10 Produk Facial Wash Terbaik untuk Kulit Berminyak

10 Produk Facial Wash Terbaik untuk Kulit Berminyak

Untuk menjaga wajah agar tetap sehat dan terhindar dari gangguan kulit, salah satu caranya adalah menggunakan produk facial wash. Di pasaran, banyak ditemukan jenis pembersih wajah ini dari berbagai merek. Tentu tidak semuanya bisa dikatakan yang terbaik. Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

Facial wash atau pembersih wajah adalah produk perawatan kulit yang digunakan untuk membersihkan kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati dari wajah. Lalu, apa bedanya dengan facial foam? Sebenarnya tidak ada perbedaan yang mencolok, keduanya memiliki fungsi yang sama. Hanya saja untuk facial foam memiliki banyak busa, sedangkan facial wash hanya sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali.

Jika ditanya mana yang terbaik, pastinya tergantung dari penggunaan dan masalah kulit apa yang sedang anda hadapi saat ini. Namun yang jelas, facial foam tidak disarankan bagi anda yang memiliki kulit sensitif. Pasalnya, busa yang dihasilkan jenis pembersih wajah ini berasal dari bahan detergen, yang mana dapat menyebabkan iritasi.

Cara Memilih Produk Facial Wash Terbaik

Cara Memilih Produk Facial Wash Terbaik
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Kulit berminyak cenderung mudah berjerawat, kusam, dan terlihat tidak sehat. Oleh karena itu, penting untuk memilih produk facial wash terbaik untuk kulit berminyak yang tepat. Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda jadikan pertimbangan!

✦ Perhatikan Kandungannya

Mengecek kandungan facial wash sangat penting apabila anda memiliki jenis kulit berminyak. Pasalnya, beberapa bahan mungkin dapat membuat kulit lebih kering, memicu jerawat, dan masalah kulit lainnya. Misalnya saja bahan alkohol, yang mana dapat membuat kulit terlihat semakin kering dan tidak sehat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan bahwa facial wash yang anda pilih mengandung asam salisilat, benzoyl peroxide, dan sulfur. Semua bahan tersebut sangat penting untuk mengurangi produksi minyak berlebih. Pastikan juga mengandung bahan antibakteri, misalnya tea tree oil, asam glikolat, atau asam laktat. Manfaatnya yaitu membantu membersihkan kulit dan mencegah jerawat.

Baca Juga:  10 Manfaat Air Beras untuk Wajah & Kulit yang Perlu Diketahui

✦ Utamakan pH nya Seimbang dengan Kulit

Facial wash yang memiliki pH seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Kulit memiliki lapisan pelindung asam (acid mantle), yang merupakan lapisan pelindung terluar. Lapisan ini memiliki pH yang asam (sekitar 4,5 – 5,5), fungsinya membantu menjaga keseimbangan bakteri di kulit wajah.

Manfaat lainnya adalah untuk melindungi kulit dari faktor lingkungan, seperti polusi, sinar matahari, dan debu. Jika Anda menggunakan facial wash dengan pH yang tidak seimbang, misalnya terlalu asam atau terlalu basa, maka akan merusak lapisan pelindung asam di kulit wajah. Hal ini dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering, iritasi, dan rentan terhadap infeksi bakteri dan jerawat.

✦ Pilih Produk Berlabel Non-Comedogenic

Tips memilih produk facial wash terbaik untuk kulit berminyak selanjutnya adalah memastikan bahwa yang anda pilih berlabel Non-Comedogenic. Produk dengan label tersebut dirancang khusus untuk membantu mencegah pembentukan komedo, yang mana merupakan penyebab utama penyumbatan pori-pori pada kulit.

Pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan jerawat dan masalah kulit lainnya. Menggunakan produk ini dapat membantu meminimalkan risiko terjadinya komedo dan memperbaiki kesehatan kulit. Namun bukan hanya itu saja, penting juga memilih produk yang cocok sesuai jenis kulit dan tidak mengandung bahan yang dapat menyebabkan iritasi atau alergi.

Rekomendasi Produk Facial Wash Terbaik untuk Kulit Berminyak

Setelah menyimak beberapa tips diatas, selanjutnya kami berikan rekomendasi produk facial wash terbaik yang dapat anda pilih. Produk yang kami berikan nantinya dipilih berdasarkan bahan yang digunakan, manfaat utama, dan juga harga yang ditawarkan.

1. Bioderma Sebium Gel Moussant

Bioderma Sebium Gel Moussant
Image by Shopee.co.id

Bioderma Sebium Gel Moussant adalah pembersih wajah yang dirancang khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Bahan utama dalam produk ini yaitu Zinc Gluconate dan Copper Sulfate. Zinc Gluconate berfungsi sebagai antibakteri agen yang membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit.

Sementara Copper Sulfate dapat membantu meredakan peradangan pada kulit akibat jerawat. Selain itu, produk ini juga mengandung Sodium Cocoamphoacetate, Sodium Lauroyl Sarcosinate, dan Coco-Glucoside. Manfaat kandungan tersebut yakni untuk membersihkan kulit tanpa membuatnya kering. Produk ini juga bebas dari paraben dan sabun, jadi aman digunakan untuk kulit sensitif.

2. Cetaphil Oily Skin Cleanser

Cetaphil Oily Skin Cleanser
Image by Cetaphil-me.com

Produk facial wash untuk kulit berminyak selanjutnya adalah Cetaphil Oily Skin Cleanser. Tidak jauh berbeda dengan produk sebelumnya, kali ini juga mengandung Glycerin dan Panthenol. Manfaatnya tidak lain untuk membantu menjaga kelembaban alami kulit sehingga terasa lembut dan kenyal setelah digunakan.

Kandungan bahan lain diformulasikan khusus dan tidak mengandung sabun. Maka dari itulah produk ini aman digunakan untuk semua jenis kulit, bahkan untuk kulit sensitif sekalipun. Untuk manfaat utamanya yakni membantu mengurangi produksi minyak pada kulit, yang mana merupakan faktor utama timbulnya jerawat.

Baca Juga:  10 Cream Penghilang Jerawat yang Paling Direkomendasikan

3. The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Facial Wash

The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Facial Wash
Image by Blibli.com

Tidak hanya menjadi penyebab utama munculnya jerawat, minyak berlebih juga dapat membuat kulit tampak kusam. Anda harus segera mengatasi masalah ini, yang paling efektif yakni menggunakan The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Facial Wash. Produk facial wash terbaik ini mengandung tea tree oil sebagai bahan utamanya.

Kandungan tersebut memiliki sifat antiseptik alami yang dapat membantu membersihkan kulit dari kuman dan bakteri penyebab jerawat. Produk ini juga mengandung Gliserin, yakni zat yang dapat menjaga kelembaban ke kulit, membuatnya terasa lembut dan lembap. Menggunakan produk ini membuat kulit terasa lebih segar karena kandungan mentol-nya.

4. Nivea Make Up Clear White Oil Control Foam

Nivea Make Up Clear White Oil Control Foam
Image by Ebay.com

Banyak manfaat yang anda dapatkan dari Nivea Make Up Clear White Oil Control Foam. Pasalnya, produk ini mengandung berbagai bahan utama yang dapat membantu menyehatkan kulit, mencerahkan, dan pastinya mengurangi produksi minyak berlebih. Sebut saja adanya Glyceryl Glucoside, bahan ini membantu mempertahankan kelembaban alami.

Bahan yang mampu mengontrol produksi minyak berlebih di wajah sehingga kulit tidak berminyak dan tampak lebih segar yakni Carnitine. Produk facial wash terbaik ini juga dilengkapi Vitamin E. Sebagaimana yang diketahui, bahan ini berfungsi sebagai antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV.

5. ElsheSkin Deep Cleansing for Oily Skin

ElsheSkin Deep Cleansing for Oily Skin
Image by Tokopedia.com

Sebuah produk semakin banyak diminati apabila memiliki banyak manfaat. Adapun manfaat yang dimaksud tidak lepas dari bahan yang terkandung di dalamnya. ElsheSkin Deep Cleansing for Oily Skin sepertinya perlu anda pertimbangkan. Produk ini mengandung berbagai bahan yang cukup lengkap, masing-masing memiliki manfaat penting bagi kulit.

Beberapa bahan aktif yang terdapat dalam produk ini salah satunya adalah ekstrak lemon yang dapat membantu mengangkat kotoran dan minyak berlebih. Selain itu, ada juga serta ekstrak chamomile yang dapat membantu menenangkan kulit yang iritasi. Produk ini diklaim aman karena tidak mengandung bahan berbahaya, misalnya sulfat, paraben, dan pewarna sintetis.

6. Vaseline Men Anti Acne Face Wash

Vaseline Men Anti Acne Face Wash
Image by Tokopedia.com

Masalah wajah tidak hanya terjadi pada wanita, kaum adam juga tidak sedikit yang mengalaminya. Salah satu masalah yang sering muncul yaitu kulit berminyak, jerawat, dan kulit kusam. Untuk masalah ini, silahkan mencoba Vaseline Men Anti Acne Face Wash. Bukan tanpa sebab, produk ini mengandung salisilat yang membantu mengurangi produksi minyak berlebih.

Baca Juga:  Inilah Manfaat & Cara Membuat Masker Kentang untuk Mencerahkan Wajah

Produk facial wash terbaik ini juga mengandung Vitamin B3 yang dapat membantu meningkatkan kecerahan kulit dan membuatnya terlihat lebih segar dan sehat. Bukan hanya itu saja alasan menggunakan produk ini. Karena mudah diaplikasikan dan mudah dibilas, anda pun tidak memerlukan waktu yang lama dalam melakukan perawatan wajah.

7. Erha 2 Facial Wash for Oily Skin

Erha 2 Facial Wash for Oily Skin
Image by Erhastore.co.id

Rekomendasi produk selanjutnya adalah Erha 2 Facial Wash for Oily Skin. Kelebihan dari pembersih wajah ini yaitu menggunakan berbagai bahan alami. Misalnya saja ekstrak lidah buaya, ekstrak teh hijau, dan ekstrak buah delima. Semua kandungan tersebut memberikan manfaat untuk menjaga kulit wajah tetap sehat dan segar.

Khusus untuk lidah buaya, manfaat lain yang didapatkan yaitu untuk menjaga kelembapan kulit karena fungsi dapat menghidrasi. Produk ini juga dapat membersihkan kotoran dan sisa make-up pada wajah dengan efektif tanpa membuat kulit kering atau teriritasi. Dengan aroma yang segar dan tidak terlalu kuat, anda pun tetap nyaman meski menggunakannya setiap hari.

8. Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam

Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam
Image by Sebamed.com

Apapun manfaatnya, produk facial wash terbaik untuk kulit berminyak adalah yang tidak mengandung alkohol. Ada banyak produk seperti ini yang beredar di pasaran, salah satunya adalah Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam. Memang terdapat busa selama pemakaian, namun tidak terlalu banyak seperti produk lainnya.

Salah satu kelebihannya yakni mengandung pH seimbang sehingga kelembapan kulit selalu terjaga. Selain efektif membersihkan kulit wajah, pembersih wajah ini aman untuk digunakan setiap hari, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Pasalnya, tidak ditemukan bahan berbahaya di dalamnya, seperti sabun, paraben, dan pewangi tambahan.

9. Etude House Baking Powder Pore Cleansing Foam

Etude House Baking Powder Pore Cleansing Foam
Image by Mybeautyph.com

Etude House Baking Powder Pore Cleansing Foam adalah produk pembersih wajah yang populer dari Korea Selatan. Produk ini diformulasikan dengan baking powder yang membantu membersihkan pori-pori secara menyeluruh. Selain itu, produk ini juga mengandung ekstrak daun teh hijau yang dapat membantu menjaga kulit tetap lembap dan segar.

Cara menggunakan pembersih wajah ini sangat mudah. Cukup basahi wajah dengan air, kemudian aplikasikan produk pada wajah dan pijat lembut dengan gerakan melingkar. Selanjutnya anda hanya perlu membilasnya dengan air hingga bersih. Produk ini cocok untuk digunakan pada jenis kulit normal hingga berminyak dan dapat digunakan dua kali sehari.

10. Clean & Clear Deep Action Daily Pore Cleanser

Clean & Clear Deep Action Daily Pore Cleanser
Image by Halodoc.com

Rekomendasi produk terakhir yang dapat anda pertimbangkan adalah Clean & Clear Deep Action Daily Pore Cleanser. Pembersih wajah ini sangat populer di pasaran, karena harganya yang terjangkau. Meski murah, namun ada banyak manfaat yang didapatkan dari kandungannya. Misalnya salisilat, fungsinya mengangkat kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori.

Untuk menjaga kelembapan kulit, produk ini dilengkapi glycerin yang dikenal ampuh menghidrasi kulit. Dengan pemakaian teratur, pembersih wajah ini dapat membantu mengurangi jerawat dan mencegah terbentuknya jerawat baru. Anda tidak perlu ragu menggunakannya setiap hari karena tidak menyebabkan kulit kering.

Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang sering mengalami masalah kulit. Jerawat, kulit berminyak, kulit kering, dan kusam adalah beberapa masalah yang dimaksud. Semua masalah tersebut dapat menurunkan kepercayaan diri. Menggunakan produk facial wash terbaik yang disebutkan diatas merupakan salah satu cara efektif untuk mengatasi masalah tersebut.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Rafika Ilham

Rafika suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags