10 Masker Terbaik untuk Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

10 Masker Terbaik untuk Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Salah satu masalah yang dapat mengganggu penampilan yaitu wajah berminyak. Bagi remaja, masalah seperti ini pasti dihadapi ketika memasuki masa pubertas. Jika dibiarkan, lama-kelamaan akan menimbulkan jerawat yang tidak kalah mengganggu. Oleh sebab itu, sebaiknya segera lakukan tindakan sebagaimana mestinya untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya dengan menggunakan masker wajah.

Pada beberapa kasus, masalah kulit berminyak cukup sulit dihilangkan, terutama bagi mereka yang mempunyai produksi kelenjar sebasea tinggi. Ya, kulit berminyak disebabkan oleh kelenjar yang diproduksi dalam tubuh yang bernama sebasea. Kelenjar inilah yang mengontrol minyak yang keluar melalui pori-pori kulit. Jika terlalu aktif, maka berakibat pada keluarnya minyak berlebih, terutama pada wajah.

Sesulit apapun permasalahan yang dihadapi, pasti ada solusi terbaik untuk menyelesaikannya. Dalam hal ini masalah kulit berminyak, maka bisa diatasi dengan menggunakan masker. Bahkan anda sendiri bisa membuat masker wajah dengan bahan yang mudah ditemukan. Berikut bahan dan juga cara pemakaian yang bisa anda lakukan di rumah!

1. Masker Madu dan Lemon

Masker Madu dan Lemon

Image by Yasmina.com

Bahan pertama yang mudah ditemui untuk memuat masker wajah yakni madu dan lemon. Madu mempunyai kandungan alami antimikroba yang dapat menekan tumbuhnya jerawat muncul akibat kulit berminyak. Sedangkan lemon mempunyai kandungan efek astringent yang dapat mengecilkan pori-pori serta menghambat produksi minyak berlebih.

Namun anda perlu memperhatikan waktu penggunaannya karena lemon juga bereaksi keras terhadap sinar matahari. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan masker dengan kedua bahan ini pada malam hari.

Untuk cara penggunaannya, ambil wadah kecil untuk mencampurkan lemon dan madu. Kemudian aduk merata dengan bahan yang terbuat dari kayu atau plastik, tidak disarankan menggunakan bahan logam seperti sendok. Selanjutnya, oleskan pada wajah, terutama bagian yang mengeluarkan minyak berlebih.

Diamkan selama beberapa menit, idealnya antara 10 hingga 15 menit. Setelah itu, basuh wajah menggunakan sabun dan air biasa (tidak disarankan air hangat). Keringkan dengan handuk lembut dengan mengelapkan pada wajah perlahan.

Langkah diatas bisa dilakukan 2 – 3 kali seminggu, lebih efektif jika anda menggunakannya 2 kali sehari. Jika terdapat gangguan lain seperti iritasi atau bercak kemerahan, hentikan penggunanya untuk sementara.

2. Masker Lidah Buaya dan Kunyit

Masker Lidah Buaya dan Kunyit

Image by Freepik.com

Siapa sangka jika kunyit yang termasuk bumbu dapur juga bisa digunakan sebagai masker wajah untuk mengatasi gangguan kulit berminyak. Dengan campuran bahan lain yang mudah ditemukan, yaitu lidah buaya, anda bisa segera mengatasi gangguan penampilan yang satu ini. Kedua bahan tersebut mengandung efek Antiinflamasi yang berfungsi untuk mengurangi peradangan.

BACA:  10 Masker Peel Off Terbaik Bikin Wajah Lebih Cerah

Ambil lidah buaya secukupnya, disarankan yang berukuran besar karena mempunyai lebih banyak gel di dalamnya. Kemudian haluskan dengan menggunakan blender atau cara lain, yang penting halus merata. Masukkan kedalam mangkuk dan campurkan dengan bubuk kunyit. Jika tidak mempunyai kunyit bubuk, anda bisa menggunakan batang kunyit yang dibersihkan terlebih dahulu kemudian diparut.

Aduk merata dalam wadah mangkuk tersebut secara perlahan menggunakan adukan yang terbuat dari kayu. Perhatikan tingkat kekentalannya, jika dirasa terlalu kental, anda bisa menambahkan kunyit secukupnya.

Setelah itu, oleskan pada wajah secara perlahan dan merata dan diamkan selama 15 menit atau hingga kering. Basuh wajah menggunakan air dingin atau hangat, kemudian keringkan menggunakan handuk tipis dan halus. Anda bisa melakukannya dengan durasi 2 – 3 minggu sekali, tergantung dari kebutuhan dan tingkat minyak yang di produksi wajah.

3. Masker Witch Hazel dan Clay Mask

Masker Witch Hazel dan Clay Mask

Image by Orami.co.id

Campuran antara witch hazel dan clay mask juga dapat mengurangi kulit berminyak pada wajah. Witch hazel sendiri merupakan extract tanaman yang mempunyai kandungan antioksidan tinggi untuk melindungi dan merawat kulit. Sedangkan clay mask merupakan salah satu jenis masker wajah yang terbuat dari tanah liat yang berfungsi untuk menyerap minyak.

Campurkan clay mask dan witch hazel secukupnya pada wajah, kemudian tambahkan air mawar atau air biasa secukupnya. Aduk perlahan hingga menemukan tingkat kekentalan yang pas untuk dijadikan masker, yaitu dalam bentuk pasta.

Oleskan pada wajah berminyak secara perlahan hingga merata, disarankan tipis saja agar cepat kering. Bilas wajah dengan air bersih dan sabun khusus muka, kemudian keringkan dengan handuk. Sama halnya dengan masker yang lain, anda bisa menggunakannya 2 – 3 kali seminggu.

4. Masker Bawang Putih dan Madu

Masker Bawang Putih dan Madu

Image by Sehatq.com

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bawang putih mempunyai kandungan antioksidan cukup tinggi. Kandungan tersebut dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah kulit berminyak. Sedangkan madu mempunyai kandungan antimikroba, seperti yang telah dijelaskan diatas. Namun yang perlu diketahui, bawang putih yang digunakan sudah dalam bentuk pasta. Anda bisa membuatnya terlebih dahulu atau membelinya langsung dalam bentuk pasta.

Campurkan bawang putih pasta dan madu kedalam wadah, kemudian aduk merata. Perbandingan ideal dari kedua bahan terebut yakni 1:1, misalkan 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan pasta bawang putih.

Oleskan pada wajah hingga merata dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih, gunakan sabun wajah jika perlu. Lanjutkan dengan mengeringkan wajah menggunakan handuk atau kain lembut. Ulangi penggunaan dua kali sehari atau selama terapi diperlukan.

BACA:  15 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan & Perawatan Wajah yang Perlu Diketahui

5. Masker Arang Aktif dan Lidah Buaya

Masker Arang Aktif dan Lidah Buaya

Image by Kawaiibeautyjapan.com

Arang aktif merupakan sebuah bahan yang mempunyai unsur karbon cukup tinggi, yaitu mencapai 95%. Fungsi utamanya sebagai penawar racun dengan mengikatnya sehingga tidak masuk kedalam tubuh. Namun bukan berarti bahan hitam pekat ini tidak bisa digunakan untuk mengatasi wajah berminyak ya! Sifatnya yang mudah mengikat tersebut mampu menyerap dan membuang minyak berlebih, dan juga mencegah timbulnya jerawat.

Siapkan 1 sendok teh arang aktif, kemudian campurkan 1 sendok makan gel lidah buaya kedalam wadah. Aduk merata hingga menjadi pasta, anda bisa menambahkan gel lidah buaya jika belum mendapatkan bentuk pasta.

Selanjutnya, oleskan merata pada wajah berminyak, dan diamkan selama 10 menit. Tidak disarankan melebihi batas waktu tersebut, mengingat bahan yang digunakan tergolong bahan aktif. Bilas dengan air bersih menggunakan sabun cuci muka, dan keringkan dengan handuk.

Khusus untuk masker wajah yang satu ini, anda hanya boleh menggunakannya 1 kali selama 2 minggu. Alasannya, arang aktif juga bisa merusak kulit jika digunakan berlebihan.

6. Masker Kunyit dan Madu

Masker Kunyit dan Madu

Image by Journal.sociolla.com

Dari semua bahan yang sudah disebutkan, perpaduan antar kunyit dan madu juga tergolong efektif untuk mengatasi kulit berminyak. Kedua bahan ini bahkan sudah digunakan oleh metode pengobatan tertua di dunia, yaitu Ayurveda. Artinya, anda sedang mempraktikkan metode pengobatan yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Jadi tidak perlu diragukan efektifitas nya.

Campurkan satu sendok makan madu alami dengan satu sendok teh kunyit bubuk kedalam mangkuk. Aduk merata hingga kekentalannya membentuk pasta. Oleskan pada wajah berminyak menggunakan kuas khusus wajah, biarkan hingga 15 menit. Setelah itu, basuh muka menggunakan air hingga bersih, kemudian keringkan. Anda bisa mengulanginya 2 kali sehari atau 3 kali seminggu, tergantung kondisi minyak pada wajah.

7. Masker Kayu Manis dan Madu

Masker Kayu Manis dan Madu

Image by Nutroo.me

Manfaat madu tidak boleh diragukan lagi dalam dunia medis maupun kecantikan. Untuk masker, anda bisa mencampurkan dengan bahan kayu manis. Bahan yang digunakan sebagai bumbu makanan atau minuman ini mempunyai zat antibakteri, sehingga mampu menghalangi timbulnya jerawat dan mengatasi masalah minyak berlebih.

Siapkan wadah khusus, bisa berupa mangkuk, kemudian campurkan 1 sendok makan madu dengan sejumput kayu manis atau 1 tetes minyak kayu manis. Aduk perlahan hingga merata, kemudian oleskan tipis pada wajah. Biarkan selama 5 atau 10 menit, lanjutkan dengan membilasnya hingga bersih. Gunakan masker campuran madu dengan kayu manis tersebut 1 kali selama 2 hari, atau hingga masalah wajah berminyak teratasi.

BACA:  Inilah Manfaat & Cara Membuat Masker Tomat untuk Kulit Wajah

8. Masker Telur, Lemon, dan Tea Tree Oil

Masker Telur, Lemon, dan Tea Tree Oil

Image by Orami.co.id

Jika sebelumnya hanya diperlukan dua bahan, kali ini anda membutuhkan tiga bahan untuk membuat masker wajah. Ketiga bahan yang dimaksud yakni putih telur, lemon dan tea tree oil. Fungsi dari putih telur sendiri dapat mengencangkan kulit serta mengecilkan pori-pori. Sedangkan untuk tea tree oil mempunyai zat antibakteri yang mampu membunuh jamur maupun bakteri.

Pastikan anda mencampurkan 1 putih telur dengan 1 sendok teh air lemon serta 2 tetes minyak Tea Tree. Aduk perlahan hingga merata, terutama untuk putih telur yang terkenal sulit menyatu dengan bahan lain.

Jika sudah yakin rata, oleskan pada wajah secara menyeluruh, tipis saja. Diamkan hingga kering, kemudian basuh dengan air hingga bersih atau air hangat menggunakan sabun. Silahkan ulangi langkah tersebut 2 kali seminggu, atau bisa juga 2 kali sehari jika memang diperlakukan.

9. Masker Bentonite Clay dan Cuka Apel

Masker Bentonite Clay dan Cuka Apel

Image by Ririeprams.com

Bentonite clay merupakan salah satu jenis tanah liat alami yang terkenal untuk produk kecantikan. Daya serap nya cukup tinggi, sehingga cocok digunakan untuk mengatasi kulit wajah berminyak. Sedangkan cuka apel mempunyai banyak kandungan yang dibutuhkan untuk kesehatan dan juga kecantikan. Salah satunya yaitu kandungan astringent yang juga terdapat pada lemon untuk mengecilkan pori-pori sehingga menghambat keluarnya minyak berlebih.

Campurkan kedua bahan tersebut kedalam mangkuk dengan takaran 1 sendok makan bentonite clay dan 1 sendok makan cuka sari apel. Aduk merata hingga membentuk pasta, anda bisa menambahkan air untuk mendapatkan tingkat kekentalan yang diinginkan.

Selanjutnya tinggal oleskan masker Bentonite clay dan cuka apel tersebut pada wajah yang bermasalah. Biarkan selama kurang lebih 15 menit atau tunggu hingga kering sebelum membilasnya. Lakukan lagi langkah tersebut 2 kali seminggu, jika masalah yang dihadapi tergolong berat, silahkan lakukan 2 hari sekali.

10. Masker Tepung Gram dan Yogurt

Masker Tepung Gram dan Yogurt

Image by Kumparan.com

Masker wajah yang terakhir yaitu menggunakan campuran antara tepung gram dan yogurt. Tepung gram sudah dikenal dangan manfaatnya untuk kulit berminyak, sedangkan yogurt dipercaya dapat membuat kulit semakin glowing.

Campurkan kedua bahan tersebut, masing-masing 1 sendok makan. Aduk merata hingga membentuk pasta, kemudian oleskan pada wajah yang mengalami masalah, yaitu kulit berminyak. Biarkan kering dalam beberapa menit, lanjutkan dengan membasuh muka dengan air bersih. Untuk yang satu ini cukup aman, anda bisa melakukannya setiap hari atau bahkan 2 kali sehari.

Itulah beberapa masker wajah untuk kulit berminyak yang bisa anda buat sendiri dengan bahan alami yang mudah ditemukan. Jika anda kerepotan dengan pembuatan masker tersebut, silahkan menggunakan produk masker kecantikan untuk mengatasi masalah yang sedang anda hadapi. Banyak produk yang beredar, sehingga tidak sulit untuk menemukan salah satunya.