10 Menu Sarapan Pagi yang Sehat & Tetap Lezat

10 Menu Sarapan Pagi yang Sehat & Tetap Lezat

Sebagian orang masih mengabaikan menu sarapan pagi yang sehat. Mereka menganggap bahwa sarapan hanya untuk mengisi perut yang lapar setelah berjam-jam tidak mendapatkan asupan. Padahal anggapan ini salah besar, sarapan memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan bahkan berperan penting dalam menjaga imunitas tubuh.

Tentunya sarapan yang dimaksud terdapat dari makanan sehat. Bukan hanya sehat sebenarnya, namun juga lezat supaya selera makan semakin bertambah. Untuk mendapatkan asupan menu makanan sehat di pagi hari, anda bisa mendapatkannya dari buah, sayur, ikan, dan daging. Bukan bahannya yang penting, namun cara pengolahannya.

Pasalnya, jenis bahan yang sehat pun bisa menjadi sebaliknya jika pengolahannya tidak tepat. Paling tidak, makanan sehat yang dimaksud berkurang nilai gizinya. Sarapan memiliki peran penting untuk aktivitas yang anda lakukan sepanjang pagi hari hingga menjelang makan siang. Untuk itulah diperlukan sumber makanan yang memilki kandungan gizi cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Manfaat Sarapan Pagi

Manfaat Sarapan Pagi
Image by Okadoc.com

Makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak hanya untuk tujuan mengenyangkan, namun juga memberikan energi. Bagi yang menganggap bahwa menu sarapan pagi yang sehat tidaklah penting, ada baiknya jika anda menyimak manfaatnya terlebih dahulu.

✦ Meningkatkan Konsentrasi

Sarapan tidak hanya memberikan energi bagi tubuh untuk aktivitas, namun juga energi bagi otak untuk berpikir. Apabila anda memiliki pekerjaan yang mengandalkan otak, atau setidaknya sering berpikir, tentu bisa merasakan perbedaannya. Sarapan dengan menu baisa saja, dalam artian asalkan kenyang, tentu berbeda dengan sarapan sehat.

Hal ini tidak hanya berlaku bagi orang dewasa yang berkerja di pagi hari, namun juga untuk anak-anak usia sekolah. Dengan perut yang terisi di pagi hari, tentu lebih mudah konsentrasi ketika berpikir. Dengan kata lain, sarapan sehat membantu daya kembang otak anak usia sekolah. Dalam hal ini anda tidak hanya menyediakan menu sehat, namun juga lezat untuk menarik minat anak-anak.

✦ Mencegah Asam Lambung Naik

Manfaat menu sarapan pagi yang sehat berikutnya adalah mencegah asam lambung naik. Sebenarnya tidak hanya yang sehat, apapun jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh di pagi hari mampu mencegah terjadinya asam lambung. Tentu sayang jika makanan yang masuk hanya sekedar untuk mengisi perut yang kosong bukan?

Meskipun sebenarnya asam lambung bisa naik oleh penyebab lain, misalkan karena makanan pedas, namun di pagi hari lebih rentan terjadinya risiko tersebut. Asam lambung bisa terjadi kepada siapa saja, bahkan yang sebelumnya belum pernah terkena gangguan ini. Maka dari itu, jangan pernah meremehkan manfaat sarapan untuk kesehatan tubuh.

BACA:  15 Menu Makanan Sehat & Bergizi Seimbang yang Wajib Dikonsumsi

✦ Menjaga Berat Badan tetap Ideal

Dengan menu sarapan sehat, berat badan anda lebih terkontrol dan tetap ideal. Bagi yang menjalani program diet mungkin beranggapan tidak perlu sarapan supaya berat badan cepat turun. Faktanya, menghilangkan sarapan dari rutinitas di pagi hari justru berisiko menambah berat badan.

Alasannya sederhana dan cukup logis. Ketika anda tidak sarapan, nafsu makan semakin bertambah di siang harinya karena merasa lapar berlebih. Bahkan beberapa kasus untuk orang tertentu, mereka mudah lapar meskipun telah menyantap menu makan siang. Kondisi inilah yang menjadikan porsi makan tidak terkontrol dan justru memuat semakin gemuk.

Menu Sarapan Pagi yang Sehat

Menu Sarapan Pagi yang Sehat
Image by Tribunnews.com

Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, tentunya anda tahu mengenai hal ini. Akan tetapi, apakah anda sudah mengetahui jenis menu sarapan pagi yang sehat dan lezat sehingga nikmat di konsumsi? Jika belum bisa menjawab pertanyaan tersebut, berikut rekomendasi dari kami!

1. Alpukat Telur Panggang

Alpukat Telur Panggang
Image by Bit.ua

Alpukat sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dengan kandungan utamanya berupa vitamin, kalium, folat, dan zat besi. Buah dengan warna hijau ini baik untuk kesehatan mata dan menurunkan kolesterol. Manfaat penting ketika digunakan sebagai menu sarapan sehat adalah meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak.

Sedangkan telur tidak ada yang perlu diragukan lagi. Selain harganya murah, protein yang terkandung di dalamnya lumayan tinggi. Telur juga berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung. Perpaduan telur dan alpukat memberikan rasa kenyang lebih lama dengan nilai gizi harian tercukupi.

Meskipun termasuk makanan sehat untuk ibu hamil, tetap saja harus diolah secara sehat pula. Cukup panggang telur hingga matang atau setengah matang, tergantung selera. Untuk alpukat nya pilih yang matang kemudian belah menjadi dua dan ambil bijinya. Supaya lebih menarik perhatian, letakkan telur yang sudah terpanggang di dalam tempat bijinya.

2. Salad Sayur Madu

Salad Sayur Madu
Image by Jatim.poskota.co.id

Salad menjadi salah satu menu sarapan pagi sehat yang umum ditemui. Jenis olahan makanan ini biasanya digunakan sebagai program diet. Meskipun anda sedang tidak dalam program penurunan berat badan tersebut, tidak ada salahnya menggunakannya sebagai menu makan di pagi hari.

Sayur mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh. Vitamin, mineral, potasium, folat, dan serat hanya sebagian nutrisi saja. Setiap sayuran tentunya menyehatkan, namun yang biasanya digunakan sebagai salad diantaranya adalah selada, mentimun, wortel, tomat, brokoli, buncis, dan asparagus.

BACA:  15 Menu Makanan Sehat untuk Jantung yang Wajib Dikonsumsi

Silahkan pilih beberapa jenis sayur sebagai kombinasi. Tambahan madu tidak hanya membuat rasanya lebih lezat, namun juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Madu terbukti efektif mengurangi gejala mag dan memberikan energi yang cukup dari kandungan kalorinya.

3. Oatmeal Yogurt

Omelet Sayur
Image by Theworktop.com

Termasuk dari salah satu biji-bijian, oatmeal memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jenis makanan ini bahkan di klaim menjadi yang terbaik dan menyehatkan diantara jenis makanan lainnya di dunia. Kandungannya cukup lengkap, diantaranya serat, vitamin, mineral, dan yang penting adalah bebas gluten.

Manfaat utama oatmeal ketika digunakan sebagai menu sarapan pagi yang sehat adalah menjaga berat badan tetap ideal, mencegah penyakit jantung, dan merawat sistem pencernaan. Sedangkan yoghurt termasuk salah satu produk dari olahan susu, jadi manfaat yang didapat tidak jauh dari bahan utamanya.

4. Sup Buah Bit

Sup Buah Bit
Image by Orami.co.id

Apabila anda masih asing dengan buah bit, yakni sejenis buah yang sebenarnya masuk ke dalam kategori sayur. Tanaman ini masih satu keluarga dengan lobak, namun memilki rasa lebih manis. Membuat sup buah bit untuk menu sarapan sehat tidaklah sulit, yang penting tambahkan bahan pendukung lainnya untuk mendapatkan manfaat lebih.

Buah bit mengandung antioksidan tinggi dan berguna sebagai detoksifikasi alami tubuh. Buah dengan warna keunguan ini dapat meningkatkan stamina yang digunakan untuk aktivitas di pagi hari. Memang tidak terlalu mengenyangkan, maka dari itu, silahkan beri tambahan kentang jika perlu.

5. Omelet Sayur

Omelet Sayur
Image by Tribunnews.com

Sederhananya, omelet adalah masakan yang terbuat dari telur dadar dengan berbagai bahan lainnya. Bahan lain yang dimaksud bervariasi, tergantung dari selera. Apabila tujuan anda digunakan untuk menu sarapan sehat, maka tambahan bahan yang dimaksud tentunya harus menyehatkan.

Wortel, daun bawang, kubis, dan jamur adalah beberapa bahan yang direkomendasikan. Tidak perlu menambahkan bahan lain seperti nasi atau kentang. Supaya terasa lebih kenyang, gunakan dua atau tiga butir telur dengan sayuran yang disebutkan. Kocok semua bahan tersebut, kemudian goreng dengan mentega hingga matang.

6. Pancake Pisang

Pancake Pisang
Image by Blog.decathlon.in

Hampir mirip dengan omelet dari segi bentuk, namun kai ini bukan menggunakan telur, melainkan sejenis kue. Banyak variasi pancake yang ditemukan saat ini, pada umumya dari buah-buahan. Untuk menu makanan sehat, sebaiknya gunakan pisang sebagai bahan campuran kue.

Bukan tanpa alasan kenapa disarankan menggunakan pisang, buah ini mengandung tinggi potasium. Manfaat pisang secara keseluruhan sudah terbukti sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi. Pisang dapat meningkatkan sistem imun dan menjaga berat badan tetap ideal. Manfaat lain yang cukup penting yaitu melancarkan peredaran darah ke otak.

7. Sandwich Alpukat

Sandwich Alpukat
Image by Republika.co.id

Jika bahasa inggrisnya Sandwich, maka bahasa Indonesia nya adalah roti lapis. Sebagaimana namanya, kue ini memiliki dua lapis dengan bagian tengahnya terdapat isian. Pada umumnya, isian Sandwich lebih bayak menggunakan sayuran. Tidak ada salahnya jika anda menambahkan buah alpukat di dalamnya.

BACA:  15 Menu Makanan Sehat & Bergizi Seimbang yang Wajib Dikonsumsi

Alpukat memilki banyak manfaat yang telah disebutkan pada menu sebelumnya. Dalam hal rasa kenyang yang didapatkan, tentu roti bisa diandalkan. Roti seringkali dijadikan sebagai alternatif pengganti nasi dan cukup baik digunakan sebagai menu sarapan sehat.

8. Puding Jagung

Puding Jagung
Image by Mediakepri.co

Memang sedikit lebih ribet dan terkesan lama dalam proses pembuatannya. Namun puding jagung bisa dijadikan alternatif menu sarapan jika anda bosan menggunakan menu pilihan yang telah disebutkan. Sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan semua bahan disiapkan. Supaya tetap menjadi menu sarapan pagi yang sehat dan lezat, disarankan menggunakan agar-agar plain.

Pemilihan jagung tidak ada aturan khusus, akan lebih baik menggunakan jagung manis untuk mendapatkan citarasa lezat alami. Tambahkan rasa sesuai selera, baik cokelat, vanila, atau pandan. Jangan lupa berikan susu cair dan gula agar rasanya semakin manis.

9. Sup Kacang Merah

Sup Kacang Merah
Image by Selerasa.com

Selain sup buah bit, jenis sup lain yang cocok digunakan untuk menu makan pagi adalah sup kacang merah. Banyak penelitian medis yang membuktikan manfaat kacang merah dari segi kesehatan. Bahan makanan tersebut tidak hanya mengenyangkan, namun juga efektif mengontrol tekanan darah.

Selain itu, manfaat lain yang didapatkan yakni menjaga kesehatan jantung dan menurunkan berat badan. Bagi anda yang sedang dalam program diet, kacang merah cukup baik menjaga berat badan tetap ideal. Silahkan tambahkan bahan lain yang menyehatkan sesuai selera, misalkan kentang, tomat, dan daging merah.

10. Kacang Tanah dan Kopi

Kacang Tanah dan Kopi
Image by Beritamanado.com

Jenis kacang-kacangan memang selalu menyehatkan, kacang tanah adalah salah satunya, selain kacang hijau dan kacang merah tentunya. Kacang tanah mengandung tinggi protein, lemak, dan karbohidrat sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Kandungan antioksidan nya cukup tinggi yang berfungsi mencegah risiko penyakit jantung.

Silahkan langsung menikmati kacang tanah setelah matang, atau bisa juga diolah dalam bentuk makanan tertentu. Sebagai pelengkap dan sekaligus minuman utamanya, siapkan secangkir kopi panas. Dibalik mitos mengenai kopi yang katanya meningkatkan asam lambung, faktanya banyak manfaat dari biji-bijian tersebut. Kopi terbukti efektif meningkatkan energi dan fungsi otak, serta membuat suasana hati lebih tenang.

Banyak manfaat kesehatan yang diadatkan ketika anda rutin makan di pagi hari sebelum memulai beraktivitas. Oleh sebab itu, pastikan anda tetap melakukannya jika sudah terbiasa. Bagi yang tidak terbiasa, ada baiknya jika memulai memilih salah satu menu sarapan pagi yang sehat dan lezat diatas sebagai permulaan.