15 Menu Makanan Sehat untuk Jantung yang Wajib Dikonsumsi

15 Menu Makanan Sehat untuk Jantung yang Wajib Dikonsumsi

Menu makanan sehat untuk jantung tidak hanya diperlukan bagi mereka yang memiliki masalah penyakit jantung, namun untuk semua orang. Menjaga kondisi jantung agar tetap sehat merpakan hal yang paling penting. Pasalnya, jantung memiliki peran vital sebagai organ tubuh bagian dalam.

Jantung berfungsi memompa darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh. Salah satu organ tubuh vital ini juga berfungsi mengangkut sisa metabolisme tubuh. Peran jantung bahkan mempengaruhi organ tubuh lainnya. Artinya, jika kondisi jantung sehat, maka kondisi organ lainnya kemungkinan juga sehat, asalkan memang tidak memiliki penyakit bawaan.

Gangguan pada jantung dapat menyebabkan berbagai penyakit komplikasi lainnya. Oleh sebab itulah penting sekali untuk menjaga kesehatan. Selain olahraga, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Anda bisa mendapatkan jenis makanan tersebut dari buah, sayur, dan jenis makanan yang tidak mengandung tinggi lemak, seperti makanan berikut!

1. Kenari dan Almond

Kenari dan Almond
Image by Bobo.grid.id

Menu makanan sehat untuk jantung yang pertama bisa didapat dari kenari dan kacang almond. Kedua bahan makanan ini mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan lain yang terdapat di dalamnya adalah omega-3, serat, dan vitamin. Mengonsumsi kacang kenari dan almond dipercaya efektif menurunkan risiko penyakit jantung.

Cara kedua makanan ini menjaga kesehatan jantung adalah dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu juga mencegah pembekuan darah yang merupakan faktor utama terjadinya stroke. Manfaat lain yang didapatkan yakni menghambat penumpukan plak di pembuluh darah dan melindungi dinding arteri.

2. Tahu Kukus Ayam Cincang

Tahu Kukus Ayam Cincang
Image by Fimela.com

Meskipun tergolong makanan dengan harga murah, namun tahu memiliki berbagai manfaat penting bagi kesehatan. Tahu dikatakan efektif bagi penderita darah tinggi karena rendah natrium. Bahan makanan yang terbuat dari kedelai ini juga baik untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Tentunya bukan tahu yang dimasak dengan cara digoreng, namun dengan cara dikukus.

Untuk mendapatkan manfaat lain, tambahkan ayam cincang yang juga dimasak dengan cara dikukus. Ayam mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Untuk masalah menyehatkan jantung, ayam mengadung vitamin B6 yang berfungsi menurunkan kadar homosistein, dimana merupakan faktor utama penyakit jantung.

3. Oatmeal Pisang Kismis

Oatmeal Pisang Kismis
Image by Facebook.com @makanandanresep

Selain enak dan lezat, oatmeal memiliki manfaat baik untuk kesehatan jantung. Bahan makanan dari biji-bijian ini mengandung antioksidan tinggi berupa avenanthramide yang mampu mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah, salah satu penyebab penyakit jantung.

BACA:  10 Menu Sarapan Pagi yang Sehat & Tetap Lezat

Sedangkan kandungan pisang tidak dapat diragukan lagi akan kandungan potasium nya. Selain itu, pisang mengandung kalium cukup tinggi dan rendah garam sehingga efektif mencegah munculnya risiko jantung koroner. Demikian juga dengan kismis yang mengandung tinggi kalium dan rendah sodium sehingga cocok dijadikan menu makanan sehat untuk jantung.

4. Sup Tomat

Sup Tomat
Image by Masakapahariini.com

Tomat dikenal sebagai sayur atau buah dengan manfaat penting bagi kesehatan tubuh, bukan hanya jantung sebenarnya. Buah dengan warna merah dan rasa asam ini mengandung berbagai macam vitamin yang penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit. Kandungan antioksidan pada tomat bukan hanya mencegah datangnya penyakit jantung, namun juga tetap menyehatkannya.

Tidak sulit tentunya menjadikan tomat sebagai menu makanan sehat, salah satunya bisa dibuat sebagai sup dengan campuran bahan lain sesuai selera. Buncis, dan wortel adalah beberapa bahan yang baik untuk memenuhi nutrisi harian tubuh. Pastikan tidak ada bahan yang digoreng dengan minyak dalam pembuatannya.

5. Sandwich

Sandwich
Image by Bola.com

Sandwich menjadi salah satu menu makanan sehat untuk jantung yang aman dikonsumsi setiap hari. Bagaimana tidak, pada umumnya Sandwich menggunakan bahan utama berupa berbagai macam sayuran. Seperti yang diketahui, sayuran memang menjadi makanan pokok untuk menjaga kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya.

Setiap olahan sandwich tentu menggunakan roti, karena memang pada dasarnya termasuk jenis roti lapis. Supaya tetap sehat, gunakan jenis roti yang terbuat dari gandum. Cukup panggang sebentar roti untuk mendapatkan rasa lebih nikmat. Tambahkan telur dan keju supaya nutrisi nya lebih lengkap. Untuk jenis sayuran nya tergantung selera, namun usahakan tetap menggunakan selada dan tomat dalam variasinya.

6. Tumis Udang dan Kubis

Tumis Udang dan Kubis
Image by Cookandrecipe.com

Sebagian orang menganggap bahwa udang tidak baik untuk kesehatan karena dapat menyebabkan asam urat dan kolesterol. Namun ternyata anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Udang memiliki kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, seperti omega 3 dan omega 6.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, kubis mengandung anthocyaninyang. Senyawa tersebut terbukti mencegah penyakit kardiovaskular yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Tambahkan bahan lain, seperti bawang bombai, bawang putih, dan bahan lain sebagaimana ketika anda membuat tumisan.

7. Sayur Asem

Sayur Asem
Image by Dapurkobe.co.id

Menu makanan sehat untuk jantung berikutnya adalah sayur asem. Siapa yang tidak mengenal jenis menu makanan ini karena umum ditemui di berbagai tempat. Pada umumnya, sayur asem menggunakan bahan utama dari jagung, terong, dan labu, serta sayur kangkung.

BACA:  15 Menu Makanan Sehat & Bergizi Seimbang yang Wajib Dikonsumsi

Semua bahan tersebut sangat baik untuk mencegah dan sekaligus menjaga kesehatan jantung. Vitamin A dan C pada kangkung terbukti mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol termasuk salah satu penyebab penyakit jantung dan juga berbagai penyakit komplikasi lainnya.

8. Ubi Ungu

Ubi Ungu
Image by Gaya.tempo.co

Tidak harus mengenyangkan ketika membuat menu makanan sehat, kudapan atau camilan diluar makanan pokok juga penting diperhatikan. Ubi ungu sepertinya cocok dijadikan kudapan karena mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh. Kandungan vitamin B6 nya terbukti menjaga kesehatan jantung.

Kandungan lain berupa antiinflamasi dan juga serat tinggi untuk menyehatkan pencernaan. Menikmati ubi ungu bisa dilakukan dengan cara sederhana, cukup direbus atau dipanggang sudah cukup nikmat. Jika ingin lebih nikmat, tambahkan madu untuk mendapatkan rasa lebih manis alami.

9. Brokoli Tofu Saus Tiram

Brokoli Tofu Saus Tiram
Image by Twitter.com @Tandaseru_id

Hampir semua sayuran hijau memiliki manfaat penting untuk menyehatkan tubuh, termasuk brokoli. Sayuran dengan rasa tidak biasa dan unik ini dapat mengontrol kadar kolesterol dalam darah yang menjadi faktor utama penyakit jantung. Brokoli mengandung dua jenis vitamin yang penting bagi tubuh, yakni vitamin C dan E.

Tentunya tidak nikmat ketika anda menyantap brokoli tanpa bahan pendukung lainnya. Salah satu yang cocok adalah Tofu, sejenis tahu namun berbeda dalam proses pengolahannya. Bahan utama Tofu sama dengan tahu, jadi manfaatnya juga sama untuk kesehatan jantung. Tambahkan saus tiram jika anda ingin rasanya lebih lezat.

10. Puding Alpukat dan Cokelat

Puding Alpukat dan Cokelat
Image by Cookingmama.my.id

Berikutnya adalah alpukat yang bisa dijadikan sebagai menu makanan sehat untuk jantung. Buah dengan daging hijau ini mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Kandungan lain adalah polifenol, karotenoid, dan vitamin dengan manfaat yang sama.

Membuat menu akanan tentu harus yang lezat dan nikmat supaya selera makan menjadi lebih tinggi. Anda bisa membuat puding alpukat yang dipadukan dengan cokelat untuk mendapatkan tujuan tersebut. Cokelat memiliki peran penting untuk melancarkan aliran darah dan mencegah penyumbatan pada pembuluh darah.

11. Salad Buah

Salad Buah
Image by Frisianflag.com

Selain sayuran, buah-buahan juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Setiap buah mengandung berbagai vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan jantung. Buatlah menu makanan sehat berupa salad, yakni perpaduan antara berbagai macam buah dengan masing-masing kandungan penting bagi kesehatan.

Jenis buah yang umumnya digunakan untuk salad diantaranya adalah strawberry, mangga, kiwi, anggur, melon, dan apel. Setiap buah tersebut sangat penting bagi kesehatan jantung dan kesehatan tubuh pada umumnya. Sebagaimana salad, tambahkan saus mayonnaise dan yoghurt sebagai pelengkapnya.

12. Bubur Jagung Manis

Bubur Jagung Manis
Image by Sehatq.com

Dari banyaknya menu makanan sehat untuk jantung diatas, jangan pernah lupakan bubur jagung manis sebagai menu utama harian. Jagung mengandung nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, seperti bioflavonoid, vitamin C, dan karotenoid. Dari ketiga kandungan terebut, yakni Karotenoid, manfaatnya penting untuk mencegah penebalan pada dinding arteri.

BACA:  10 Menu Sarapan Pagi yang Sehat & Tetap Lezat

Untuk membuat bubur dari bahan utama jagung sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bubur jenis lain. Diperlukan bahan tambahan untuk membuat rasanya lebih nikmat. Namun kali ini sebisa mugkin hindari tepung, silahkan ganti dengan mutiara. Tambahkan krimmer dan gula, namun jangan terlalu banyak.

13. Tim Ayam Kembang Tahu

Tim Ayam Kembang Tahu
Image by Facebook.com @videodanresepmasakan

Cocok dijadikan sebagai menu sarapan sehat, tim ayam cukup baik untuk menjaga kesehatan jantung. Gunakan daging ayam tanpa lemak, karena kandungan lemak ayam termasuk tinggi kolesterol. Kali ini anda tidak membutuhkan nasi sebagai bahan utama tim, namun menggunakan kembang tahu.

Perlu diketahui, kembang tahu termasuk sala satu olahan makanan atau produk yang serupa dengan tahu. Namun untuk kali ini tidak memiliki tekstur padat, melainkan lembek seperti bubur. Tahu terbuat dari kacang kedelai dengan manfaat yang baik bagi jantung karena dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

14. Salmon dan Tuna

Salmon dan Tuna
Image by Kabar6.com

Bagi penderita penyakit jantung, ikan salmon dan tuna mejadi menu makanan wajib yang harus sering dikonsumsi. Kedua ikan ini memiliki kandungan omega 3 tinggi, salah satu jenis lemak tak jenuh yang dapat mengurangi peradangan di sekitar jantung dan mencegah penyumbatan di pembuluh darah.

Kandungan nutrisi di dalamnya cukup baik untuk mengatur detak jantung lebih stabil. Bukan hanya untuk mencegah penyakit jantung, namun juga mengurangi risiko hipertensi. Silahkan membuat menu makanan dari ikan salmon dan tuna sesuai selera. Namun alangkah baiknya jika anda memilih kedua ikan tersebut yang dibudidayakan.

15. Oatmeal dan Gandum Murni

Oatmeal dan Gandum Murni
Image by Jovee.id

Satu lagi olahan oatmeal sebagai menu makanan sehat yakni mengombinasikan nya dengan gandum. Banyak dokter yang menyarankan terapi makan oatmeal bagi penderita penyakit jantung. Selain dapat mengurangi risiko penyakitnya, gandum cukup efektif untuk menjaga kesehatan jantung dan menjaganya tetap pada fungsi normalnya.

Sedangkan kemampuan gandum murni untuk menjaga jantung agar tetap sehat sudah dibuktikan oleh The Journal of Nutrition. Selain mengatasi masalah jantung dengan fungsi kurang normal, nutrisi yang terkandung di dalamnya juga baik dalam hal mengontrol gula darah dan tekanan darah.

Itulah berbagai menu makanan sehat untuk jantung yang wajib dikonsumsi, baik bagi penderita penyakit jantung maupun dengan tujuan untuk menyehatkannya. Hampir semua nutrisi yang didapatkan berasal dari tumbuhan dan hewan. Namun yang perlu diperhatikan adalah cara pengolahannya, makanan yang sehat sebaiknya diolah tanpa menggunakan minyak.