11 Jenis Sayuran Penurun Kolesterol yang Perlu Anda Ketahui

11 Jenis Sayuran Penurun Kolesterol yang Perlu Anda Ketahui

Sayuran penurun kolesterol bisa dijadikan alternatif obat bagi yang mengidap penyakit berbahaya ini. Kolesterol adalah penyakit yang menyerang bagian dalam tubuh karena kelebihan lemak. Ada dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik yang disebut dengan HDL, dan yang kedua adalah kolesterol jahat atau LDL.

Dari keduanya, yang berbahaya adalah LDL jika kandungan dalam darah terlalu tinggi. Sedangkan HDL justru membantu melawan kolesterol jahat tersebut supaya tidak mengganggu sistem imunitas tubuh. Meski kolesterol termasuk gangguan kesehatan yang tidak berada dalam sistem, namun dampaknya sangat buruk dan bisa mengakibatkan kematian.

Saat ini tidak sulit menemukan obat kolesterol, baik dalam bentuk cair maupun kapsul. Bahan yang terkandung di dalamnya juga bervariasi, ada yang berupa bahan herbal atau bahan kimia berjenis obat-obatan medis. Solusi alternatif yang aman dan jauh lebih murah adalah dengan mengonsumsi berbagai jenis sayuran penurun kolesterol berikut!

1. Wortel

Wortel
Image by Tokopedia.com

Sayuran pertama yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah adalah wortel. Jenis sayuran ini memiliki berbagai kandungan penting untuk mengikat lemak penyebab kolesterol dan membuangnya melalui saluran pencernaan. Beberapa kandungan yang dimaksud adalah selulosa, hemiselulosa, dan lignin.

Ketiganya merupakan jenis serat yang baik untuk saluran pencernaan. Jadi selain menurunkan kolesterol, konsumsi wortel setiap hari juga melancarkan sistem pencernaan. Sekain kandungan serat, wortel juga memiliki kandungan antioksidan tinggi berupa beta karotin. Studi membuktikan bahwa mengonsumsi wortel setiap hari dapat menurunkan kolesterol sekitar 11 persen.

2. Kacang Panjang

Kacang Panjang
Image by Hot.liputan6.com

Kandungan kacang panjang sebagai sayuran penurun kolesterol sama seperti wortel, yakni berupa serat. Bahkan untuk jumlahnya sendiri jauh lebih besar dibandingkan wortel. Kandungan serat pada kacang panjang sekitar 2,6 gram untuk setiap 150 gram. Serat ini berfungsi untuk mengikat lemak pada kolesterol dan kemudian membuangnya.

Selain mengandung serat tinggi, kacang panjang juga rendah lemak dan kalori. Seperti yang diketahui, kedua zat terebut memicu bertambahnya kandungan kolesterol. Jika jumlahnya berlebihan, maka tubuh akan rentan terhadap serangan penyakit serius. Untuk mendapatkan manfaatnya, silahkan konsumsi setiap hari dengan cara direbus sebentar.

BACA:  Mengenal Bleaching Gigi: Harga, Prosedur, Manfaat & Efek Samping

3. Kale

Kale
Image by Alodokter.com

Tidak umum di Indonesia, namun ternyata kale memiliki manfaat yang sangat penting untuk menurunkan kolesterol. Sayur ini mirip bayam, jadi termasuk sayuran hijau yang memiliki banyak zat penting untuk kesehatan tubuh. Kandungan utamanya adalah karotenoid yang terbukti efektif menurunkan kolesterol. Kandungan ini biasanya digunakan untuk membuat obat herbal.

Karotenoid bukanlah satu-satunya kandungan yang terdpat pada Kale. Selain itu, ada juga lutein yang berfungsi mencegah dan sekaligus membersihkan kolesterol yang terikat di dinding arteri. Sayuran dengan daun warna hijau ini juga mampu mengikat asam empedu, sehingga kadar kolesterol akan terbuang lebih banyak melalui proses metabolisme.

4. Terong

Terong
Image by Tokopedia.com

Sayuran penurun kolesterol yang ampuh harus mengandung salah satu zat penting, yaitu serat. Seperti yang disinggung sebelumnya, serat mampu mengikat kolesterol jahat dan membuangnya melalui proses metabolisme. Serat ini juga terkandung pada salah satu jenis sayuran yang dikenal dengan terong.

Murut studi yang pernah dilakukan pada hewan, terong terbukti menurunkan kolesterol jahat dan juga trigliserida. Kandungan serat pada terong cukup tinggi, yakni mencapai 2,4 gram untuk terong seberat 94 gram. Untuk obat herbal penurun kolesterol, sebaiknya tidak mengonsumsi terong yang dimasak dengan cara digoreng.

5. Kentang

Kentang
Image by Cnnindonesia.com

Selanjutnya ada kentang, sayuran yang termasuk dalam kategori umbi-umbian ini juga bagus untuk menurunkan kolesterol. Kentang dikenal sebagai sayuran yang mengenyangkan karena memilki sumber karbohidrat tinggi. Tetapi ada kandungan serat juga yang bagus untuk sistem pencernaan dan menurunkan kolesterol karena termasuk jenis serat larut.

Terdapat sekitar 5 mg kandungan serat latur pada satu kentang berukuran besar. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran lain yang disebutkan sebelumnya. Apabila anda ingin diet sehat, jenis sayuran ini juga cocok dijadikan menu utama. Tetapi ada yang perlu diperhatikan, usahakan mengonsumsi kentang dengan kulitnya untuk hasil lebih maksimal.

6. Lobak

Lobak
Image by Alodokter.com

Lobak adalah sayuran penurun kolesterol yang juga efektif, bahkan mungkin lebih efektif dibandingkan lainnya. ini dikarenakan kandungan seratnya cukup tinggi, satu cangkir lobak memilki kandungan serat sebanyak 6 gram. Dengan kandungan serat yang sangat tinggi ini, tidak mengherankan jika lobak menjadi prioritas untuk obat herbal.

BACA:  10 Obat Herbal untuk Kolesterol yang Mudah Ditemukan

Kandungan lain yang terdapat pada sayuran mirip wortel ini adalah kalium, magnesium, dan vitamin C. Memiliki kandungan antioksidan tinggi, lobak juga sangat bagus untuk menangkal radikal bebas. Mengonsumsi sayuran ini secara rutin tidak hanya dapat menurunkan kolesterol, namun juga meningkatkan imun tubuh jauh lebih baik.

7. Kacang Polong

Kacang Polong
Image by Kompas.com

Selain yang disebutkan diatas, ada lagi sayuran yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol. Sayuran yang dimaksud adalah kacang polong, mudah sekali menemukannya di sekitar kita. Harganya juga murah meriah, sama seperti beberapa jenis sayuran lainnya. Meski murah, namun manfaatnya untuk kesehatan dijamin tidak murahan.

Sayuran yang termasuk dari jenis kacang-kacangan ini telah terbukti mampu menurunkan kolesterol. Dari survey dan percobaan yang pernah dilakukan, ternyata kacang polong mampu menurunkan kolesterol jahat sebanyak 5%. Ini jika anda mengonsumsi nya secara rutin dan sesuai porsi yang dibutuhkan tubuh. Manfaat lain yang didapatkan adalah mengontrol gula darah dan berat badan.

8. Okra

Okra
Image by Halodoc.com

Sayuran penurun kolesterol pada umumnya tergolong sayuran hijau, seperti halnya dengan Okra. Sayuran ini memang cukup sulit ditemukan dan tidak umum di sekitar kita. Tetapi dalam hal manfaatnya tidak dapat diragukan lagi, bahkan terbukti efektif menurunkan kolesterol hanya dalam beberapa hari mengonsumsi nya secara rutin.

Okra adalah sayuran yang juga disebut sebagai Jari Wanita. Hal ini dikarenakan bentuknya yang memanjang dan kecil, memang mirip dengan jari kaum hawa. Alasan kenapa jenis sayuran ini baik untuk menurunkan kolesterol adalah karena kandungan serat di dalamnya. Lumayan tinggi tentunya, karena untuk 100 gram okra terdapat kandungan 3,2 gam serat

9. Bayam

Bayam
Image by Alodokter.com

Siapa yang tidak kenal bayam, jenis sayuran hijau ini sangat mudah ditemui di berbagai tempat di nusantara. Cara pengolahannya juga sangat mudah, biasanya digunakan sebagai bahan utama sayur bening. Selain rasanya yang nikmat karena ada manisnya, bayam juga efektif untuk menurunkan kolesterol. Lagi-lagi karena kandungan serat tinggi seperti jenis sayuran lainnya.

BACA:  15 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan

Selain serat, kandungan lain yang ada pada bayam yakni lutein. Fungsi dari kandungan ini yaitu untuk membersihkan pembuluh darah dari lemak kolesterol yang menumpuk. Tidak jauh berbeda dengan jenis sayuran lainnya, manfaat lain yang didapatkan ketika rutin mengonsumsi bayam yaitu penurunan berat badan dan melancarkan sistem pencernaan.

10. Brokoli

Brokoli
Image by Kompas.com

Kandungan kolesterol yang tinggi bisa memicu berbagai penyakit berbahaya, diantaranya adalah darah tinggi, serangan jantung, stroke, dan masih banyak lainnya. Memperhatikan kesehatan sejak dini merupakan pilihan bijak, salah satu caranya adalah dengan rutin mengonsumsi brokoli. Sayuran yang nikmat dijadikan pelengkap sop ini terbukti efektif menurunkan kolesterol

Kandungan utamanya berupa antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas.  Antioksidan juga bagus untuk proses detoksifikasi alami, yakni ketika tubuh mengeluarkan racun. Mengonsumsi brokoli tidak disarankan dengan cara ditumis karena akan menghilangkan sebagian kandungannya. Alangkah baiknya apabila anda memasaknya dengan cara direbus menjadi sayuran berkuah.

11. Buncis

Buncis
Image by Halodoc.com

Rekomendasi sayuran terbaik untuk menurunkan kolesterol adalah buncis. Rasanya yang nikmat ternyata memiliki segudang manfaat. Makan buncis dengan porsi tertentu membuat perut lebih mudah kenyang karena kandungan karbohidratnya. Selain itu, kandungan asam lemak tak jenuh berperan penting dalam menjaga kadar kolesterol dalam darah.

Bukan hanya mengatasi gangguan kolesterol, buncis juga mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam waktu singkat. Ternyata tidak hanya bagus untuk penyakit kolesterol namun juga untuk darah tinggi dan mengontrol gula darah. Sama seperti brokoli, sebaiknya tidak memasak buncis dengan cara digoreng atau ditumis. Sayuran hijau ini mengandung berbagai zat penting yang akan berkurang apabila menggunakan minyak.

Jens sayuran penurun kolesterol sebagian besar mengandung serat tinggi. Jadi bisa disimpulkan bahwa gangguan kolesterol akan teratas jika anda mengonsumsi serat secara rutin. Apabila selama mengonsumsi sayuran yang telah disebutkan diatas dan tidak ada perubahan, ada baiknya anda konsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.