15 Model Potongan Rambut Pendek Pria yang Stylish

Mencari model potongan rambut pendek pria saat ini dipastikan tidak sulit. Pasalnya, ada banyak sekali yang ditemukan contohnya. Di internet misalnya, anda hanya perlu mengetikkan gaya rambut yang diinginkan, kemudian hasil pencarian akan muncul. Anda pun tinggal memilih salah satu yang cocok sesuai keinginan.

Tetapi ada hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya. Tentu saja masing-masing laki-laki tidak bisa menggunakan model yang sama karena banyak faktor yang mempengaruhi. Bentuk wajah misalnya, faktor yang paling utama dan menentukan apakah gaya rambut cocok atau tidak. Pada kesempatan kali ini, kami berikan model rambut yang dijamin terlihat stylish.

1. Undercut

Undercut
Image by Slikhaarshop.dk

Meskipun banyak bermunculan model potongan rambut pendek pria, namun tetap saja tidak bisa menggeser gaya undercut. Model ini tergolong lama, namun tetap eksis hingga saat ini. Alasannya tentu karena mudah dalam mengaplikasikan nya, juga karena cocok untuk segala jenis rambut maupun bentuk wajah.

Inti dari potongan rambut ini adalah memangkas habis bagian samping dan belakang kepala. Sementara di bagian atas dibiarkan dengan hanya mengurangi volume nya sesuai keinginan. Pada umumnya, panjang pendek bagian atas disesuaikan dengan bentuk wajah dan tipe rambut. Jika jenis rambut keriting, lebih baik membuatnya sedikit lebih pendek supaya rapi.

2. High and Tight Cut

High and Tight Cut
Image by Regalgentleman.com

Bagi anda yang ingin mendapatkan kesan anggota militer, sepertinya gaya rambut High and Tight Cut cocok dijadikan pilihan utama. Jenis rambut ini sangat populer di Amerika dengan penggunanya rata-rata anggota angkatan darat. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis yang pertama, hanya saja kali ini jauh lebih pendek sehingga tanpa disisir pun tetap rapi.

Menerapkan potongan rambut ini juga sangat mudah, anda hanya perlu memangkas habis bagian samping dan belakang. Kemudian bagian atas juga demikian, namun ukurannya sedikit lebih panjang dari bagian sebelumnya. Karena cukup tipis, gaya rambut ini cocok digunakan untuk segala jenis rambut, bahkan rambut keriting sekalipun.

3. Crew Cut

Crew Cut
Image by Lifestyle.kompas.com

Crew Cut adalah model potongan rambut pendek pria yang dijamin membuat penampilan anda lebih stylish. Gaya rambut ini terkesan rapi karena dipotong cukup pendek di bagian samping dan belakang. Namun jika dibandingkan dengan gaya sebelumnya tidak begitu rapi, karena kali ini bagian atas dibiarkan bervolume.

Untuk ukurannya sendiri tergantung dari selera, tetapi biasanya dibiarkan sedikit lebih panjang hingga 2 centimeter. Tipe rambut yang paling pas untuk menggunakan gaya ini yakni lurus dan bergelombang. Untuk rambut keriting tidak begitu disarankan karena nantinya terkesan kurang rapi dan mengembang, mengingat bagian atasnya cukup panjang.

4. Model Rambut Pria Hard Part

Model Rambut Pria Hard Part
Image by Finansialku.com

Model rambut selanjutnya adalah Hard Part, cocok bagi anda yang memiliki jenis rambut ikal. Gaya ini juga cocok untuk jenis rambut lurus, namun dalam penataannya membutuhkan minyak khusus. Kelebihan dari gaya Hard Part yakni bisa menyamarkan bagian rambut yang terlihat kurang baik, katakanlah botak.

Supaya terkesan semakin rapi, bagian samping dipotong lebih pendek, namun hanya sebatas 2 centimeter diatas telinga. Kemudian di bagian atas dibiarkan lebih panjang supaya lebih mudah ditata. Anda bisa mengaturnya sesuai keinginan, apakah dibuat belah tengah atau belah pinggir, keduanya sama-sama memberikan penampilan lebih stylish.

5. French Crop

French Crop
Image by Kumparan.com

Gaya rambut pendek pria berikutnya adalah French Crop, mungkin anda menganggap bahwa gaya ini sudah usang. Nyatanya tidak demikian, hingga saat ini masih banyak digunakan. Bahkan banyak artis ternama luar negeri yang mengenakan gaya rambut ini karena membuatnya terlihat lebih modis.

Sebelum menggunakan potongan rambut ini, pastikan bahwa anda memiliki rambut dengan tekstur yang halus. Pasalnya, rambut yang bertekstur kasar terlihat kurang rapi di bagian atasnya. Selain itu, pastikan bahwa anda tidak memiliki bentuk wajah lonjong. Bentuk wajah tersebut akan semakin terlihat lonjong jika menggunakan model French Crop.

6. Crop Cut

Crop Cut
Image by Tokopedia.com

Ada kalanya pria suka bereksperimen dengan gaya rambutnya untuk mendapatkan gaya yang unik dan berbeda. Apabila anda termasuk demikian, silahkan mencoba gaya rambut Crop Cut. Sekilas dari bentuknya mirip dengan undercut, hanya saja potongan rambut ini dipadukan dengan gaya bowl atau poni batok.

Apabila anda tidak suka terlihat aneh dan kurang berani, sebaiknya tidak menggunakan gaya ini. Bagian depan dibuat berponi rata dan tebal mirip seperti mangkuk. Gaya ini pernah populer beberapa waktu silam karena keunikan nya. Tidak menutup kemungkinan bahwa ke depan akan kembali booming jika banyak yang menggunakannya.

7. Layered Undercut

Layered Undercut
Image by Tokopedia.com

Model potongan rambut pendek pria yang dikenal dengan Undercut memiliki banyak variasi. Salah satu yang cukup populer yakni Layered Undercut dengan menambahkan lapisan pada setiap bagiannya. Karena adanya lapisan inilah rambut akan terlihat semakin bervolume, cocok bagi anda yang memiliki rambut tipis.

Untuk mendapatkan kesan lebih stylish, perawatan gaya rambut ini tidak boleh sembarangan. Bahkan bisa dikatakan perawatannya cukup sulit bagi sebagian orang. Jika perlu, anda bisa menggunakan minyak khusus supaya mudah ditata. Selain itu, pastikan memotongnya secara berkala, karena pada umumnya gaya ini lebih mudah terlihat panjang.

8. Rambut Pendek Sanggul

Rambut Pendek Sanggul
Image by Orami.co.id

Apakah rambut pendek bisa dibuat sanggul untuk mendapatkan kesan stylish? Tentu saja bisa untuk ukuran tertentu. Meski sebenarnya sedikit lebih panjang, namun gaya ini masih masuk dalam kategori pendek. Pasalnya, bun atau sanggul yang dimaksud hanya pada bagian atasnya saja, sedangkan di bagian samping tetap pendek.

Bagian samping terlihat mirip dengan undercut, begitu pula dengan bagian belakangnya. Pada bagian sanggul tidak perlu terlihat api, justru kesan messy atau berantakan akan lebih baik. Bentuk wajah yang cocok menggunakan gaya ini adalah oval, untuk bulat dan lonjong kurang memberikan kesan stylish. Gaya rambut ini cukup populer digunakan artis pria Asia, terutama Jepang.

9. Buzz Cut

Buzz Cut
Image by Gq.com

Seperti yang disinggung diatas, mencari model potongan rabut pendek pria saat ini sangatlah mudah. Selain yang telah disebutkan diatas, Buzz Cut juga termasuk salah satu yang memberikan hasil lebih stylish. Nama gaya rambut ini diambil dari teknik pemangkasan rambutnya, yakni memotong habis semua bagian rambut dan hanya menyisakan sedikit bagan atas.

Umumnya, bagian atas hanya disisakan satu atau dua centimeter untuk mendapatkan kesan elegan. Jangan kaget jika pemangkas tidak menggunakan pembatas pada alat pemotong rambut yang digunakan. Ini ditujukan supaya mendapatkan hasil potongan sangat pendek. Gaya rambut ini tidak hanya memberikan kesan stylish, namun juga mirip seperti militer.

10. Short and Spiky

Short and Spiky
Image by Tokopedia.com

Jika dilihat trend gaya rambut dari tahun ke tahun, sepertinya gaya lama akan kembali populer. Hal ini terbukti dari gaya rambut Short and Spiky yang pernah trend di era 90-an. Sekarang, gaya rambut ini mulai populer di kalangan selebritis. Tidak menutup kemungkinan nantinya banyak yang menggunakannya, termasuk mungkin anda.

Ciri khas gaya rambut pendek pria ini terletak ada bagian atasnya. Sementara di bagian samping mirip undercut dengan memangkasnya tipis. Bagian atas terkesan meruncing dan mengarah ke depan. Masing-masing bagian sampingnya dibelah dan diarahkan ke depan. Meski terkesan sulit dalam perawatannya, namun dijamin menambah kesan stylish.

11. Curtain Cut

Curtain Cut
Image by Tokopedia.com

Satu lagi gaya rambut yang pernah trend di tahun l90-an yaitu Curtain Cut. Gaya rambut ini menonjolkan bagian rambut yang dibelah tengah. Tidak terlalu pendek seperti gaya rambut sebelumnya, anda harus memiliki rambut sedikit lebih panjang untuk menggunakan model ini. Panjang rambut minimal biasanya sekitar 7 centimeter, tidak lebih dari 10 centimeter.

Tipe rambut yang cocok menggunakannya adalah bergelombang dan lurus. Rambut lurus memiliki kelebihan karena mudah ditata rapi, mengingat ukurannya lumayan panjang. Meski terkadang sulit diatur, tipe rambut bergelombang memilki kelebihan karena terlihat messy dan menambah kesan eksotis.

12. Bald Fade

Bald Fade
Image by Lovehairstyles.com

Dari namanya jelas terlihat bahwa Bald Fade merupakan gaya rambut pria dengan memangkas semua bagiannya. Meski bagian atas dibiarkan sedikit lebih panjang, namun ukurannya tidak lebih dari 1 centimeter. Beberapa kasus bahkan tidak lebih dari setengah centimeter sehingga kesan botak tetap didapatkan.

Namun jangan salah, gaya rambut pria ini banyak digemari kalangan selebriti, terutama Eropa. Model potongan yang sangat tipis memuatnya cocok digunakan untuk segala jenis rambut, baik lurus, ikal, atau keriting. Hanya saja anda perlu memperhatikan bentuk wajah, karena wajah lonjong dijamin tidak cocok.

13. Pompadour

Pompadour
Image by Vantage.id

Bentuk wajah oval memiliki banyak keuntungan karena banyak pilihan model rambut yang sesuai. Contohnya adalah Pompadour, model ini cukup populer dari dulu hingga sekarang. Salah satu artis ternama yang pernah menggunakan gaya ini adalah Elvis Presley, sang penyanyi legendaris dari aliran musik Rock and Roll.

Kalau anda pernah melihat penampilan Elvis Presley, pasti mengetahui bagaimana bentuk dari gaya rambut ini. Jambul merupakan ciri khas yang tidak dapat dihilangkan. Sementara di bagian samping dipotong rapi menyerupai undercut, namun jarak dari telinga tidak boleh terlalu jauh.

14. Rambut Pendek Berponi

Rambut Pendek Berponi
Image by Lifestyle.okezone.com

Apapun yang berbau Korea sepertinya menarik untuk dibahas, termasuk model potongan rambut pendek pria. Tentu anda pernah mengetahui artis Korea yang mengenakan gaya rambut pendek berponi. Bahkan sebagian besar mereka menggunakan gaya rambut ini karena cukup populer dan mudah diaplikasikan.

Apalagi semua tipe rambut cocok menggunakannya, tidak peduli meski rambut anda keriting. Silahkan bereksperimen dengan menambahkan layer pada bagian sampingnya. Untuk bagian poni tidak ada aturan khusus, baik poni jenis bowl atau berlapis. Kesan yang didapatkan ketika menggunakan gaya rambut pria ini yakni lebih awet muda.

15. Gaya Rambut Pria Short Comb

Gaya Rambut Pria Short Comb
Image by Tokopedia.com

Short Comb adalah gaya rambut yang cocok bagi anda jika ingin terlihat selalu rapi. Arti dari nama model rambut ini adalah sependek sisir, jadi bisa anda bayangkan sebatas mana ukurannya. Sebenarnya relatif, karena sisir memiliki banyak jenis. Namun hingga saat ini, panjang yang ditemui tidak lebih dari tiga centimeter.

Ciri khas dari gaya rambut ini adalah bagian samping yang dipangkas habis hingga dua centimeter diatas telinga. Bagian belakang juga demikian, ukuran panjangnya tidak jauh berbeda dengan bagian samping. Selain stylish, gaya rambut ini memberikan kesan rapi pada pemakainya.

Untuk tampil elegan dan stylish sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan anda menemukan model potongan rambut pendek pria yang sesuai. Dari ulasan yang disebutkan diatas, ada banyak gaya rambut yang bisa anda pilih. Pastikan tidak hanya memilih model yang populer dan sedang trend, karena kecocokan lebih utama.