15 Manfaat Buah Plum untuk Diet dan Kesehatan yang Perlu Diketahui

15 Manfaat Buah Plum untuk Diet dan Kesehatan yang Perlu Diketahui

Buah plum merupakan buah berwarna merah dengan ukuran yang kecil dan memiliki bentuk menyerupai buah apel. Di Indonesia buah ini memang masih belum familiar. Hal ini dikarenakan buah plum lebih banyak tumbuh di daerah Eropa dan Amerika serikat. Dibalik ukurannya yang tidak terlalu besar, buah ini memiliki banyak manfaat untuk diet dan kesehatan. Penasaran dengan berbagai manfaat buah plum? Yuk simak ulasan berikut.

Kandungan Nutrisi Pada Buah Plum

Kandungan Nutrisi Pada Buah Plum

Image Credit: Vidasminadas.com

Buah plum memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk diet dan kesehatan. Terdapat kandungan serat yang dapat melancarkan pencernaan di dalam tubuh, sehingga sangat cocok bagi yang sedang menjalankan program diet. Buah ini juga rendah kalori, dimana dalam 100 gram buah plum hanya terdapat 46 kalori. Selain itu, terdapat kandungan  senyawa flavonoid yang dapat memberikan efek anti obesitas serta antiinflamasi pada sel sel lemak.

Selain rendah kalori, buah ini juga mengandung beberapa vitamin diantaranya Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, dan Vitamin K. Vitamin C dikenal sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Buah plum juga mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh seperti kalium, fluor, magnesium, fosfor, zat besi dan seng. Karena banyaknya mineral yang terkandung di dalamnya, sehingga buah plum sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat Buah Plum Untuk Diet dan Kesehatan

1. Menurunkan Berat Badan

Membantu Menurunkan Berat Badan

Image Credit: Anlene.com

Kelebihan berat badan merupakan salah satu masalah yang cukup serius. Selain mengurangi rasa percaya diri, berat badan yang berlebih juga memicu penyakit tertentu di dalam tubuh. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi berat badan berlebih yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang tepat, salah satunya buah plum. Berdasarkan hasil sebuah penelitian, buah ini terbukti dapat menurunkan berat badan karena kandungan gula sorbitol yang ada di dalamnya.

Selain itu, buah plum juga memiliki efek anti obesitas dan antiinflamasi pada sel lemak. Kandungan senyawa flavonoid dan fenolik seperti asam klorogenik, kuersetin, katekin dan antosianin dapat membantu menghindari komplikasi akibat berat badan yang berlebih seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular. Namun, konsumsi buah plum untuk diet juga harus diimbangi dengan makanan sehat lainnya dan melakukan olahraga secara teratur.

2. Dapat Mengatasi Diabetes

Image Credit: Diabetes.co.uk

Diabetes merupakan penyakit dengan jumlah penderita yang cukup tinggi. Penyakit ini biasanya disebabkan karena tingginya kadar gula di dalam darah. Meskipun memiliki rasa yang manis, buah plum tetap aman dikonsumsi bagi mereka yang sedang melakukan diet gula. Bahkan buah ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi penderita diabetes. Di dalam sebuah penelitian, buah plum dapat menurunkan kadar gula di dalam darah serta trigliserida di dalam tubuh.

Buah plum memiliki kandungan flavonoid yang dapat menjaga kadar insulin di dalam tubuh tetap normal, dan meningkatkan sensitivitas insulin di dalam tubuh. Selain itu, terdapat efek antihiperglikemik sehingga sangat efektif mengatasi penyakit diabetes. Kandungan serat yang ada di dalamnya, juga mampu memperlambat proses pemecahan karbohidrat menjadi gula. Anda bisa mengkonsumsi buah plum secara langsung atau menambahkan pada air mineral dan teh.

BACA:  15 Manfaat Teh Hijau Bagi untuk Kecantikan & Kesehatan

3. Sumber Antioksidan

Meningkatkan Jumlah Antioksidan Pada Tubuh

Image Credit: Hellosehat.com

Antioksidan sangat penting bagi tubuh untuk memerangi radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan gangguan kulit maupun organ bagian dalam. Buah plum merupakan salah satu sumber antioksidan. Di dalam buah ini terdapat kandungan fenol, yang dapat memperluas efek perlindungan terhadap lemak esensial pada membran dan inti sel. Mengkonsumsi buah plum dapat mencegah cedera pada organ akibat stres oksidatif.

Selain itu, terdapat kandungan vitamin C, fitonutrien seperti lutein, zeaxanthin, asam klorogenat dan chlorogenic yang juga dikenal sebagai antioksidan yang efektif mencegah kerusakan di dalam tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain radikal bebas yang berasal dari luar, antioksidan tersebut juga dapat menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh seperti radikal oksigen dan anion superoksida.

4. Memperlancar Sistem Pencernaan

Memperbaiki Sistem Pencernaan

Image Credit: Dailyo.in

Bagi anda yang memiliki masalah sistem pencernaan, mengkonsumsi buah plum merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya di dalam buah ini, terdapat serat makanan yang baik seperti kandungan isatin dan sorbitol. Kedua serat makanan ini dapat mendorong sekresi cairan usus yang berguna dalam pembentukan feses. Dengan begitu, pembilasan limbah melalui usus besar menjadi lebih efisien, sehingga feses yang akan dikeluarkan menjadi padat.

Manfaat buah plum untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit, dinilai lebih efektif jika dibandingkan dengan konsumsi biji sekam atau biji psyllium. Buah ini juga dapat mengurangi resiko wasir dan kanker usus besar. Selain itu, serat yang tidak larut karena konsumsi buah plum, akan menjadi makanan bagi bakteri baik di dalam usus besar. Sehingga bakteri patogen yang menyebabkan penyakit pada saluran pencernaan dapat dihilangkan.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga Kesehatan Tulang

Image Credit: Doktersehat.com

Buah plum memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Hal ini sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian, dimana konsumsi buah plum kering secara rutin dapat membantu mengembalikan masa tulang yang berkurang karena faktor usia. Kandungan flavonoid seperti asam caffeic yang ada di dalam buah plum, mampu menghambat kerusakan jaringan tulang dan mencegah penyakit osteoporosis yang biasa diderita oleh orang tua.

Mengkonsumsi buah plum untuk menjaga kesehatan tulang bisa dengan cara dimakan secara langsung, dipanggang, direbus, atau ditumis. Anda juga bisa menambahkan buah plum pada sajian salad atau menambahkan pada sajian yogurt ketika sedang sarapan. Buah plum juga sangat cocok ditambahkan ke smoothie dan atau dijadikan minuman jus. Namun, pastikan jika buah plum yang digunakan masih segar sehingga memiliki kandungan yang masih utuh.

6. Mencegah Anemia

Mencegah Anemia

Image Credit: Indianexpress.com

Anemia merupakan penyakit yang disebabkan karena, jumlah sel darah merah di dalam tubuh yang tidak normal. Jumlah sel darah merah yang tidak normal biasanya disebabkan karena kekurangan zat besi. Gejala ringan pada anemia ditandai dengan sesak nafas, kulit pucat dan kelelahan. Penyakit anemia dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah plum.

Buah ini merupakan salah satu sumber zat besi, dimana dalam 250 gram buah plum terdapat 0,81 mg zat besi. Dengan begitu, mengkonsumsi 250 gram buah plum dapat memenuhi 4,5 persen kebutuhan zat besi di dalam tubuh. Asupan zat besi yang cukup akan membantu pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Selain zat besi, buah plum juga mengandung tembaga yang membantu penyerapan zat besi dan membuat sirkulasi darah yang sehat.

BACA:  10 Cara Mudah Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami

7.  Mengendalikan Kadar Kolesterol

Mengendalikan Kadar Kolesterol

Image Credit: Cnnindonesia.com

Kolesterol merupakan penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah. Kolesterol yang menumpuk bisa menyebabkan aliran darah terganggu, dan memicu penyakit yang lebih serius seperti stroke dan serangan jantung. Kadar kolesterol yang cukup tinggi harus diwaspadai. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengendalikan kadar kolesterol yang tinggi, yaitu dengan mengkonsumsi buah plum secara rutin.

Bahkan berdasarkan sebuah studi, manfaat buah plum dalam mengendalikan kadar kolesterol dinilai lebih baik dibandingkan dengan anggur merah. Buah plum mengandung serat tidak larut, yang dapat mengikat asam empedu dan mengeluarkannya menjadi kotoran. Kondisi ini akan memicu produksi asam lemak baru yang dapat memecah kolesterol lebih mudah, sehingga kadar kolesterol di dalam tubuh menjadi berkurang.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Agar Jantung Lebih Sehat

Image Credit: Truththeory.com

Buah plum juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan jantung.  Berdasarkan sebuah studi yang sudah dilakukan, konsumsi buah plum kering dapat membantu meningkatkan fluiditas darah di arteri. Kondisi ini dapat mencegah munculnya berbagai gangguan jantung yang serius seperti stroke, serangan jantung serta aterosklerosis.

Selain itu, buah plum juga sangat baik dalam mengontrol tekanan darah yang terlalu tinggi. Tekanan darah yang tinggi juga dapat mengganggu kesehatan jantung. Mengkonsumsi buah plum dapat menghilangkan natrium melalui urine, sehingga dapat menurunkan tekanan darah Dengan begitu, resiko penyakit stroke dapat dicegah.

9. Membantu Proses Pembekuan Darah

Membantu Proses Pembekuan Darah

Image Credit: Gooddoctor.co.id

Tubuh akan melakukan proses pembekuan darah ketika darah keluar akibat sayatan atau cedera. Hal ini bertujuan untuk mengurangi volume darah yang keluar serta mempercepat proses penyembuhan luka. Proses pembekuan darah biasanya dilakukan oleh keping darah dengan bantuan vitamin K. Asupan vitamin K di dalam tubuh diperoleh melalui makanan, salah satunya buah plum.

Selain kandungan vitamin K, buah ini juga mengandung betakaroten dan lutein-zeaxanthin yang merupakan senyawa antioksidan yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah. Untuk mendapatkan manfaat ini, sebaiknya konsumsi buah plum secara rutin. Anda bisa memilih buah plum yang berwarna merah dan terdapat sedikit keputihan seperti bedak, untuk memastikan tidak ada penanganan berlebihan.

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Image Credit: Grid.id

Sistem kekebalan tubuh yang baik akan melindungi tubuh dari infeksi akibat bakteri dan peradangan. Sistem imun biasanya didapatkan dengan mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C. Salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi adalah buah plum. Vitamin C pada buah plum dapat menjaga tubuh agar tetap sehat dan dapat menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Tidak hanya kaya akan vitamin C, buah ini juga mengandung imunostimulan yang dapat mendorong produksi nitric oxide di dalam tubuh. Zat tersebut dapat mencegah pertumbuhan sel tumor dan menghambat berbagai macam penyakit. Selain itu, kandungan molekul lektin pada buah ini juga dapat menghambat infeksi akibat virus influenza. Agar tubuh tetap fit dan tidak mudah terserang penyakit, sebaiknya konsumsi buah merah ini secara rutin.

11. Mengatasi Stres

Stress

Image Credit: Myneworleans.com

Selain kondisi tubuh yang sehat, kondisi psikologis juga perlu diperhatikan dengan baik. Beberapa penyebab penyakit juga dapat disebabkan karena kesehatan mental yang terganggu dan stres. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan konsumsi buah plum. Manfaat buah ini dipercaya dapat mengurangi kecemasan dan stres sehingga sangat baik untuk kesehatan mental.

Buah plum memiliki kandungan anxiolytic dan antioksidan yang dapat membantu menyembuhkan perilaku kecemasan dan kerusakan yang disebabkan karena stres oksidatif. Agar manfaat yang diperoleh tubuh semakin maksimal, konsumsi buah plum secara teratur. Sebaiknya pilihlah buah yang masih segar serta tidak memar atau lunak.

BACA:  10 Cara Merawat Miss V Secara Alami Agar Tetap Sehat

12. Baik untuk Ibu Hamil

Baik untuk Ibu Hamil

Image Credit: Listerine.co.id

Buah merah ini memiliki manfaat yang sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Berbagai vitamin dan mineral yang terkandung di dalam buah plum, dapat membantu perkembangan janin yang ada di dalam perut ibu hamil. Selain itu, konsumsi buah plum juga dapat mengurangi resiko penyakit bawaan pada janin. Karena kandungan antioksidan yang ada di dalamnya, konsumsi buah plum dapat menangkal infeksi selama masa kehamilan.

Selain itu, sembelit dan gangguan pencernaan lainnya selama kehamilan juga dapat diatasi dengan konsumsi buah plum. Sebaiknya konsumsi buah plum minimal dua hingga 3 buah setiap minggu saat sedang hamil. Anda bisa membeli buah plum untuk persediaan setiap waktu, karena buah ini dapat bertahan beberapa hari jika disimpan di kulkas atau dalam suhu kamar.

13. Mencegah Kanker

Image Credit: Alodokter.com

Kanker merupakan salah satu penyakit yang sulit disembuhkan, meskipun sebenarnya setiap tubuh juga terdapat sel kanker. Kanker ditandai dengan perkembangan sel yang tidak normal sehingga menyebabkan sel dan organ yang sehat mengalami kerusakan. Tentunya hal ini dapat menyebabkan fungsi sel dan organ tersebut menjadi terganggu. Pencegahan kanker dapat dilakukan dengan konsumsi buah plum.

Buah plum yang  merah atau hitam mengandung komponen epicatechin yang dapat menghambat pertumbuhan proliferasi ganas dan menginduksi apoptosis pada karsinoma hepatoseluler atau kanker hati. Selain itu, buah ini juga kaya akan antioksidan serta fitonutrien termasuk asam klorogenat serta neo klorogenik yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara tanpa merusak sel yang masih sehat.

14. Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata

Image Credit: Kompas.com

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang cukup penting. Menjaga kesehatan mata dapat dilakukan dengan menghindari kegiatan yang menyebabkan fungsi mata terganggu dan memenuhi asupan vitamin A. Umumnya vitamin A dapat ditemukan pada buah dan sayuran seperti wortel dan buah tomat. Namun buah plum ternyata juga mengandung vitamin A yang baik bagi mata. Kandungan vitamin A yang terdapat di dalam buah plum sekitar 5 %.

Bahkan plum juga mengandung beta-karoten yang juga berfungsi mencegah degenerasi makula karena pengaruh usia dan menjaga kesehatan mata.Tidak hanya itu, buah ini juga mengandung senyawa karotenoid (lutein dan zeaxanthin). Senyawa ini berfungsi untuk melindungi makula retina dari kerusakan oksidatif karena radiasi sinar ultraviolet. Konsumsi buah plum secara rutin tentunya dapat mencegah gangguan penglihatan.

15.  Menjaga Sistem Saraf

Menjaga Sistem Saraf

Image Credit: Inspiring.id

Buah plum juga memiliki manfaat yang penting bagi sistem saraf. Kandungan vitamin B6 yang terdapat di dalamnya, mampu membantu transmisi sinyal saraf sehingga saraf dapat menghantarkan impuls ke saraf yang lain. Buah plum juga dapat membantu perkembangan normal pada otak serta berperan dalam pembentukan hormon yang mempengaruhi suasana hati. Selain itu. kandungan tryptophan pada buah plum juga membantu produksi neurotransmitter serotonin.

Neurotransmitter serotonin berperan dalam meningkatkan kualitas tidur, nafsu makan dan konsentrasi. Berdasarkan sebuah penelitian, kandungan flavonoid yang terdapat di dalam buah plum juga dapat mempengaruhi kemampuan kognitif seseorang. Dimana kemampuan kognitif dapat menurun karena faktor usia. Buah plum juga mengandung fitonutrien yang berperan dalam mengurangi peradangan di bagian neurologis, sehingga  dapat meningkatkan fungsi belajar dan memori.

Ternyata konsumsi buah plum juga dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, buah ini juga dapat mencegah sel tumbuhnya sel kanker, membantu mempercepat penyembuhan luka dan meningkatkan kemampuan kognitif. Namun, perlu diketahui juga jika konsumsi buah plum yang berlebihan jika bisa menyebabkan efek samping seperti alergi, menyebabkan gas di usus dan diare.