10 Jenis Sayuran yang Bagus untuk Diet Sehat Anda

10 Jenis Sayuran yang Bagus untuk Diet Sehat Anda

Dalam menjalani masa diet, anda tidak hanya perlu olahraga teratur dan membatasi makanan. Selain itu, penting juga untuk mengonsumsi jenis sayuran untuk diet sehat. Apa saja sayuran yang dimaksud? Pastinya ada banyak jenis yang perlu anda ketahui, yang mana akan menjadi pembahasan utama kita kali ini.

Diet adalah sebuah proses usaha untuk mengurangi berat badan yang dianggap berlebih. Bukan hanya yang obesitas, namun standar berat badan masing-masing orang tentu berbeda. Di sisi lain, diet bertujuan agar kesehatan badan tetap terjaga. Jadi dapat disimpulkan bahwa diet bukan hanya program bagi mereka yang bermasalah dengan obesitas.

Ada banyak cara yang dapat anda lakukan dalam hal ini, salah satunya adalah olahraga. Namun jika hanya mengandalkan olahraga saja tentu tidak cukup. Anda juga harus banyak minum air putih dan membatasi makanan yang dikonsumsi. Selain itu, pastikan beberapa jenis sayuran untuk diet berikut ini masuk dalam daftar menu makanan harian anda!

1. Brokoli

Sayuran untuk Diet, Brokoli
Image by Klikdokter.com

Jenis sayuran untuk diet sehat yang bagus adalah brokoli. Sayuran ini pastinya tidak asing bagi banyak orang, termasuk anda. Warna hijaunya menjadi ciri khas yang mudah dikenali, demikian pula dengan bentuknya yang unik. Meski harganya tergolong lumayan mahal, namun dalam hal manfaat tidak bisa diragukan.

Brokoli mengandung berbagai zat penting yang dibutuhkan tubuh. Sayuran ini juga mengandung senyawa penting untuk proses pembakaran lemak, yakni fitokimia. Karena kandungannya yang mudah hilang ketika dimasak, sebaiknya anda mengukus sebelum dikonsumsi. Tidak perlu terlalu matang, cukup beberapa menit saja, asalkan teksturnya lunak.

Produk Diet Sehat yang Ampuh & Harganya Terjangkau

2. Mentimun

Mentimun
Image by Jamudigital.com

Mentimun terkadang dianggap sepele oleh sebagian orang dalam hal manfaatnya. Anda mungkin mengenalnya sebagai sayuran yang dapat menurunkan darah tinggi. Memang benar, namun ada banyak manfaat lain yang didapatkan. Salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan, sehingga sayuran ini cocok dikonsumsi selama program diet sehat.

Baca Juga:  10 Manfaat Buah Manggis yang Membantu Diet & Kesehatan Kulit

Kandungan utama mentimun tidak lain adalah serat dan air, yang mana sangat bagus untuk mengeluarkan tumpukan racun dalam tubuh. Masih tentang kandungan yang sama, manfaat lain yang didapatkan yakni menunda lapar. Dengan demikian, anda tetap dapat mengontrol nafsu makan supaya tidak kelebihan berat badan.

3. Kembang Kol

Kembang Kol
Image by Sehatq.com

Selain dua yang disebutkan diatas, kembang kol juga termasuk salah satu jenis sayuran yang bagus untuk diet sehat. Bukan tanpa alasan tentunya, sayuran ini mengandung senyawa phytonutrient sulforaphane yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Mengonsumsi sayuran ini setiap hari dapat memperlancar pencernaan, diet pun lebih maksimal.

Kandungan lain yang terdapat pada sayuran ini adalah asam folat dan vitamin C. Kedua kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan. Jadi sebenarnya, kembang kol tidak hanya bagus dikonsumsi ketika menjalani program diet, namun juga untuk semua orang. Sama seperti brokoli, sebaiknya tidak terlalu matang ketika memasaknya untuk menjaga nutrisi di dalamnya.

4. Kacang Polong

Kacang Polong
Image by Orami.co.id

Dari jenis kacang-kacangan yang juga termasuk sayuran, ada kacang polong yang baik dikonsumsi untuk diet sehat anda. Jenis kacang ini banyak mengandung serat, satu cangkirnya memiliki kandungan setidaknya 9 gram serat. Cukup tinggi tentunya, dan dapat dijadikan makanan pendamping selama program diet.

Kandungan serat di dalamnya membuat anda merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, pola makan pun lebih terjaga dan program diet anda dijamin sukses. Untuk mengonsumsi nya, silahkan direbus hingga matang. Anda bisa mengonsumsi kacang polong segar atau membelinya dalam keadaan beku di pasaran. Harga sayuran ini tidak begitu mahal, jadi anda bisa mengonsumsi nya setiap hari.

Rekomendasi Produk Diet Cepat & Aman

5. Bayam

Bayam
Image by Honestdocs.id

Berikutnya adalah bayam yang merupakan jenis sayuran yang bagus untuk diet sehat. Hampir semua sayuran hijau sangat baik untuk program diet, bahkan untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh sekalipun. Bayam mengandung banyak jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, misalnya vitamin A, E, C, dan vitamin B kompleks.

Selain itu, sayuran hijau ini juga mengandung magnesium, zat besi, asam folat, kalium, dan kalsium. Semua kandungan tersebut tidak hanya dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan, namun juga untuk program diet. Anda bisa mengonsumsi bayam bersamaan dengan sayur lain, misalnya wortel, kol, kacang polong, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  15 Manfaat Buah Plum untuk Diet dan Kesehatan yang Perlu Diketahui

6. Selada

Selada
Image by Republika.co.id

Pada umumnya, tujuan menjalani program diet adalah untuk menjaga kesehatan. Meski sebagian besar orang melakukan hal ini untuk menurunkan berat badan. Sederhananya, siapa saja yang menjalankan program diet juga mendapatkan manfaat kesehatan tubuh. Maka dari itulah sangat penting untuk memperhatikan asupan makanan yang masuk.

Tentu bukan hanya sekedar makanan saja, namun yang banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dari jenis sayuran, ada selada yang pastinya sudah banyak dikenal. Sayur dengan warna hijau ini mengandung berbagai nutrisi, misalnya vitamin, mineral, protein, dan serat. Menariknya, sayur ini sedikit mengandung kalori dan karbohidrat sehingga cocok dikonsumsi ketika diet.

7. Jamur

Jamur
Image by Kompasiana.com

Jamu dikenal sebagai salah satu makanan yang rasanya nikmat, harganya pun lumayan mahal. Tetapi untuk manfaatnya dijamin tidak mengecewakan dan sudah banyak yang membuktikannya. Salah satunya adalah untuk program diet. Jamur mengandung berbagai zat yang dibutuhkan tubuh, misalnya protein, serat, mineral, vitamin A, B, C, E, dan vitamin D2.

Bukan hanya baik dikonsumsi ketika menjalani program diet, namun juga disarankan setiap hari. Alasan kenapa jamur cocok dna sangat bagus untuk diet adalah karena rendah kalori. Di samping itu, makanan yang bertekstur lembek ini mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas penyebab berbagai jenis gangguan penyakit.

8. Kubis

Kubis
Image by Klikdokter.com

Kubis memang tidak memiliki rasa yang nikmat seperti halnya jamur. Namun ini adalah salah satu jenis sayuran untuk diet sehat yang anda jalankan. Seperti halnya jenis sayuran pada umumnya, kubis mengandung sedikit kalori dan banyak mengandung serat. Dibalik rasanya yang hambar, sayuran ini ternyata menyimpan banyak manfaat.

Sayuran ini juga baik untuk menjaga kesehatan dan melawan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah kanker. Kandungan utama sayuran yang berwarna putih kehijauan ini adalah vitamin, mineral, dan zat besi. Mengonsumsi kubis sangat baik untuk menjaga pencernaan tetap sehat, inilah kenapa sangat disarankan bagi yang sedang menjalani program diet.

9. Wortel

Wortel
Image by Tokopedia.com

Selain dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, wortel ternyata cocok dikonsumsi selama diet sehat. Sayuran ini mengandung berbagai zat penting yang dibutuhkan tubuh, bahkan lebih lengkap dibandingkan sayuran yang disebutkan sebelumnya. Contohnya saja berbagai jenis vitamin, asam folat, kalium, protein, dan kalsium.

Baca Juga:  Daftar Menu Diet Sehat & Murah yang Aman Bagi Tubuh

Mengonsumsi wortel untuk menjaga kesehatan dan menjalani program diet sangat mudah. Anda dapat membuatnya menjadi jus dengan tambahan sayur lainnya. Namun ingat, jangan pernah menambahkan gula atau pemanis buatan apabila anda sedang diet. Sayuran ini juga cocok dijadikan sop dan dikombinasikan dengan sayuran lain, misalnya kubis, kol, dan lain sebagainya.

10. Asparagus

Asparagus
Image by Saveur.com

Masih banyak jenis sayuran yang bagus untuk diet sehat selain yang disebutkan diatas. Bahkan bisa dikatakan bahwa semua jenis sayuran sangat baik untuk program menurunkan berat badan ini. Namun tentu ada beberapa yang efektif dan memberikan hasil lebih cepat dibandingkan lainnya. Asparagus contohnya, sayuran ini sangat baik untuk menjaga berat badan tetap stabil.

Sayuran berwarna hijau ini memang lumayan mahal dan cukup sulit ditemukan. Namun soal khasiat, anda tidak perlu ragu mengonsumsi nya. Kandungan utama sayuran ini yaitu serat, yang mana sangat bagus untuk membantu proses pembakaran lemak. Berbagai jenis vitamin pun terkandung di dalamnya, misalnya vitamin A, K, C, E, dan vitamin D.

Asparagus juga mengandung antioksidan tinggi, manfaatnya tidak lain untuk menangkal radikal bebas. Selain membantu program diet, sayuran ini juga baik untuk melancarkan pencernaan. Manfaat lain yang didapatkan ketika anda mengonsumsi nya secara teratur yakni menjaga kesehatan jantung, membuat tekanan darah stabil, dan mencegah diabetes.

Beberapa jenis sayuran untuk diet yang bagus disebutkan diatas mudah ditemui. Jadi tidak ada alasan bagi anda untuk tidak mengonsumsi nya. Untuk mendapatkan hasil terbaik, jangan hanya mengandalkan sayuran tersebut. Selain itu, anda harus olahraga teratur setiap hari dan juga banyak mengonsumsi air putih.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Rafika Ilham

Rafika suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags