11 Jenis Sayuran yang Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Entah anda mengetahui atau tidak, ada beragam jenis sayuran yang ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sayuran yang dimaksud mudah ditemui, bahkan mungkin sering anda konsumsi. Sebagian sayuran mudah tumbuh, artinya anda bisa menanamnya sendiri di rumah jika memiliki pekarangan yang luas.

Darah tinggi atau dikenal dengan istilah medis sebagai hipertensi merupakan jenis gangguan kesehatan yang umum ditemui. Ada banyak penyebab kenapa penyakit ini timbul, salah satunya adalah pola hidup yang tidak sehat. Selain itu, juga sangat memungkinkan apabila anda salah dalam mengonsumsi makanan sehari-hari.

Penyakit ini mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan lainnya yang cukup fatal. Seseorang dengan risiko hipertensi dapat terserang penyakit jantung, ginjal, stroke, dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Tidak perlu menunggu jika anda memiliki tensi darah diatas 120/70 mm HG, langsung saja konsumsi sayuran penurun hipertensi berikut!

1. Wortel

Wortel
Image by Tokopedia.com

Sayuran pertama yang ampuh untuk mengatasi darah tinggi adalah wortel. Sayuran ini umum ditemui di daerah mana saja, termasuk kota anda. Harganya yang murah menjadi salah satu alasan kenapa bisa dikonsumsi setiap hari. Selain itu, sayuran ini bisa digunakan untuk berbagai macam jenis olahan makanan, sup adalah salah satunya.

Jika tujuannya dijadikan pengobatan alternatif, anda pun bisa langsung mengonsumsi nya dengan hanya merebus terlebih dahulu. Bukan tanpa alasan kenapa wortel dikatakan ampuh untuk hipertensi. Ini dikarenakan kandungan senyawa fenolik di dalamnya, seperti klorogenik, p- coumaric, dan asam caffeic. Semua kandungan tersebut terbukti mampu mengendurkan pembuluh darah sehingga alirannya semakin lancar.

2. Brokoli

Brokoli
Image by Halodoc.com

Sayuran hijau tidak pernah lagi diragukan akan manfaatnya untuk kesehatan. Sayuran jenis ini mengandung antioksidan tinggi yang mampu menangkal radikal bebas. Seperti halnya Brokoli, sayuran ini pun baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Salah satunya tentu untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Berbeda dengan wortel, Brokoli memang tergolong mahal dari segi harga. Namun dalam hal manfaatnya cukup banyak karena kandungan di dalamnya. Sayuran ini dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah yang menjadi penyebab darah tinggi jika fungsinya terganggu. Selain itu juga dapat meningkatkan kadar oksida nitrat sehingga cocok juga sebagai langkah pencegahan.

3. Sawi

Sawi
Image by Orami.co.id

Satu lagi jenis sayuran yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi dari jenis sayuran hijau, yaitu sawi. Sayuran ini cocok dijadikan berbagai olahan makanan, sebagai pelengkap juga bisa. Harganya murah, tidak sulit juga menemukannya di pasar atau supermarket. Dari segi rasa memang tidak terlalu enak, tetapi sangat besar manfaatnya untuk kesehatan.

Sawi termasuk sayuran yang memiliki kandungan kalium tinggi. Kalium sendiri sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, memadatkan tulang, dan mencegah kram otot. pastinya untuk fungsi utama kali ini adalah menurunkan hipertensi. Supaya tidak terlau banyak kehilangan kandungan di dalamnya, pastikan anda merebus sebentar sebelum dikonsumsi.

4. Bayam

Bayam
Image by Astronauts.id

Selanjutnya ada bayam, sayuran ini mudah tumbuh di daerah yang lembap. Anda pun bisa menanamnya sendiri di rumah jika memiliki lahan kosong. Bayam dikenal akan segudang manfaat untuk kesehatan, termasuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan di dalamnya cukup lengkap dibandingkan sayuran lainnya.

Adapun kandungan yang dimaksud diantaranya adalah nitrat, antioksidan, kalium, kalsium, dan magnesium. Semua kandungan tersebut tidak hanya untuk hipertensi, namun untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Sayuran ini memiliki rasa yang khas dan cocok jika diolah menjadi berbagai masakan berkuah.

5. Kubis

Kubis
Image by Cnnindonesia.com

Dibalik rasanya yang hambar, ternyata kubis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Harganya murah, namun dari segi manfaat tidak dapat diragukan. Sayuran ini memiliki kalium tinggi, satu cangkir senilai dengan 4 persen asupan kalium harian. Fungsi kalium sendiri adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi akibat tersumbatnya pembuluh darah.

Dengan mengonsumsi kubis secara rutin, dinding pembuluh darah semakin lemas sehingga aliran darah semakin lancar. Sayuran ini juga menangkal efek tidak baik natrium dengan mengeluarkannya melalui urine. Untuk mendapatkan hasil maksimal, silahkan konsumsi setiap hari. Paling tidak, anda bisa mengonsumsi 4 kali dalam seminggu sesuai porsi nya.

6. Bawang Putih

Bawang Putih
Image by Cnnindonesia.com

Meski banyak orang yang menganggap umbi-umbian, namun faktanya studi mengatakan bahwa bawang putih termasuk sayuran. Hal ini dikarenakan semua unsur yang dimiliki mirip dengan sayuran. Misalnya umbi, batang, dan daun yang tinggi. Bawang putih dikenal memiliki antioksidan tinggi, meski rasanya terkadang membuat banyak orang tidak suka.

Semua kandungannya dapat membuka pembuluh darah sehingga alirannya pun semakin lancar. Mengonsumsi bang putih secara rutin terbukti efektif untuk melemaskan otot, tubuh pun terasa lebih rileks. Jika anda tidak suka dengan bawang putih utuh, saat ini banyak tersedia dalam bentuk ekstrak dengan manfaat yang sama.

7. Swiss Chard

Swiss Chard
Image by Otcdigest.id

Swiss Chard adalah sayuran yang efektif untuk menurunkan hipertensi berikutnya. Mungkin masih belum banyak yang mengenal jenis sayuran ini, karena tidak umum ditemui di negara kita. Swiss Chard masih satu keluarga dengan bit dan bayam dengan kandungan utama berupa magnesium dan kalsium.

Bukan hanya masalah darah tinggi yang bisa diatasi dengan sayuran ini, namun bisa juga untuk mengobati dan mencegah kanker. Manfaat lain yang didapatkan diantaranya adalah mengurangi risiko diabetes, menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan berat badan. Cukup konsumsi seperti biasa ketika anda membuat sayuran, yakni dengan cara direbus.

8. Kale

Kale
Image by Healthline.com

Sayuran lain yang bisa dijadikan obat alami untuk menurunkan hipertensi adalah kale. Jika anda tidak familiar dengan nama ini, mungkin tahu dengan yang namanya kol. Sayuran ini masih dalam satu bagian kubis, tepatnya kembang kubis. Meski demikian, kebanyakan pedagang menjualnya secara terpisah, jadi anda bisa membelinya di pedagang sayur.

Kale mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin A, K, dan C. Kandungan lain meliputi kalium, mangan, magnesium, dan tembaga. Secara keseluruhan, kandungan utama kale yaitu antioksidan yang terbukti efektif menangkal radikal bebas. Saking banyak manfaatnya, kale disebut sebagai Ratu Sayuran.

9. Labu Siam

Labu Siam
Image by Greeners.co

Seperti yang dibahas sebelumnya, sebagian besar sayuran hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain yang telah disebutkan sebelumnya, Labu Siam juga termasuk salah satu yang merupakan jenis sayuran untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sayuran ini mudah tumbuh di daerah lembap dengan buah yang menggantung dari tangkainya.

Cara kerja sayuran ini untuk menurunkan hipertensi yakni dengan mengendurkan pembuluh darah sehingga otot nya lebih rileks. Manfaat lain yang didapatkan yaitu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ini dikarenakan kandungan Myricetin dan antioksidan di dalamnya. Karena rasanya yang manis, tentu anda menyukainya meski hanya direbus sebentar.

10. Seledri

Seledri
Image by Detik.com

Berikutnya ada seledri yang juga termasuk sayuran hijau. Tentunya anda sering mengetahui nama sayuran ini, bahkan mungkin sering mengonsumsi nya. Namun ternyata masih belum banyak yang mengetahui manfaatnya bagi kesehatan. Sesuai pembahasan utama kita kali ini, salah satu manfaat yang dimaksud yakni untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Manfaat lain yang didapatkan adalah mengontrol kadar gula dalam darah, mengatasi kolesterol, sebagai anti peradangan, dan masih banyak lainnya. Jenis sayuran ini tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak, biasanya hanya digunakan sebagai pelengkap masakan. Rasanya pun tidak terlalu aneh, jadi mungkin anda menyukainya.

11. Selada

Selada
Image by Halodoc.com

Ada dua jenis selada yang ditemui, yakni selada merah dan selada hijau. Keduanya cukup efektif untuk menurunkan hipertensi. Kandungan utamanya berupa kalium, fungsinya untuk menjaga kalsium yang berlebihan dan membuangnya melalui urine. Tidak seperti sayuran lain yang harus dikonsumsi dengan cara direbus terlebih dahulu, kali ini bisa dikonsumsi mentah.

Mengonsumsi jenis sayuran ini dapat melebarkan pembuluh darah. Seperti yang diketahui, jika pembuluh darah menyempit, tekanan darah pun menjadi tinggi. Selada juga bekerja efektif untuk menguatkan dinding pembuluh darah. Tidak hanya hipertensi, gangguan kesehatan lain seperti serangan jantung, diabetes, dan stroke juga bisa diatasi dengan sayuran ini.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai jenis sayuran yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi. Karena banyak sekali jenisnya, anda bisa mengonsumsi bergantian. Atau bisa juga dalam satu hari mengonsumsi beberapa dengan jumlah yang sedikit. Supaya kandungan di dalamnya tidak banyak terbuang, pastikan anda memasaknya dengan cara direbus sebentar.