10 Merek Catok Rambut Terbaik & Aman Digunakan

 

Bagi wanita, menjaga penampilan bisa dilakukan dengan cara apa saja, termasuk hair styling. Untuk memperoleh gaya rambut yang bagus tidak hanya dari pewarnaan, namun juga bentuk rambut. Bentuk yang dimaksud bisa jadi lurus atau keriting, anda bisa menggunakan catok untuk mendapatkan hasil tersebut. Tentu anda menyadari bahwa terdapat banyak merek catok rambut terbaik yang ditemukan saat ini. Meskipun boleh dikatakan semuanya memberikan hasil terbaik, namun juga harus dilihat faktor lain yang menentukan.

Faktor yang dimaksud yaitu harga, karena sebagian orang bisa dipastikan melihat harga terlebih dahulu daripada kualitas. Jika ada produk yang sama-sama memberikan hasil terbaik, kenapa tidak memilih yang lebih murah? Faktor kedua yang harus diperhatikan adalah kekuatan atau keawetan dari catok tersebut. Bisa jadi catok yang anda beli memberikan hasil terbaik seperti merek lain, juga harganya murah dibanding lainnya. Namun percuma juga kalau hanya dalam beberapa kali pemakaian sudah rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

Tips Memilih Catok Rambut Terbaik

Memilih Catok Rambut

Image by Picebook.co.id

Masih banyak faktor lain yang harus diperhatikan sebelum membeli catok rambut. Oleh sebab pentingnya faktor tersebut, sebaiknya anda benar-benar memperhatikannya. Bagi anda yang masih bingung, berikut beberapa tips selengkapnya yang bisa anda ikuti selain melihat harga dan ketahanan catok!

✓ Pilih Ukuran Pelat Catok yang Sesuai dengan Panjang Rambut

Setiap jenis dan merek catok memiliki ukuran pelat masing-masing. Jika anda tau, ada tiga ukuran yang dipilih, yakni sedang kecil dan lebar. Sebelum menggunakan salah satunya, ada baiknya anda sesuaikan dengan ukuran panjang rambut. Hal ini memang tidak mempengaruhi hasil, akan tetapi sangat berpengaruh pada efektifitas penggunaannya.

Catok dengan pelat mini lebih baik digunakan jika anda memiliki rambut pendek. adapun rambut pendek yang dimaksud bisa jadi sebahu atau kurang dari itu. Catok dengan ukuran mini mempunyai lebar kurang lebih 10-15mm, sehingga anda tidak kesulitan ketika menjepit rambut dengan ukuran pendek. Anda bisa leluasa membuat model apa saja tanpa takut panasnya terkena kulit kepala. Selain itu, panas dari catok mini juga termasuk cepat dan mudah merata hanya beberapa menit saja. Dengan demikian, anda bisa menghemat waktu lebih banyak tanpa mengurangi hasil dari gaya rambut yang diinginkan.

Ada juga catok standar dengan kuran pelat sekitar 20-30mm. Kalau ukuran ini lebih cocok digunakan untuk rambut ukuran sedang, atau bahasa keren nya rambut bob. Panjang dari rambut bob sedikit dibawah bahu sehingga sangat mudah dibentuk dengan catok rambut ukuran sedang. Menggunakan catok jenis yang satu lebih mudah ketika membentuk rambut, baik untuk membuat ikal kecil atau hanya sekadar meluruskan. Bagi anda yang baru pertama kali menggunakan catok sebagai hair styling, disarankan untuk menggunakan jenis yang satu ini.

BACA:  10 Masker Rambut Alami yang Mudah Dibuat di Rumah

Jika anda mempunyai rambut panjang, jauh dibawah bahu atau pinggang, gunakan catok ukuran besar. Ukurannya sekitar 35-45mm sehingga anda lebih hemat waktu ketika digunakan untuk rambut panjang. Tentu akan semakin lama aktivitas mencatok jika rambut panjang menggunakan catok mini atau sedang bukan? Apalagi jika tipe rambut anda termasuk tebal, menggunakan catok besar tentu semakin efisien dan lebih efektif.

✓ Pilih Produk dengan Spesifikasi Hasil yang Diinginkan

Apakah anda sadar bahwa fungsi catok sebenarnya tidak hanya digunakan untuk meluruskan rambut saja? Ya, ada fungsi lain yang harus diperhatikan dan sangat penting untuk gaya rambut sesuai keinginan. Setiap merek catok rambut terbaik biasanya memberikan semua fungsi yang dimaksud, namun tentu anda harus mengetahui masing-masing dari fungsi tersebut bukan?

Pelat yang digunakan mempunyai fungsi penting untuk mengurangi kerusakan rambut. Cara kerjanya sederhana, semakin cepat catok meluncur ketika digunakan untuk menjepit rambut, semakin berkurangan risiko kerusakan yang dihadapi. Hal ini dikarenakan panas yang dihasilkan catok tidak terlalu lama menempel pada rambut. Dengan kata lain, semakin singkat tempo waktu yang diperlukan untuk kontak langsung antara rambut dan pelat catok, semakin bagus rambut yang dihasilkan dan tidak mengakibatkan kerusakan berlebih.

Coba anda tanyakan apakah produk catok rambut yang akan anda beli mempunyai fungsi uap di dalamnya. Fungsi tersebut sangat penting untuk menjaga kelembapan rambut agar tidak kering karena proses pencatokan. Meskipun sedikit merepotkan karena anda harus mengisi air berulang-ulang, catok dengan fungsi uap dapat memberikan hasil rambut lebih halus dan lembut. Fungsi yang paling penting ialah dapat sedikit mencegah kerusakan rambut.

Selain fungsi uap, pastikan catok yang anda pilih mempuyai fungsi ion. Penggunaan catok tidak lain dengan aliran listrik bukan? Tentu hal tersebut dapat menjadikan rambut menyebar dan susah diatur karena adanya listrik statis. Ion negatif yang ada di dalam catok rambut mampu mengurangi listrik statis tersebut. Hasilnya? Rambut tetap mudah diatur meskipun dipakai sesering mungkin.

✓ Pilih yang Mudah Digunakan

Bagi yang sudah sering menggunakan catok dalam menata rambut mungkin tidak kesulitan. Namun bagi anda yang baru pertama kali menggunakannya, pastikan untuk memilih yang paling mudah. Hal yang perlu diperhatikan dalam hal kemudahan yang dimaksud yakni pengaturan suhu, kecepatan perubahan suhu, daya jepit, dan juga merek yang memiliki risiko luka bakar minimal. Dengan kata lain, selain memilih merek catok rambut yang mudah digunakan, anda juga harus memilih yang paling aman digunakan.

BACA:  10 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami yang Mudah Dilakukan

Rekomendasi Merek Catok Rambut Terbaik

Rekomendasi Merek Catok Rambut Terbaik

Image by Acuan.id

Saatnya sekarang anda memilih salah satu merek catok rambut terbaik yang direkomendasikan berikut. Sebelumnya, pastikan anda sudah mempertimbangkan beberapa hal penting dari tips yang diberikan diatas.

1. Quick Heat Iron 5288

Quick Heat Iron 5288

Image by Bukalapak.com

Rekomendasi pertama dari produk Korea, yakni Quick Heat Iron 5288. Bagi pemula, catok yang satu ini cocok digunakan karena memiliki gagang cukup panjang sehingga mengurangi risiko luka bakar. Termasuk jenis catok ukuran besar dengan lebar pelat 40mm. Bahan pelat yang digunakan dari keramik sehingga mudah meluncur ketika menjepit rambut.

Merek dari Elov ini juga mempunyai 4 mode pengaturan suhu yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan, minimal 160 dan maksimal 220 derajat celsius. Bukan hanya membuat rambut berkilau dan lembut karena fungsi ion nya, namun desain nya juga elegan dengan dominasi warna hitam. Bagaimana dengan harganya? Cukup terjangkau, sekitar 200 ribu untuk anda bawa pulang ke rumah.

2. 2-in-1 Hair Straightener

2-in-1 Hair Straightener

Image by Indonesian.alibaba.com

Selanjutnya ada 2-in-1 Hair Straightener dengan desain yang cukup simpel, jika dilihat dari kombinasi warnanya. Namun jangan ditanya soal fungsinya, anda bisa menggunakannya untuk mengeriting rambut selain membuatnya lurus.

Lebih cocok digunakan untuk rambut sedang karena ukuran pelat dari keramik dengan lebar 20mm. Mungkin anda beranggapan bahwa produk dari Techno ini harganya mahal, ternyata tidak karena hanya 150 ribuan. Meskipun dikatakan murah, namun bukan murahan karena ada 5 mode panas yang bisa dipilih.

3. Eclairre – Cordless Styling Iron

Eclairre - Cordless Styling Iron

Image by Bydeals.net

Jika anda ingin mempunyai catok dengan desain dan teknologi modern, Eclairre – Cordless Styling Iron bisa dijadikan pilihan utama. Tidak perlu kabel untuk menggunakan catok yang satu ini, anda hanya perlu mengisi daya sebelum pemakaian. Pengisiannya pun cepat dan bisa dilakukan dengan charger handphone, powerbank, maupun listrik, asalkan sudah kompatibel.

Sama halnya dengan merek catok rambut diatas, anda bisa menggunakannya untuk meluruskan atau mengeriting rambut. Kalau ditanya tipenya, masih masuk kedalam kategori catok medium ukuran 24mm dengan bahan pelat Titanium. Siapkan budget yang lumayan jika ingin memilikinya ya, karena harga dari catok produksi Elona ini mencapai 780.000 ribuan.

4. Steam Hair Straightener

Steam Hair Straightener

Image by Kucomb.com

Anda ingin merek catok yang mampu melembapkan dan tidak membuat rambut cepat rusak? Coba gunakan Steam Hair Straightener yang diproduksi oleh Takeda. Fungsi uapnya mampu melembapkan rambut dan juga membuatnya lebih berkilau. Sangat aman digunakan dengan mode panas yang bisa diatur hingga 0 derajat celcius.

Ukuran pelat nya 35mm sehingga menjadikan jenis catok dari Takeda ini termasuk catok lebar. Harganya jauh lebih mahal dari merek catok diatas, yakni sekitar 1.800.000 rupiah. Namun jangan khawatir, karena harga berbanding luru dengan kualitas yang didapat.

5. KeraShine Straightener

KeraShine Straightener

Image by Philips.co.id

Mungkin anda juga ingin merek catok dengan harga yang tidak terlalu murah dan mahal, alias medium. Coba anda gunakan KeraShine Straightener dengan harga sekitar 650.000 rupiah. Fungsi ion membuat rambut mudah diatur, bahkan penggunanya tergolong cepat, cukup 30 detik untuk mendapatkan panas merata dan sempurna.

BACA:  10 Masker Rambut Terbaik dan Praktis Digunakan

Hasil rambut tetap berkilau dan lembut karena pelat dengan ukuran 38mm dilapisi dengan keratin. Produk catok terbaik dari Philips ini tidak perlu diragukan lagi, keamanannya juga cukup terjamin. Hal ini dikarenakan adanya teknologi mati otomatis ketika digunakan selama 1 jam.

6. Perfect Straight 1″ Flat Iron

Perfect Straight 1″ Flat Iron

Image by Londondrugs.com

Sesuai dengan nama mereknya, Perfect Straight 1″ Flat Iron mempunyai lebar 1inch, atau sekitar 25mm, jadi masih tergolong tipe catok standar. Adanya mode pengaturan hingga 30 macam membuat anda bisa dengan mudah menyesuaikannya untuk kebutuhan rambut.

Selain itu juga tidak membuat rambut mudah rusak karena adanya 3 lapisan bahan pelat yang digunakan. Harganya cukup mahal, sedikit lebih murah dari produk catok rambut Takeda diatas, yakni 1.600.000 rupiah.

7. Hair Crimper – HC 28

Image by Shopee.co.id

Teknologi yang paling menonjol dari Hair Crimper – HC 28 yaitu LED display pada gagangnya yang berfungsi untuk melihat derajat panas. And bisa menghasilkan rambut berkilau dan lembut dengan fungsi ion yang ada.

Lebar pelat nya standar, sekitar 25mm dengan lapisan ceramic tourmaline coating. Tidak perlu waktu lama untuk mendapatkan panas merata dari merek yang diproduksi oleh Sayota ini. Selain itu, termasuk hemat listrik karena hanya mempunyai 45 watt dalam pemakaiannya.

8. Yueli Mini Wireless Hair Straightener

Yueli Mini Wireless Hair Straightener

Image by Joom.com

Yueli Mini Wireless Hair Straightener merupakan merek dagang dari catok rambut yang diproduksi oleh Xiaomi. Ya, anda tidak salah, memang Xiaomi yang dikenal sebagai produsen ponsel pintar tersebut.

Terdapat fungsi ion yang menghasilkan rambut tetap berkilau dan mudah diatur. Ukuran pelat nya kecil, hanya 12mm sehingga cocok digunakan untuk rambut pendek. Selain di desain portable, catok rambut terbaik ini juga mempunyai teknologi heat insulation cover sehingga anda bebas membawanya seketika setelah pemakaian tanpa takut terjadi luka bakar.

9. Selfie Straightener

Selfie Straightener

Image by Philips.co.id

Philips yang dikenal dengan perusahaan elektronik juga tidak mau ketinggalan. Selain produk catok dengan merek KeraShine Straightener, ada juga yang diberi merek Selfie Straightener. Ukuran pelat standar dengan bahan keramik sehingga mudah meluncur saat proses catok berlangsung.

10. iPro 230 iCurl

iPro 230 iCurl

Image by Rw.ziqqi.com

Bagi anda yang gemar mengganti gaya rambut dengan memanfaatkan catok, iPro 230 iCurl lebih cocok digunakan. Pasalnya, anda bisa dengan mudah meluruskan rambut dan juga mengeritingnya atau membuat sedikit ikal. Menggunakan nano titanium ceramic dengan ukuran 25mm. Harganya cukup terjangkau, hanya sekitar 200 ribuan untuk mendapatkan rambut indah dan bergaya.

Meskipun anda bisa membuat gaya rambut sesuai keinginan dengan merek catok rambut terbaik, tentu tetap harus memperhatikan keamanan dan kesehatan rambut ya! Oleh sebab itu, ada baiknya anda menutrisi rambut terlebih dahulu sebelum melakukannya. Baik itu dengan nutrisi dari bahan alami, atau dari produk yang banyak ditemukan saat ini.