15 Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan Tubuh

15 Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan Tubuh
Photo by Atlas Composer on Envato Elements

Temukan berbagai manfaat luar biasa minyak ikan untuk kesehatan tubuh, mulai dari meningkatkan fungsi otak hingga menjaga kesehatan jantung.

Anda pastinya sudah mengetahui apa itu minyak ikan, karena ada banyak yang telah membahasnya. Namun apakah anda tahu apa saja manfaat minyak ikan tersebut?

Ada banyak sekali manfaat yang didapatkan apabila anda rutin mengonsumsi nya. Bukan hanya untuk anak-anak, namun minyak ini juga bermanfaat bagi usia dewasa.

Bagi yang belum tahu, minyak ikan adalah lemak yang kemudian diproses menjadi minyak. Adapun bahan utama untuk membuatnya yaitu ikan, tepatnya pada bagian hati ikan.

Jenis ikan yang sering digunakan untuk memproduksi minyak ini biasanya yang tinggi lemak. Sebagai contoh adalah ikan herring, makarel, tuna, teri, atau ikan kod. Minyak ikan memiliki kandungan utama omega 3 sebesar 30%, sisanya berupa vitamin, mineral, lemak, dan zat penting lainnya untuk tubuh.

Dengan semua kandungan tersebut, manfaat yang didapatkan tentu cukup banyak. Setidaknya, ada 15 manfaat yang anda dapatkan dari semua kandungan tersebut, berikut penjelasannya!

1. Menyehatkan Kulit

Bob Pendek Bergaya Vintage
Photo by Kiraliffe on Envato Elements

Manfaat minyak ikan yang pertama adalah untuk kesehatan kulit. Omega 3 yang terkandung di dalamnya membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan radikal bebas.

Memang pada dasarnya kulit memiliki perlindungan diri, namun akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Maka dari itu, seseorang yang berusia tua lebih membutuhkan perawatan daripada usia muda. Salah satunya adalah dengan cara rutin mengonsumsi minyak ikan, namun tidak boleh berlebihan juga.

Saking pentingnya kandungan ini, bahkan banyak perusahaan kosmetik yang menggunakannya sebagai bahan tambahan atau bahan pendukung.

Produk Minyak Ikan Terbaik, Kaya Omega 3

2. Mengurangi Peradangan

Bukan hanya kaya akan omega 3, minyak ikan juga memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik untuk mengurangi peradangan. Minyak ini terbukti mampu menurunkan senyawa setokin, yakni senyawa yang menyebabkan peradangan semakin parah.

Biasanya, peradangan terjadi pada luka, baik karena cedera atau akibat penyakit lain seperti obesitas. Peradangan sebenarnya termasuk salah satu sistem kekebalan tubuh ketika mengalami infeksi. Namun banyak yang tidak tahan dengan hal ini karena rasa nyeri yang ditimbulkan.

Radang juga menyebabkan demam bagi sebagian penderita, terutama kalangan anak-anak. Minyak ikan tidak hanya membantu mengurangi peradangan, namun juga nyeri yang dirasakan.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Obat Pelangsing yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

3. Menurunkan Berat Badan

Membakar Lemak di Tubuh
Photo by Towfiqu barbhuiya on Pexels

Kelebihan berat badan dan obesitas adalah masalah yang sering dialami sebagian besar orang dewasa. Menurut data WHO, 39% usia dewasa mengalami masalah kelebihan berat badan.

Sedangkan yang mengalami obesitas diperkirakan mencapai 13%. Angka tersebut tentunya sangat besar dan perlu perhatian serius. Untuk mengatasinya sebenarnya tidak sulit, anda bisa menjalani gaya hidup sehat dan olahraga teratur.

Untuk hasil yang lebih maksimal, silahkan mengonsumsi minyak ikan secara teratur. Pasalnya, manfaat minyak ikan terbukti efektif untuk membantu menurunkan kelebihan berat badan dan bahkan obesitas.

4. Menguatkan Tulang

Tulang termasuk bagian yang penting dari semua tubuh, fungsinya sebagai penopang tubuh. Menjaga kesehatan tulang sangat penting bagi semua orang, terutama ketika usia lanjut.

Pasalnya, kondisi tulang semakin rapuh seiring bertambahnya usia. Apabila dibiarkan, masalah tulang keropos atau osteoporosis tidak dapat dihindarkan.

Di sinilah anda perlu mengonsumsi minyak ikan secara rutin setiap hari. Minyak ikan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, menguatkannya, dan menjaganya terhindar dari osteoporosis.

Manfaat ini tidak lepas dari kandungan utamanya yang berupa omega 3. Menurut penelitian banyak ahli, omega 3 meningkatkan asupan darah sehingga tulang menjadi lebih padat.

5. Melindungi Jantung

Melindungi jantung adalah manfaat minyak ikan selanjutnya yang perlu anda ketahui. Bukan tanpa alasan kenapa didapatkan manfaat ini, karena sudah banyak studi yang membuktikannya. Dengan rutin mengonsumsi minyak ikan, anda pun akan terhindar dari risiko penyakit jantung yang mematikan.

Minyak yang diolah dari ikan ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kandungan kolesterol baik. Selain itu, minyak ini juga terbukti dapat menurunkan trigliserida hingga 30%. Tekanan darah tinggi yang tidak lepas dari penyakit jantung pun lebih stabil apabila anda rutin mengonsumsinya.

Rekomendasi Minyak Ikan untuk Kesehatan Jantung

6. Membantu Menjaga Kesehatan Mental

Tidak dapat di pungkiri bahwa omega 3 sangat penting bagi kesehatan otak. Bahkan menurut penelitian, otak manusia terdiri dari 60% lemak, yang sebagian besarnya adalah omega 3.

Mereka yang mengalami gangguan mental, baik serius atau dalam taraf rendah memiliki kandungan omega 3 lebih rendah daripada mereka yang normal. Untuk membantu menjaga kesehatan mental, sebaiknya anda rutin mengonsumsi minyak ikan.

Studi mengatakan bahwa jenis minyak ini dapat mengurangi gangguan psikotik dan mencegah timbulnya gangguan mental lainnya. Bukan hanya itu saja, apabila anda mengonsumsi dalam jangka waktu lama, manfaat mengurangi gejala skizofrenia dan bipolar pun didapatkan.

7. Menurunkan Kadar Lemak di Hati

Menjaga Kesehatan Jantung
Photo by Karolina Grabowska on Pexels

Pastinya kita semua tahu bahwa hati memiliki peran penting untuk menyaring racun yang ada dalam tubuh. Apabila fungsi hati menurun, artinya akan ada banyak racun yang tersebar di seluruh tubuh. Oleh sebab itulah penting sekali menjaga kesehatan hati, terutama menurunkan kadar lemak jahat di dalamnya.

Untuk masalah ini, anda bisa mengonsumsi minyak ikan sesuai dosis dan aturan yang berlaku. Manfaat minyak ikan untuk kesehatan hati ini telah dibuktikan dengan penelitian secara ilmiah.

Bukan hanya mencegah, namun minyak ini bisa mengobati beberapa gangguan fungsi hati, salah satunya adalah non-alcoholic fatty liver disease (NAFLD).

8. Menjaga Kesehatan Mata

Bukan hanya otak saja yang membutuhkan omega 3 untuk menjalankan fungsinya, mata juga demikian. Omega 3 sangat baik untuk menjaga kesehatan mata supaya tetap dalam fungsinya, selain itu juga mencegah beberapa penyakit yang timbul.

Bahkan menurut penelitian, mengonsumsi minyak ikan secara rutin dapat meningkatkan penglihatan. Sebagaimana yang diketahui, fungsi mata semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia.

Jangan heran jika saat ini anda berusia tidak lagi muda, kemudian fungsi penglihatan menurun. Ini disebabkan oleh kurangnya kadar omega 3 yang ada pada mata. Untuk mengatasinya, anda perlu minyak ikan yang dikonsumsi secara rutin.

9. Baik untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Manfaat minyak ikan untuk kesehatan tubuh selanjutnya berhubungan dengan ibu hamil dan menyusui. Dalam sebuah penelitian berhasil mendapatkan kesimpulan bahwa minyak ini sangat baik untuk semester awal ibu hamil.

Jenis minyak ini mampu meningkatkan perkembangan visual selama bayi di dalam kandungan. Sedangkan bagi ibu menyusui sangat bagus selama periode tersebut, artinya hingga bayi berusia 2 tahun.

Selain itu, bagi ibu menyusui juga sangat membantu koordinasi antara tangan dengan mata dan anggota tubuh lainnya. Namun demikian, sebaiknya anda konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi nya untuk hasil lebih maksimal.

10. Mengatasi ADHD

Attention deficit hyperactivity disorder atau yang dikenal dengan ADHD merupakan salah satu gangguan perilaku pada anak yang sering ditemui.

Pada umumnya, gangguan ini muncul karena kurang perhatian orang tua kepada anaknya. Namun tentu ada faktor lain yang menyebabkan penyakit ini, misalnya kelahiran prematur.

Terlepas dari faktor gangguan ADHD, faktanya manfaat minyak ikan dapat mengatasi gangguan ini. Kandungan omega 3 di dalamnya terbukti mampu membuat penderita lebih tenang dan rileks.

Persepsi anak akan kurang perhatian terhadap orang tua pun berangsur turun. Sebagai langkah pencegahan, sebaiknya dikonsumsi sejak usia dini.

11. Mengurangi Gejala Asma

Obat Asam Lambung
Photo by News.Unair.Ac.Id

Manfaat selanjutnya yang anda dapatkan ketika rutin mengonsumsi minyak ikan yaitu dapat mengurangi gejala asma. Penyakit ini tidak pandang usia, artinya dapat menyerang siapa saja, baik dewasa maupun anak-anak. Namun demikian, asma pada umumnya menunjukkan gejala sejak usia dini.

Baca Juga:  10 Alat Pembersih Telinga Terbaik & Aman Digunakan

Namun tidak dapat di pungkiri bahwa usia anak lebih rentan terserang penyakit ini. Asma menyebabkan pembengkakan pada paru-paru, penderita akan merasakan susah bernafas.

Untuk mengatasinya, salah satu jalan yang dapat anda tempuh yakni mengonsumsi minyak ikan. Lebih baik lagi apabila anda memberikannya pada anak sejak usia dini sebagai langkah pencegahan.

12. Mencegah Alergi

Masih banyak manfaat minyak ikan yang perlu anda ketahui selain yang disebutkan diatas. Contoh lain adalah mencegah alergi yang kerap kali muncul pada bayi yang baru lahir. Bahkan ada riset yang berpendapat bahwa lebih baik mengonsumsi minyak ini sejak bayi dalam usia kandungan untuk mencegah alergi ketika dilahirkan.

13. Memperbaiki Gejala Depresi

Mengurangi Depresi
Photo by Ryan Mc Guire on Pixabay

Depresi merupakan salah satu gangguan yang berhubungan dengan otak. Ada banyak penyebab dari gangguan ini, diantaranya adalah mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang.

Selain itu, depresi juga dapat disebabkan oleh riwayat keluarga yang sebelumnya mengalami gangguan mental yang sama. Menurut penelitian sejumlah ahli, orang yang sedang depresi memiliki kandungan omega 3 yang lebih sedikit daripada orang normal.

Maka dari itulah anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi minyak ikan, yang mana memiliki kandungan omega 3 tinggi. Untuk hasil lebih maksimal, sebaiknya terus dikonsumsi secara rutin meski depresi berangsur membaik.

14. Mengurangi Jerawat

Dalam hal kecantikan, manfaat minyak ikan juga sangat baik untuk mengurangi jerawat. Mungkin ada yang heran dengan manfaat ini, karena pada dasarnya salah satu penyebab jerawat yaitu minyak berlebih.

Namun faktanya, minyak ikan terbukti mampu mengurangi kadar minyak dalam tubuh yang berlebih. Omega 3 yang terkandung di dalamnya juga bersifat anti-inflamasi, artinya dapat mengurangi peradangan yang ditimbulkan jerawat.

Bukan hanya itu saja, sifat antioksidan pada minyak ikan terbukti mampu mengobati luka akibat jerawat. Bagi yang menggunakan obat jerawat jenis isotretinoin, minyak ini terbukti efektif mengurangi efek sampingnya.

15. Mencegah Penuaan Dini

Dirty Blonde
Photo by Edward Cisneros on Unsplash

Masih banyak manfaat yang anda dapatkan dari segi kecantikan, berikutnya yakni mencegah penuaan dini. Sebagai manusia normal, masalah ini tidak dapat dihindari oleh siapa saja.

Namun demikian, anda tetap bisa mengurangi dan mencegahnya dengan cara yang tepat. Salah satunya tidak lain adalah mengonsumsi minyak ikan, yang mana mengandung antioksidan tinggi.

Kandungan ini terbukti efektif menangkal radikal bebas, termasuk salah satu penyebab penuaan dini. Omega 3 yang terkandung pada minyak ikan terbukti mampu memperlambat efek penuaan.

Selain itu, kandungan tersebut juga sangat baik untuk meningkatkan produksi kolagen. Kulit keriput, kendur, dan adanya garis halus dapat dicegah dengan sangat baik.

Itulah beberapa manfaat minyak ikan yang perlu anda ketahui, baik untuk kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan kulit. Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi nya, anda mungkin perlu efek samping yang ditimbulkan. Tidak terlalu berbahaya, hanya saja sebagian kasus dapat mengalai mulas, mual, dan bau mulut kurang sedap.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Rafika Ilham

Rafika suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.