10 Rekomendasi Obat Kutu Rambut untuk Menghilangkan Gatal di Kepala

Permasalahan yang umum terjadi dan menimpa siapa saja ada adalah kutu rambut. Ketika usia anak, anda pun pastinya pernah merasakan bagaimana tidak enaknya gangguan ini. Meski tidak berbahaya, namun penderita akan merasakan gatal yang tidak nyaman. Dalam kondisi parah bisa mengakibatkan infeksi dan luka pada kulit kepala.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pastinya dibutuhkan obat kutu rambut. Di pasaran banyak ditemukan obat sejenis ini, namun tidak semuanya terbukti ampuh. Obat kutu yang bagus tidak hanya menghilangkan induknya, tetapi juga telurnya. Selain itu, rasa gatal yang dialami kepala juga berangsur hilang ketika digunakan secara rutin.

Cara Memilih Obat Kutu Rambut

Cara Memilih Obat Kutu Rambut
Image by Detik.com

Faktanya, kutu rambut ternyata tidak hanya dialami usia anak. Banyak juga usia dewasa yang mengalami gangguan ini. Faktor utamanya bukan dari masalah kebersihan, namun penularan yang cepat. Berikut adalah cara memilih obat kutu rambut yang bagus dan aman!

✦ Pilih Berdasarkan Bentuk Obatnya

Dalam memilih obat untuk menghilangkan kutu rambut, hal pertama yang harus anda perhatikan adalah bentuk obatnya. Ada tiga macam bentuk yang beredar di pasaran, mulai dari shampoo, lotion, dan cairan semprot. Pemilihan ini sangat penting karena dapat disesuaikan dengan kenyamanan penggunaan.

✦ Perhatikan Kandungannya

Tips berikutnya adalah dengan memperhatikan kandungannya, apakah aman digunakan atau tidak. Beberapa bahan yang umum digunakan untuk obat kutu rambut adalah Pyrethrin, merupakan senyawa organik yang cukup aman. Selanjutnya ada Permethrin, Permethrin, dan Benzyl alcohol.

✦ Sesuaikan Penggunanya

Tidak semua obat kutu rambut dapat digunakan untuk segala usia. Sebagian diantaranya hanya untuk usia tertentu. Misalkan obat untuk dewasa yang tidak diperbolehkan untuk anak-anak. Sebaliknya obat untuk anak biasanya tidak terlalu efektif jika digunakan untuk usia dewasa. Maka dari itu, tentukan terlebih dahulu untuk siapa obat tersebut.

Rekomendasi Obat Kutu Rambut

Rekomendasi Obat Kutu Rambut
Image by Pikiran-rakyat.com

Gangguan kutu rambut selain kebanyakan menyerang anak biasanya juga terjadi pada rambut yang panjang. Kutu rambut sangat mudah menular, bahkan hanya dengan hitungan hari. Selain mencegah dengan tidak berbagi barang tertentu, sebaiknya atasi dengan pilihan obat kutu rambut berikut!

1. Lice Not Nice Family Care Shampoo

Mungkin anda tidak percaya bahwa ada beberapa jenis tanaman herbal yang ampuh untuk mengusir kutu rambut. Selain bawang merah, ada juga olive oil yang biasanya digunakan untuk bahan pembuatan obat kutu. Lice Not Nice Family Care Shampoo tidak menggunakan kedua bahan tersebut, melainkan daun bidara.

Tidak hanya untuk menghilangkan kutu dan membasminya, produk ini juga baik untuk melawan ketombe. Sesuai namanya, jenis dari obat ini tidak lain adalah shampoo, jadi silahkan digunakan ketika mandi. Perlu diperhatikan, anda yang memiliki kulit sensitif sebaiknya tidak menggunakannya, karena mengandung sodium lauryl ether sulphate.

2. Nabila Sampo Anti Kutu Rambut

Nabila Sampo Anti Kutu Rambut
Image by Jd.id

Masih dari jenis yang sama, yaitu shampoo, kali ini ada Nabila Sampo Anti Kutu Rambut yang dijual hanya 20.000 rupiah. Degan harga tersebut, manfaat yang anda dapatkan tidak hanya mengusir kutu, melainkan sekaligus beserta telurnya. Seperti yang diketahui, telur kutu hanya membutuhkan waktu 3 hari untuk menetas.

Jika anda hanya membasmi induknya, tetap saja beberapa hari kemudian masih banyak kutu yang mengganggu. Obat kutu rambut ini juga dapat menutrisi rambut karena mengandung bahan alami seperti kemiri, lemon, dan minyak zaitun. Produk ini cocok untuk segala usia, baik anak maupun dewasa.

3. G-Walet Shampoo Anti Kutu

Obat untuk menghilangkan kutu sebagian besar terbuat dari herbal. Bahan ini cukup aman karena tidak menimbulkan efek samping. Berbeda dengan bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi atau efek samping lainnya. Salah satu produk yang menggunakan bahan alami untuk membasmi kutu adalah G-Walet Shampoo Anti Kutu.

Produk ini tidak hanya mengatas masalah kutu, namun juga menyuburkan dan menebalkan rambut. Dengan rambut yang tebal, maka tidak akan mudah rontok seperti halnya rambut tipis. Obat kutu ini dibuat khusus anak-anak dalam bentuk shampoo. Cara menggunakannya pun sama ketika menggunakan produk shampoo pada umumnya.

4. Byelice Hair Shampoo

Byelice Hair Shampoo
Image by Shopee.co.id

Anda yang memiliki kulit sensitif pastinya mengetahui bahwa tidak boleh menggunakan sembarang shampoo. Anda harus menggunakan bahan yang alami, karena minim efek samping yang ditimbulkan. Untungnya ada banyak produk obat kutu rambut yang menggunakan bahan herbal, misalnya Byelice Hair Shampoo.

Bahan alami yang terkandung di dalamnya diantaranya adalah argan oil, tea tree oil, dan chamomile extract. Menggunakan shampoo ini akan terasa khasiatnya dalam waktu beberapa menit saja. Meski harganya tergolong mahal, yakni sekitar 100.000 rupiah, namun untuk isinya lumayan banyak sehingga dapat digunakan dalam waktu lama.

5. Tumbonan Hair Spray

Jika produk sebelumnya dianggap mahal, maka anda bisa menggunakan Tumbonan Hair Spray. Obat kutu ini hanya dijual tidak lebih dari 15.000 rupiah di toko online maupun di apotek. Karena berupa produk spray, anda cukup menyemprotkan secara merata pada rambut. Durasi waktu yang dibutuhkan sekitar 30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Kandungan utamanya adalah Pipturus incanus yang sebelumnya telah di ekstrak. Termasuk bahan alami, jadi tidak ada efek samping berupa iritasi setelah pemakaian. Pemakaian secara teratur juga dapat mengurangi ketombe. Obat ini cocok digunakan untuk satu keluarga karena bisa untuk dewasa maupun anak.

6. Antumo Shampoo

Seperti yang dikatakan sebelumnya, hanya membasmi kutu saja tidaklah efektif. Anda harus membasmi telurnya juga supaya di kemudian hari tidak lagi berkembang biak. Butuh obat kutu rambut terbaik yang dapat mengatasi masalah ini, seperti Antumo Shampoo. Selain menghilangkan kutu sekaligus telurnya, produk ini juga membuat rambut lebih indah.

Kandungan yang dimaksud adalah minyak zaitun dan minyak kemiri. Kedua kandungan tersebut terbukti efektif untuk membuat rambut lebih hitam dan tebal. Bukan hanya itu saja tentunya, karena rambut juga lebih kuat hingga ke akarnya. Untuk mendapatkan produk ini, anda hanya butuh dana sekitar 17.000 rupiah.

7. PediTox Permethrin 1%

PediTox Permethrin 1%
Image by Tokopedia.com

Sebagian dari anda mungkin sudah mengenai dengan baik apa itu PediTox. Produk ini sempat laris di pasaran ketika pertama kali muncul. Saat ini pun demikian, terbukti dari jumlah penjualan yang stabil. Tidak jauh berbeda dalam hal manfaat dibandingkan produk sebelumnya, kali ini juga efektif untuk membasmi kutu dan telurnya.

Kandungan utamanya adalah permethrin 1%, seperti nama produknya. Dari jenis lotion, obat ini digunakan dengan cara dioleskan secara merata. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Untuk hasil lebih efektif dan maksimal, silahkan ulangi penggunaan setelah satu minggu.

8. Nosuri Super Tonic

Rekomendasi obat kutu rambut selanjutnya adalah Nosuri Super Tonic. Kutu dan telur dijamin hilang dalam satu kali pemakaian. Jika memang masih ada indikasi, silahkan ulang 3 hari kemudian. Produk ini berupa lotion, cara pemakaiannya sama seperti produk yang disebutkan sebelumnya.

Selain membasmi kutu, kegunaan lain dari obat ini adalah untuk menutrisi rambut. Semua manfaat yang didapatkan tidak lepas dari peran minyak nabati sebagai bahan utamanya. Menariknya, produk ini dapat mengobati luka pada kulit kepala. Sayangnya, anda harus merogoh kocek lebih dalam, yaitu sekitar 129.000 rupiah.

9. Tumoklin

Tumoklin
Image by Lazada.co.id

Tumoklin memang sedikit asing di telinga, tetapi kualitasnya tidak boleh diabaikan. Obat kutu rambut ini aman digunakan usia anak, usia dewasa pun bisa menggunakannya. Jenisnya adalah spray, cara pemakaiannya dengan menyemprotkan pada rambut dan kulit kepala.

Menggunakan produk ini dalam sekali bisa langsung mematikan kutu, namun untuk telurnya dibutuhkan pemakaian ulang beberapa hari kemudian. Bahan yang digunakan tetap aman untuk anak karena terbuat dari herbal. Bagi pemilik kulit sensitif perlu diperhatikan, karena ada tambahan pewangi di dalamnya.

10. Shirami Shampoo

Obat pembasmi kutu rambut biasanya mengandung pestisida dan bahan kimia. Memang bahan tersebut memberikan hasil yang sangat efektif. Hanya saja tidak cocok untuk jenis kulit tertentu. Selain itu, ada risiko efek samping ketika menggunakannya. Shirami Shampoo hadir dengan terobosan baru tanpa pestisida.

Meski demikian, obat ini sangat efektif dan terbukti ampuh menghilangkan kutu dalam sekejap. Perpaduan antara bawang merah, olive oil, dan ekstrak lemon sangat bagus untuk membasmi kutu yang mengganggu. Apalagi ada tambahan kemiri sebagai bahan tambahannya, rambut pun tampak hitam dan sehat.

Kutu adalah hewan kecil yang hidup di rambut sebagai parasit. Kutu bertahan hidup dengan menghisap darah melalui kulit kepala. Memang tidak berbahaya bagi kesehatan, namun pastinya sangat mengganggu. Semoga rekomendasi obat kutu rambut diatas dapat membantu anda mengatasi gangguan tersebut.