10 Obat Herbal untuk Kolesterol yang Mudah Ditemukan

10 Obat Herbal untuk Kolesterol yang Mudah Ditemukan

Memiliki kadar kolesterol tinggi dalam darah bisa mengakibatkan berbagai penyakit serius. Sebagai contoh adalah darah tinggi, diabetes, jantung, dan bahkan stroke. Untuk mengatasi hal ini, anda perlu obat herbal kolesterol yang ampuh. Sebenarnya untuk obat dengan resep dokter juga tidak masalah, tetapi biasanya ada efek samping jika dikonsumsi berkepanjangan.

Kelebihan dari obat herbal tidak lain adalah tanpa efek samping, namun tetap diminum sesuai aturan. Sedangkan obat medis biasanya memiliki efek samping, meski hanya efek samping ringan. Reaksi obat herbal memang cukup lama dibandingkan dengan obat medis, tetapi cukup aman dikonsumsi sepanjang waktu.

Kolesterol adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh Low-Density Lipoprotein (LDL). Jika kadar kolesterol jahat ini tinggi, otomatis gangguan kesehatan pun dirasakan. Pada umumnya untuk mengatasi masalah ini dilakukan olahraga atau diet sehat, tetapi tidak semua orang berhasil sehingga mencari alternatif lain dengan obat herbal penurun kolesterol.

1. Bawang Putih

Bawang Putih
Image by M.jpnn.com

Obat herbal untuk kolesterol yang mudah ditemukan adalah bawang putih. Hampir dipastikan semua orang memiliki salah satu jenis bumbu dapur ini. Siapa sangka jika bawang putih ternyata ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang menyebabkan berbagai macam penyakit mudah timbul.

Bawang putih mengandung antioksidan tinggi yang berfungsi untuk melawan radikal bebas. Bumbu dapur ini juga baik untuk melawan bakteri karena sifat antibacterial nya. Selain mudah ditemukan, cara menurunkan kolesterol jahat dengan bawang putih pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengonsumsi nya langsung setiap hari sebanyak 1 – 2 siung.

2. Anggur

Anggur
Image by Sehatq.com

Obat herbal selanjutnya adalah anggur, tentunya mudah sekali menemukan buah ini. Harganya memang lumayan mahal untuk jenis tertentu, namun perihal khasiatnya tidak dapat diragukan lagi. Anggur memiliki kandungan yang hampir sama dengan bawang putih, yaitu antioksidan tinggi sebagai penangkal radikal bebas.

Mengonsumsi anggur secara rutin dipercaya mampu mengurangi kolesterol jahat atau LDL. Bukan hanya itu, buah yang rasanya manis dan asam ini juga efektif untuk meningkatkan kandungan kolesterol baik dalam darah yang disebut HDL. Selain menurunkan kolesterol, manfaat lain yang didapatkan adalah melancarkan pencernaan.

BACA:  15 Manfaat Teh Hijau Bagi untuk Kecantikan & Kesehatan

Manfaat tersebut dikarenakan kandungan serat yang tinggi. Jenis serat yang dimiliki anggur termasuk serat larut air. Serat ini juga yang akan mengikat kolesterol jahat dan mengeluarkannya melalui proses metabolisme tubuh. Cara mengonsumsi nya tidak perlu banyak-banyak, cukup sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi budget.

3. Kunyit

Kunyit
Image by Alodokter.com

Kunyit merupakan bumbu dapur yang juga efektif sebagai obat herbal untuk menurunkan kolesterol. Pastinya anda mengetahui bumbu dapur ini karena cukup terkenal dengan warna kuning nya. Bahan dapur ini sering digunakan untuk menetralisir makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti penggunaan santan.

Kunyit mengandung bahan yang dikenal dengan kurkumin yang sekaligus sebagai warna kuning nya. Kandungan ini sangat baik untuk membersihkan asam empedu. Mengonsumsi kunyit secara rutin cukup baik untuk mengurangi kolesterol dan menekan produksinya di dalam darah. Anda bisa mengonsumsi nya secara langsung atau dibuat jamu herbal.

4. Biji Ketumbar

Biji Ketumbar
Image by Kompas.com

Sebagian besar obat herbal penurun kolesterol memang banyak berupa bumbu dapur. Selain yang telah disebutkan sebelumnya, biji ketumbar pun dianggap efektif. Manfaat ini didapatkan dari kandungannya yang kebanyakan berupa asam. Contohnya adalah asam oleat, linoleate, stearate, palmitat, dan asam askorbat.

Semua jenis asam tersebut membantu menurunkan kadar kolesterol jahat tanpa mengurangi kadar HDL atau kolesterol baik. Dengan kandungan kolesterol baik yang lebih banyak dalam darah, kondisi tubuh pun menjadi lebih sehat. Tidak sulit membuat obat herbal dari biji ketumbar, cukup rebus dengan air hingga mendidih, kemudian siap dikonsumsi.

5. Madu Hitam

Madu Hitam
Image by Klikdokter.com

Ingin menurunkan kadar kolesterol darah dan sekaligus mendapatkan tubuh lebih sehat? Sepertinya anda butuh madu hitam dengan segala khasiatnya. Jenis madu hitam berasal dari lebah yang menghisap sari bunga mahoni, dimana mengandung banyak sekali zat kaolit. Kualitas madu hitam yang baik yakni dari lebah liar, yang mana hunian nya masih alami.

BACA:  Perawatan Saluran Akar Gigi: Gejala, Prosedur & Efek Samping

Kandungan penting yang ada pada madu ini adalah antioksidan flavonoid, jumlahnya jauh lebih tinggi daripada jenis madu lainnya. Kandungan lain yang ditemukan adalah kalsium, zat besi, dan magnesium. Mengonsumsi madu hitam secara rutin tidak hanya membantu menurunkan kolesterol jahat, tetapi juga untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat.

Saat ini banyak ditemukan jenis madu ini di berbagai toko obat atau apotek. Mengenai kualitasnya tergantung dari produsen, pastikan anda memilih yang asli. Pasalnya, tidak sedikit yang mengklaim bahwa produknya adalah madu hitam asli, namun ternyata telah dicampur dengan jenis madu lainnya dan bahkan gula.

6. Daun Salam

Daun Salam
Image by Alodokter.com

Obat herbal untuk kolesterol berikutnya adalah daun salam, mungkin banyak yang belum mengetahui akan hal ini. Daun ini mudah ditemukan dan umum dijadikan sebagai pelengkap bumbu masakan sebagai pengharum. Selain memiliki mengandung antioksidan tinggi, vitamin B, vitamin C, Tannin, Alkaloid, Steroid, dan Flavonoid juga termasuk di dalamnya.

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari daun salam, anda bisa menambahkan lebih banyak pada masakan tertentu. Selain itu, bisa juga dengan cara direbus dan dijadikan minuman. Dari keduanya, rekomendasi untuk mendapatkan hasil maksimal adalah dengan merebus nya. Namun jangan terlalu lama, karena bisa jadi kandungannya berkurang.

7. Alpukat

Alpukat
Image by Cnnindonesia.com

Siapa yang tidak kenal dengan buah alpukat, baik dari segi rasa dan juga bentuknya. Buah dengan warna daging hijau ini memiliki berbagai kandungan penting yang dibutuhkan tubuh. Dalam satu buah ini, anda mendapatkan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Semua kandungan tersebut sangat efektif menurunkan kolesterol jahat pada tubuh.

Jenis vitamin dan mineral yang ada pada alpukat adalah kalsium, fosfor, kalium, dan zat besi. Alpukat bahkan sangat bagus untuk mengurangi risiko darah tinggi dan penyakit jantung. Dari studi yang pernah dilakukan, buah yang harganya lumayan mahal ini mampu menahan lapar lebih dari 3 jam dengan kandungan lemak tak jenuh tunggal.

8. Gooseberry India

Gooseberry India
Image by Lifestyle.bisnis.com

Bukan cabai, namun Gooseberry India tergolong kecil-kecil cabai rawit. Obat herbal untuk kolesterol ini mudah ditemukan, meski bukan tanaman asli Indonesia. Ada bisa mendapatkan biji-bijian ini di pasar atau toko online. Untuk harganya sendiri bervariasi dan tidak terlalu mahal, sekitar 30 ribu rupiah per kilogram.

BACA:  Cara Membersihkan Telinga dengan Tepat & Aman

Kandungan hipolipidemik sangat baik untuk mengurangi kadar kolesterol darah. Cara kerjanya dengan menguangi konsentrasi lipid dan serum. Selain dalam bentuk biji-bijian, anda bisa menggunakan produk yang siap pakai berupa cairan. Cukup satu kali sehari sebanyak satu sendok teh dengan campuran segelas air hangat.

9. Seledri

Seledri
Image by Halodoc.com

Obat mujarab untuk mengatasi kolesterol berikutnya adalah seledri, biasanya digunakan sebagai pelengkap masakan. Termasuk dari jenis sayuran, seledri memiliki berbagai manfaat penting bagi kesehatan. Ini disebabkan oleh kandungannya berupa antioksidan tinggi dan sekaligus protein, serat, sodium, dan kalori. Masih banyak zat yang terkandung di dalamnya, semuanya untuk menyehatkan tubuh.

Selain untuk kolesterol, sayuran hijau ini juga baik untuk hipertensi dan penyakit ginjal. Kandungan penting yang ada di dalamnya yaitu ekstrak heksana, fungsinya untuk tubuh yaitu menurunkan tekanan darah. Seledri juga mengandung etanol dan metanol yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mencegah peradangan.

10. Cuka Apel

Image by Tokopedia.com

Cuka apel adalah produk dari buah apel yang telah mengalami proses fermentasi. Bakteri baik yang ada di dalamnya mampu melancarkan pencernaan sehingga tubuh lebih sehat dan bugar. Berbeda dengan buahnya, cuka apel memiliki lebih banyak kandungan penting untuk berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah kolesterol tinggi.

Kandungan serat larut di dalamnya sangat efektif untuk mengikat lemak yang menjadi salah satu penyebab kolesterol tinggi, kemudian dibuang melalui proses metabolisme. Kandungan lain berupa asam amino, fungsinya untuk menetralkan kandungan darah. Karena berbentuk cair, anda bisa langsung mengonsumsi nya dua kali sehari, atau bisa juga mencampurnya dengan teh hangat.

Itulah beberapa obat herbal untuk kolesterol yang mudah ditemukan, sebagian bahkan anda manfaatkan sehari-hari. Perlu diketahui, hanya sedikit obat herbal yang telah teruji secara klinis untuk mengatasi gangguan kolesterol. Tetapi jika dilihat dari kandungannya, bukan tidak mungkin bahwa semua yang disebutkan diatas memang efektif dan bekerja optimal.