10 Rekomendasi Salep untuk Bisul Terbaik yang Mudah Ditemukan

10 Rekomendasi Salep untuk Bisul Terbaik yang Mudah Ditemukan

Saat ini banyak ditemui salep untuk bisul terbaik yang bisa mengatasi salah satu masalah kulit tersebut dengan mudah. Anda bisa menemukannya di beberapa toko obat atau apotek yang menyediakannya. Sebagian besar harganya tidak terlalu mahal, meskipun fungsinya sangat penting untuk mengobati masalah kulit yang menyebabkan rasa nyeri tersebut.

Bisul merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri yang dikenal dengan Staphylococcus Aureus. Sebagian bisa ditangani dengan hanya mengompres air hangat pada bagian tubuh yang terkena gangguan tersebut. Adapun bagian tubuh yang sering terserang bakteri ini diantaranya adalah wajah, leher, bokong, dan bahu.

Selain karena infeksi bakteri, penyakit kulit ini juga disebabkan oleh beberapa makanan tertentu dan juga kebersihan diri. Namun yang paling sering terjadi adalah ketika anda tidak terlalu baik dalam menjaga kebersihan karena bakteri akhirnya mudah masuk. Memang tidak terlalu berbahaya, namun gangguan tersebut mudah menular sehingga menimbulkan ketidaknyamanan.

Gejala Bisul

Gejala Bisul
Image by Suckhoe123.vn

 

Sebelum mengetahui apa saja jenis salep untuk bisul terbaik, ada baiknya jika mengetahui gejala bisul terlebih dahulu. Pasalnya, bisul hampir mirip dengan penyakit kulit lainnya, seperti kista epidermoid. Keduanya muncul benjolan pada kulit, namun bisul lebih terasa sakit dan nyeri, apalagi ketika disentuh.

Benjolan pada bisul disertai warna merah di sekitar kulit dan ketika disentuh terkadang rasanya hangat. Pada beberapa kasus, gangguan kulit ini terlihat bengkak yang menandakan bahwa infeksi sudah menyebar di bagian tersebut. Ketika benjolan bertambah besar, seringkali ditemui benjolan putih berupa nanah pada bagian atasnya.

Apabila muncul cukup banyak pada salah satu bagian tubuh, artinya gangguan penyakit ini bisa dikatakan serius. Ada baiknya jika anda konsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut. Namun kemungkinan besar tetap menggunakan salep untuk mengatasi masalah tersebut. Sebagian diberikan tambahan obat oral jika infeksi sudah menyebar dan menyebabkan demam.

Hindari memecah bisul sendiri dengan alat apapun karena dapat menyebabkan infeksi berkelanjutan. Langkah tersebut juga lebih memudahkan penyakit kulit in untuk menyebar. Biarkan pecah dengan sendirinya, baik dengan salep untuk bisul atau hanya dengan mengompres air hangat. Usahakan langsung mengelap nya dengan tisu atau kain steril supaya cairan tidak mengenai bagian kulit lainnya.

Cara Memilih Salep Bisul Terbaik

Cara Memilih Salep Bisul Terbaik
Image by Hellosehat.com

Obat oles untuk mengatasi masalah bisul cukup banyak dan mudah sekali ditemukan di apotek. Anda juga bisa menemukannya di toko obat atau swalayan untuk beberapa merek tertentu. Kemungkinan masalah ini menjadikan anda bingung dalam memilih salah satunya. Maka dari itu, silahkan simak cara memilih salep bisul terbaik berikut!

BACA:  10 Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami dan Sehat

✦ Perhatikan Bahan Aktifnya

Cara yang pertama bisa dilihat dari kandungan bahan aktifnya. Setiap salep memiliki bahan utama yang menjadi unggulan nya masing-masing. Kandungan antiseptik wajib ada dengan fungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri, kuman, dan jamur dan menjaga kesehatan kulit. Kandungan tersebut cukup efektif untuk mencegah penyebaran bisul pada bagian tubuh lain di dekatnya.

Kandungan berikutnya yang harus ada yaitu anti-inflamasi. Fungsi utamanya untuk mengurangi peradangan yang terjadi akibat infeksi bakteri. Selain itu, kandungan tersebut juga baik untuk mengurangi rasa nyeri yang sebagian besar terjadi akibat penyakit kulit ini. Dengan fungsi yang sama, ada baiknya jika anda memperhatikan kandungan soothing agent.

✦ Pilihan Utama Berbahan Alami

Cara memilih salep untuk bisul terbaik berikutnya yakni dengan mendahulukan produk yang menggunakan bahan alami. Di pasaran, anda akan menemukan dua jenis salep jika dilihat dari kandungannya, yakni bahan alami dan bahan kimia. Ada baiknya jika bahan alami dijadikan pilihan utama sebelum melirik bahan lainnya.

Bukan tanpa alasan, salep yang mengandung bahan alami tidak memiliki efek samping yang berbahaya meskipun digunakan dalam waktu jangka panjang. Namun jika memang tidak ditemukan atau anda lebih nyaman dengan bahan kimia juga tidak masalah, asalkan digunakan sesuai dengan petunjuk penggunaan.

✦ Pastikan Terdaftar di BPOM

Sebaik apapun salep untuk bisul, jangan pernah menggunakannya jika belum terdaftar di BPOM. Pada umumnya, produk yang tidak memiliki izin resmi dari BPOM cukup berbahaya dari kandungan yang digunakan. Dosis yang berlebihan seringkali ditemukan pada produk yang bisa dikatakan ilegal.

Untungnya, sebagian besar produk yang ada di pasaran telah mengantongi izin tersebut, jadi kemungkinan kecil anda menemukan produk ilegal yang berbahaya. Untuk memastikannya, silahkan dilihat pada kemasan yang digunakan. Jika tidak ditemukan, anda bisa menanyakan langsung pada penjual.

Rekomendasi Salep Bisul yang Ampuh

Anda bisa memilih salah satu produk salep bisul terbaik dengan bekal tips yang diberikan diatas. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan anda masih bingung dalam menentukan pilihan. Untuk itulah kami berikan beberapa rekomendasi produk terbaik berikut!

1. Salas Salep 19

Salas Salep 19
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Untuk pertolongan pertama pada penyakit bisul yang baru tumbuh, anda bisa menggunakan Salas Salep 19. Obat oles untuk luar ini sebenarnya untuk penyakit kulit yang menyebabkan gejala gatal karena jamur dan infeksi, seperti panus, kadas, dan kurap. Namun kandungannya dilengkapi dengan antiseptik untuk mencegah penyebaran bisul.

Produk dari Irawan Djaja Agung ini juga mengandung anti-inflamasi yang berfungsi mengurangi peradangan supaya rasa sakit dan nyeri sedikit reda. Harganya juga murah, hanya sekitar 7.000 rupiah di beberapa toko obat. Cara menggunakannya mudah, cukup oleskan pada kulit yang bermasalah dan biarkan hingga kering.

BACA:  15 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan

2. Salep Kulit 88

Salep Kulit 88
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Kandungan anti-inflamasi pada Salep Kulit 88 yakni salicylic acid, sedangkan untuk antiseptik nya berupa sulfur. Kedua bahan tersebut sangat baik untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang bisa mengakibatkan infeksi. Manfaat lain yakni meredakan nyeri akibat aliran darah yang mengalir cepat menuju benjolan bisul.

Produk kali ini juga efektif untuk mengatasi masalah kulit lainnya, seperti kutu air, kadas, dan kurap. Dalam penggunaannya, salep untuk bisul terbaik dari Meccaya ini sedikit terasa panas. Anda bisa menghentikan pemakaian untuk sementara jika terjadi iritasi atau gangguan kulit lainnya. Harganya sedikit lebih mahal dari produk sebelumnya, sekitar 13.000 rupiah.

3. Gentamicin

Gentamicin
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Berikutnya ada Gentamicin yang mudah ditemukan di toko obat atau apotek setempat. Tidak jauh berbeda dalam hal kandungan dari kedua salep diatas, kali ini juga mengandung antibiotik. Efektifitas untuk mencegah pertumbuhan bakteri tidak bisa diragukan lagi karena antibiotik yang digunakan dari kelas aminoglikosida.

Meski demikian, ada baiknya jika anda menggunakan sesuai dengan petunjuk dokter atau aturan yang tertulis di kemasan. Pada umumnya, setiap salep memberikan hasil efektif jika digunakan 2 hingga 3 kali dalam sehari. Dalam satu kali pemakaiannya, cukup oleskan tipis pada bisul yang mengganggu.

4. Salep Ichtyol

Salep Ichtyol
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Salep untuk bisul terbaik berikutnya adalah Ichtyol. Mungkin anda pernah menggunakannya atau pernah melihat jenis salep ini. Warnanya hitam yang khas dengan bau sedikit menyengat mudah dikenali. Produk dari Generic Manufacturer ini emang cukup terkenal dan biasanya menjadi andalan resep dokter.

Dibalik popularitas nya, ternyata harga yang ditawarkan tidaklah mahal. Anda bisa mendapatkan salep Ichtyol hanya dengan harga sekitar 5.000 rupiah. Zat aktif sebagai bahan utamanya adalah Ichtammolum dengan dua fungsi ganda, yakni sebagai antiseptik dan anti-inflamasi.

5. Nosib Salp Cap Bison

Nosib Salp Cap Bison
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Harganya tidak jauh berbeda, Nosib Salp Cap Bison bisa dijadikan pilihan untuk mengatasi bisul yang meradang sekalipun. Kandungan bahan aktifnya berupa sulfur praecipitatum dan acid benzoicum. Kedua kandungan tersebut berfungsi untuk mengatasi infeksi yang terkadang menyebabkan demam.

Menariknya, produk dari PT Bison Industri Farmasi ini juga efektif untuk mengatasi gangguan kuit lainnya. Produsen mengklaim bahwa produknya dapat digunakan untuk mengatasi kutu air, kudis, dan kurap. Dengan banyak manfaat yang diperoleh, ternyata harga yang ditawarkan hanya 6.000 rupiah.

6. Donflam

Donflam
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Donflam menjadi rekomendasi salep untuk bisul terbaik karena menggunakan bahan alami. Ramuan herbal yang didapat dari berbagai jenis tumbuhan dipercaya mampu mengatasi infeksi yang diakibatkan oleh bisul. Selain itu, bahan alami tersebut juga efektif mencegah penyebaran bakteri di dalam darah.

BACA:  Perawatan Saluran Akar Gigi: Gejala, Prosedur & Efek Samping

Bahan alami yang dimaksud dan sekaligus menjadi bahan utamanya yaitu drynariae rhizoma dan gardeniae fructus. Manfaat lain dari salep yang diproduksi oleh Sinar Herba Radix diantaranya adalah untuk mengobati luka bakar dan mempercepat penyembuhan luka. Harganya memang sedikit lebih mahal, sekitar 14.000 rupiah, namun manfaatnya setara dengan harga tersebut.

7. Atopiclair Cream

Atopiclair Cream
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Masih seputar salep bisul yang menggunakan bahan alami, kali ini dikenal dengan Atopiclair Cream. Jika dilihat dari harganya, obat luar ini cukup fantastis dan jauh berbeda dengan obat lain yang telah disebutkan diatas. Harga yang ditawarkan di berbagai toko obat sekitar 210.000 rupiah.

Banyak orang yang mengurungkan niatnya ketika mengetahui harga tersebut. Namun sebenarnya jika mengetahui manfaatnya, tentu harga bukanlah nomor satu. Selain untuk mengobati bisul, salep dari Menarini ini ternyata efektif untuk mempercepat penyembuhan luka, meredakan nyeri, dan mengurangi gejala panas.

8. Pagoda Salep

Pagoda Salep Bisul
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Apabila harga diatas dianggap terlalu mahal, Pagoda Salep menjadi pilihan terbaik. Sempat populer beberapa puluh tahun yang lalu, salep dari Afiat ini hanya dijual dengan harga sekitar 5.000 rupiah. Murah bukan berarti murahan, buktinya produk ini mampu mengatasi masalah bisul lebih cepat dari lainnya.

9. Salep Wasiat Guci Pusaka

Salep Wasiat Guci Pusaka
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Meskipun namanya cukup aneh, namun salep untuk bisul terbaik ini lumayan unggul jika dibandingkan dengan produk lainnya. Manfaat yang diberikan tidak hanya mengempiskan bisul, namun juga menghilangkan bekasnya. Seperti yang diketahui, bisul yang kempis dan keluar cairannya dipastikan meninggalkan bekas hitam pada kulit.

Salep Wasiat Guci Pusaka menggunakan bahan alami dari tumbuhan yang digunakan turun temurun. Bahan yang dimaksud yakni temulawak sebagai antiseptik, dan Sambiloto sebagai Anti-inflamasi. Harganya tidak terlalu mahal, masih bisa dijangkau semua kalangan karena hanya sekitar 10.000 rupiah.

10. Myrhax

Myrhax
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Rekomendasi terakhir adalah Myrhax dengan banyak manfaat yang didapatkan. Harganya lumayan, sekitar 18.000 rupiah untuk kemasan 20 gram. Salep ini cukup efektif mengatasi bisul dan juga penyakit kulit lainnya. Bahkan anda bisa menggunakannya untuk perawatan luka diabetes supaya cepat kering dan sembuh.

Bahan utamanya dari alam, salah satunya adalah myrrha, yakni zat sejenis getah yang keluar dari batang pohon. Bahan lain yang ditemukan pada produk keluaran Herbalindo Citra Mandiri ini adalah kemenyan Arab atau yang dikenal dengan olibanum.

Setelah mengetahui beberapa rekomendasi salep untuk bisul terbaik diatas, saatnya anda menentukan pilihan. Tentunya bukan hanya itu saja produk yang ditemukan di pasaran. Masih banyak lainnya dengan fungsi dan manfaat utama hampir sama. Satu hal yang pasti, gunakan obat oles tersebut sesuai dengan dosis dan aturan yang berlaku.