15 Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Bahan Alami

15 Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Bahan Alami

Cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami dianggap lebih aman daripada harus menggunakan bahan atau produk lain. Apalagi saat ini tidak sulit menemukan bahan yang dimaksud, bahkan kerap kali anda temui di sekitar rumah. Hasilnya juga lumayan baik dan tidak menimbulkan efek samping setelah penggunaan.

Mulut merupakan salah satu organ tubuh paling penting yang harus dijaga kesehatannya. Sekilas memang sepele, namun bau mulut bisa diartikan bahwa kondisi saat itu sedang tidak baik-baik saja. Artinya, bau mulut bisa disebabkan oleh banyaknya kuman yang bersarang. Kuman tersebut pada umumnya masuk melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Banyak faktor yang menyebabkan kenapa mulut menjadi bau. Selain kuman seperti yang disebutkan diatas, faktor lain yang memicu bau tidak sedap adalah kebiasaan merokok, mulut kering, dan masalah gusi. Sebagian bau mulut juga disebabkan oleh infeksi, baik setelah pencabutan gigi atau pengobatan gusi.

Sebenarnya, bau mulut bisa diatasi dengan rajin gosok gigi dan juga menggunakan benang khusus untuk membersihkan sisa kotoran dari makanan yang masuk. Sayangnya, cara tersebut tidak bertahan lama sehingga harus mengulang lagi dalam jangka waktu tertentu. Menggosok gigi terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan gigi. Solusinya adalah menggunakan bahan alami berikut ini!

1. Daun Parsley

Daun Parsley
Image by Sehatq.com

Cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami yang pertama adalah menggunakan Parsley. Sekilas bahan ini mirip dengan seledri, namun berbeda dalam hal ukuran daun karena lebih kecil. Selain itu, daun Parsley cenderung bergerombol dan memiliki warna hijau gelap. Bahan yang mudah ditemukan di pasar ini mengandung klorofil tinggi.

Pada umumnya, Parsley digunakan sebagai lalap atau untuk menghiasi makanan ketika disajikan di restoran. Namun siapa sangka jika fungsinya sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut. Kandungan klorofil pada sayuran ini mampu melawan bakteri yang menyebabkan bau mulut tidak sedap.

Bahkan bahan makanan ini dikenal ampuh mengatasi sulfur pada mulut. Perlu diketahui, sulfur merupakan gas yang menyebabkan bau tidak sedap ketika bereaksi dengan bakteri. Tidak sulit menggunakan bahan alami untuk menghilangkan bau mulut ini, anda hanya perlu memakannya dengan mengunyah lebih lama setelah mengkonsumsi makanan.

2. Susu

Susu
Image by Kumparan.com

Bahan alami lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap adalah susu. Selain mengandung protein tinggi, susu terbukti efektif melawan bakteri yang bersembunyi di dalam mulut. Hal ini telah dibuktikan oleh studi klinis bahwa senyawa yang terkandung di dalam susu mampu mengatasi gangguan mulut tidak sedap.

BACA:  10 Alat Pembersih Telinga Terbaik & Aman Digunakan

Namun dalam mengkonsumsi nya tidak boleh sembarangan. Susu lebih efektif mengatasi bau mulut ketika diminum setelah memakan makanan tertentu. Untuk menjaga napas segar sepanjang hari, silahkan minum susu sebelum tidur. Selain dapat menghilangkan bau mulut, minum susu sebelum tidur tidak dapat membuat lebih nyenyak dan juga menyehatkan.

3. Yoghurt

Yoghurt
Image by Thejakartapost.com

Yogurt bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut tidak sedap secara alami. Tidak selamanya bakteri itu jahat, ada juga jenis bakteri baik yang terkandung pada yogurt. Bakteri yang ada pada yogurt dikenal dengan lactobacillus yang baik untuk pencernaan. Seperti yang diketahui, gangguan pencernaan bisa menyebabkan timbulnya bau mulut tidak sedap.

Konsumsi bahan alami ini secara rutin mampu mengatasi masalah mulut bau. Hal ini telah dibuktikan oleh American Association for the Advancement of Science dengan mengambil beberapa partisipan. Dalam 6 minggu, setiap orang diwajibkan mengonsumsi yogurt secara rutin. Hasilnya, lebih dari 80% orang yang mengonsumsi tersebut mengaku bau mulut sudah berkurang.

4. Daun Saga

Daun Saga
Image by Orami.co.id

Daun saga tidak hanya dipercaya untuk meredakan batuk, namun juga sebagai obat alami untuk mengatasi gangguan mulut. Daun ini mirip dengan kelor, mulai dari bentuk hingga ukuran daunnya. Bukan hanya untuk mengobati, namun Daun Saga juga baik digunakan sebagai langkah pencegahan.

Kandungan senyawa antibakteri di dalamnya mampu mengatasi bau mulut tidak sedap. Kandungan tersebut juga efektif untuk mengobati gangguan gusi atau gigi. Bahkan ada yang mengatakan bahwa daun ini juga dapat mengatasi gangguan sariawan, namun belum ada studi klinis yang telah membuktikannya.

5. Akar Manis

Akar Manis
Image by Sehatq.com

Tentunya anda sudah familiar dengan bahan alami ini karena mudah sekali menemukannya. Bahkan saat ini banyak beredar produk dengan bahan akar manis untuk mengatasi gangguan kesehatan tertentu. Siapa sangka jika bahan alami ini juga terbukti efektif mengatasi gangguan bau mulut tidak sedap.

Kandungan utamanya berupa senyawa antibakteri yang mampu membunuh kuman secara efektif. Kandungan tersebut juga baik untuk mengatasi masalah mulut lainnya, seperti sariawan dan juga gangguan pada gusi.

6. Buah Nanas

Buah Nanas
Image by Kompas.com

Berikutnya ada buah nanas yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami. Buah ini banyak mengandung asam, jadi ada baiknya jika anda minum air putih setelah mengonsumsi nya. Cukup makan beberapa potong saja dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Meskipun banyak yang mempercayai manfaatnya untuk gangguan mulut, namun belum ada studi klinis yang membuktikannya. Maka dari itu, sebaiknya tidak terlalu banyak ketika menggunakannya sebagai pengobatan herbal. Mengingat zat asam yang terkandung di dalamnya cukup tinggi.

BACA:  Suntik Vitamin C: Harga, Manfaat & Efek Samping

7. Lemon

Lemon
Image by Rd.com

Meskipun termasuk salah satu buah dengan harga cukup mahal, namun lemon memilki peran penting dalam mengatasi bau mulut tidak sedap. Hal ini dikarenakan kandungan asam pada buah berwarna kuning ini cukup tinggi. Kandungan tersebut menghasilkan senyawa Saliva yang berfungsi melindungi mulut secara keseluruhan.

Tentunya anda buah ini mengandung banyak vitamin C yang berfungsi menjaga kelembapan mulut. Salah satu penyebab bau mulut yakni karena kondisinya kering terlalu lama. Namun yang perlu diperhatikan adalah ketika anda mempunyai gangguan lambung. Tidak disarankan mengonsumsi nya dalam jumlah banyak.

8. Teh Hijau

Teh Hijau
Image by Parenting.firstcry.com

Cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami berikutnya adalah dengan teh hijau. Selain itu, bahan ini cukup baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga mengatasi berbagai macam penyakit. Selain mengandung antioksidan tinggi, jenis teh ini juga bersifat antibakteri.

Tidak sulit membuat teh hijau untuk mengatasi gangguan bau mulut tidak sedap. Seduh teh dengan air panas, kemudian diamkan beberapa saat hingga mejadi hangat. Selanjutnya yakni dengan cara meminumnya, namun usahakan ditahan sebentar di dalam mulut sebelum menelannya.

9. Air Putih

Air Putih
Image by Halodoc.com

Diatas tadi sudah dikatakan bahwa salah satu penyebab bau mulut yakni kondisi mulut yang kering. Pada saat kondisi tersebut, bakteri lebih mudah berkembang biak dan menimbulkan bau tidak sedap. Bahan alami ini tentunya sangat mudah ditemukan dimana-mana. Sayangnya, sedikit orang yang menyadari akan manfaatnya tersebut.

Mengonsumsi air putih untuk menjaga kesehatan mulut tidak ada batasannya. Semakin sering anda minum air putih, semakin baik hasilnya untuk menjaga mulut supaya lebih segar. Manfaat dari minum air putih hampir mirip dengan makan lemon, yakni dapat meningkatkan produksi Saliva, meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak.

10. Daun Sirih

Daun Sirih
Image by Tribunnews.com

Daun sirih dikenal lama sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai jenis gangguan bau. Selain gangguan mulut, bahan alami ini juga ampuh mengatasi bau badan tidak sedap. Saat ini banyak ditemukan jamu tradisional dengan bahan utama daun sirih. Namun anda bisa membuatnya sendiri di rumah karena terjamin kualitasnya.

Cukup ambil beberapa daun sirih, kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Biarkan air semakin surut dan kandungan pada daun sirih menyatu dengan air tersebut. Diamkan beberapa saat hingga dingin, kemudian anda bisa meminumnya. Selain cara tersebut, anda bisa langsung mengunyah untuk menghilangkan bakteri di mulut, namun jangan ditelan.

11. Buah Apel

Buah Apel
Image by Prevention.com

Kandungan apel mampu menetralisir bakteri penyebab bau mulut tidak sedap. Cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami berupa apel cukup mudah. Anda bisa langsung memakannya, atau bisa juga digunakan jus apel. Dari kedua cara tersebut, lebih disarankan untuk makan apel daripada membuat jus.

BACA:  10 Cara Mudah Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami

Bukan tanpa alasan, karena pada saat menggigit apel, bakteri penyebab bau mulut kemungkinan menempel pada bekas gigitan tersebut. Hal ini bisa sebagai ganti menggunakan benang untuk membersihkan gigi.

12. Jeruk

Jeruk Nipis
Image by Beritarakyat.asia

Selain lemon, jeruk menjadi bahan alami untuk mengatasi gangguan bau mulut. Kandungannya hampir sama dengan lemon, yakni vitamin C tinggi. Meskipun bisa dikatakan jauh lebih tinggi lemon, namun harga jeruk dipastikan cukup terjangkau sehingga anda bisa mengonsumsi nya setiap saat.

13. Air Garam

Berkumur Menggunakan Air Garam
Image by 99.co

Cara sederhana untuk mengatasi bau mulut adalah menggunakan garam yang telah dilarutkan dengan air. Garam mengandung zat antibakteri yang efektif membunuh kuman penyebab bau mulut tidak sedap. Bahan alami ini dipastikan ada di setiap rumah dengan harga terjangkau.

Untuk membuat larutan garam sangat mudah, anda bisa menggunakan segelas air hangat dan satu sendok makan garam. Aduk perlahan hingga sepenuhnya larut, kemudian gunakan untuk berkumur. Pastikan waktu berkumur setidaknya 30 detik supaya hasilnya lebih maksimal.

14. Buah Anggur

Buah Anggur
Image by Sehatq.com

Selanjutnya adalah anggur untuk cara menghilangkan bau mulut. Buah ini memiliki kandungan vitamin C tinggi, seperti halnya lemon dan jeruk. Selain itu, kandungan yang ada pada buah ini juga mampu merangsang produksi air liur pada rongga mulut. Dengan demikian, mulut tetap dalam keadaan basah sehingga timbulnya bau mulut bisa diantisipasi.

Anggur juga memiliki kandungan zat besi yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Kandungan yang sama juga efektif untuk memelihara kesehatan lidah dan juga mukosa mulut. Sebagai alternatif untuk menghilangkan bau tidak sedap pada mulut, anda cukup memakannya secara langsung beberapa biji setiap hari.

15. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau
Image by Sehatq.com

Setiap sayuran hijau memiliki kandungan antioksidan tinggi. Selain dapat menjaga kesehatan kulit, kandungan tersebut juga baik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan mulut. Sebagai contoh adalah gusi berdarah, peradangan gusi, dan juga kerusakan pada gigi seperti berlubang.

Jenis sayuran hijau yang cocok digunakan untuk mengatasi bau mulut diantaranya adalah kembang kol, brokoli, bayam, dan kangkung. Tidak ada cara khusus dalam mengonsumsi nya, cukup makan seperti biasa dengan mengolahnya menjadi sayuran. Jika anda betah dengan rasanya, ada baiknya jika langsung memakannya dalam keadaan mentah.

Cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami diatas tentunya belum cukup jika anda tidak menjaga kesehatan mulut. Ada istilah lebih baik mencegah daripada mengobati, maka dari itu, sebaiknya anda rajin gosok gigi dan gunakan obat kumur jika perlu. Selain itu, hentikan kebiasaan buruk seperti merokok atau minuman beralkohol.