11 Obat Diare untuk Bayi yang Alami dan Paling Aman

Salah satu penyakit yang paling umum dialami bayi adalah diare. Bagi ibu, bayi yang mengalami diare bisa jadi masalah serius. Untuk mengatasinya, butuh obat diare untuk bayi yang alami supaya lebih aman. Seperti yang diketahui, usia bayi pada umumnya memiliki daya tahan tubuh yang masih belum sempurna.

Pemberian obat yang keliru atau tidak sesuai dosisnya justru menjadikannya lebih rentan terserang penyakit lain. Berbeda dengan orang dewasa, mengetahui bayi terserang diare atau tidak memang cukup sulit. Di usia tersebut, kotoran masih belum begitu keras, bahkan bisa dikatakan sangat lembek dan cair, mirip dengan mencret.

Anda bisa melihat dari intensitas buang air besarnya. Jika intensitas perubahannya sangat drastis, maka bisa jadi hal tersebut merupakan gejala diare. Selain itu, bisa juga melihatnya dari warna kotoran. Normalnya, warna kotoran bayi sehat yaitu kuning. Jika anda mendapati kotoran berwarna hijau disertai dengan lendir, silahkan coba obat diare alami untuk bayi berikut!

1. Oralit

Oralit
Image by Health.grid.id

Semua pasti sudah tahu apa yang dimaksud dengan Oralit. Ini adalah obat herbal alam yang ampuh untuk mengobati diare pada anak, termasuk bayi. Cara kerja obat ini dengan mengganti cairan tubuh yang hilang akibat mencret. Seperti yang diketahui, bayi yang mengalami diare akan kehilangan banyak cairan yang keluar dari kotoran.

Tidak perlu membeli di apotek atau toko obat, anda bisa membuatnya sendiri dari rumah. Bahan yang digunakan hanya tiga, semuanya mudah ditemukan. Cukup panaskan satu gelas air hingga mendidih, kemudian diamkan sampai dingin. Setelahnya, campur dengan gula dan garam secukupnya, kemudian aduk hingga larut sempurna.

2. Pisang

Pisang
Image by Inet.detik.com

Pisang dikenal sebagai buah yang multifungsi karena kaya akan manfaat. Mungkin anda mengenalnya dengan baik jika digunakan untuk melancarkan pencernaan. Sebagian orang tua ragu memberikan pisang pada bayi jika sedang mengalami diare. Pasalnya, mereka takut diare akan lebih parah karena buah tersebut mengandung serat tinggi.

Faktanya, bayu yang sedang diare dipastikan kehilangan banyak energi karena banyaknya cairan yang keluar dari tubuh. Untuk mengembalikan energi inilah dibutuhkan buah pisang. Buah ini mengandung, potasium tinggi dan jenis mineral yang dibutuhkan tubuh lainnya. Karena masih bayi, anda bisa melembutkan pisang terlebih dahulu dengan campuran air.

3. Produk Kaya Pati

Produk Kaya Pati
Image by Diksinews.co.id

Obat diare untuk bayi yang alami dan aman selanjutnya adalah produk kaya pati. Selain olahan tepung beras dan lainnya, anda bisa menggunakan kentang untuk pengobatan diare ini. Kentang memiliki kandungan pati yang sangat tinggi untuk menghambat diare. Memang cukup lama dicerna tubuh, namun tetap lebih bak baik dari olahan tepung lainnya.

Cara membuat kentang untuk mengobati diare sangat mudah. Pertama, silahkan direbus terlebih dahulu hingga matang sempurna, lebih lembek lebih bagus. Kemudian tumbuk halus dan tambahkan garam secukupnya untuk mengurangi cairan yang keluar. Untuk menghambat produksi gas, silahkan ditambahkan jinten dalam bentuk bubuk.

4. Chia Seed

Chia Seed
Image by Kompas.com

Selanjutnya ada Chia Seed yang bisa anda coba untuk mengobati diare pada bayi secara alami. Nama ini mungkin kurang familiar, nama lainnya adalah biji rami. Hampir mirip dengan biji selasih dalam hal kandungannya, namun kali ini lebih banyak mengandung omega. Chia Seed sudah dikenal lama mampu mengobati berbagai macam penyakit, termasuk diare.

Biji-bijian ini mengandung banyak serat yang dibutuhkan tubuh. Cara membuatnya mudah, rendam Chia Seed yang berwarna gelap hingga sedikit lebih lunak. Selanjutnya campur dengan makanan bayi, misalnya bubur cereal atau nasi tim. Supaya hasilnya lebih optimal, silahkan campur biji rami dengan olahan pasta.

5. Jahe

Jahe
Image by Cnnindonesia.com

Di rumah anda sekarang mini pastinya ada jahe bukan? Siapa sangka jika rempah yang termasuk akar-akaran tersebut bisa digunakan untuk mengobati diare secara alami. Rasa jahe yang sedikit panas di perut ternyata mampu mengurangi asam lambung dan gas yang diproduksi secara berlebihan ketika bayi sedang diare.

Cara membuat jahe untuk pengobatan diare ada anak ternyata sangat mudah. Silahkan parut jahe sampai lembut terlebih dahulu, anda pun bisa menggunakan jahe bubuk jika ada. Selanjutnya tambahkan jintan, kayu manis, dan madu secukupnya. Terapi pengobatan alami ini bisa diberikan kepada bayi tiga kali sehari sesuai dengan usianya.

6. Lemon

Lemon
Image by Healthline.com

Lemon dikenal sebagai buah yang bisa membuat perut perih jika berlebihan. Ternyata jika dikonsumsi dengan benar, lemon justru dapat digunakan sebagai obat diare untuk bayi yang alami. Kandungan lemon yang sebagian besar berupa anti bakteri dan anti inflamasi mampu membunuh bakteri penyebab diare dan mengeluarkannya melalui kotoran.

Buah yang umumnya berkulit kuning ini juga mampu mengembalikan energi bayi yang terkuras karena banyak keluar. Karena sifatnya yang sedikit keras dan bisa menyebabkan perut tidak nyaman, cukup berikan beberapa endok saja. Intensitas terapi diare ini bisa diulangi 3 hingga 4 kali dalam satu hari.

7. Air Kelapa

Air Kelapa
Image by Inews.id

Inti dari pengobatan diare yang pertama adalah mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Selanjutnya yakni menghentikan diare supaya tidak lagi bertambah parah, setidaknya intensitasnya berkurang. Dalam mengembalikan cairan tubuh, air kelapa sudah lama dipercaya sangat efektif dengan hasil terbaik.

Mereka yang setelah berolahraga pun dianjurkan minum air kelapa untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Air kelapa mengadung elektrolit yang dibutuhkan tubuh lebih baik dari cairan lainnya. Kandungan lain di dalamnya diantaranya adalah zat besi, kalsium, magnesium, dan fosfor.

8. ASI

ASI
Image by Klikdokter.com

Bayi dibawah usia 2 tahun dan masih menyusu, obat diare yang paling ampuh adalah ASI. Seperti yang dikatakan sebelumnya, inti dari pengobatan ini adalah mengembalikan cairan tubuh yang hilang. ASI sangat baik dalam hal ini, perannya cukup signifikan supaya bayi tidak lemas. Selain itu, kandungan ASI sangat penting untuk membentuk antibodi pada bayi.

Meskipun anda menggunakan obat diare untuk bayi yang alami diatas, jangan pernah berhenti menyusui bayi. Jika memang dari awal bayi minum susu formula dan berhenti ASI karena alasan tertentu, sebaiknya tambah takaran susunya. Ini sangat penting untuk mencegah dehidrasi dan sekaligus menghentikan mencret.

9. Madu

Madu
Image by Unair.ac.id

Madu adalah obat alami untuk segala macam penyakit, termasuk obat diare tentunya. Madu kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, flavonoid dan asam fenolik. Kandungan lain dari cairan berasa manis ini adalah kalium yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk sumber energi.

Madu dipercaya cukup efektif untuk mengobati mukosa usus yang rusak karena virus dan bakteri. Cara membuat madu untuk pengobatan alami diare yakni mencampurkannya dengan air hangat. Bisa juga langsung meneteskan nya pada mulut bayi jika usianya masih dibawah 1 tahun. Dalam satu hari, silahkan diberi 3 hingga 4 kali dan pastikan madunya asli.

10. Wortel

Wortel
Image by Orami.co.id

Berikutnya adalah wortel yang merupakan salah satu buah kaya akan manfaat untuk tubuh. Kandungan wortel yang paling besar yaitu air dan karbohidrat. Sedangkan sebagian kecil lainnya berupa vitamin, lemak, dan protein. Meski demikian, wortel mengandung beta karotin yang sangat tinggi.

Kandungan tersebut sangat baik untuk mengobati berbagai penyakit yang berhubungan dengan perut. Wortel juga sangat baik untuk menambah nafsu makan pada anak, yang mana biasanya diare menyebabkan mereka malas makan. Jika bayi masih belum waktunya makan, anda bisa membuatnya menjadi jus dan dikonsumsi tiga kali sehari.

11. Sayuran Berdaun Gelap

Sayuran Berdaun Gelap
Image by Pikiran-rakyat.com

Obat mencret untuk bayi yang alami berikutnya adalah sayuran yang memiliki warna daun gelap. Dari banyaknya jenis sayuran yang dimaksud, bayam merupakan rekomendasi yang paling baik. Bukan tanpa alasan, bayam juga mengandung beta karotin seperti halnya wortel. Selain itu, sayuran hijau ini juga mengandung banyak vitamin yang penting untuk tubuh.

Manfaat bayam untuk diare yakni membersihkan usus dan melancarkan pergerakan lambung. Selain itu, bayam juga efektif untuk mengobati sembelit. Anda bisa membuat jus bayam yang ditambahkan pada makanan bayi. Bisa juga membuatnya menjadi jus jika usia bayi memang belum waktunya mendapatkan makanan pendamping ASI.

Itulah obat diare untuk bayi yang alami dan paling aman, silahkan anda coba sendiri di rumah. Namun ingat, ada baiknya jika anda konsultasi dengan dokter apabila pengobatan diatas tidak berhasil selama 2 hari. Jangan menunggu waktu apabila kondisi bayi semakin hari semakin lemas, silahkan langsung pergi ke rumah sakit.