10 Manfaat Mentimun untuk Kulit Wajah yang Perlu Diketahui

10 Manfaat Mentimun untuk Kulit Wajah yang Perlu Diketahui

Mengandung air cukup melimpah, mentimun kerap disajikan sebagai menu tambahan yang dapat menyegarkan mulut. Selain dikonsumsi secara langsung, tidak banyak yang menyadari jika buah ini juga dapat dimanfaatkan sebagai perawatan kecantikan kulit. Bahkan kini sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan mentimun sebagai bahan pembuatannya. Apa saja manfaat manfaat mentimun bagi kulit wajah?

Kandungan Nutrisi Pada Mentimun

Mentimun

Image Credit: Perfectionvapes.com

Pernahkah Anda membayangkan berapa nutrisi yang terkandung dalam satu buah timun ? Jika dikulik lebih dalam, Anda akan tercengang tiada henti pasalnya buah ini diyakini mampu memenuhi kebutuhan vitamin harian. Hal tersebut dikarenakan kandungan nutrisinya yang cukup melimpah, serta terasa lezat ketika dipadukan dengan kuliner lainnya. Sebenarnya kandungan nutrisi apa saja dalam satu buah mentimun ?

Pada bagian tengah buahnya, Anda telah menyadari bahwa kandungan airnya yang cukup melimpah dan terasa menyegarkan ketika dikonsumsi. Sedangkan beberapa kandungan lainnya pada bagian daging buahnya yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin K, asam kafeik, potasium, kalium, mangan, magnesium, biotin, silika, serta asam folat sekaligus mengandung sifat antiradang dan antioksidan yang dapat mendatangkan segudang keuntungan.

Setelah mengetahui kandungan nutrisi pada satu buahnya, mengingatkan Anda pada aktifitas perawatan kulit menggunakan mentimun yang banyak dilakukan oleh para kaum hawa. Selain memberikan efek sejuk dan menenangkan, ternyata menempelkan mentimun ke wajah dipercaya mendatangkan manfaat bagi kesehatan kulit. Apa saja manfaat yang didapatkan ketika melakukan perawatan ini secara rutin ? Simak terus ulasan berikut.

Manfaat Mentimun Bagi Kulit Wajah

1. Mengatasi Lingkaran Hitam pada Area Mata

Mengurangi Mata Bengkak dan Mata Panda

Image Credit: Detik.com

Pernahkan Anda mendapati kulit di area mata terasa berat dan sedikit membengkak ketika terbangun di pagi hari ? Kondisi kulit tersebut biasa terjadi ketika tubuh merasakan lelah tiada henti, namun tidak mendapatkan kulitas tidur cukup atau jam tidur yang tidak beraturan. Umumnya hal tersebut terjadi pada mereka yang memiliki jadwal padat, atau bahkan tidak memiliki waktu lebih untuk memikirkan kesehatan kulit dan badannya.

Jika kondisi ini terus berlanjut, kemungkinan area mata akan terlihat seperti mata panda karena tampak menghitam di bagian matanya saja. Kehadiran lingkaran hitam tersebut bukan hanya sebagai pertanda kulit dan tubuh membutuhkan perawatan lebih, namun dapat mengurangi tampilan dan terasa kurang sedap dipandang. Saat hal ini terjadi, pastikan untuk segera melakukan perawatan agar mendapatkan kulit sehart kembali.

BACA:  Inilah Manfaat & Cara Membuat Masker Teh Hijau untuk Kulit Wajah

Bagaimana cara menghilangkan lingkaran hitam tersebut ? Pasalnya mata panda akan tetap ada meski Anda berusaha menutupinya menggunakan make up. Namun Anda juga tak perlu panik dan terburu buru mendatangi klinik kecantikan, ataupun menggunakan produk penghilang mata panda saat kondisi terjadi. Jika berkenan, silahkan coba menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami seperti mentimun untuk menghilangkan mata panda.

Kandungan antioksidan pada mentimun, membuatnya terpilih sebagai buah yang mampu menghilangkan lingkaran hitam. Sejak penggunaan pertama, kulit terasa lebih halus atau bahkan dapat meremajakan kulit seperti semula. Demi mendapatkan hasil maksimal, tidak ada salahnya menggunakan masker alami ini secara rutin. Hanya dengan menggunakan maker mentimun, Anda pun siap mengatakan selamat tinggal untuk mata panda.

2. Meremajakan Kulit

Meremajakan Kulit

Image Credit: Hellosehat.com

Bagi para wanita, dipuji memiliki kulit tampak awet muda memang menjadi kebanggaan tersendiri. Disadari atau tidak, kulit sehat dan tampak muda membutuhkan usaha lebih degan cara melakukan perawatan kulit. Yang dimaksudkan perawatan disini bukanlah mendatangi klinik kecantikan lalu mencoba berbagai produk unggulan, melainkan lebih sederhana dan terjangkau lantaran hanya mengandalkan bahan alami seperti buah timun.

Apa yang membuat mentimun begitu istimewa untuk meremajakan kulit ? Pasalnya buah yang kaya akan air ini, mengandung vitamin C serta potassium yang cukup tinggi. Kedua kandungan tersebut, dipercaya mampu menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu faktor terjadinya penuaan dini. Agar mendapatkan hasil maksimal, jangan lupa rutin untuk melakukan perawatan dan diimbangi dengan penerapan pola hidup sehat.

3. Mengencangkan Kulit Wajah

Mengencangkan Kulit Wajah

Image Credit: Findingbeautyme.com

Kulit wajah tampak kenyal dan kencang merupakan salah satu dari sekian tanda kulit sehat. Namun seiring bertambahnya usia, tingkat kekencangan kulit pun semakin menurun secara alami. Agar kondisi tersebut tidak datang terlalu dini, tidak ada salahnya melakukan pencegahan dengan melakukan perawatan kulit wajah sejak dini. Dengan begitu, tingkat kekencangan kulit akan tetap terjaga dan menghindari adanya penuaan dini.

Apabila Anda mendapati terdapat guratan halus ataupun kerutan di sekitar wajah, ada baiknya mulai memperhatikan kesehatan kulit. Sebab kedua hal tersebut dapat menandakan jika kulit membutuhkan perawatan lebih. Dalam kondisi tersebut usahakan untuk tidak panik, karena permasalahan kulit satu ini dapat ditangani dengan mudah dengan memanfaatkan getah mentimun.

Sebelum menggunakannya, jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Setelahnya, siapkan dua buah mentimun yang sudah dibersihkan lalu potong pada ujung tangkainya untuk diambil bagian getahnya. Oleskan getah tersebut secara merata, dan biarkan selama kurang lebih 15 menit sebelum dibasuh menggunakan air bersih. Untuk mendapatkan hasil lebih cepat, lakukan perawatan ini setiap malam sebelum tidur.

BACA:  10 Manfaat Buah Semangka untuk Perawatan Kulit Anda

Selain mengencangkan kulit wajah, ternyata getah timun juga bermanfaat untuk mengecilkan pori pori wajah. Secara tidak langsung, pori pori yang mengecil akan meminimalisir timbulnya berbagi masalah kulit wajah lainya. Dengan melakukan perawatan secara rutin, dijamin mendapatkan kulit mulus dan awet muda tidak lagi menjadi mimpi semata.

4. Mengurangi Bintik Hitam

Menghilangkan Noda Hitam dan Flek

Image Credit: Paragram.id

Apakah Anda termasuk orang yang aktif beraktifitas di luar ruangan dan sangat akrab dengan sinar matahari ? Memang benar jika sinar matahari baik bagi kulit, namun jika jumlahnya berlebihan atau bahkan dilakukan di tengah hari maka hal tersebut sudah berbeda cerita. Sebab kulit yang secara terus terpapar sinar matahari tanpa diberikan perlindungan, akan memunculkan bintik bintik hitam yang disebut sebagai flek hitam.

Ukurannya memang boleh kecil, namun jumlahnya yang melimpah dan cenderung berkerumun dirasa dapat mengurangi kecantikan kulit wajah. Akibatnya, wajah kurang sedap dipandang atau bahkan menimbulkan gejala malas untuk melihat diri sendiri di cermin. Tampaknya perasaan minder tersebut harus dikubur dalam dalam, karena permasalahan kulit satu ini dapat diatasi dengan mudah hanya dengan menggunakan masker mentimun.

Masker timun dapat diandalkan untuk mengurangi ataupun menghilangkan flek hitam di kulit lantaran mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, magnesium, mangan, dan silika. Untuk mendapatkan khasiatnya, silahkan parut mentimun kemudian tempelkan parutan timunnya pada area wajah yang terdapat flek hitam. Biarkan selama beberapa menit hingga airnya meresap ke dalam kulit, sebelum akhirnya dibilas menggunakan air bersih.

5. Menghilangkan Jerawat Membandel

Mengatasi Jerawat dan Kulit yang Berminyak

Image Credit: Classlifestyle.com

Jerawat membandel, hingga kini masih dianggap sebagai momok permasalahan kulit yang harus disudahi segera mungkin. Bukan hanya mengurangi penampilan diri, namun kondisi ini menandakan jika kesehatan kulit sedang terganggu dan membutuhkan perawatan lebih. Apabila perawatan di dokter kecantikan terlalu mahal, tidak ada salahnya mencoba menggunakan bahan alami sebagai alternatifnya.

Mentimun dianggap sebagai salah satu dari sekian buah, yang mampu diandalkan dalam menghilangkan jerawat membandel. Bahkan jika diperhatikan lebih teliti, kemungkinan besar Anda menemukan banyaknya produk kecantikan wajah yang menawarkan mentimun dalam produknya. Dengan kata lain, khasiat yang terkandung pada mentimun untuk menghilangkan jerawat sudah tidak perlu diragukan lagi.

6.  Menyegarkan Kulit Wajah

Menyegarkan Kulit Wajah

Image Credit: Liputan6.com

Ketika kulit terlihat muram dan kehilangan cahaya, maka kini saat yang tepat untuk melakukan perawatan menggunakan masker mentimun. Sensasi sejuk nan segar, sudah dapat dirasakan sejak masker mentimun dioleskan pada wajah untuk pertama kalinya. Untuk memaksimalkan khasiat, tidak ada salahnya menambahkan bahan alami lainnya seperti teh hijau maupun lidah buaya.

BACA:  15 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan & Perawatan Wajah yang Perlu Diketahui

7. Mengatasi Kulit Terbakar

Merawat Kulit yang Terbakar Matahari

Image Credit: Debellezabeauty.com

Terlalu sering terpapar sinar matahari, seringkali membuat kulit terbakar dan membuat kulit memproduksi minyak lebih banyak daripada biasanya. Jika sudah demikian, tampaknya perawatan kulit menggunakan masker mentimun dapat menjadi solusi terbaik. Masker tersebut nantinya akan berperan bak toner alami, yang siap menangani masalah kulit terbakar akibat sinar matahari sekaligus menjadikan kulit terasa lembab da bercahaya.

8. Mengurang Ruam

Iritasi Kulit Wajah

Image Credit: Tabloidbintang.com

Ruam di kulit tidak hanya mengganggu penampilan, namun penderitanya merasa gatal sekaligus sakit tak tertahankan. Dalam kondisi tersebut, tampaknya Anda bisa mengandalkan masker mentimun untuk meringankan kondisi ruam agar tidak semakin parah. Cukup oleskan masker timun yang sudah dicampurkan dengan perasan air lemon dan tunggu hingga beberapa menit, kemudian silahkan bilas dan lihatlah perbedaannya.

9. Menghidrasi Kulit

Kulit Tetap Terhidrasi

Image Credit: Okezone.com

Seperti yang dikatakan sebelumnya, buah mentimun memang terkenal kaya akan kandungan airnya. Berdasarkan data yang didapatkan, buah yang terasa segar ini mengandung air hingga 96%. Dengan jumlah tersebut, wajar saja jika timun seringkali dijadikan sebagai cara menghindrasi kulit. Manfaat tersebut bisa didapatkan dengan memanfaatkannya sebagai masker kecantikan.

Bukan hanya menghidrasi, masker alami ini dirasa mampu memberikan efek menenangkan karena terasa dingin di kulit. Meski kandungan air pada mentimun cukup tinggi, perawatan menggunakan masker saja dirasa kurang optimal. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan mengkonsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan, serta menerapkan pola hidup sehat demi mendapatkan kulit lembab dan sehat.

10. Memutihkan Kulit Wajah

Memutihkan Kulit Wajah

Image Credit: Spirossoulis.com

Tidak ada yang tidak menginginkan kulit bersih dan tampak lebih putih nan berseri. Demi mewujudkan impian tersebut, Anda tak perlu merogoh isi dompet terlalu dalam. Cukup dengan memanfaatkan perawatan menggunakan mentimun, kulit pun terlihat lebih putih dan sesuai dengan tone kulit Anda. Kecantikan kulit ini bisa didapatkan dengan adanya dukungan kandungan vitamin B7, B1, serta vitamin C yang siap membantu memutihkan kulit wajah.

Cara simpel untuk mendapatkan semua khasiatnya yaitu mengolah mentimun menjadi masker alami. Pembuatan masker ini pun terbilang cukup mudah dan dapat diracik sendiri di rumah, serta tidak akan menyiksa isi dompet Anda. Ketika mentimun sudah berhasil dihaluskan, aplikasikan ketika menggunakan masker pada umumnya. Diamkan sekitar 15 menit kemudian bersihkan menggunakan air hangat.

Meski perawatan menggunakan masker timun dapat menjadi altentif terbaik, namun Anda masih membutuhan rangkaian perawatan tambahan serta merubah pola hidup agar mendapatkan kulit sehat impian. Jika diperlukan, silahkan sempatkan waktu untuk melakukan perawatan kulit ini sebelum menjelang tidur. Dengan begitu, Anda akan mendapati kulit tampak lebih bersih nan segar ketika bangun di keesokan paginya.