10 Cara Membersihkan Karang Gigi yang Membandel

Membersihkan Karang Gigi

Bagi sebagian orang, cara membersihkan karang gigi yang membandel mustahil dilakukan. Artinya, cukup sulit untuk membuat gigi putih kembali seperti semula dan terbebas dari karang gigi. Faktanya, ada cara yang ampuh untuk merontokkan gangguan mulut tersebut jika dilakukan dengan cara yang benar dan juga bahan yang tepat.

Karang gigi disebabkan oleh beberapa hal, terutama sisa makanan dan minuman. Kondisi akan semakin parah jika tidak secara rutin menggosok gigi. Dalam hal penampilan, tentunya hal ini bisa mengganggu karena masalah mulut tersebut menyebabkan warna gigi kekuningan. Dalam kondisi yang parah bahkan berwarna hitam yang terkadang disertai bau tidak sedap.

Bau tersebut disebabkan oleh bakteri yang menumpuk. Jika dalam kondisi waktu lama tidak segera dibersihkan, kemungkinan dapat menyebabkan masalah lain pada mulut dan gigi. Bakteri yang menghasilkan asam menyebabkan kerusakan pada bagian enamel gigi. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Membersihkan Karang Gigi

1. Kulit Jeruk

Menyikat Gigi Dengan Kulit Jeruk
Image Credit: Winnetnews.com

Dari bahan alami, anda bisa menggunakan kulit jeruk sebagai cara membersihkan karang gigi yang membandel. Jeruk memiliki berbagai jenis vitamin cukup lengkap, terutama vitamin C. Bukan hanya bagian daging jeruk atau air utamanya, melainkan kulit jeruk juga memiliki sebagian jenis vitamin tersebut.

Kandungan yang dimaksud dipercaya mampu membunuh bakteri yang bersarang di gigi. Bukan hanya itu, plak dan karang gigi juga hilang dengan penggunaan yang tepat dan rutin. Cara menggunakannya cukup mudah, ambil beberapa potong kulit jeruk, kemudian oleskan pada bagian karang gigi.

Sebelumnya pastikan anda mencucinya terlebih dahulu hingga bersih. Pada saat mengoleskan kulit jeruk, sedikit berikan tekanan agar terjadi gesekan dengan tulang gigi. Lakukan pada malam hari dan biarkan sepanjang malam jika perlu supaya hasilnya lebih maksimal. Di pagi hari, silahkan bersihkan dengan menggosok gigi seperti biasa.

2. Mengoleskan Minyak Kelapa

Mengoleskan Minyak Kelapa
Image by M.cia.az

Cara membersihkan karang gigi yang membandel berikutnya yakni menggunakan minyak kelapa. Terdapat kandungan anti inflamasi dan antibakteri dari jenis minyak tersebut sehingga dapat digunakan untuk mengatasi masalah gigi. Adapun kuman yang bersarang pada mulut dapat diatasi dengan bahan yang umumnya digunakan untuk memasak ini.

Kandungan lain yaitu asam laurat dan asam lemak yang mampu merontokkan plak dan karang gigi. Caranya simpel, seperti halnya ketika menggunakan kulit jeruk. Namun kali ini bukan dengan cara dioles dan digosokkan, melainkan untuk berkumur. Ambil minyak kelapa secukupnya, kemudian panaskan dan diamkan hingga hangat.

BACA:  5 Rekomendasi Vitamin B Complex yang Bagus

Gunakan minyak tersebut untuk berkumur dan diamkan di dalam mulut setidaknya dalam waktu 5 menit. Setelah itu silahkan dibuang dan bilas dengan air hangat hingga minyak tidak lagi terasa. Lakukan langkah yang sama setiap hari menjelang tidur untuk mendapatkan hasil optimal.

3. Flossing atau Benang Gigi

Flossing atau Benang Gigi
Image by Medaboutme.ru

Faktanya, menggosok gigi secara rutin pada dasarnya belum cukup untuk membersihkan gigi. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika benang gigi atau teknik Flossing dijadikan sebagai salah satu cara untuk membersihkan karang gigi yang membandel. Meskipun tergolong cara kuno, namun hasilnya bisa dikatakan lebih baik daripada hanya menggosok gigi.

Sayangnya, cara ini banyak ditinggalkan karena cukup memakan waktu. Padahal hasil yang diberikan terbukti dan lebih menjanjikan. Benang yang digunakan mampu menjangkau setiap sela gigi dan membersihkan plak yang merupakan penyebab utama karang gigi. Sisa makanan yang terselip disela gigi dipastikan tuntas dengan metode flossing.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan sekaligus mendapatkan hasil lebih optimal, silahkan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Pasalnya, benang yang digunakan tidak sembarangan, ada jenis khusus yang steril dan aman digunakan untuk membersihkan karang gigi. Dalam hal melakukannya bisa setelah makan atau sebelum tidur, sesuaikan dengan kebutuhan.

4. Mengonsumsi Bahan Dengan Kandungan Vitamin C

Mengonsumsi Bahan Dengan Kandungan Vitamin C
Image by Annaharar.com

Selain kulit jeruk yang mengandung vitamin C, cara membersihkan karang gigi yang membandel bisa dilakukan dengan bahan lain yang mengandung vitamin C. Bukan hanya dari jenis buah, namun juga sayuran dengan kandungan yang dimaksud. Akan tetapi lebih efektif menggunakan bahan buah karena kebanyakan juga mengandung asam.

Kandungan asam cukup baik untuk melunturkan atau merontokkan karang gigi yang menjadi salah satu masalah mulut. Cukup banyak jenis buah yang bisa dan temui, diantara yang terbaik adalah lemon dan strawberry. Kali ini bukan dengan cara dioleskan, melainkan digunakan sebagai pasta gigi alami.

Untuk caranya, silahkan ambil salah satu buah tersebut, kemudian haluskan. Tidak perlu mencampurnya dengan bahan lain kecuali sedikit air. Ambil sikat gigi dan oleskan pada bahan yang telah halus, kemudian gunakan untuk sikat gigi selama minimal 2 menit. Bilas dengan cara kumur menggunakan air hangat atau air biasa, yang penting sampai bersih.

5. Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Larutan Garam

Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Larutan Garam
Image by Wartakota.tribunnews.com

Cara membersihkan karang gigi berikutnya yakni menggunakan larutan garam. Selain mengandung yodium, bahan dapur ini memiliki sifat antibakteri cukup baik. Caranya hampir sama dengan ketika anda menggunakannya untuk sakit gigi atau menghilangkan bau mulut. Larutkan satu sendok makan garam dengan air hangat, kemudian gunakan untuk berkumur.

BACA:  11 Jenis Sayuran Penurun Kolesterol yang Perlu Anda Ketahui

Biarkan di dalam mulut setidaknya 3 menit untuk membunuh bakteri yang bersarang di mulut dan merontokkan karang gigi. Setelah itu silahkan dibuang dan bilas dengan air hangat. Meski demikian, belum ada pembuktian ilmiah bahwa larutan garam bisa membersihkan karang gigi. Namun setidaknya, gangguan mulut yang disebabkan oleh bakteri dapat diatasi dengan baik karena zat antibakteri nya.

6. Mengunyah Daun Sirih

Daun Sirih
Image Credit: Tribunnews.com

Berikutnya ada daun sirih sebagai cara alami menghilangkan karang gigi. Kandungan utamanya berupa antibakteri yang bermanfaat untuk membunuh bakteri yang ada di dalam mulut. Meskipun membutuhkan waktu lama, namun cara ini dikatakan cukup efektif. Jika anda tertarik mencobanya, silahkan ambil satu daun sirih dan kunyah secara langsung.

Butuh waktu sekitar 10 menit untuk memberikan hasil optimal. Jika perlu, tambahkan cengkeh yang dibungkus dengan daun tersebut. Aroma daun sirih menjadikan bau mulut lebih segar. Manfaat lain yang didapat yakni mampu menguatkan gigi dan sekaligus membuatnya lebih sehat.

7. Sikat Gigi Secara Teratur

Sikat Gigi Secara Teratur
Image by Kompas.com

Meskipun secara garis cara membersihkan karang gigi dengan menyikat gigi secara teratur kurang efektif, namun jika dilakukan dengan cara yang benar dipastikan mampu mengatasi masalah mulut tersebut. Sebagian orang menyikat gigi asal-asalan sehingga hasilnya tidak terlalu bagus.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni durasi menyikat gigi. Minimal lakukan selama 3 menit untuk mendapatkan hasil lebih baik. Menyikat gigi harus dilakukan minimal dua kali sehari, yaitu setelah bangun tidur dan sebelum tidur. Bisa juga menambahkan intensitas ketika anda mandi di sore hari atau setelah makan.

Cara sikat gigi juga perlu diperhatikan, tidak boleh dilakukan sembarangan. Pastikan gerakannya memutar dari atas ke bawah dan sebaiknya. Jangan lupa menyikat bagian belakang gigi karena di situlah kebanyakan karang gigi bersembunyi. Tidak perlu menekan terlalu keras karena justru dapat mengikis bagian permukaan gigi yang dikenal dengan enamel.

Membersihkan karang gigi dengan cara ini juga perlu diperhatikan jenis sikatnya. Pastikan anda menggunakan sikat berbulu halus dan lembut untuk mencegah luka pada bagian gusi dan mulut bagian dalam. Sesuaikan besar kecilnya sikat dengan mulut supaya nyaman menggunakannya.

8. Gunakan Obat Kumur

Gunakan Obat Kumur
Image by Honestdocs.id

Setelah menyikat gigi, ada baiknya jika anda menggunakan obat kumur atau yang dikenal dengan mouthwash. Saat ini banyak tersedia berbagai merek untuk produk yang dimaksud. Pada umumnya fungsinya tetap sama, yakni menghilangkan plak, merontokkan karang gigi dan menjaga kesehatan gigi. Manfaat lain yang didapatkan adalah mulut menjadi lebih segar sepanjang hari.

Sebisa mungkin, jangan menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol. Selain itu, pastikan produknya telah terdaftar di BPOM supaya terjamin dalam hal keamanan. Cukup gunakan dua kali sehari setelah sikat gigi untuk hasil lebih optimal. Silahkan melihat panduan penggunaan apabila anda masih ragu dalam dosis penggunaannya.

BACA:  10 Alat Pembersih Telinga Terbaik & Aman Digunakan

9. Baking Soda

Baking Soda
Image by Royco.co.id

Baking soda telah terbukti ampuh sebagai cara membersihkan karang gigi yang membandel. Bahan yang biasanya digunakan untuk membuat kue ini memiliki zat antibakteri cukup baik. Dikenal sebagai soda kue, bahan ini aman digunakan dalam jangka waktu panjang dan tidak menimbulkan efek samping.

Meskipun digunakan berkali-kali, namun tidak dapat merusak enamel gigi yang merupakan lapisan paling luar gigi. Tidak sulit menggunakan bahan ini untuk menghilangkan karang gigi. Gunakan sebagai pengganti pasta gigi untuk menyikat gigi seperti biasa. Tidak perlu lama-lama cukup 2 menit untuk satu kali pemakaian, yang penting rutin selama 2 kali sehari.

10. Fluoride

Fluoride
Image by Improov.fr

Rekomendasi membersihkan karang gigi yang membandel adalah dengan fluoride. Tentunya tidak asing jika anda mendengar nama ini karena banyak digunakan pada produk pasta gigi. Tidak hanya mengikis karang gigi, namun juga efektif menguatkan lapisan terluar gigi. Kandungan bahan ini terbukti membantu memperbaiki lapisan gigi yang sebelumnya rusak.

Selain bisa didapatkan dari produk pasta gigi, beberapa makanan yang mengandung tinggi fluoride yakni udang dan kepiting. Dalam hal keperluan membersihkan gigi, tentunya sulit untuk menggunakan kedua hewan laut tersebut. Maka dari itu, sebaiknya tetap menggunakan pasta gigi untuk kepentingan merontokkan karang gigi.

Tips Mencegah Karang Gigi

Tips Mencegah Karang Gigi
Image by Halodoc.com

Setelah anda berhasil membersihkan karang gigi dengan salah satu cara diatas, ada baiknya jika tidak melakukan berbagai aktivitas yang memicu terbentuknya gangguan gigi tersebut. Sebagai permulaan, silahkan lebih selektif dalam memilih makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Makanan dengan rasa manis dan asam lebih mudah menimbulkan plak yang menyebabkan karang gigi. Maka dari itu, silahkan ganti menu makanan anda jika terdapat dua hal yang dimaksud. Ada baiknya mengganti minuman utama dengan air putih. Selain menyehatkan, minum air putih termasuk efektif untuk mencegah timbulnya plak, terutama setelah mengonsumsi makanan.

Banyak minum air putih meningkatkan produksi air liur yang mengandung enzim untuk melawan penumpukan bakteri penyebab karang gigi. Kondisi mulut yang selalu lembap juga mampu menghilangkan sisa makanan yang seringkali menjadi penyebab utama munculnya plak pada gigi.

Hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan minum kopi terlalu banyak. Kedua kebiasaan ini menjadi penyebab utama penumpukan karang gigi, selain sisa makanan tentunya. Cara membersihkan karang gigi yang membandel diatas tentunya sia-sia jika anda tidak bisa menghindari timbulnya gangguan utama yang dimaksud.