Cream Temulawak, Apakah Aman Digunakan dan Bebas Merkuri?

Cream Temulawak adalah salah formula perawatan kulit yang dijamin aman dan bebas merkuri, dirancang dengan bahan alami untuk memberikan kecerahan kulit yang optimal

Cream Temulawak menjadi salah satu produk kecantikan yang semakin populer di Indonesia. Sesuai namanya, krim ini dibuat dari ekstrak temulawak dengan bahasa latin Curcuma xanthorrhiza. Temulawak sendiri adalah tanaman herbal yang telah lama dikenal di Indonesia karena khasiatnya untuk perawatan dan menjaga kecantikan kulit.

Pada umumnya, temulawak dalam bentuk krim digunakan untuk merawat dan memutihkan kulit wajah. Kandungan utama dalam temulawak yang memberikan manfaat ini adalah kurkuminoid. Banyak sekali produk di pasaran yang dapat anda temukan, namun tidak semuanya dikatakan terbaik dan layak digunakan.

Bukan tanpa sebab, karena baru-baru ini beredar isu bahwa krim temulawak mengandung bahan yang berbahaya, yakni merkuri. Namun mengenai kebenarannya masih perlu dipertanyakan lagi. Karena banyak produk yang ditemukan, bisa jadi salah satunya memang benar. Maka dari itulah kita harus lebih selektif dalam memilih produk kecantikan yang aman.

Manfaat Cream Temulawak untuk Kecantikan

Manfaat Cream Temulawak untuk Kecantikan

Cream temulawak, yang berasal dari tanaman Curcuma Xanthorrhiza, telah lama dikenal sebagai bahan alami yang kaya manfaat untuk kesehatan kulit. Dikenal dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan, tanaman herbal ini menjadi bahan utama dalam berbagai produk kecantikan. Inilah sejumlah keuntungan yang dapat Anda peroleh!

1. Mengurangi Peradangan Kulit

Temulawak mengandung kurkuminoid, senyawa aktif yang memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Dengan adanya senyawa ini, menggunakan krim temulawak dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Ini sangat bermanfaat untuk meredakan masalah kulit seperti jerawat, ruam, dan kondisi kulit lainnya yang disebabkan oleh peradangan.

Namun hal ini tentu saja jika dipakai secara teratur dan sesuai anjuran. Tidak jarang mereka yang menggunakan salah satu produk justru dapat merusak kulit. Bukan karena produknya yang salah, namun karena kondisi kulit yang tidak cocok. Meski demikian, beberapa produk yang beredar di pasaran dilengkapi kandungan yang mungkin membahayakan.

2. Melindungi Kulit

Manfaat cream temulawak selanjutnya adalah melindungi kulit, terutama dari radikal bebas. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan, yang dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini dan masalah kulit lainnya. Tidak hanya itu saja, kulit pun terlindungi dari bahaya polusi dan debu.

Dengan menggunakan krim temulawak secara teratur, anda dapat memberikan perlindungan tambahan untuk kulit, membantu menjaga kekenyalan dan kecerahan kulit. Beberapa produk mungkin lebih lama jika dilihat dari hasilnya. Namun tidak sedikit yang memberikan hasil instan, biasanya hanya beberapa minggu saja.

3. Mencerahkan Kulit dan Mengatasi Hiperpigmentasi

Temulawak terkenal karena kemampuannya untuk mencerahkan kulit. Krim temulawak mengandung zat pemutih alami yang dapat membantu mengatasi hiperpigmentasi, seperti bintik-bintik gelap dan noda hitam. Dengan pemakaian teratur, krim ini dapat memberikan hasil yang lebih merata dan alami daripada produk pemutih kulit kimia.

4. Melembapkan Kulit Secara Alami

Kandungan alami dalam temulawak membuat krim ini menjadi pelembap yang efektif. Krim temulawak dapat membantu menjaga kelembapan kulit, mencegah kekeringan, dan membuat kulit terasa lebih halus dan kenyal. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk orang-orang dengan kulit kering atau yang tinggal di lingkungan dengan udara kering.

5. Mengurangi Garis Halus dan Kerutan

Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi dalam krim temulawak juga dapat membantu mengurangi garis halus dan kerutan. Dengan merangsang produksi kolagen, krim ini membantu mempertahankan elastisitas kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Maka tidak heran jika penggunaan secara teratur membuat lebih awet muda.

Masalah yang Mungkin Terjadi Setelah Memakai Krim Temulawak

Masalah yang Mungkin Terjadi Setelah Memakai Krim Temulawak
Photo by Macniak on Envato Elements

Selain manfaat penting yang didapatkan selama menggunakan cream temulawak, ada baiknya anda mengetahui apa saja masalah yang mungkin timbul. Ada beberapa sebab terjadinya masalah ini, yakni karena memang produk yang salah atau karena kondisi kulit yang tidak cocok dengan bahan pembuatan krim.

Kulit Mengelupas

Kulit mengelupas adalah masalah pertama dan paling umum dialami pengguna krim temulawak asli. Namun sebenarnya, ini bukanlah sebuah masalah, melainkan pertanda baik. Kulit yang mengelupas menandakan bahwa krim bekerja dengan baik. Pasalnya, kulit yang dimaksud yakni yang tidak terpakai atau yang biasa dikenal sebagai kulit mati.

Selain itu, kulit mengelupas dapat disebabkan karena penggunaan produk sebelumnya yang tidak cocok. Biasanya, kulit akan terlihat lebih cerah dan berseri setelah terjadinya gejala ini. Sebagai konsumen, anda tidak perlu khawatir jika hal ini terjadi. Jika masih ragu, silahkan hentikan pemakaian sementara, kemudian gunakan lagi beberapa saat.

Timbul Jerawat

Masalah lain yang mungkin muncul setelah pemakaian cream temulawak asli yakni timbul jerawat. Banyak juga konsumen yang mengeluhkan hal ini, dan mereka menganggap produknya kurang berkualitas atau tidak cocok. Padahal jika diperhatikan, munculnya jerawat biasanya terjadi setelah 3 hingga 5 hari pemakaian.

Hal ini sebenarnya normal dan wajar, kemungkinan karena wajah terlalu kotor dan perlu dibersihkan. Bisa dikatakan bahwa jerawat yang muncul disebabkan oleh zat dari produk kecantikan sebelumnya. Tidak masalah, anda dapat meneruskan pemakaian jika yakin. Namun apabila sebaliknya, silahkan hentikan pemakaian hingga jerawat membaik.

Apakah Cream Temulawak Mengandung Merkuri?

Apakah Cream Temulawak Mengandung Merkuri

Mengacu pada topik utama kita, terdapat beragam pertanyaan seputar kandungan merkuri dalam cream temulawak. Sebelum menjawab, sebaiknya kita bahas dulu apa yang dimaksud dengan merkuri. Merkuri atau merkuryum adalah sebuah unsur kimia yang dapat ditemukan dalam bentuk merkuri cair atau gas.

Dalam konteks produk kecantikan, merkuri kadang-kadang digunakan sebagai bahan tambahan dalam krim pemutih kulit atau produk perawatan kulit lainnya. Akan tetapi, penggunaan merkuri dalam produk kosmetik bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Misalnya menyebabkan iritasi, kemerahan, dan bahkan luka bakar.

Merkuri dapat diserap oleh kulit dan masuk ke dalam aliran darah, menyebabkan risiko kesehatan sistemik. Dalam jangka panjang, merkuri dapat merusak organ dalam seperti ginjal, hati, dan otak. Ibu hamil yang terpapar merkuri dapat mentransfernya ke janin, menyebabkan risiko perkembangan dan pertumbuhan yang tidak normal.

Berdasarkan hal itu, muncul pertanyaan, apakah cream temulawak memang mengandung merkuri? Pada dasarnya, untuk temulawak sendiri secara alami bebas dari kandungan zat merkuri. Justru bahan herbal ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh dan kulit. Karena banyak produk yang beredar di pasaran, bisa jadi beberapa diantaranya memang mengandung merkuri.

Namun tidak sedikit produk yang bebas merkuri dan aman digunakan. Jadi silahkan lebih teliti dan selektif ketika ingin membeli salah satunya. Pastikan anda teliti kandungan apa saja pada kemasan. Anda juga bisa menanyakan langsung pada penjual mengenai hal ini. Salah satu langkah yang paling aman yakni membeli produk yang terdaftar BPOM.

Apakah Cream Temulawak Aman Digunakan?

Apakah Cream Temulawak Aman Digunakan
Photo by Zinkevych_D on Envato Elements

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari cream temulawak yang berhubungan dengan kecantikan, sebagian telah kami jelaskan diatas. Namun faktanya, banyak yang masih ragu apakah krim ini aman digunakan atau tidak. Alasannya karena beredar isu bahwa krim yang dimaksud mengandung bahan berbahaya berupa merkuri.

Dari penjelasan pada bab sebelumnya, sebenarnya aman saja menggunakan produk kecantikan ini. Tetapi pastikan anda memilih produk yang bebas bahan berbahaya. Bukan hanya merkuri, namun bahan lain yang biasanya ada pada produk kecantikan. Selain itu, pastikan menggunakan produk sesuai anjuran dan tatacara pemakaian.

Biasanya, krim temulawak akan lebih efektif jika dipakai dua kali sehari. Namun setiap produk tentunya berbeda perihal dosis pemakaian ini. Silahkan dibaca cara pemakaiannya supaya lebih jelas. Apabila selama pemakaian terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya hentikan sementara hingga masalah yang dimaksud mereda.

Tips Membeli Cream Temulawak

Tips Membeli Cream Temulawak
Photo by Drazen Photo on Envato Elements

Produk cream temulawak terbaik tidak hanya atau dua saja, melainkan ada puluhan. Banyak sekali merek yang beredar di pasaran, dan beberapa diantaranya memiliki varian yang berbeda. Di samping menguntungkan karena banyak pilihan, namun tidak sedikit konsumen yang justru bingung memilih salah satunya.

Pilih Sesuai Kebutuhan Penggunaan

Langkah pertama yang harus anda perhatikan yakni menyesuaikan kebutuhan. Seperti yang disinggung diatas, ada banyak varian produk yang dipilih. Misalnya saja krim malam, yang mana pemakaian hanya untuk malam hari saja. Kemudian ada krim siang yang biasanya dipakai di pagi hingga siang hari, tergantung kondisi.

Ada juga dalam bentuk serum, sunscreen, toner, dan lain sebagainya. Tentukan apa yang anda butuhkan dari produk yang dimaksud. Krim siang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, radikal bebas, debu, dan polusi. Sedangkan krim malam lebih efektif untuk merawat dan memperbaiki kulit.

Pastikan Terdaftar di BPOM

Tidak semua produk cream temulawak terdaftar di BPOM, jadi anda harus memastikannya. Produk yang paling aman adalah yang terdaftar dan mengantongi izin peredaran. Anda dapat melihatnya pada label kemasan, biasanya disertai nomor seri. Apabila tidak ada, sebaiknya tinggalkan dan pilih produk lainnya.

Cream temulawak yang tidak terdaftar BPOM biasanya ilegal dan mungkin dapat membahayakan. Supaya lebih yakin, anda dapat mengeceknya langsung melalui situs atau website BPOM. Masukkan nomor seri yang tertera, dan akan terlihat apakah memang asli atau tidak. Untuk produk yang tidak ada nomor seri, anda dapat mengetikkan mereknya.

Baca Label Lebih Teliti

Dari banyaknya produk yang beredar, ada beberapa diantaranya yang tidak murni menggunakan temulawak sebagai bahan utamanya. Artinya, beberapa produk mungkin menggunakan bahan tambahan yang disesuaikan fungsinya. Namun tidak sedikit bahan yang dimaksud justru berbahaya, seperti misalnya merkuri.

Periksa label produk untuk mengetahui bahan-bahannya. Pastikan tidak mengandung bahan berbahaya seperti merkuri atau bahan kimia lainnya. Jika perlu, anda dapat memilih produk yang menggunakan 100% bahan temulawak karena dijamin lebih aman. Beberapa bahan lain yang berbahaya yaitu Formaldehida, Paraformaldehyde, Metilen glikol, dan Quaternium 15.

Pilih Produk dari Merek Terpercaya

Pilih produk dari merek yang sudah terkenal dan memiliki reputasi baik dalam industri kecantikan. Merek yang terpercaya cenderung lebih memperhatikan kualitas bahan-bahan yang mereka gunakan. Salah satu contohnya yakni V Natural, yang mana termasuk salah satu merek populer dan banyak digunakan wanita modern sebagai produk kecantikan.

Cream temulawak dengan kandungan temulawak sebagai bahan utamanya menawarkan berbagai manfaat untuk perawatan kulit. Meskipun demikian, setiap produk kecantikan sebaiknya digunakan dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan kulit. Selain itu, pastikan bahwa produk yang anda pilih aman dan tidak mengandung bahan berbahaya seperti merkuri.