10 Rekomendasi Merk Vitamin C yang Aman untuk Lambung

10 Rekomendasi Merk Vitamin C yang Aman untuk Lambung
Photo by Any Lane on Pexels

Vitamin C, atau yang juga dikenal sebagai asam askorbat, adalah salah satu vitamin yang penting bagi tubuh manusia. Vitamin ini memiliki peran yang vital dalam menjaga kesehatan tubuh dan mendukung berbagai fungsi biologis. Namun demikian, ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan sebelum memilihnya, mengingat adanya risiko untuk lambung.

Sebenarnya ada banyak merk vitamin C yang aman untuk lambung di pasaran. Hanya saja anda harus mengetahui berapa dosis aman yang dibutuhkan untuk tubuh. Dalam sehari, konsumsi vitamin C tidak boleh melebihi 2000 mg per hari. Sedangkan di pasaran, rata-rata yang dijual memiliki dosis 500 mg, jadi anda bisa mengonsumsi nya 4 kali sehari.

Selain dosis, anda harus mempertimbangkan bentuk sebagai pertimbangan bagaimana mengonsumsi nya. Misalnya bentuk serbuk, maka anda harus mencampurnya dengan air putih sebelum meminumnya. Selain itu, ada juga bentuk kapsul yang lebih praktis. Dari keduanya, silahkan ditentukan sendiri mana yang terbaik sesuai kebutuhan.

Manfaat Vitamin C untuk Tubuh

Manfaat Vitamin C untuk Tubuh
Photo by Isra E on Unsplash

Sebelum mengetahui merk vitamin C yang aman untuk lambung, ada baiknya kita bahas dulu apa saja manfaatnya. Jenis vitamin ini termasuk larut air yang tidak diproduksi oleh tubuh kita sendiri. Dengan demikian, kita perlu memasukkannya melalui makanan atau minuman suplemen.

✦ Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C memiliki peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Jangan heran jika kita sering mengonsumsi vitamin C, tubuh terasa lebih bugar dan tidak mudah lelah. Ini membantu dalam produksi dan fungsi sel-sel kekebalan tubuh, termasuk makrofag, sel T, dan sel B, yang bertanggung jawab untuk melawan infeksi dan penyakit.

Pada umumnya, sumber vitamin C yang baik yakni dari buah-buahan. Anda bisa mendapatkannya dari jeruk, lemon, kiwi, pepaya, dan masih banyak lainnya. Untuk mendapatkan hasil maksimal supaya kekebalan tubuh lebih meningkat, sebaiknya mengonsumsi dalam bentuk buah murni.

✦ Sebagai Antioksidan

Vitamin C adalah antioksidan yang kuat yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Ini membantu melawan stres oksidatif dan peradangan dalam tubuh. Sehingga pada akhirnya dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.

Baca Juga:  10 Minyak Ikan Salmon yang Bagus untuk Pertumbuhan Anak

✦ Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat vitamin C lainnya yang perlu anda ketahui adalah mempercepat penyembuhan luka. Jenis vitamin ini memiliki peran penting dalam pembentukan kolagen, yaitu protein yang penting untuk penyembuhan luka. Beberapa jenis luka yang dapat disembuhkan yaitu luka luar, seperti luka sayatan atau luka bakar, maupun luka dalam seperti luka usus.

✦ Membantu Penyerapan Zat Besi

Selain manfaat yang disebutkan tadi, jenis vitamin yang mudah ditemukan pada sayuran dan buah-buahan ini juga membantu penyerapan zat besi. Kandungan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh karena memiliki banyak manfaat. Misalnya seperti mengatasi anemia, menjaga fungsi otot, mencegah kelahiran prematur, dan masih banyak lainnya.

✦ Menjaga Kesehatan Jantung

Merk vitamin C terbaik tidak hanya aman untuk lambung, namun juga menjaga kesehatan jantung. Manfaat ini didapatkan karena vitamin tersebut dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah. Selain itu juga dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan profil lipid dalam darah sehingga jantung lebih sehat.

✦ Meremajakan Kulit

Meremajakan dan menyehatkan kulit merupakan manfaat lain yang didapat dari vitamin C. Bukan karena kandungan di dalamnya, namun jenis vitamin ini mampu meningkatkan dan merangsang produksi kolagen dalam tubuh. Dengan mengonsumsi nya secara rutin, kulit anda pun terlihat lebih muda, halus, dan putih berseri.

Merk Vitamin C yang Aman untuk Lambung

Jika dilihat dari manfaatnya, vitamin ini sangat penting dan harus terpenuhi oleh tubuh. Sayangnya, asupan makanan saja tidak cukup dalam kondisi tertentu. Untuk itulah anda perlu multivitamin sebagai pelengkapnya. Berikut adalah rekomendasi merk vitamin C terbaik yang aman untuk lambung!

1. Holisticare Ester C

Holisticare Ester C

Holisticare Ester C adalah salah satu merek suplemen vitamin C yang tersedia di pasaran. Ester C merupakan bentuk vitamin C yang unik, di mana asam askorbat dikonversi menjadi mineral askorbat sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh. Produk ini diklaim aman untuk lambung sehingga cocok dikonsumsi bagi yang memiliki masalah pencernaan.

Seperti halnya vitamin C pada umumnya, merk ini juga memiliki sifat antioksidan yang kuat. Ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Dengan mengonsumsi nya secara rutin, otomatis kekebalan tubuh anda lebih meningkat daripada sebelumnya.

2. Vitalong C

Vitalong C

Menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh merupakan hal yang sangat penting. Salah satu cara untuk memastikan tubuh tetap sehat adalah dengan mengonsumsi suplemen yang tepat. Salah satu suplemen yang populer dan terkenal adalah Vitalong C. Ini adalah suplemen vitamin C yang dirancang khusus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Vitamin Penambah Nafsu Makan Tanpa Efek Samping

Selain itu pastinya juga untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Merk vitamin C terbaik ini dikatakan aman untuk lambung bukan tanpa sebab. Pasalnya, kandungan di dalamnya bersifat non-acidic. Teknologi yang digunakan cukup canggih, yakni dengan time release berupa granul yang akan larut secara bertahap.

3. NOW Chewable Vitamin C-500

NOW Chewable Vitamin C-500

Dalam bentuk kunyah, ada NOW Chewable Vitamin C-500 yang cukup populer karena manfaatnya banyak dirasakan konsumen. Ada berbagai rasa yang dapat anda pilih sesuai selera, diantaranya orange juice dan cherry berry. Produk ini juga aman untuk lambung, jadi jangan khawatir meski anda memiliki masalah pencernaan.

Kandungan lain dari vitamin ini diantaranya adalah magnesium, kalium, dan kalsium. Semua kandungan tersebut cukup bagus untuk menjaga tubuh tetap sehat dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Produk ini sangat praktis, anda bisa membawanya kemana-mana dan mudah dikonsumsi karena dalam bentuk tablet.

4. Vitacimin

Vitacimin

Pastinya sudah banyak yang tidak asing dengan merk vitamin C kali ini, karena banyak sekali ditemukan di pasara. Bukan hanya manfaatnya, namun harganya yang murah menjadikan produk ini banyak dikonsumsi. Apalagi bentuknya berupa tablet, jadi anda bisa mengonsumsi nya kapan saja dan dimana saja dengan lebih praktis.

Merek ini mengandung vitamin C dosis 500 mg, jadi bisa untuk 2 atau 3 kali sehari. Harganya sangat murah, untuk setiap tablet isap dijual di kisaran harga 20[00 rupiah. Varian rasa yang paling umum ditemui tidak lain adalah rasa jeruk. Namun anda bisa memilih rasa lain, beberapa diantaranya adalah rasa strawberry dan anggur.

5. Blackmores Bio C

Blackmores Bio C

Blackmores menjadi salah satu produsen multivitamin yang cukup dikenal banyak kalangan. Setiap produk yang dirilis pasti memberikan manfaat nyata bagi konsumen. Seperti halnya Blackmores Bio C, yang mana dengan kandungan utama vitamin C. Dosisnya cukup untuk memenuhi kebutuhan harian anda, yakni sebesar 1000 mg.

Kandungan pendukung merk vitamin C yang aman untuk lambung ini yaitu citrus bioflavonoid sebesar 25 mg. Bagi yang belum tahu, citrus bioflavonoid merupakan kandungan penting yang didapat dari kulit jeruk. Untuk harganya sendiri standar, sekitar 100.000 hingga 500.0000 rupiah, tergantung isi kapsul setiap botol.

6. C-1000 Sidomuncul

C-1000 Sidomuncul

Selama aktivitas fisik yang intens, tubuh memerlukan vitamin C tambahan untuk memperbaiki jaringan otot. Vitamin C dari Sidomuncul sepertinya cocok digunakan untuk keperluan ini. Sesuai namanya, kandungan vitamin C di dalamnya sebesar 1000 mg. Kandungan ini masih aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

Kelebihan dari produk ini salah satunya adalah tanpa adanya gula tambahan. Tidak hanya aman untuk lambung, namun juga aman bagi penderita diabetes. Merek ini dalam bentuk serbuk, jadi anda hanya perlu menambahkan air dan kemudian diaduk. Selain vitamin C, kandungan penting lainnya yaitu vitamin B yang berguna untuk imunitas.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Vitamin untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

7. Nutrimax C+ Phytogreen

Nutrimax C+ Phytogreen

Merk vitamin C yang aman untuk ambung selanjutnya adalah Nutrimax C+ Phytogreen. Bukan tanpa sebab kenapa produk ini dikatakan aman, karena kandungannya berupa calcium ascorbate. Ini adalah salah satu jenis vitamin C yang tidak asam sehingga tidak berbahaya bagi lambung.

Bahan lain yang digunakan diantaranya yakni ekstrak brokoli, bayam, wortel, dan spirulina. Semua kandungan di dalamnya terbukti efektif untuk menjaga kekebalan tubuh. Kandungan serat juga cukup tinggi sehingga dapat menyehatkan pencernaan. Produk ini dijual seharga 190.000 rupiah kemasan botol isi 30 tablet.

8. Hevit-C 500 mg

Hevit-C 500 mg

Lebih mirip seperti Vitacimin yang dijelaskan sebelumnya, Hevit-C 500 mg juga dalam bentuk tablet isap. Anda bisa membawanya kemana-mana karena lebih praktis. Untuk mengonsumsi nya pun tidak perlu repot, cukup buka kemasan plastik dan langsung isap. Merek vitamin C terbaik yang aman untuk lambung ini dijual sekitar 65.000 rupiah.

Dari namanya dapat diketahui bahwa kandungan vitamin C nya sebesar 500 mg. Dibandingkan Vitacimin, tablet nya lebih kecil sehingga lebih mudah dikonsumsi. Meski demikian, sebaiknya tidak terlalu berlebihan dalam mengonsumsi nya. Cukup satu atau dua kali saja dalam satu hari, hasilnya masih efektif.

9. Sunkist Vitamin C Calcium Ascorbate

Sunkist Vitamin C Calcium Ascorbate

Sunkist Vitamin C Calcium Ascorbate adalah suplemen yang mengandung kalsium ascorbat sebagai sumber vitamin C. Sebagaimana yang sebelumnya dijelaskan, ini adalah salah satu jenis vitamin C yang aman untuk lambung. Terdapat dua varian dosis yang dapat disesuaikan, yakni 500 mg dan 1000 mg.

Bagi anda yang memilih dosis 500 mg, maka konsumsi harian yang bagus adalah dua kali sehari. Sedangkan jika memilih 1000 mg, cukup satu kapsul saja dalam satu hari. Produk ini tidak hanya untuk dewasa, namun juga anak-anak diatas 5 tahun. Namun sebaiknya tetap perhatikan anjuran pemakaian sesuai dosis yang berlaku.

10. Enervon Active

Enervon Active

Dijual dengan harga di kisaran 45.000 rupiah, Enervon Active sanga efektif untuk menjaga stamina tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin B, tentu selain vitamin C yang merupakan kandungan utamanya. Merek ini sangat bagus untuk menjaga stamina sehari-hari dengan kandungan vitamin C 500 mg.

Selain kedua kandungan diatas, ada juga kandungan lain yang dikenal dengan zinc. Manfaat zinc tidak lain untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dan aktif sepanjang hari. Bagi sebagian orang yang kesulitan menelan tablet atau pil, produk ini mungkin kurang cocok karena ukurannya terlalu besar.

Sebenarnya masih banyak merk vitamin C yang aman untuk lambung dan dijual bebas di pasaran. Hanya saja dari daftar diatas sudah lebih dari cukup untuk mewakili bahwa ternyata ada banyak multivitamin yang aman untuk lambung. Sedikit saran, pastikan anda membeli produk sesuai dengan manfaat tambahan yang diinginkan.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Rafika Ilham

Rafika suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags