10 Cream Penghilang Bekas Jerawat yang Aman Digunakan

10 Cream Penghilang Bekas Jerawat yang Aman Digunakan

Bekas jerawat bisa menjadi masalah yang menjengkelkan dan membuat tidak percaya diri. Meskipun dapat hilang dengan sendirinya, bekas jerawat bisa bertahan selama berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun. Namun jangan khawatir, ada banyak produk cream penghilang bekas jerawat yang tersedia di pasaran dan aman digunakan.

Jerawat adalah masalah kulit yang sangat umum, terutama di kalangan remaja dan orang dewasa muda. Namun sebenarnya, jerawat bisa muncul pada siapa saja tanpa pandang usia atau jenis kelamin, termasuk anak-anak. Masalah kulit ini biasanya muncul ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati, lalu terlihat merah dan terasa sakit.

Sebenarnya ada cara efektif untuk mencegah jerawat, salah satunya adalah membersihkan muka setiap hari secara rutin. Selain itu, anda juga bisa mulai gaya hidup sehat dengan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung minyak. Meski demikian, terkadang jerawat tetap muncul dan meninggalkan bekas yang sangat menjengkelkan.

Cara Memilih Cream Penghilang Bekas Jerawat

Cara Memilih Cream Penghilang Bekas Jerawat
Photo by Anna Nekrashevich on Pexels

Memang ada banyak sekali cream penghilang bekas jerawat yang anda temukan di pasaran. Namun tidak semuanya efektif tentunya, tergantung dari banyak faktor yang menentukan. Selain itu, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih salah satunya. Berikut adalah tips bagaimana memilih produk yang tetap!

✦ Pastikan Mengandung Bahan Aktif untuk Menghilangkan Jerawat

Cara pertama adalah memastikan bahwa krim yang anda beli mengandung bahan aktif yang dapat menghilangkan jerawat. Beberapa bahan yang dimaksud yakni benzoyl peroxide, fungsinya membunuh bakteri penyebab jerawat dan membantu membersihkan pori-pori. Asam salisilat membantu membersihkan pori-pori kulit dan mengurangi peradangan.

Bahan lain yang harus ada pada cream penghilang bekas jerawat adalah retinoid atau retinol. Bahan aktif ini tidak hanya membantu membersihkan pori-pori kulit, namun juga mempercepat pembaharuan sel kulit. Selain ketiga bahan diatas, anda juga harus mempertimbangkan bahan lain seperti asam azelaic, antibiotik, AHA dan BHA.

✦ Pilih yang Mengandung Pelembap

Usahakan memilih krim yang mengandung bahan pelembap, karena sangat penting untuk membuat kulit tidak kering. Efek samping penggunaan retinol salah satunya adalah membuat kulit kering. Inilah pentingnya untuk memilih krim yang mengandung pelembap, agak kulit anda tidak semakin kering dan bahkan terlihat bersisik.

Baca Juga:  10 Masker Bibir (Lip Mask) Terbaik untuk Mengatasi Bibir Kering, Pecah & Iritasi

Pelembap juga dapat membantu mengurangi iritasi pada kulit akibat bahan aktif pada krim penghilang bekas jerawat. Selain itu, pelembap dapat membantu mempercepat proses penyembuhan kulit. Dengan kandungan pelembap, kulit akan menjadi lebih terhidrasi dan membantu bahan aktif pada krim bekerja secara lebih efektif.

✦ Coba Kemasan Kecil Terlebih Dahulu

Belum tentu produk cream penghilang bekas jerawat yang anda pilih cocok bukan? Bisa saja pemilihan bahan yang terkandung sudah tepat, namun ternyata tidak cocok untuk jenis kulit anda. Maka dari itu, sebaiknya membeli kemasan kecil terlebih dahulu untuk antisipasi. Apabila ternyata tidak cocok, anda tidak terlalu rugi dalam hal finansial.

Selain itu, pastikan anda menggunakannya tipis dan dibawah aturan pemakaian. Misalnya jika sehari digunakan tiga kali, maka anda bisa menggunakannya hanya sekali atau dua kali sehari. Ini bertujuan untuk menghindari efek yang lebih parah apabila ternyata memang tidak cocok. Keuntungan lain yakni mudah dibawa kemana-mana ketika anda bepergian.

Rekomendasi Cream Penghilang Bekas Jerawat

Setelah memahami bagaimana cara memilih cream penghilang bekas jerawat yang aman, saatnya kami berikan beberapa rekomendasi untuk anda. Pemilihan ini juga berdasarkan dari bahan, keamanan, dan juga harganya. Berikut adalah produk yang mungkin cocok dijadikan pilihan utama!

1. Lightening Night Cream Advanced Niacinamide

Lightening Night Cream Advanced Niacinamide
Image by Wardahbeauty.com

Lightening Night Cream Advanced Niacinamide adalah produk perawatan kulit yang dirancang untuk digunakan pada malam hari. Produk ini memiliki kandungan bahan aktif niacinamide yang telah terbukti efektif dalam mencerahkan kulit. Produk krim ini sangat cocok untuk menghilangkan bekas jerawat dan noda hitam pada kulit.

Produk dari Wardah ini juga mengandung bahan-bahan lain, seperti alpha arbutin, licorice extract, vitamin C dan vitamin E. Manfaatnya adalah untuk membantu menjaga kelembapan kulit dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Cara penggunaannya cukup mudah, aplikasikan pada wajah setelah membersihkan wajah dan toner pada malam hari sebelum tidur.

2. Some by Mi Snail Truecica Miracle Repair Cream

Some by Mi Snail Truecica Miracle Repair Cream
Image by Bukalapak.com

Cream penghilang bekas jerawat selanjutnya yakni Some by Mi Snail Truecica Miracle Repair Cream. Sesuai namanya, produk ini mengandung bahan utama berupa siput, tepatnya lendir siput. Kandungan ini diklaim dapat membantu memperbaiki dan mengembalikan kondisi kulit yang rusak, kering, atau sensitif.

Baca Juga:  8 Rekomendasi Skincare Emina Membuat Kulit Cerah dan Glowing

Mucin siput memiliki kandungan kolagen dan elastin yang dapat membantu meningkatkan kelembaban dan elastisitas kulit. Sedangkan truecica adalah kombinasi dari ekstrak akar centella asiatica, madecassoside, dan asiaticoside yang memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu meredakan peradangan pada kulit.

3. Dark Spot Treatment

Dark Spot Treatment
Image by Tokopedia.com

Sebagian besar produk krim untuk menghilangkan bekas jerawat di banderol dengan harga murah. Misalnya Dark Spot Treatment yang hanya dijual di kisaran harga 80 ribu rupiah. Tidak hanya menghilangkan noda hitam, krim ini juga mampu mengatasi masalah hiperpigmentasi. Masalah ini biasanya terjadi karena paparan sinar matahari, penuaan, peradangan, atau trauma pada kulit.

Kandungan penting di dalamnya diantaranya yakni vitamin C, alpha arbutin, niacinamide, atau hydroquinone. Semua kandungan tersebut sangat efektif membuat kulit lebih cerah alami. Produk dari NPURE ini aman digunakan untuk semua jenis kulit karena tidak mengandung alkohol, paraben, dan zat lain yang berbahaya untuk kulit sensitif.

4. Roro Mendut Rempah Hitam Whitening Herbal Night Cream

Roro Mendut Rempah Hitam Whitening Herbal Night Cream
Image by Lazada.co.id

Roro Mendut Rempah Hitam Whitening Herbal Night Cream termasuk rekomendasi selanjutnya yang perlu anda pertimbangkan. Cukup aman digunakan untuk semua jenis kulit tentunya, karena terbuat dari bahan alami. Produk ini mengandung jinten hitam sebagai bahan aktif utama yang diklaim membantu memutihkan dan mencerahkan kulit.

Selain itu, cream penghilang bekas jerawat ini juga mengandung berbagai bahan alami. Adapun bahan yang dimaksud yaitu minyak zaitun, minyak jojoba, dan aloe vera. Smeua kandungan tersebut sangat baik untuk membantu menjaga kelembaban dan meningkatkan elastisitas kulit. Pastikan anda menggunakan secara teratur untuk mendapatkan hasil optimal.

5. ACNEDOT Treatment Moisturizer Gel

ACNEDOT Treatment Moisturizer Gel
Image by Somethinc.com

Selanjutnya ada ACNEDOT Treatment Moisturizer Gel yang dijual sangat murah, yakni sekitar 30 ribu rupiah. Krim ini cocok digunakan mulai usia remaja hingga dewasa. Anda pun bisa menggunakannya pada pagi atau malam hari. Dikemas dengan tube yang dilengkapi roll, anda pun semakin mudah menggunakannya.

Bahan yang digunakan diantaranya adalah tea tree oil, witch hazel, dan aloe vera yang diklaim dapat membantu mengurangi dan bahkan menghilangkan bekas jerawat. Manfaat lain yang didapatkan ketika menggunakannya secara teratur yakni melembapkan dan mengurangi peradangan.

6. Safi White Expert Oil Control & Acne Cream

Image by Safiindonesia.com

Apabila anda mengalami masalah jerawat dan sekaligus kulit berminyak, solusinya adalah Safi White Expert Oil Control & Acne Cream. Tidak hanya mengatasi jerawat yang meradang saja, bekas jerawat pun berangsur memudar dengan pemakaian secara teratur. Produk ini mengandung Zinc, habbatus sauda, lactic acid yang dapat membantu mengontrol produksi minyak.

Baca Juga:  10 Skincare Wardah Terbaik yang Layak Anda Coba

Natural lipid enhancer merupakan bahan pendukung yang sangat efektif mengurangi peradangan akibat jerawat. Meski dapat mengurangi minyak berlebih, namun kulit anda akan terasa lembap sepanjang hari. Namun, perlu diingat bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, sehingga hasil yang diperoleh setiap individu bisa bervariasi.

7. OXY Anti-Pimple Mark

OXY Anti-Pimple Mark
Image by Review.soco.id

OXY Anti-Pimple Mark adalah cream penghilang bekas jerawat selanjutnya yang perlu anda pertimbangkan. Kandungan di dalamnya sangat efektif memudarkan bintik hitam, baik akibat jerawat maupun proses penuaan. Kemasannya memang kecil, namun anda hanya perlu mengoleskan tipis pada wajah untuk mendapatkan hasil maksimal.

Produk ini dijual di kisaran harga 60 ribu rupiah dengan kandungan utama vitamin C dan allantolin. Selain itu, ada juga kandungan niacinamide yang sudah terbukti mampu mencerahkan kulit dan mengurangi peradangan. Salicylic acid dalam krim ini membantu membersihkan pori-pori dan mencegah terbentuknya jerawat baru.

8. Everwhite Acnepair Cream

Everwhite Acnepair Cream
Image by Femaledaily.com

Masalah jerawat bisa muncul kapan saja dan dialami oleh siapa saja. Ada baiknya anda melakukan pencegahan dengan merawat kulit sepanjang hari. Tentu tidak hanya membersihkannya, anda perlu krim khusus untuk masalah ini. Everwhite Acnepair Cream adalah salah satu krim yang dimaksud dengan manfaat utama mencegah timbulnya jerawat.

Produk ini juga bagus untuk mengurangi produksi minyak berlebih karena mengandung tea tree oil. Selain itu, ada juga bahan yang dikenal dengan zinc oxide, fungsinya untuk melindungi kulit dari bahasa sinar UV. Produk ini juga mengandung niacinamide yang memiliki sifat anti-inflamasi dan mampu membantu mengurangi peradangan pada kulit.

9. Acnepair Cream

Acnepair Cream
Image by Tokopedia.com

Everwhite sebagai produsen kosmetik juga tidak mau ketinggalan mengenalkan cream penghilang bekas jerawat. Ada banyak sekali krim yang anda dapatkan dari merek ini, salah satunya adalah Acnepair Cream. Tidak jauh berbeda dengan produk sebelumnya, kali ini juga mengandung nacinamide dengan fungsi yang telah dijelaskan diatas.

Meski mengandung BHA, yang mana dapat membuat kulit sedikit lebih kering, namun adanya pelembap menjadikan kulit tidak bersisik atau iritasi. Krim ini di desain secara modern dengan wadah berupa tube, anda tinggal memencetnya ketika ingin digunakan. Kelebihan lainnya yakni mudah meresap pada kulit sehingga hasil lebih cepat terlihat.

10. Zoya Cosmetics Acne Spot Treatment Cream

Zoya Cosmetics Acne Spot Treatment Cream
Image by Femaledaily.com

Terakhir ada Zoya Cosmetics Acne Spot Treatment Cream yang diklaim mampu memudarkan noda bekas jerawat hanya dalam satu minggu. Kandungan utamanya berupa tea tree oil dan salicylic acid dengan fungsi utama masing-masing. Tea tree oil membantu meredakan iritasi, sedangkan salicylic acid efektif mengurangi produksi minyak berlebih.

Untuk bahan yang dapat mengurangi noda hitam dan bekas jerawat, krim yang dijual seharga 100 ribu ini dilengkapi allantolin. Tidak perlu takut kulit kering setelah pemakaian produk ini, karena di dalamnya terdapat kandungan pelembap. Namun ada baiknya anda mencobanya terlebih dahulu untuk membuktikan efektivitas nya.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai cream penghilang bekas jerawat yang aman. Di pasaran, pastinya anda mendapatkan lebih banyak lagi produk dengan manfaat yang sama. Paling tidak, rekomendasi diatas dapat dijadikan pertimbangan awal. Pastikan anda membeli produk sesuai dengan cara pemilihan yang dijelaskan sebelumnya.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Rafika Ilham

Rafika suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags