10 Vitamin Terbaik yang Penting untuk Tulang dan Sendi

10 Vitamin Terbaik yang Penting untuk Tulang dan Sendi

Vitamin untuk tulang dan sendi saat ini banyak ditemukan di pasaran. Harganya bervariasi, ada yang mahal dan ada pula yang murah. Tentunya kualitasnya juga berbeda, namun tidak selamanya yang mahal memiliki kualitas yang baik. Begitu juga sebaliknya, yang murah belum tentu tidak berkualitas atau memiliki kualitas yang kurang bagus.

Menjaga kesehatan sangat penting agar tidak mudah terserang penyakit. Bagi usia tua, penyakit yang sering dialami adalah gangguan tulang dan sendi. Bukan berarti untuk usia muda jauh dari gangguan kesehatan ini. Beberapa kasus banyak pemuda yang terserang penyakit osteoporosis, infeksi, dan gangguan sendi.

Maka dari itu, tidak ada salahnya apabila sejak dini mencegah terjadinya gangguan yang dimaksud. Salah satu caranya adan memenuhi kebutuhan kalsium dan gizi. Meski sebenarnya anda bisa mengonsumsi makanan untuk mendapatkan asupan yang dimaksud, namun mengonsumsi vitamin tulang dan sendi juga perlu untuk kondisi tertentu.

Produk Vitamin Tulang dan Sendi yang Bagus

Cara Memilih Vitamin untuk Tulang dan Sendi Terbaik

Vitamin Tulang dan Sendi
Image by Pickybest.id

Seperti yang disinggung diatas, ada banyak sekali jenis vitamin untuk tulang dan sendi di pasaran. Tidak semuanya dikatakan baik atau terbaik, tentunya ada kriteria tersendiri. Sebelum menentukan pilihan, ada baiknya anda menyimak tips dalam memilihnya yang telah kami siapkan berikut!

✦ Lihat Kandungan Utamanya

Tips pertama yang tidak boleh anda abaikan adalah melihat kandungan dari vitamin yang dimaksud. Seperti yang diketahui, ada banyak jenis vitamin untuk tulang dan sendi. Misalnya kalsium yang sudah banyak diketahui manfaatnya untuk kepadatan tulang dan gigi. Selain itu, zat tersebut juga baik untuk mencegah osteoporosis dan gangguan tulang lainnya.

✦ Cek Kadar Kandungannya

Bukan hanya melihat kandungan apa di dalam vitamin terbaik untuk tulang dan sendi yang dimaksud. Selain itu, anda juga harus melihat berapa kadar kandungannya. Anggap saja kalsium, berapa persen yang terkandung di dalam suplemen tersebut. Untuk jenis kandungan lain seperti vitamin D, magnesium, dan boron juga perlu dipertimbangkan.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Merk Vitamin C yang Aman untuk Lambung

✦ Pilih yang Sesuai Kebutuhan

Tips memilih vitamin tulang dan sendi berikutnya dan yang cukup penting adalah menyesuaikan kebutuhan. Kebutuhan kalsium masing-masing individu berbeda, meski usianya sama. Biasanya hal ini tergantung dari kondisi kesehatannya. Jika untuk pencegahan mungkin tidak terlalu banyak, lain halnya untuk pengobatan.

Rekomendasi Vitamin untuk Tulang dan Sendi

Sudah menyimak semua tips diatas namun masih bingung menentukan pilihan? Jangan khawatir, kali ini kami berikan rekomendasi vitamin tulang dan sendi terbaik yang dapat anda jadikan pilihan utama. Berikut adalah produk yang dimaksud disertai sedikit penjelasannya!

1. Animal Parade Calcium Children’s Chewables

Animal Parade Calcium Children’s Chewables
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Tokopedia

Bagi anda yang butuh vitamin tulang untuk anak, pilihan terbaik adalah Animal Parade Calcium Children’s Chewables. Produk ini mengandung ekstrak sayuran yang cukup lengkap, cocok buat anak yang tidak suka jenis makanan sehat tersebut. Untuk menambah daya tarik, multivitamin ini memiliki beragam bentuk hewan yang lucu.

Tidak perlu khawatir akan kesehatan anak, karena produk ini tidak menggunakan pengawet dan pewarna. Meski rasanya manis, namun tidak ada kandungan glukosa di dalamnya. Pasalnya, rasa manis didapatkan dari fruktosa yang cukup aman dikonsumsi. Kandungan utamanya cukup lengkap, diantaranya magnesium, ekstrak daun bayam, dan ekstrak brokoli.

2. Caltron

Caltron
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Jika sebelumnya merupakan untuk anak-anak, produk berikutnya khusus untuk lansia. Seperti yang diketahui, usia tua lebih banyak membutuhkan asupan kalsium. Caltron mampu memenuhi kebutuhan vitamin harian untuk memadatkan tulang dan mencegah osteoporosis. Vitamin tulang dan sendi untuk lansia ini memiliki kandungan kalsium 600 mg.

Selain bagus untuk tulang, manfaat lain yang didapatkan yakni melancarkan proses metabolisme. Pada umumnya, kondisi ini sering dialami oleh penderita osteomalasia, rakitis, dan osteoporosis. Bukan hanya kalsium, produk ini juga mengandung vitamin D3 yang juga cocok untuk tulang dan sendi.

3. Calnic Plus Chew

Calnic Plus Chew
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Tokopedia

Calnic Plus Chew merupakan rekomendasi berikutnya yang khusus dikonsumsi untuk dewasa. Dalam satu tablet mengandung 400 mg kalsium dan vitamin D3. Karena dalam bentuk tablet kunyah yang rasanya manis, anda pasti tidak repot ketika mengonsumsi nya. Anda bisa kapan saja memenuhi asupan nutrisi tulang karena cukup praktis.

Baca Juga:  10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik dan Aman Dikonsumsi

Produk ini mengandung kalsium yang berasal dari lautan, tepatnya Aquamin calcium. Perlu diketahui, kandungan ini memiliki kelebihan karena mudah diserap oleh tubuh. Dengan semua manfaat yang diberikan, vitamin ini dijual bebas di pasaran dan harganya cukup murah, yakni di kisaran 30 ribu untuk 1 strip berisi 6 tablet.

4. Biocalci72

Biocalci72
Cek Harga di TokopediaCek Harga di Shopee

Rekomendasi vitamin terbaik yang penting untuk tulang dan sendi selanjutnya adalah Biocalci72. Produk ini mengandung vitamin D yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, ada juga kandungan vitamin C yang cukup tinggi, manfaatnya tidak lain untuk menjaga daya tahan tubuh.

Menariknya, jenis vitamin C yang terkandung adalah non-acidic sehingga aman untuk lambung. Tentu saja ada kandungan kalsium seperti halnya produk lain yang telah disebutkan. Bahkan kalsium yang terkandung termasuk jenis organik, jadi sangat mudah diserap tubuh.

5. L-CAL

L-CAL
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Salah satu hormon yang cukup penting bagi wanita adalah estrogen. Fungsi utama hormon ini adalah untuk memperkuat tulang dan menyehatkan sendi. Sayangnya, pada saat usia menopauses produksi hormon ini semakin berkurang. Maka dari itulah anda perlu mengonsumsi makanan sehat yang dapat membantu produksinya.

Selain itu, tentu saja butuh vitamin untuk tulang dan sendi yang cocok dikonsumsi setiap hari. Jenis vitamin yang disarankan yaitu L-CAL yang diproduksi oleh Lapi Laboratories. Meski lebih cocok untuk wanita, namun pria dewasa tetap bisa mengonsumsi vitamin ini. Sayangnya, untuk kadar kalsiumnya tidak diketahui karena berasal dari coral calcium.

6. Osfit

Osfit - Suplemen Kalsium
Cek Harga di LazadaCek Harga di Tokopedia

Memilih vitamin yang baik yakni harus memperhatikan kandungan di dalamnya. Selain disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan, pemilihan yang tepat bisa dilakukan dengan banyaknya nutrisi nya. Seperti Osfit yang diproduksi oleh Kalbe, vitamin ini memiliki kandungan lengkap yang semuanya dibutuhkan tubuh.

Adapun kandungan yang dimaksud diantaranya adalah vitamin D, magnesium, boron, dan zinc. Vitamin ini dipercaya mampu mengatasi keretakan tulang karena kandungan silikon. Bukan hanya itu saja, anda pun mendapatkan manfaat dari asam folat, vitamin B6, dan B12. Penting diketahui, produk ini tidak cocok dikonsumsi bersamaan dengan suplemen besi.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Vitamin Penambah Darah untuk Penderita Anemia

7. Protecal Osteo

Protecal Osteo
Cek Harga di TokopediaCek Harga di Shopee

Selanjutnya ada Protecal Osteo yang merupakan produk vitamin terbaik untuk tulang dan sendi. Mengonsumsi jenis vitamin ini sangat menyenangkan karena rasanya manis. Apalagi ada sensasi unik dengan bentuk Tablet effervescent nya. Kandungan kalsiumnya cukup tinggi, anda hanya perlu melarutkan nya dengan air dan meminumnya.

8. Blackmores Calcimag Multi

Blackmores Calcimag Multi
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Tokopedia

Apabila mendengar Blackmores, pastinya kita tidak bisa meragukan kualitasnya. Salah satu produk terbaiknya adalah Calcimag Multi yang merupakan vitamin untuk memadatkan tulang dan menyehatkan sendi. Kelebihan dari produk ini yaitu memiliki banyak jenis vitamin yang cukup lengkap, semuanya dibutuhkan tubuh.

Jenis vitamin yang dimaksud adalah kalsium sitrat, kalsium fosfat, dan asam amino kalsium chelate. Bukan hanya itu saja, multivitamin ini juga mengandung berbagai jenis vitamin, seperti vitamin C, D3, K1. Produk ini cocok untuk memenuhi kebutuhan kalsium keluarga, pasalnya cocok dikonsumsi semua usia.

9. Uni-Cal

Uni-Cal
Image by Biohealthus.com

Faktanya, bukan hanya usia dewasa saja yang membutuhkan vitamin untuk tulang, usia anak juga demikian. Bagi orang tua tidak perlu khawatir untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan berbagai jenis vitamin lainnya. Pasalnya, satu produk Uni-Cal sudah cukup untuk memenuhi asupan gizi harian, terutama yang berhubungan dengan kesehatan tulang.

10. CDR

CDR
Image by Halodoc.com

Rekomendasi yang terakhir dari kami yaitu CDR, pasti anda pernah mendengarnya. Bahkan sebagian mungkin sudah pernah menggunakan produk ini. Meski harganya cukup murah, namun manfaatnya tidak dapat diragukan. Produk ini tidak hanya mengandung kalsium yang cukup tinggi, namun juga vitamin C.

Dalam bentuk tablet effervescent, cukup larutkan dengan satu gelas air dan kemudian minum hingga habis. Banyak yang menyukai multivitamin ini karena memiliki rasa jeruk yang menyegarkan. Hanya saja terdapat kandungan pemanis aspartam dan acesulfame sehingga tidak boleh dikonsumsi penderita fenilketonuria.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai banyak hal yang berhubungan dengan rekomendasi vitamin untuk tulang dan sendi. Perlu diketahui, sebisa mungkin tetap harus mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi. Suplemen atau vitamin hanya digunakan sebagai tambahan asupan, selain itu sebaiknya dikonsumsi sesuai dosis.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Rafika Ilham

Rafika suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags