Cara Aman Membersihkan Hidung dengan Air Garam

Cara Aman Membersihkan Hidung dengan Air Garam

Cara Aman Membersihkan Hidung dengan Air Garam

Membersihkan hidung merupakan aktivitas yang tidak biasa bagi banyak orang. Cara ini dianggap tidak umum, dan bahkan tidak diketahui apa manfaatnya. Padahal menurut ilmu medis, hidung perlu dibersihkan secara berkala untuk mencegah penyakit. Seperti yang diketahui, hidung dilengkapi dengan lendir dan bulu halus sebagai sistem pertahanannya.

Fungsi dari keduanya yakni untuk menyaring virus, bakteri, dan kotoran supaya tidak masuk pada paru-paru dan bagian dalam tubuh. Jika sistem tersebut terganggu, kinerjanya pun tidak lagi optimal. Cara terbaik yang disarankan adalah membersihkan hidung dengan air garam. Meski demikian, cara membersihkannya sendiri tidak boleh sembarangan.

Selain itu, air garam yang dimaksud juga tidak disarankan membuat sendiri. Ada air garam yang dijual di apotek atau toko obat untuk keperluan ini. Bahkan di sana ada instruksi bagaimana cara aman membersihkan hidung. Menggunakan air garam buatan sendiri tidak disarankan karena anda tidak mengetahui konsentrat yang pasti untuk keperluan ini.

Manfaat Air Garam

Manfaat Air Garam
Image by Klikdokter.com

Sebelum mengetahui cara aman membersihkan hidung dengan air garam, kita cari tahu terlebih dahulu apa saja manfaat air garam tersebut. Garam adalah jenis zat yang pasti ada di setiap rumah karena digunakan sebagai bumbu dapur. Siapa sangka jika ternyata bahan ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk hidung.

✦ Mengatasi Hidung Tersumbat

Kenapa membersihkan hidung sangat disarankan oleh dokter? Karena salah satu manfaatnya adalah menghilangkan segala kotoran yang menempel dan yang tidak dapat dibersihkan. Hidung tersumbat pun bisa reda dengan cara yang sebenarnya sangat simpel ini. Membasuh hidung dengan air garam terbukti mampu membersihkan rongga sinus dari berbagai kuman dan virus.

Penyebab hidung tersumbat tidak lain adalah virus dan bakteri, tentunya anda tahu akan hal ini. Bahkan saat kuman dan virus yang sudah menyatu dengan lendir pun seketika hilang dengan cara ini. Bukan hanya itu, manfaat lain yang anda dapatkan ketika menggunakan garam untuk membersihkan hidung yakni mengurangi pembengkakan dan membuat lendir lebih encer.

Baca Juga:  Mengenal Bleaching Gigi: Harga, Prosedur, Manfaat & Efek Samping

✦ Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Mulut

Manfaat lain yang didapatkan dari garam yakni menjaga kesehatan mulut. Garam merupakan zat yang bersifat antibakteri, sehingga mampu membunuh kuman dan bakteri yang hinggap di dalam mulut. Untuk manfaat ini tentu saja bukan dengan cara membersihkan hidung, melainkan dengan berkumur secara rutin.

Selain menghilangkan kuman dan bakteri yang sebelumnya terdapat di mulut, berkumur dengan air garam juga menjaga pertumbuhannya. Bahkan cairan garam sangat efektif untuk meredakan sakit gigi tanpa perlu menggunakan obat medis. Namun untuk hal ini hanya bersifat sementara, terkadang kurang efektif untuk sakit gigi yang sudah parah.

✦ Mengatasi Sakit Tenggorokan

Sama halnya dengan gangguan hidung tersumbat, sakit tenggorokan juga disebabkan oleh virus dan bakteri. Maka dari itulah manfaat lain yang didapatkan dari garam yaitu mengatasi sakit tenggorokan. Untuk cara pengobatan herbal ini dilakukan sama persis dengan ketika ingin mendapatkan kebersihan gigi dan mulut, yakni dengan cara berkumur.

Pada umumnya, berkumur cara ini lumayan efektif untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan terkadang serak di sekitar daerah tersebut. Caranya pun sangat mudah, cukup larutkan satu sendok teh garam dengan segelas air hangat. Setelah itu silahkan digunakan untuk berkumur hingga airnya menjadi dingin.

✦ Mengatasi Kutu Air

Manfaat berikutnya tidak ada hubungannya dengan penyakit tubuh bagian dalam, yaitu mengatasi kutu air. Seperti yang diketahui, kutu air disebabkan oleh jamur yang menyerang bagian kulit. Penyakit ini mudah menyebar ke bagian kulit lainnya, rasanya gatal dan disertai panas. Mereka yang mudah terserang gangguan ini biasanya sering membasahi bagian tubuh tertentu, terutama tangan dan kaki.

Cara Membersihkan Hidung dengan Air Garam

Cara Membersihkan Hidung dengan Air Garam
Image by Klikdokter.com

Diatas hanya sebagian dari manfaat garam yang perlu anda ketahui. Selanjutnya kita bahas bagaimana cara membersihkan hidung dengan air garam yang aman. Dengan cara yang tepat, anda pun mendapatkan banyak keuntungan. Adapun keuntungan yang dimaksud yakni meningkatkan imunitas dan memperbaiki fungsi mukosiliar.

Sebelumnya, anda perlu menyiapkan beberapa alat untuk memudakan prosesnya. Silahkan menggunakan botol tekan, spuit, atau nasal spray yang memang khusus untuk hidung. Jangan lupa siapkan larutan garam sebagai bahan utamanya. Seperti yang dibahas sebelumnya, usahakan membeli larutan infus yang tersedia di apotek.

Baca Juga:  Mengenal Behel Gigi: Jenis, Prosedur, Manfaat & Resiko

Semua alat dan bahan untuk mencuci hidung harus steril jika tidak ingin terjadi infeksi. Inti dari proses pencucian ini yakni mengalirkan air pada rongga hidung dengan air bertekanan rendah. Maka dari itulah alat-alat yang disebutkan tadi wajib ada selama proses berlangsung. Sebenarnya anda bisa menggunakan alat lain, asalkan mampu menjangkau semua rongga hidung.

Anggap saja saat ini anda menggunakan botol tekan, silahkan masukkan larutan garam secukupnya. Kemudian masukkan ujung botol pada salah satu bagian hidung, lalu tekan secara perlahan. Selama proses berlangsung, anda harus menahan napas hingga semua cairan garam keluar. Hal ini untuk menghindari masuknya cairan pada rongga lain yang menyebabkan tersedak.

Silahkan diulangi langkah diatas jika perlu, atau bisa juga mengganti bagian hidung satunya. Intensitas mencuci hidung yang bagus adalah setiap hari, namun anda bisa menyesuaikan dengan kondisi. Jika gangguan mereda namun belum hilang sepenuhnya, silahkan diulangi keesokan harinya. Tetapi jika dirasa cukup, anda hanya butuh 2 atau 3 kali dalam satu minggu.

Manfaat Membersihkan Hidung dengan Air Garam

Manfaat Membersihkan Hidung dengan Air Garam
Image by Solopos.com

Jika diatas membahas manfaat garam secara umum, kali ini kita akan khusus membahas manfaat membersihkan hidung dengan air garam. Perlu diketahui, manfaat ini akan didapatkan apabila anda menjalankan proses pembersihan dengan benar. Adapun manfaat yang dimaksud telah kami rangkum sebagai berikut!

  • Dengan mencuci hidung secara rutin, manfaat pertama yang anda dapatkan adalah mencegah gangguan rinosinusitis kronik. Penyakit ini cukup berbahaya karena menyerang bagian sinus dan mukosa hidung.
  • Anak yang terserang penyakit saluran pernapasan atas juga dapat melakukan terapi cuci hidung.
  • Membersihkan hidung juga dapat meningkatkan fungsi mukosiliar.
  • Menjaga kebersihan hidung dari berbagai bakteri dan virus.
  • Mengencerkan lendir dan mengatasi pembekuan darah.

Alat Bantu Mencuci Hidung

Alat Bantu Mencuci Hidung
Image by Republika.co.id

Mengetahui cara membersihkan hidung dengan air garam memang sangat penting. Tetapi mengetahui alat bantu untuk mencuci hidung juga tidak kalah penting. Di bab sebelumnya telah disebutkan bahwa ada tiga macam alat yang bisa anda gunakan. Sebelum memutuskan menggunakan salah satunya, silahkan simak penjelasan berikut!

Baca Juga:  11 Jenis Sayuran Penurun Kolesterol yang Perlu Anda Ketahui

✦ Spuit

Spuit adalah alat medis yang sangat umum ditemui, sebagian orang menyebutnya dengan alat suntik. Membersihkan hidung dengan alat ini cukup mudah, karena siapa saja tahu bagaimana cara kerjanya. Selain itu, spuit memiliki berbagai macam ukuran, anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Namun ada kelemahan dari alat membersihkan hidung ini, yakni memiliki tekanan lumayan tinggi. Semakin kecil ukuran spuit, semakin besar pula tekanan yang dimiliki. Anda harus benar-benar ahli ketika menggunakan alat ini jika tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, kebanyakan spuit masih satu paket dengan jarum, yang mana anda harus hati-hati dalam membuangnya.

✦ Botol Tekan

Daripada menggunakan spuit yang haus mempelajari tekanan dari setiap ukurannya, alangkah baiknya jika anda menggunakan botol tekan. Memang tidak banyak ukuran yang dapat dipilih, tetapi pada umumnya satu ukuran bisa digunakan untuk semua usia. Alat ini juga mudah digunakan tanpa harus dipelajari sebelumnya.

Dibalik kelebihannya, botol tekan juga memiliki kekurangan yang harus anda ketahui. Saat ini masih belum banyak tersedia di toko obat atau apotek. Untuk mendapatkannya, anda bisa membeli di toko online. Harganya relatif mahal dibandingkan spuit. Selain itu, satu kali penggunaan membutuhkan banyak cairan garam.

✦ Nasal Spray

Nasal spray merupakan alat khusus yang diciptakan untuk membersihkan hidung. Alat ini banyak ditemui di toko obat, bahkan di toko online pun sangat banyak. Harganya bervariasi, begitu juga dengan ukurannya. Sayangnya, alat ini hanya mampu mengeluarkan sedikit cairan sehingga kurang efektif untuk pembilasan.

Dari pembahasan diatas, cara membersihkan hidung dengan air garam sebenarnya tidak terlalu sulit. Ketakutan dan kekhawatiran lah yang seringkali mencegah kita untuk melakukannya. Maka dari itu, ada baiknya anda konsultasi dengan ahlinya terlebih dahulu sebelum praktik langsung di rumah.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Rafika Ilham

Rafika suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags