15 Manfaat Teh Hijau Bagi untuk Kecantikan & Kesehatan

Selain kopi, teh menjadi salah satu minuman yang akrab dengan masyarakat Indonesia. Menjadi teman menikmati kudapan ringan dan mengobrol membuat keberadaan teh ini begitu banyak yang mengkonsumsinya. Keharuman teh yang sedang di seduh memang membuat tubuh begitu tenang. Salah satu teh yang banyak di temui dan diyakini memiliki banyak manfaat adalah teh hijau. Bahkan terkenal sebagai jenis teh yang super sehat.

Teh hijau memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh mulai dari polifenol, kalium, natrium, kalsium, vitamin C dan K, mangan, seng dan lainnya. Jenis teh satu ini memang lebih kondang di kalangan kaum hawa. Karena teh hijau banyak digunakan untuk diet dan menurunkan berat badan. Padahal dari kesehatan hingga kecantikan jenis teh hijau ini juga memiliki segudang manfaat. Untuk mengenalinya, simak ulasan berikut ini.

1. Mengurangi Mata Bengkak dan Mata Panda

Mengurangi Mata Bengkak dan Mata Panda

Image Credit: Detik.com

Mata panda seringkali dialami bagi anda yang sering sekali berkadang. Bahkan kadang mata bengkak ini terjadi begitu saja ketika baru bangun tidur. Membuat wajah menjadi tidak segar dan terlihat tidak cantik. Inilah mengapa mata bengkak dan mata panda selalu menjadi masalah yang harus segera di atasi. Tidak perlu panik, karena ternyata teh hijau bisa menjadi cara untuk mengatasi adanya mata bengkak dan juga lingkar mata.

Anda bisa mengompres mata anda dengan teh hijau yang telah dingin. Dengan melakukan pengompresan ini, maka mata akan perlahan lahan tidak lagi bengkak. Hal ini dikarenakan di dalam teh terdapat kandungan antioksidan serta tanin yang bisa mengurangi mata panda dan mata bengkak. Zat alami yang terkandung ini akan membantu menyusutkan pembuluh darah yang terdapat di bawah kulit sekitaran mata serta mengurangi pembengkakan.

2. Membantu Melawan Penuaan Dini

Membantu Melawan Penuaan Dini

Image Credit: Cosmopolitan.co.id

Menjadi tua memang sudah menjadi kodrat dari manusia. Namun jika lebih tua dari usia sebenarnya bukanlah menjadi kehendak dan keinginan banyak orang terutama kaum hawa. Penuaan dini bisa terjadi karena sering terpapar radikal bebas yang membuat kulit menjadi lebih tua dari usia sebenarnya. Salah satu bahan alami yang bisa membantu mengatasi penuaan dini adalah teh hijau. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan epigallocatechin gallate atau yang dikenal EGCG.

BACA:  15 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan

Menurut penelitian EGCG berkhasiat untuk membantu meremajakan sel kulit mati sehingga bisa melawan tanda tanda penuaan dini. Sel kulit wajah juga akan diperbarui serta mengatasi kulit kusam yang akan menambah kulit terlihat tidak sehat. Selain EGCG, kandungan pada teh hijau seperti vitamin B2 juga membantu untuk menjaga agar kolagen di dalam kulit sesuai dengan kadarnya. Sehingga kulit akan tetap kencang dan membuat anda terlihat lebih mudah.

3. Mengatasi Jerawat dan Kulit yang Berminyak

Mengatasi Jerawat dan Kulit yang Berminyak

Image Credit: Classlifestyle.com

Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh teh hijau memang sangat membantu untuk melawan banyak hal. Selain antioksidan, teh hijau juga memiliki kandungan antiperadangan serta antimikroba. Dengan kandungan ini maka bisa menangani berbagai masalah kulit salah satunya adalah jerawat serta kulit yang berminyak. Kandungan lain seperti polifenol inilah yang bisa membantu untuk mengurangi adanya produksi minyak yang berlebih pada wajah.

Dimana minyak yang berlebihan pada wajah bisa menjadi pemicu adanya jerawat. Polifenol pada teh hijau juga akan membantu untuk melawan infeksi dengan cara merusak membran pada bakteri. Inilah mengapa teh hijau sangat baik untuk melawan jerawat serta minyak berlebihan. Anda bisa menggunakannya sebagai masker alami untuk wajahnya. Dengan memakainya secara rutin maka bisa untuk menghilangkan jerawat yang membandel.

4. Melembabkan Kulit

Melembabkan Kulit

Image Credit: Eforealifestyle.com

Teh hijau juga bisa membantu agar kulit tetap terhidrasi dan kelembabannya terjaga. Manfaat tersebut didapatkan berkat adanya vitamin E yang memang sangat bagus untuk kulit. Bahkan sebuah penelitian yang dilansir dari berbagai sumber juga menyebutkan jika kulit yang dioleskan ekstrak teh hijau membuatnya lebih lembab dan halus. Tak heran jika bahan satu ini kini banyak ditemui di produk-produk kosmetik yang ternyata bisa melembabkan kulit.

5. Membantu Untuk Melawan Kanker Kulit

Membantu Untuk Melawan Kanker Kulit

Image Credit: Wanita22.com

Tidak hanya memiliki kandungan EGCG, green tea atau teh hijau juga mengandung ECG atau epicatechin gallate. Dimana molekul satu ini mempunyai efek antioksidan yang bisa membantu melawan radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh. Selain itu radikal bebas juga menjadi pemicu penyakit berbahaya seperti kanker kulit. Dan efek dari teh hijau ini bisa memperbaiki kerusakan pada DNA yang ada pada sel kulit yang diakibatkan oleh sinar UV.

6. Meredakan Kulit Iritasi dan Kemerahan

Meredakan Kulit Iritasi dan Kemerahan

Image Credit: Headtopics.com

Antiradang yang didapatkan dari polifenolnya juga memberikan manfaat untuk meredakan iritasi dan juga kemerahan pada wajah. Selain itu teh hijau yang diaplikasikan juga bisa mengatasi luka kecil serta sunburn. Inilah mengapa banyak yang menjadikan teh hijau sebagai masker maupun toner untuk mengatasi masalah kulit. Salah satunya untuk mengatasi iritasi yang disebabkan oleh dermatitis, rosacea dan juga psoriasis.

BACA:  Inilah Jenis, Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan

7. Membuat Kulit Semakin Cantik

Membuat Kulit Semakin Cantik

Image Credit: Fimela.com

Teh hijau juga bisa menjadi bahan alami yang akan mempercantik kulit yang anda miliki. Sebuah penelitian yang dilakukan Medical College of georgia menyatakan jika mengkonsumsi teh hijau bisa membantu untuk mengeluarkan racun dari kulit. Selain itu juga bisa menyembuhkan noda serta bekas luka serta bisa meningkatkan elastisitas pada kulit anda. Hal ini tentunya sangat diidamkan oleh kaum hawa untuk miliki kulit yang indah.

8. Meningkatkan Pembakaran Lemak

Meningkatkan Pembakaran Lemak

Image Credit: Wowkeren.com

Jika anda ingin menguruskan badan, maka anda bisa memanfaatkan teh hijau. Teh satu ini akan membantu meningkatkan pembakaran lemak terutama ketika anda olahraga. Penelitian juga menjelaskan jika orang yang mengkonsumsi teh hijau sebelum berolahraga bisa membakar lemak lebih banyak jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi teh hijau. Bahkan perbedaannya bisa mencapai 17% persen.

Hal ini dikarenakan kandungan teh hijau yang kaya akan antioksidan akan membantu untuk meningkatkan metabolisme. Sehingga bisa terjadi pembakaran lemak yang lebih efektif di dalam tubuh. Meskipun sangat bermanfaat untuk membantu membakar lemak, namun konsumsi teh hijau jika tidak dianjurkan secara berlebihan. Ada takaran khusus yang tetap harus dipatuhi dalam mengkonsumsi teh hijau yakni sekitar 2 hingga 3 gelas dalam satu hari.

9. Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata

Image Credit: Kompas.com

Teh hijau juga memberikan manfaat yang melimpah untuk indera penglihatan anda terutama dari penyakit penyakit berbahaya. Seperti misalnya katarak yang bisa dicegah dengan mengkonsumsi teh hijau. Karena kandungan antiosidannya yang tinggi bisa membantu untuk melawan radikal bebas. Sehingga membantu untuk mengurangi kerusakan lensa mata serta dekomposisi yang bisa menyebabkan katarak pada mata.

Selain katarak glaukoma juga bisa dicegah dengan teh hijau. Glaukoma yang tidak ditangani bisa menyebabkan kebutaan yang terjadi karena adanya tekanan cairan di mata yang merusak saraf optik. Zat antioksidan dalam teh yang bernama catechins inilah yang bisa meminimalisir risiko glaukoma. Kandungan lainnya berupa gallocatechin di dalamnya juga membantu untuk melindungi retina mata terhadap sunat UV yang berbahaya untuk kesehatan mata.

10. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Image Credit: Grid.id

Kandungan antioksidan pada teh hijau inilah yang menjadikan manfaatnya begitu melimbah. Karena bisa mendukung kekebalan pada tubuh yang juga bisa bertindak sebagai prebiotik. Dimana prebiotik ini akan membantu menjaga kesehatan pencernaan serta meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Kandungan senyawa L Theanine juga bisa membantu untuk memproduksi sela darah putih. Dimana sel ini merupakan sel kekebalan untuk menangkal virus.

11. Mendukung Kesehatan Otak

Mendukung Kesehatan Otak

Image Credit: Hellosehat.com

Teh hijau bisa memberikan rasa tenang yang bisa membantu untuk mendukung kinerja pada otak. Teh tidak hanya mengandung kafein namun juga memiliki kandungan asam amino yang dikenal dengan L Thenine yang memberikan efek relaksasi. Jika keduanya digabungkan maka bisa membantu untuk mengoptimalkan fungsi pada otak. Anda akan memiliki daya ingat yang lebih baik, meningkatan mood serta kinerja kognitif.

BACA:  15 Manfaat Buah Plum untuk Diet dan Kesehatan yang Perlu Diketahui

12. Menyeimbangkan Gula Darah Serta Cegah Diabetes

Menyeimbangkan Gula Darah Serta Cegah Diabetes

Image Credit: Hellosehat.com

Gula darah juga bisa diseimbangkan dengan mengkonsumsi teh hijau. Hal ini tentunya akan memberikan pencegahan terserah diabetes. Menurut sebuah studi yang dilansir dari berbagai sumber, teh hijau membantu untuk mengurangi kadar gula berlebih pada darah. Selain itu juga disebutkan jika teh hijau bersifat melindungi dari faktor diabetes yang tidak mengenal usia. Sehingga mengkonsumsi teh hijau secara rutin akan tetap menjaga gula darah terus seimbang.

13. Menjaga Agar Jantung Lebih Sehat

Menjaga Agar Jantung Lebih Sehat

Image Credit: Truththeory.com

Seperti yang diketahui jika jantung masih menjadi penyakit yang kerap kali menyebabkan kehilangan nyawa. Kandungan yang bernama Flavonoid pada teh hijau bisa membantu untuk melindungi tubuh dari penyakit jantung. Bukan hanya itu, senyawa antioksidan ini juga bisa mencegah pembekuan darah, memperlambat pemecahan kolesterol serta tingkatkan fungsi pada pembuluh darah.

Orang yang mengkonsumsi teh hijau sebanyak dua cangkir dalam satu hari maka memiliki risiko terkena penyempitan pada pembuluh darah sebanyak 46%. Selain itu jika mengkonsumsi sebanyak 3 cangkir akan menurunkan risiko sebanyak 43% untuk serangan jantung. Serta 70% risiko akan turun untuk meninggal akibat adanya serangan jantung. Bahkan dalam sebuah studi ada yang membantu pasien pulih dalam serangan jantung hanya dengan teh hijau.

14. Membantu Meningkatkan Metabolisme Pada Tubuh

Membantu Meningkatkan Metabolisme Pada Tubuh

Image Credit: Sfidn.com

Teh hijau juga bisa membantu yang mengkonsumsinya untuk bisa meningkatkan metabolismenya. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang luar biasa. Teh hijau memang tepat untuk digunakan diet karena juga akan membantu anda bisa mengkonsumsi kalori lebih sedikit. Teh hijau akan memberikan rasa kenyang yang tahan lama sehingga bisa membantu untuk mengurangi asupan kalori berlebihan pada tubuh anda.

15. Meningkatkan Kesehatan Oral

Meningkatkan Kesehatan Oral

Image Credit: Sehatq.com

Gigi dan juga mulut menjadi bagian tubuh yang juga harus dijaga kesehatannya. Adanya zat antibakteri yang ada di dalam teh hijau akan membantu anda untuk menjaga kesehatan pada gigi dan mulut. Dimana jika bakteri dibunuh maka bisa menghindari pembentukan plak serta menurunkan risiko adanya gigi berlubang. Tak heran jika bahan satu ini juga mulai di ekstrak dan disematkan di pasta gigi.

Teh hijau memang memiliki segudang manfaat jika para pengkonsumsinya mengetahui cara konsumsinya. Konsumsi teh hijau akan lebih baik jika dikonsumsi tanpa gula serta menggunakan air hangat. Karena jika menggunakan air dingin akan membuat metabolisme menjadi lebih terganggu. Penyerapan pada zat yang ada pada minuman juga tidak akan maksimal. Untuk itu penting mengetahui anjuran cara konsumsi the hijau yang tepat agar memberikan manfaat yang terbaik.