10 Produk Hair Tonic untuk Mengatasi Rambut Rontok

10 Produk Hair Tonic untuk Mengatasi Rambut Rontok

Salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi rambut rontok adalah menggunakan hair tonic. Produk ini banyak ditemukan di pasaran dengan berbagai merek. Saking banyaknya, mungkin anda bingung menentukan produk hair tonic untuk mengatasi rambut rontok yang terbaik. Salah memilih bisa jadi justru menyebabkan masalah lain yang berkepanjangan.

Rambut merupakan salah satu mahkota tubuh yang menentukan apakah penampilan anda menarik atau tidak. Untuk mendapatkan daya tarik ini, tidak sedikit mereka melakukan berbagai usaha styling. Misalnya mewarnai rambut, memanjangkan rambut, membuatnya lurus, atau justru kebalikannya membuat rambut ikal yang saat ini menjadi trend.

Sayangnya, sebagian usaha tersebut tidak aman dan justru menimbulkan masalah, rambut rontok adalah salah satunya. Bahan kimia yang terkandung pada pewarna rambut akan merusak folikel rambut. Sedangkan styling rambut yang menggunakan alat pemanas dipastikan merusak permukaan rambut. Jika terlanjur, menggunakan hair tonic bisa jadi salah satu solusinya.

Cara Memilih Hair Tonic yang Bagus

Cara Memilih Hair Tonic yang Bagus
Image Credit: My-best.id

Sebelum memberikan rekomendasi produk hari tonic untuk mengatasi rambut rontok, sebaiknya kita bahas dulu bagaimana cara memilihnya. Ini sangat penting, mengingat ada banyak sekali produk yang ditemukan. Mulai dari bahan, manfaat tambahan, hingga tipe tonic, semunya harus dipertimbangkan.

✦ Pilih Berdasarkan Tipe Tonik Rambut

Ada dua tipe utama hair tonic yang anda temukan di pasaran, yakni spray dan cair. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, silahkan ditentukan sesuai dengan kenyamanan. Tipe cair sudah lama digunakan dan sampai saat ini juga banyak ditemukan. Penggunaannya mudah, karena cukup meneteskan pada kulit kepala.

Tonik rambut cair akan lebih efektif ketika anda memijat kulit kepala secara perlahan. Tujuannya upaya membuka pori-pori kulit dan menstimulasi nutrisi agar bekerja secara optimal. Langkah pemijatan ini juga efektif melancarkan peredaran darah supaya kandungan tonic meresap sempurna. Sayangnya, tipe ini mudah mengalir sehingga sulit mengendalikannya.

Lain halnya dengan tipe spray yang lebih mudah penggunaannya karena cukup menyemprotkan pada bagian tertentu saja. Tipe ini cocok bagi anda yang mengalami kerontokan rambut pada sebagian area. Hanya saja ada sedikit kekurangan, yakni carian spray tidak begitu efektif meresap kedalam folikel rambut.

BACA:  10 Cara Praktis Merawat Rambut Kering yang Mudah Dilakukan

✦ Pertimbangkan Manfaat Tambahan

Rambut rontok bukanlah satu-satunya masalah rambut yang sering dihadapi sebagian orang. Masih banyak lagi masalah lain yang ditemui, misalnya rambut kering, berminyak, atau bahkan berketombe. Dengan melihat faktor ini, ada baiknya jika anda memilih produk hair tonic yang memiliki manfaat tambahan.

Kala dilihat lebih mendetail, hampir semua produk saat ini memiliki manfaat tambahan. Misalnya anda hanya bermasalah dengan rambut rontok, tidak masalah menggunakan produk yang disertai dengan manfaat mencegah ketombe. Bisa juga menjatuhkan pilihan pada produk yang memberikan manfaat perawatan dari kerusakan.

✦ Sesuaikan dengan Pengguna

Cara memilih hair tonic selanjutnya adalah dengan menyesuaikan penggunanya. Seperti yang diketahui, salah satu masalah rambut ini tidak hanya menimpa laki-laik saja atau wanita saja, melainkan keduanya. Pastikan anda memilih produk sesuai dengan penggunanya, dalam artian jenis kelamin.

Pasalnya, formula dari produk untuk masing-masing jenis kelamin tentunya berbeda. Hal ini terlihat dari struktur rambut dan juga lapisan kulit kepala. Laki-laki memiliki kulit kepala lebih tebal sehingga formulanya dibuat lebih kuat. Sedangkan untuk wanita lebih tipis, formula tonik rambut pada umumnya lebih ringan untuk menghindari iritasi.

Rekomendasi Hair Tonic untuk Mengatasi Rambut Rontok

Rekomendasi Hair Tonic
Image Credit: Bp-guide.id

Setelah mengetahui bagaimana cara memilih produk hair tonic terbaik, saatnya anda menyimak rekomendasi beberapa produk yang akan kami berikan. Pemilihan produk berdasarkan merk, bahan pendukung, dan manfaat tambahan yang dimiliki. Berikut adalah beberapa produk yang dimaksud!

1. Hair Growth Tonic

Hair Growth Tonic
Image Credit: Snugrahreskiani.com

Hair Growth Tonic adalah produk pertama yang kami rekomendasikan untuk mengatasi rambut rontok. Bukan tanpa alasan, ada berbagai keunggulan yang didapatkan. Tonik rambut ini diproduksi oleh INTENSE, pastinya banyak yang mengetahui sepak terjangnya di dunia kosmetik. Kandungan utamanya berupa 15 asam amino yang bermanfaat untkuk kesehatan rambut.

Buka hanya mengatasi rambut rontok, namun juga membuat rambut terhindar dari masalah pecah-pecah. Pemakaian secara teratur bahkan dapat menguatkan rambut hingga ke akarnya. Karena berbentuk cair, kandungan di dalamnya mudah meresap dan bekerja lebih efektif. Dengan harga sekitar 100.000 rupiah, Hair Growth Tonic cocok digunakan untuk pria dan wanita.

2. HG For Women Hair Growth Tonic

HG For Women Hair Growth Tonic
Image Credit: Fjb.kaskus.co.id

Produk hair tonic untuk mengatasi rambut rontok berikutnya adalah HG For Women Hair Growth Tonic. Dari namanya jelas terlihat bahwa produk kali ini diformulasikan khusus untuk wanita. Formulanya aktif merangsang pertumbuhan rambut dan sekaligus menguatkannya, sehingga tidak lagi ada masalah kerontokan.

Sama seperti produk sebelumnya, kali ini juga bertipe cair, jadi hasilnya dijamin lebih efektif. Dari segi harga memang lebih mahal, namun hasilnya dijamin tidak mengecewakan. Produk ini dijual dengan harga kurang dari 150.000 rupiah di toko online. Ciri khas terletak pada aromanya yang terkesan herbal dan memiliki aromatherapy.

BACA:  10 Merk Hair Tonic yang Bagus untuk Penumbuh Rambut

3. Neril Anti-Loss Guard Tonic

Neril Anti-Loss Guard Tonic
Image Credit: Lazada.co.id

Mengatasi rambut rontok sebaiknya dilakukan dengan bahan alami, seperti produk yang dikeluarkan oleh Neril. Produk tonik rambut ini cukup populer karena beberapa waktu lalu pernah dipasarkan melalui media televisi. Kelebihannya dari kandungan alaminya berupa nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut, salah satunya berupa asam amino.

Cara kerja Neril Anti-Loss Guard Tonic dianggap cukup efektif karena terlebih dahulu membersihkan bagian luar kulit kepala. Seperti yang diketahui, penyebab utama rambut rontok yakni karena nutrisi terhambat oleh kotoran di kulit kepala. Nutrisi yang tidak dapat masuk menyebabkan kondisi rambut tidak sehat sehingga timbul berbagai masalah.

4. Shiseido Adenovital Scalp Tonic

Shiseido Adenovital Scalp Tonic
Image Credit: Popbela.com

Bagi yang memiliki masalah kerontokan rambut serius, ada baiknya jika anda menggunakan Shiseido Adenovital Scalp Tonic. Produk ini memilki berbagai bahan aktif yang baik untuk merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut kita dapat terlihat lebih lembut dan cantik. Manfaat lain yang didapatkan yakni menguatkan rambut dari akar hingga ke ujung, serta menjaga kelembapan nya.

Meski harganya tergolong fantastis, namun hasil yang didapatkan sebanding. Kandungan utamanya berupa ekstrak apricot, fungsinya untuk membersihkan kotoran dari kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut. Kandungan berikutnya yaitu ekstrak cuticle-repairing restharrow, fungsinya untuk menutrisi rambut supaya lebih sehat dan tidak mudah rusak.

5. NR Hair-Reactive Tonic

NR Hair-Reactive Tonic
Image Credit: Popmama.com

Dari produk hari tonic untuk mengatasi rambut rontok yang mahal, kita beralih ke produk yang lebih murah. NR Hair-Reactive Tonic dijual dengan harga terjangkau, namun manfaatnya dijamin tidak murahan. Bahkan ada yang mengatakan bahwa produk ini mampu mengatasi rambut rontok yang terlanjur mengalami kebotakan.

Produk ini cocok digunakan bagi yang mengalami kerontokan disebabkan oleh rambut berminyak atau kering. Formulasi nya khusus dalam bentuk cair sehingga mudah diserap dan memberikan hasil lebih maksimal. Kandungan utamanya berupa vitamin E dan beberapa ekstrak tanaman herbal, sehingga aman untuk segala jenis rambut.

6. Rudy Hadisuwarno Cosmetics Hair Loss Defense Hair Tonic

Rudy Hadisuwarno Cosmetics Hair Loss Defense Hair Tonic
Image Credit: Lassienew-fangled.com

Siapa yang tidak kenal dengan Rudy Hadisuwarno, hair stylist ternama dari Indonesia ini memiliki berbagai produk perawatan rambut, salah satunya adalah untuk mengatasi kerontokan. Hair Loss Defense Hair Tonic merupakan salah satu produk yang dimaksud dengan keunggulan dari bahan utama yang digunakan.

Kandungan yang dimaksud adalah Active HL Defense Complex yang berfungsi untuk menguatkan rambut. Fungsi lain dari kandungan ini adalah membuat rambut senantiasa bercahaya dan tampak sehat alami. Kandungan lain dengan manfaat yang hampir sama yaitu ginseng. Dengan banyak manfaat yang didapatkan, produk ini hanya dijual seharga 70.000 rupiah.

7. Natur Hair Tonic Ginseng

Natur Hair Tonic Ginseng
Image Credit: Blibli.com

Salah satu bahan herbal yang sudah lama dipercaya bermanfaat untuk menyehatkan rambut adalah ginseng. Tidak heran jika banyak produk yang menggunakan bahan ini sebagai bahan utamanya. Kandungan ginseng mampu meningkatkan sel epidermis dan sekaligus merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, bahan alam ini juga berkhasiat untuk memperkuat akar rambut.

BACA:  10 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami yang Mudah Dilakukan

Natur Hair Tonic Ginseng merupakan salah satu produk hair tonic untuk mengatasi rambut rontok yang menggunakan bahan utama berupa ginseng. Memang tidak ada manfaat tambahan yang didapatkan ketika menggunakan produk ini. Formulasi nya khusus untuk rambut rontok dan menguatkan akar rambut sebagai mana fungsi ginseng pada umumnya.

8. HG For Men Hair Tonic

HG For Men Hair Tonic
Image Credit: Tokopedia.com

HG For Men Hair Tonic adalah produk yang dibuat khusus untuk pria, terlihat jelas dari nama yang digunakan. Produk ini berbentuk cair dengan kandungan utama yang dapat mengatasi masalah kerontokan rambut. Menariknya, Buanaindah selaku produsen resmi mengklaim bahwa tonik rambut ini mampu menumbuhkan rambut hanya dalam waktu 29 hari.

Bukan hanya pernyataan, namun telah teruji secara klinis kebenarannya. Kandungan di dalamnya mampu meresap pada kulit kepala karena berbentuk cair. Penggunaanya pun mudah, cukup dioleskan pada bagian yang mengalami kebotakan sambil dipijat perlahan. Untuk mendapatkan semua manfaatnya, anda perlu mengeluarkan budget sebesar 150.000 rupiah.

9. Kaminomoto Ladies Kaminomoto EX

Kaminomoto Ladies Kaminomoto EX
Image Credit: Przemysl.naszemiasto.pl

Selanjutnya ada Kaminomoto Ladies Kaminomoto EX yang merupakan produk hari tonic terbaik untuk mengatasi masalah rambut rontok. Dari namanya, pastinya anda pasti tahu bahwa kali ini bukan produk lokal. Kaminomoto merupakan produk tonik dari Jepang dengan segudang manfaat yang dimiliki, termasuk mengatasi kerontokan tentunya.

Produk ini diformulasikan khusus untuk wanita Asia, termasuk Indonesia. Terdapat tujuh bahan aktif dengan fungsi masing-masing, yang paling utama adalah merangsang pertumbuhan rambut. Kandungan lainnya berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga rambut tetap sehat.

10. Advisor Anti Hair Fall Defense Hair & Scalp Tonic

Advisor Anti Hair Fall Defense Hair & Scalp Tonic
Image Credit: Reviews.femaledaily.com

Sebagian besar produk hair tonic bertipe cair karena dianggap lebih efektif. Namun bukan berarti yang berbentuk spray kurang layak digunakan. Ada sebagian produk spray yang bagus untuk mengatasi masalah kebotakan, salah satunya adalah Advisor Anti Hair Fall Defense Hair & Scalp Tonic.

Produk ini dibuat oleh Makarizo, salah satu spesialis produk rambut yang terbukti memberikan hasil terbaik. Selain kandungan yang dapat merangsang pertumbuhan rambut, produk ini juga mengandung octopirox. Fungsinya adalah untuk membersihkan kulit kepala secara menyeluruh sehingga mampu mencegah datangnya ketombe.

Itulah produk hair tonic untuk mengatasi rambut rontok yang dianggap terbaik karena memberikan hasil yang efektif. Memiliki rambut yang sehat merupakan idaman bagi semua orang, baik wanita maupun pria. Ada baiknya jika anda menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan rambut rontok sehingga tidak perlu melakukan perawatan khusus ini.