10 Cara Mudah Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami

Mengurangi Tampilan Stretch Mark

Salah satu masalah umum yang kerap kali dijumpai oleh wanita adalah stretch mark. Pada umumnya, mereka akan mengalami kejadian satu ini pasca proses melahirkan. Pasalnya, kondisi tersebut disebabkan oleh badan yang tiba tiba tumbuh menjadi besar. Sehingga kulit tidak mampu untuk meregang dengan cepat untuk mengikuti pertumbuhan tersebut. Namun, bagi anda yang mengalami masalah satu ini tak perlu khawatir. Karena terdapat beberapa cara mudah untuk menghilangkan stretch mark secara alami.

1. Menggunakan Kunyit

Kunyit

Image Credit: Truemaxhealth.com

Cara pertama yang bisa untuk anda lakukan adalah dengan menggunakan kunyit. Hal ini dikarenakan di dalam kunyit mengandung kurkumin yang memiliki khasiat untuk merawat munculnya stretch mark pada kulit anda. Sehingga hal ini pun dapat menjadi cara mudah yang bisa anda coba untuk menghilangkan kondisi tersebut. Untuk menggunakannya pun cukup mudah, sehingga anda bisa meraciknya sendiri di rumah.

Pertama, anda perlu untuk menyiapkan bubuk kunyit. Apa bila anda tidak memilikinya, maka anda pun bisa menumbuk kunyit yang utuh dengan menggunakan air. Kemudian, campurkan dengan air perasan lemon atau minyak kelapa hingga mengental dan berbentuk pasta. Barulah anda bisa mengoleskannya ke bagian kulit yang terdapat stretch mark. Anda pun bisa mengoleskannya satu hingga dua kali dalam sehari.

2. Menggunakan Putih Telur

Putih Telur

Image Credit: Sportadictos.com

Cara kedua yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan stretch mark adalah dengan menggunakan putih telur. Seperti yang telah diketahui, putih telur memang memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Sehingga anda pun bisa memakai cara satu ini untuk menghilangkan stretch mark dengan cara yang alami. Kandungan asam amino dan juga protein yang terdapat di putih telur akan memiliki fungsi untuk meregenerasi kulit.

Untuk itu, bagi anda yang ingin menggunakan pada kulit yang memiliki stretch mark, maka anda pun bisa menyiapkan setidaknya dua butir putih telur yang telah dipisahkan dengan kuningnya. Kemudian, kocoklah putih telur tersebut dengan menggunakan garpu sehingga menjadi berubah dan terlihat seperti busa. Lalu, anda pun bisa mengoleskannya ke kulit dan diamkan selama beberapa menit hingga mengering.

Setelah itu, anda pun bisa membilasnya dengan menggunakan air yang bersih. Untuk anda yang ingin menjaga kelembapan kulit, maka setelah menggunakan putih telur ini anda pun juga bisa untuk mengoleskan pelembab ataupun minyak zaitun. Dengan melakukan cara satu ini secara rutin, maka nantinya hasilnya pun akan semakin cepat terlihat. Dan stretch mark di kulit anda semakin memudar.

BACA:  15 Manfaat Teh Hijau Bagi untuk Kecantikan & Kesehatan

3. Menggunakan Perasan Lemon

Lemon

Image Credit: Rd.com

Siapa sangka ternyata air perasan lemon juga mampu untuk memudarkan stretch mark. Untuk itu, anda pun bisa melakukan cara satu ini agar stretch mark yang ada di kulit anda semakin menghilang. Caranya pun cukup mudah, dimana anda hanya perlu untuk menyiapkan lemon dan memeras airnya. Kemudian, anda pun bisa menyiapkan kapas dan rendamlah kapas tersebut di dalam air perasan lemon.

Setelah itu, anda bisa menempelkannya di kulit yang mengalami stretch mark selama kurang lebih 10 menit. Dengan adanya kandungan asam di lemon, maka hal tersebut akan mampu untuk memudarkan stretch mark yang anda miliki. Untuk itu, anda pun bisa melakukannya secara rutin, sehingga nantinya anda pun akan bisa untuk mendapatkan kulit anda kembali.

4. Menggunakan Kopi

Kopi

Image Credit: Anambaspos.com

Selanjutnya, anda pun juga bisa menggunakan kopi untuk memudarkan stretch mark yang anda miliki. Pasalnya, kopi merupakan salah satu exfoliator alami yang akan membantu anda untuk menghilangkan stretch mark tersebut. Selain itu, di dalam kopi juga mengandung kafein yang nantinya akan bisa untuk membantuk memperbaiki sel dan juga mendorong sirkulasi pada darah anda.

Anda pun bisa membuat scrub kopi sendiri di rumah dan mengoleskannya ke kulit yang memiliki stretch mark. Selain  dengan membuatnya sendiri, maka anda pun juga bisa untuk mencari scrub yang terbuat dari bahan dasar kopi. Tentu saja scrub tersebut akan bisa untuk membantu menghilangkan stretch mark yang anda miliki. Untuk itu, anda pun bisa menggunakannya secara teratur hingga stretch mark tersebut menghilang dari kulit anda.

5. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Image Credit: Sehatq.com

Selain dengan cara diatas, maka anda pun juga bisa dengan mengaplikasikan minyak zaitun pada kulit yang memiliki stretch mark. Pada umumnya, minyak zaitun memang digunakan untuk menghilangkan stretch mark membandel yang ada di kulit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin E dan antioksidan yang ada di dalam minyak zaitun. Sehingga hal tersebut akan membantu proses pemudaran.

Untuk cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun ke bagian kulit anda yang mengalami stretch mark. Kemudian, anda pun bisa mendiamkannya hingga menyerap ke dalam kulit selama beberapa saat. Barulah setelah sekitar 20 hingga 30 menit, maka anda pun bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat. Anda pun jangan lupa untuk menghangatkan minyak zaitun sebelum menggunakannya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi pada darah anda.

BACA:  15 Manfaat Buah Plum untuk Diet dan Kesehatan yang Perlu Diketahui

6. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak Kelapa

Image Credit: Kompasiana.com

Cara lain yang bisa anda lakukan ketika memiliki stretch mark di tubuh adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Ketika anda menggunakan minyak kelapa, maka hal tersebut akan membantu untuk proses menghilangkan dan memudarkan stretch mark dengan cukup cepat. Hal ini dikarenakan adanya kandungan di dalam minyak kelapa yang memiliki sifat menyembuhkan.

Untuk itu, cara ini pun dapat menjadi salah satu cara yang bisa untuk anda coba. Untuk cara menggunakannya pun cukup mudah. Sehingga hal ini dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa untuk anda coba di rumah. Anda cukup mengoleskan minyak kelapa yang murni ini langsung kepada kulit yang memiliki stretch mark di kulit anda. Nantinya, hal tersebut akan membantu untuk memudarkan dan kulit pun akan kembali seperti semula.

7. Menggunakan Vitamin A

Kelebihan Vitamin A

Image Credit: Honestdocs.id

Menghilangkan stretch mark membandel yang ada di kulit pun juga bisa anda lakukan dengan menggunakan vitamin A. Untuk vitamin A yang dimaksud disini adalah retiniod. Apa itu retinoid? Retinoid merupakan salah satu kandungan yang mampu untuk membuat kulit menjadi terlihat awet muda dan juga lebih mulus. Sehingga anda pun jangan ragu untuk menghilangkan stretch mark dengan menggunakan vitamin A.

Karena memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kulit, maka saat ini pun telah banyak krim dan juga produk skincare yang mengandung retinoid di dalamnya. Selain dengan menggunakan krim dan mengoleskannya kepada kulit yang memiliki stretch mark, maka anda pun bisa dengan menngonsumsi kapsul yang memiliki kandungan vitamin A. Serta anda pun juga bisa untuk mulai memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin A dalam jumlah yang besar.

8. Menggunakan Gula

Gula

Image Credit: Magazin.recepty.cz

Salah satu exfoliator alami lainnya selain kopi adalah gula. Untuk itu, dengan tekstur kasar yang terdapat pada gula maka hal ini tentu saja akan menjadi salah satu bahan alami yang cocok untuk menghilangkan stretch mark di kulit. Stretch mark yang terbentuk akibat tubuh yang tiba tiba menjadi lebih besar tersebut dapat dipudarkan dengan menggunakan gula yang berfungsi sebagai exfoliator.

Sehingga dengan cara alami tersebut, maka stretch mark pun akan menjadi pudar. Untuk anda yang ingin menggunakannya, maka cara untuk penggunaannya pun cukup mudah dan bisa dicoba oleh semua orang. Pertama, hal yang perlu untuk anda siapkan adalah gula, minyak kelapa dan juga perasan lemon. Anda setidaknya memerlukan sekitar ¼ cangkit minyak kelapa dan juga satu cangkir gula.

BACA:  15 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan

Kemudian, anda pun bisa mencampurkan ketiga bahan tersebut menjadi satu. Setelah tercampur dengan rata, maka anda pun bisa mengoleskan campuran bahan tersebut kepada kulit yang mengalami stretch mark. Setelah mengoleskannya, maka anda pun bisa menggosoknya selama kurang lebih 8 hingga 10 menit. Untuk hasil yang maksimal, maka anda pun bisa mengulanginya selama beberapa kali dalam seminggu ketika anda sedang mandi.

9. Menggunakan Minyak Argan

Minyak Argan

Image Credit: Doktersehat.com

Ada pula cara lain yang bisa anda gunakan untuk memudarkan stretch mark yang ada pada kulit anda, salah satunya adalah dengan menggunakan minyak argan. Banyak sekali kandungan yang baik di dalam minyak argan yang akan membuat kulit anda menjadi sehat. Diantaranya yakni terdapat asam lemak, vitamin A, vitamin E dan juga nutrisi lainnya. sehingga hal tersebut akan membuat kulit manjadi lebih kenyal dan membantu memudarkan stretch mark.

Untuk penggunaan dari minyak argan ini pun juga cukup mudah. Sehingga anda bisa langsung untuk mempraktekkannya di rumah. Anda hanya cukup untuk mengoleskan minyak argan di kulit yang memiliki stretch mark. Sembari dioleskan maka anda pun juga perlu untuk memijatnya selama beberapa saat. Dengan penggunaan yang teratur setelah anda mandi, maka nantinya stretch mark yang mengganggu penampilan anda akan menghilang.

10. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah Buaya

Image Credit: Kanal24.az

Kandungan yang terdapat di dalam lidah buaya memang terkenal untuk  membuat kulit menjadi lembut. Selain untuk melembutkan kulit, lidah buaya yang murni pun juga memiliki fungsi menjadi salah satu penyembuh alami yang bisa untuk anda gunakan untuk memudarkan serta menghilangkan stretch mark yang anda miliki. Sehingga dengan begitu, anda pun bisa menggunakan lidah buaya sebagai salah satu alternatif yang perlu anda coba.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan stretch mark tersebut pun juga sangat mudah. Jika anda memiliki tanaman lidah buaya di rumah, maka anda pun bisa memetiknya beberapa buah. Perlu anda ingat bahwa bagian yang anda butuhkan dari lidah buaya ini adalah dagingnya. Sehingga anda pun bisa mengoleskannya secara langsung lidah buaya ini ke bagian kulit anda yang mengalami stretch mark. Untuk hasil yang terbaik, maka anda pun bisa menggunakannya secara teratur setelah mandi.

Itulah 10 rekomendasi cara alami yang bisa untuk anda gunakan di dalam memudarkan stretch mark. Dengan bahan alami yang mudah untuk anda temukan di rumah, maka ketika anda menggunakanya secara teratur, maka anda pun akan bisa menghilangkannya dengan cepat. Untuk itu, dengan menggunakan bahan bahan alami tersebut maka dapat menjadi salah satu cara yang bisa anda lakukan dengan mudah. Anda pun nantinya akan bisa mendapatkan kulit yang normal kembali.