka bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Tak hanya ketombe, anda juga akan mendapatkan rambut yang lebih lembut. Akar rambut yang kuat yang bisa mengatasi ranbut rontok. Memang bau menyenggat dari bawang putih ini membuat banyak yang menghindarinya. Padahal banyak manfaat yang bisa menunjang kesehatan pada rambut yang anda miliki.

10. Menggunakan Lemon

Lemon

Image Credit: Rd.com

Lemon merupakan buah yang memiliki banyak kandungan yang bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Tak heran jika buah bewarna kuning ini kerap hadir di berbagai produk. Lemon kaya akan vitamin esensial, antioksidan dan juga asam citric. Sehingga selain bisa untuk meningkatkan kekebalan pada tubuh juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe yang membandel. Kandungan lemon bisa mengurangi adanya minyak berlebih pada kulit kepala.

Selain itu lemon juga bisa memperkuat akar pada rambut anda. Cara menggunakan lemon untuk mengatasi ketombe juga terbilang mudah. Anda bisa langsung keramas dengan perasan lemon, atau juga bisa mencampurkannya dengan bahan lainnya. Seperti misalnya gula, garam maupun minyak kelapa. Dengan melakukan perawatan ini secara rutin, maka bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan ketombe bisa menghilang.

Itulah 10 cara sederhana untuk menghilangkan ketombe dengan bahan alami dan mudah dilakukan. Masalah ketombe memang membuat tidak nyaman, terutama ketika rasa gatal mulai menyerang. MemangĀ  untuk mengatasinya bisa menggunakan sampo anti ketombe. Namun tidak semua orang bisa mudah cocok dengan sampo. Sehingga perlu untuk melakukan atau menambahkan rutinitas dalam memerangi ketombe. Mengingat ada beberapa barang yang bisa ditambahkan dalam sampo anda untuk mengusir ketombe bandel.