15 Cara Meninggikan Badan Dengan Cepat untuk Remaja

15 Cara Meninggikan Badan Dengan Cepat untuk Remaja

Badan yang tinggi dan ideal merupakan idaman bagi banyak orang, termasuk remaja. Masalahnya, apakah anda tahu bagaimana cara meninggikan badan dengan cepat? Meski termasuk sebuah impian, namun masih banyak yang terhalang untuk mendapatkannya karena tidak mengetahui cara dan tips yang tepat.

Jika anda pernah melihat tayangan iklan di televisi, ada produk susu yang bisa menjadikan tinggi badan ideal. Tidak salah memang, karena itulah salah satu cara yang dapat anda lakukan. Namun tentu bukan hanya itu saja, masih banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil lebih efektif, seperti cara yang sudah kami rangkum berikut!

1. Memperbaiki Postur Tubuh

Memperbaiki Postur Tubuh
Image by Inews.id

Cara meninggikan badan dengan cepat secara alami yang pertama adalah memperbaiki postur tubuh. Cara ini bisa dilakukan dengan mengubah kebiasaan buruk dalam aktivitas sehari-hari. Misalnya cara duduk, berdiri, dan ketika tidur atau rebahan. Tanpa kita sadari semua aktivitas tersebut mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan.

2. Konsumsi Vitamin D dan Kalsium

Konsumsi Vitamin D dan Kalsium
Image by Cnnindonesia.com

Pastinya anda sudah tahu bahwa vitamin D memang bagus untuk pertumbuhan tulang. Konsumsi jenis vitamin ini secara langsung bisa menambah tinggi badan secara alami. Selain itu, anda pun harus mengonsumsi kalsium yang sangat berguna untuk kepadatan tulang. Semakin kuat tulang menopang tubuh, semakin mudah pula pertumbuhan tingginya.

Untuk mendapatkan asupan keduanya, silahkan mengonsumsi sayuran dan buah yang banyak mengandung kedua nutrisi tersebut. Selain itu, bisa juga mendapatkannya dari makanan, misalnya kuning telur, jamur, dan ikan salmon. Sebenarnya tidak perlu mengonsumsi multivitamin jika memang tidak terpaksa.

3. Hormon Pertumbuhan

Hormon Pertumbuhan
Image by Doktersehat.com

Bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan ternyata kurang ideal, ada baiknya menggunakan langkah medis untuk menambah tinggi badan. Salah satu caranya adalah dengan menyuntikkan hormon pertumbuhan. Ini penting dilakukan supaya di usia remaja tidak kesulitan jika ingin menambah tinggi badan yang ideal.

4. Main Basket

Main Basket
Image by Suara.com

Olahraga sangat efektif sebagai cara untuk meninggikan badan dengan cepat. Salah satu olahraga yang sangat dianjurkan adalah basket. Olahraga ini membuat semua badan bergerak, mulai dari tangan hingga kaki. Selain itu, banyaknya aktivitas melompat juga menjadi faktor untuk merangsang otot dan tulang.

Bermain basket yang dimaksud tidak harus beregu atau tim. Jika memang terpaksa tidak ada yang bisa diajak main, anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Hanya bermodalkan bola basket dan ring sebagai net sudah cukup untuk bisa melakukan olahraga ini. Namun tidak dapat di pungkiri bahwa bermain bersama teman lebih disarankan.

5. Tetap Aktif

Tetap Aktif
Image by Kompas.com

Sesorang yang kurang aktif atau malas bergerak pada umumnya memiliki postur yang lebih pendek dibandingkan mereka yang aktif. Selain itu, bermalas-malasan dapat menyebabkan postur tubuh kurang ideal, katakanlah obesitas atau kegemukan. Jika anda memang ingin mendapatkan postur tubuh yang ideal dari segi tinggi badan, usahakan selalu aktif sepanjang hari.

6. Yoga

Yoga
Image by Lottemart.co.id

Untuk mendapatkan postur tubuh yang ideal tidak harus melakukan aktivitas fisik. Anda bisa memadukannya dengan aktivitas batin atau pikiran, contohnya melakukan yoga. Meski tidak melakukan aktivitas fisik secara maksimal, namun beberapa pose yoga terbukti efektif untuk menambah tinggi badan bagi remaja.

Beberapa pose yang dimaksud diantaranya adalah Pose Gunung dan Pose Cobra. Bagi anda yang masih pemula mengenai aktivitas meditasi ini, silahkan mengikuti program khusus yang banyak ditemukan saat ini. Jika memang tidak sempat, banyak tutorial yang bisa anda cari di internet.

7. Melakukan Peregangan

Melakukan Peregangan
Image by Halodoc.com

Lakukan peregangan setiap hari jika anda ingin mendapatkan tinggi badan yang ideal. Cara ini dilakukan untuk kompresi tulang rawan atau tulang punggung. Selain meninggikan badan, cara ini juga efektif untuk memperbaiki postur tubuh. Caranya mudah, anda bisa melakukannya sambil berdiri dan menyentuh bagian kaki.

8. Konsumsi Banyak Protein

Konsumsi Banyak Protein
Image by Anlene.com

Selain mengonsumsi vitamin D dan kalsium, penting juga untuk mengonsumsi bayak protein. Memang fungsi utama protein adalah untuk membentuk otot tubuh, namun tidak menutup kemungkinan dapat membuat badan semakin tinggi. Ini dikarenakan manfaat protein lainnya yaitu untuk memadatkan tulang.

Silahkan mengonsumsi protein secara rutin setiap hari. Idealnya, protein dikonsumsi sebanyak 20 gram untuk setiap kali makan. Beberapa sumber protein yang paling bagus yaitu telur, susu, dan daging tanpa lemak. Anda pun bisa mengonsumsi sumber protein nabati dari kacang-kacangan, kedelai adalah salah satunya.

9. Bersepeda

Bersepeda
Image by Rs.ui.ac.id

Ada banyak jenis olahraga yang bisa digunakan sebagai cara meninggikan badan dengan cepat untuk remaja. Selain basket yang disebutkan sebelumnya, bersepeda juga termasuk salah satunya. Olahraga ini membuat semua otot tubuh bergerak sehingga membuat tulang semakin padat.

Anda perlu melakukannya setiap hari untuk mendapatkan hasil lebih maksimal. Waktu terbaik untuk olahraga sepeda yakni pagi atau sore hari. Tidak perlu lama-lama, cukup 5 menit untuk satu kali melakukannya. Namun ingat, anda harus tetap nyaman ketika melakukan olahraga ini dengan mengatur jok sesuai postur tubuh.

10. Tidur yang Cukup

Image by Alodokter.com

Selanjutnya adalah tidur yang cukup, mungkin anda tidak menyangka bahwa hal ini jua dapat mempercepat pertumbuhan tinggi badan. Ketika tidur, sewajarnya manusia memproduksi hormon yang dibutuhkan tubuh. Cukup dalam artian di sini tidak berlebihan dan juga kurang.

Usia remaja membutuhkan waktu yang hampir sama bagi anak-anak, yakni 8 jam sehari. Anda bisa menambah waktu tidur jika memang kurang, namun tidak boleh melebihi 10 jam per hari. Silahkan dibagi sesuai kebiasaan, baik di malam hari maupun siang hari. Tentunya tidur yang dimaksud adalah yang berkualitas.

11. Mendapatkan Sinar Matahari Cukup

Mendapatkan Sinar Matahari Cukup
Image by Alodokter.com

Diatas tadi dikatakan bahwa mendapatkan asupan vitamin D terbukti dapat meninggikan badan dengan cepat. Selain dari sumber makanan, vitamin D juga bisa didapatkan dari sinar matahari. Selain itu, dari segi kesehatan secara keseluruhan pun mendapatkan manfaat dari sinar matahari ini. Anda bisa berjemur di pagi hari atau sambil olahraga.

12. Perkuat Inti Otot

Perkuat Inti Otot
Image by M.merdeka.com

Postur yang kuat memang secara tidak langsung memberikan manfaat perihal tinggi badan. Namun seseorang yang ototnya terbentuk biasanya terlihat lebih tinggi. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika anda melatih inti otot, yakni di bagian perut dan sepanjang tulang belakang. Dengan otot tulang belakang yang kuat, seseorang akan terlihat tegak dan tinggi.

13. Berenang

Image by Anlene.com

Sekali lagi, olahraga termasuk yang paling efektif sebagai cara meninggikan badan dengan cepat bagi remaja. Basket dan bersepeda hanya beberapa diantaranya, masih ada jenis olahraga lain yang terbukti efektif. Berenang secara rutin juga membantu meninggikan badan dengan otot-otot yang selalu bergerak.

Olahraga ini tidak hanya melatih tulang dan memadatkannya, namun juga melatih semua otot yang ada pada tubuh. Bahkan orang zaman dulu hingga sekarang mempercayai bahwa berenang cukup bagus untuk meninggikan badan. Jika anda melakukannya secara rutin, manfaat lain yang didapatkan yaitu menjaga postur tubuh supaya tetap tegak.

14. Lompat Tali

Lompat Tali
Image by Sportivitas.net

Olahraga murah yang baik untuk terapi meninggikan badan yakni lompat tali. Hanya bermodalkan tali dan tempat yang tidak terlalu luas, anda bisa melakukan olahraga ini. Lompat mampu melatih otot kaki supaya lebih kuat, pertumbuhan tulang pun semakin baik jika dilakukan secara rutin setiap hari.

Meski terlihat sederhana, namun dalam hal manfaatnya tidak bisa diabaikan. Olahraga ini terbukti menstimulasi semua bagian otot tubuh, terutama pada bagian kaki. Tidak perlu berlama-lama, cukup 10 menit sehari untuk mendapatkan hasil optimal. Anda bisa melihat perbedaan selama kurang lebih 2 minggu setelah melakukannya secara rutin.

15. Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga Berat Badan Ideal
Image by Mediaindonesia.com

Tahukah anda bahwa orang yang tinggi namun gemuk justru tidak terlihat tingginya? Ini dikarenakan ketidakseimbangan postur tubuh antara tinggi dan berat badan. Sebaliknya, sesorang terlihat semakin kurus dan jauh dari kata ideal jika hanya mengandalkan tinggi badannya saja, otot tubuh tidak terbentuk sebagaimana mestinya.

Maka dari itulah anda harus menjaga berat badan yang ideal untuk mendapatkan kesan lebih tinggi. Selain itu, berat badan yang ideal biasanya menandakan bahwa orang tersebut sehat, meski tidak semuanya. Untuk menjaga berat badan, anda bisa melakukan diet dengan memperbanyak makan sayur dan buah-buahan.

Itulah berbagai cara meninggikan badan dengan cepat untuk remaja yang bisa anda lakukan. Dari semua cara diatas, tentunya tidak ada yang sulit untuk dilakukan. Terlebih untuk olahraga, anda bisa melakukannya gratis tanpa harus mengeluarkan biaya sama sekali. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mendapatkan tinggi badan ideal.