10 Masker Terbaik untuk Menghilangkan Bruntusan

10 Masker Terbaik untuk Menghilangkan Bruntusan

Selain jerawat, ada lagi masalah kulit yang membuat penampilan kurang menarik. Masalah tersebut dikenal dengan bruntusan atau beruntusan. Cara menghilangkannya bisa dengan menjaga kebersihan diri dan memakai produk skincare. Salah satu produk yang paling efektif adalah dengan menggunakan masker secara rutin. Masker terbaik untuk menghilangkan bruntusan tidak jauh bereda dengan jenis masker lainnya. Hanya saja kandungan utamanya yang membuat berbeda.

Beruntusan sangat umum terjadi kepada siapa saja, terutama kepada mereka yang menginjak usia remaja. Pada usia tersebut terjadi perubahan hormon yang diproduksi tubuh sehingga mengganggu produktivitas, terutama bagian kulit. Bruntusan juga hampir bisa terjadi pada seluruh bagian tubuh tanpa terkecuali, yang penting masih tertutupi kulit. Akan tetapi sering kali ditemui masalah tersebut menyerang bagian muka, seperti pipi, dahi, hidung, dan dagu.

Bahkan masalah ini tergolong sensitif, artinya bisa terjadi pada semua jenis kulit. Baik kulit kering, berminyak, normal, berjerawat, semua memungkinkan mengalami beruntusan. Meskipun tidak sakit dan kadang tanpa rasa, nyatanya masalah ini banyak ditakuti sebagian orang, terutama wanita. Ketika terdapat benjolan kecil di bawah kulit, bisa jadi masalah tersebut merupakan beruntusan. Namun diperlukan penelitian lebih lanjut, karena beruntusan dan jerawat hampir mirip.

Penyebab Kulit Bruntusan

Penyebab Kulit Bruntusan
Image by Blog.avoskinbeauty.com

Sebelum memberikan rekomendasi masker terbaik untuk mengatasi beruntusan, kami coba jelaskan terlebih dahulu apa penyebab bruntusan. Dengan demikian, mungkin suatu saat anda bisa menghindarinya, atau paling tidak bisa menekan munculnya masalah tersebut. Dikatakan tadi bahwa beruntusan hampir mirip dengan jerawat, jadi penyebabnya juga tidak jauh berbeda dari penyebab jerawat.

✦ Perubahan Hormon

Perubahan hormon seringkali terjadi ketika usia memasuki remaja. Penyebab ini tidak dapat dihindari, namun bisa ditekan menggunakan produk skincare atau secara rutin membersihkan daerah sekitar wajah. Ketika terjadi perubahan hormon, produksi minyak semakin meningkat sehingga kotoran dapat mudah menempel di kulit. Jika dibiarkan, kotoran tersebut menyumbat pori-pori dan mencegah minyak keluar dari kulit. Akibatnya terbentuklah benjolan kecil yang dikenal dengan beruntusan.

✦ Komedo

Penyebab utama masalah bruntusan adalah komedo, terutama jenis komedo putih atau yang dikenal dengan whiteheads. Komedo yang tidak dikeluarkan dapat menyumbat minyak sehingga terjadilah masalah yang menjadi topik utama kita kali ini.

BACA:  10 Cara Merawat Wajah Secara Alami Agar Tidak Kusam

✦ Stres

Memang jarang terjadi penyebab ini, namun sebaiknya tetap anda hindari pikiran stres. Kondisi stres dapat menimbulkan perkembangan hormon terganggu sehingga produksi minyak pada kulit lebih banyak dari biasanya. Contoh sederhana ketika anda sedang cemas, maka banyak mengeluarkan cairan minyak dari dalam kulit. Selain itu, kondisi tersebut juga memicu keringat lebih banyak yang bisa menjadikan masalah beruntusan bada kulit.

✦ Produk Skincare tidak Cocok

Jika anda menggunakan produk skincare yang tidak cocok untuk jenis kulit, hal itu juga bisa menjadi penyebab utamanya. Produk yang dimaksud bisa sabun muka, masker, atau bahkan pelembap khusus kulit wajah. Oleh sebab itu, sebelum memilih produk skincare, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis kulit yang dimiliki, apakah kering, berminyak, atau sensitif.

✦ Alergi

Penyebab bruntusan selanjutnya bisa dikarenakan alergi. Seringkali yang mengalami masalah ini yakni pemilik jenis kulit sensitif. Alergi yang dimaksud juga bisa dari makanan, minuman, produk makeup atau perawatan kulit lainnya. Untuk kali ini, pada umumnya dialami dalam waktu singkat seketika anda alergi oleh beberapa hal yang disebutkan.

Rekomendasi Masker untuk Menghilangkan Bruntusan

Rekomendasi Masker untuk Menghilangkan Bruntusan
Image by Review.bukalapak.com

Menghilangkan bruntusan sebenarnya bisa menggunakan bahan alami, seperti madu, buah yang mengandung vitamin dan mineral, hyaluronic acid, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah jika mengetahui bahan apa saja yang dibutuhkan. Namun tentunya lebih praktis menggunakan produk masker penghilang bruntusan karena bisa langsung dipakai seketika.

1. Mask of Magnaminty

Mask of Magnaminty
Image by Mykittybeauty.com

Bruntusan membandel, baik dari jenis komedo putih maupun hitam, keduanya daat dengan mudah diatasi dengan Mask of Magnaminty. Produk dari LUSH ini dilengkapi dengan aroma peppermint, jadi siapa pun betah memakainya. Bahan utamanya dari madu, azuki, dan vanila, yang dipercaya mampu mengatasi semua masalah beruntusan yang terjadi. Masker ini dijual dengan harga sekitar 250.000 rupiah untuk kemasan 125 gram, bisa dipakai selama berbulan-bulan.

Menariknya, produk ini masih dibuat dengan cara tradisional, atau dikenal dengan handmade. Dengan alasan tersebutlah masa kedaluarsa nya tidak begitu panjang. Ada baiknya jika anda selalu memperhatikan expired date nya sebelum membeli. Dengan pemakaian teratur selama kurang lebih 2 minggu, beruntusan yang anda alami dipastikan berkurang, atau hilang sama sekali.

2. Vita7 Energy Peeling Gel

Vita7 Energy Peeling Gel
Image by Shopee.co.id

Kemasannya menarik dengan bentuk mirip jeruk. Hal ini menandakan bahwa Vita7 Energy Peeling Gel berbahan dasar utama jeruk tepatnya jeruk Mandarin dengan kandungan antioksidan tinggi. Masker bruntusan ini sangat baik untuk membantu proses eksfoliasi, atau yang dikenal dengan proses pengelupasan kulit mati dan sisa kotoran.

Produk dari TheYEON ini diperkaya dengan multivitamin dan berapa kandungan lainnya yang dapat mencerahkan sekaligus melembapkan. Bentuknya gel, jenis masker nya wash off, jadi anda butuh membilasnya setelah kering. Namun jangan khawatir, lama penggunaan yang disarankan hanya sekitar 2 hingga 3 menit, jadi tidak menghabiskan banyak waktu ketika mengatasi beruntusan. Untuk harganya sekitar 280.000 rupiah dengan isi 100 ml, cukup mahal memang.

BACA:  10 Masker Mata Panda Terbaik untuk Mengatasi Kantung Mata

3. Pond’s Pure White Mineral Clay Mask

Pond's Pure White Mineral Clay Mask
Image by Shopee.co.id

Unilever yang dikenal sebagai produk skincare ternama juga tidak mau ketinggalan dalam membantu anda mengatasi masalah bruntusan. Salah satu produk masker terbaik untuk menghilangkan bruntusan adalah Pond’s Pure White Mineral Clay Mask. Dikemas mini dengan harga terjangkau, sekitar 18.000 rupiah untuk 8 gram untuk empat kali pemakaian.

Produk ini dilengkapi dengan kandungan alami seperti vitamin E, Aloe vera extract, charcoal powder dan lainnya. Dari jenis wash off yang disarankan untuk jenis kulit normal dan berminyak. Cara memakainya cukup mudah, tinggal oleskan secara merata ke seluruh wajah, kemudian diamkan 5 – 10 menit dan bilas bersih.

4. Mugwort Pore Clarifying Wash Off Pack

Mugwort Pore Clarifying Wash Off Pack
Image by Yanrula.blogspot.com

Untuk menghilangkan beruntusan dan mencegahnya datang kembali, anda bisa menggunakan Mugwort Pore Clarifying Wash Off Pack. Produk ini diperkenalkan oleh AXIS-Y, salah sat brand skincare dari Korea. Meskipun harganya bisa dikatakan tidak murah, sekitar 290.000 rupiah, namun manfaatnya tidak dapat diragukan.

Terbuat dari kandungan utama mugwort extract, lotus extract, mung bean extract, dan bahan aktif lainnya. Produk dengan tekstur clay ini mudah diaplikasikan ke wajah. Untuk lama pemakaian disarankan tidak lebih dari 15 menit. Masker ini juga cocok untuk semua jenis kulit, termasuk sensitif karena tidak menggunakan bahan kimia apapun.

5. Cica Chocomint Clay Mask

Cica Chocomint Clay Mask
Image by Shopee.co.id

Pada umumnya es krim dimanfaatkan untuk dimakan, namun berbeda untuk kali ini. Cica Chocomint Clay Mask boleh dikatakan cukup unik karena dilengkapi dengan aroma es krim. Kandungan utamanya dari niacinamide dan tea tree oil, anda pasti tau manfaat kedua bahan tersebut sangat efektif untuk mengatasi masalah jerawat dan komedo.

Untuk mencegah bruntusan datang kembali, produk yang di banderol dengan harga sekitar 120.000 rupiah ini juga mengandung madu, centella asiatica, dan hyaluronic acid. Disarankan untuk jenis kulit normal dan berminyak, anda harus membilasnya setelah sekitar 15 menit pemakaian karena dari jenis wash off mask.

6. Purifying Neem Mask

Purifying Neem Mask
Image by Beautynesia.id

Masker terbaik untuk menghilangkan bruntusan tidak harus mahal. Buktinya ada Purifying Neem Mask yang dijual dengan harga sekitar 24.000 rupiah. Masker dari Himalaya ni juga efektif untuk mengatasi jerawat dan komedo membandel. Kandungan utamanya dari neem extract dan turmeric extract yang merupakan tanaman khas India.

Proses eksfoliasi semakin mudah dan lancar dengan kandungannya berupa AHA. Bagi anda yang mempunyai jenis kulit sensitif, sebaiknya tidak menggunakan produk masker ini karena mengandung sedikit bahan kimia. Selain jenis kulit tersebut tidak masalah, misalkan kulit kering, berminyak, atau normal.

BACA:  Inilah Manfaat & Cara Membuat Masker Kopi Untuk Wajah Glowing

7. Water Sleeping Mask_EX

Water Sleeping Mask EX
Image by Clozette.co

Efek samping dari beruntusan biasanya disertai gatal dan kulit memerah. Jika anda sedang mengalami gejala ini, ada baiknya untuk mencoba membuktikan efektivitas dari Water Sleeping Mask_EX. Produk dari Laneige ini dari jenis sleeping mask, jadi anda bisa memakainya saat tidur.

Selain untuk mengatasi bruntusan, masker ini juga sangat baik untuk menghidrasi kulit sehingga tampak lembap dan segar sepanjang hari. Manfaat tersebut didapat dari kandungan utamanya berupa beta-glucan dan squalane. Masker yang dijual dengan harga 450.000 rupiah ini cocok untuk semua jenis kulit.

8. Black Sugar Mask Wash Off

Black Sugar Mask Wash Off
Image by Ezyyyj.blogspot.com

Black Sugar Mask Wash Off juga merupakan salah satu masker terbaik untuk menghilangkan bruntusan yang perlu anda coba. Masker dari SKINFOOD ini dilengkapi dengan scrub, atau lebih tepatnya mempunyai tekstur scrub. Dengan tekstur tersebut, masalah beruntusan dapat diatasi degan mudah.

Akan tetapi ada hal yang harus diperhatikan, usahakan jangan terlalu menekan ketika menggunakannya karena bisa jadi menyebabkan iritasi. Selain itu, bagi yang sedang bermasalah dengan jerawat meradang juga tidak disarankan menggunakannya. Sesuai namanya, produk yang di jual dengan harga sekitar 140.000 rupiah ini mengandung bahan aktif Black sugar.

9. Serum Mask Hydra Bomb Green Tea Skin Care

Serum Mask Hydra Bomb Green Tea
Image by Ubeauty.id

Selalu ada yang menarik dari produk Garnier, kali ini dikenal dengan Serum Mask Hydra Bomb Green Tea Skin Care. Manfaat utamanya untuk mengatasi beruntusan, namun pastinya ada manfaat lain yang didapat. Manfaat yang dimaksud yakni untuk mengontrol minyak berlebih yang merupakan salah satu penyebab beruntusan.

Dengan kandungan green tea, licorice root, dan glycerin, produk dengan harga pasaran sekitar 21.000 rupiah ini juga efektif untuk mencerahkan kulit. Menariknya, anda tinggal mengaplikasikan nya pada wajah karena masker ini dari jenis sheet mask atau lembaran.

10. Indian Healing Clay

Indian Healing Clay
Image by Stylevanity.com

Rekomendasi masker bruntusan terbaik yang terakhir adalah Indian Healing Clay. Kandungan utamanya dari calcium bentonite yang terbukti efektif untuk proses eksfoliasi. Bahkan produk dari Aztec Secret ini mampu mengangkat sel kulit mati dan sisa kotoran dari lapisan kulit paling dalam. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, anda harus mengeluarkan dana sekitar 270.000 rupiah yang dikemas dengan isi 454 gram.

Sudahkah anda menemukan salah satu produk yang cocok? Dari sekian banyak produk masker terbaik untuk menghilangkan bruntusan, ada satu hal yang harus anda perhatikan dalam memilihnya. Selalu perhatikan jenis kulit sebelum membeli, pasalnya tidak semua masker cocok digunakan untuk semua jenis kulit.