15 Inspirasi Model Kebaya Bali yang Membuat Lebih Menawan

Inspirasi Model Kebaya Bali

Ada banyak model kebaya bali yang membuat penampilan anda lebih menawan. Kebaya ini adalah salah satu jenis yang memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Bahan utama biasanya terbuat dari brokat atau kain sutra dengan hiasan payet, manik-manik, dan sulaman yang menawan. Selain dari bahan dan hiasannya, kebaya ini juga mempengaruhi kesan yang ditampilkan.

Selain dari bahan yang digunakan, ciri lain yang membedakan antara jenis kebaya pada umumnya yaitu model dan paduan busana yang digunakan. Namun ada ciri yang paling mudah dikenali, yakni adanya obi atau selendang yang diikatkan pada pinggang. Diantara banyaknya model kebaya Bali, berikut yang mungkin dapat anda jadikan inspirasi!

1. Kebaya Bali Tradisional dengan Motif Batik

Kebaya Bali Motif Batik
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Kebaya Bali tradisional biasanya memiliki gaya yang elegan dan cantik. Bahan yang umum digunakan yakni kain yang lembut dan motif yang bervariasi. Salah satu jenis motif yang populer digunakan pada kebaya Bali tradisional adalah batik. Motif batik biasanya memiliki ciri khas yang kental, seperti garis melengkung, geometris, atau bentuk alam seperti bunga, daun, dan binatang.

Untuk penggunaan sehari-hari, model ini dapat dipadukan dengan kain batik atau songket sebagai rok dan selendang. Sedangkan untuk acara formal atau upacara adat, kebaya Bali tradisional dapat dipadukan dengan kain jarik atau kain sarung sebagai bagian bawahnya. Pastinya anda tidak asing dengan jenis kebaya ini, karena sering digunakan oleh penari Bali.

2. Kebaya Bali Modern dengan Potongan Off Shoulder

Kebaya Bali Off Shoulder
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Model kebaya Bali selanjutnya yaitu modern dengan potongan off shoulder. Model ini biasanya memiliki kain yang ringan dan lembut dengan warna cerah. Selain itu juga dipadukan dengan bordir atau payet sehingga menambahkan sentuhan glamour pada penampilan.

Kebaya modern ini biasanya dipakai untuk acara-acara formal, namun ada juga yang menggunakannya untuk acara semi formal. Sesuai namanya, kebaya ini memperlihatkan leher dan bahu, sehingga penampilannya menjadi lebih modis dan trendi. Namun penggunaannya memperhatikan etika dan sopan santun pada penampilannya, sehingga tidak terkesan terlalu terbuka atau vulgar.

Baca Juga:  55+ Model Baju Kebaya Wisuda Cantik

3. Kebaya Bali Elegan dengan Hiasan Payet dan Manik-manik

Kebaya Bali Elegan Hiasan Payet
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Apabila anda ingin mendapatkan kesan glamour dan mewah, maka disarankan menggunakan kebaya dengan hiasan payet serta mani-manik. Hiasan payet dan manik-manik dapat memberikan tampilan yang elegan pada kebaya Bali. Biasanya, payet dan manik-manik dipasang pada bagian kerah, lengan, dan bagian depan kebaya.

Kedua hiasan ini dibuat dengan benang atau tambahan kain renda yang dipotong dan ditempelkan dengan rapi. Untuk membuat model kebaya Bali yang membuat lebih menawan ini, anda bisa memilih bahan yang cocok, seperti satin atau sutera. Selanjutnya, anda dapat merancang pola hiasan payet dan manik-manik sesuai dengan selera.

4. Kebaya Bali dengan Potongan Lurik

Kebaya Bali dengan Potongan Lurik Bali
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Ada banyak jenis kebaya yang ada di Indonesia, Bali dan Jawa adalah dua diantaranya. Bagaimana jika keduanya dipadukan? Model kebaya tetap memiliki khas Bali, sedangkan kain yang digunakan yakni lurik dari Jawa. Lurik Bali sendiri merupakan jenis kain tenun dengan pola garis-garis yang khas.

Biasanya, model kebaya ini memiliki potongan yang simpel dengan tambahan detail. Misalnya bordir atau hiasan payet dan manik-manik pada bagian kerah, lengan, dan bagian depan kebaya. Anda juga bisa menambahkan aksen seperti kancing yang unik atau pita yang cocok dengan warna lurik yang digunakan.

5. Kebaya Bali Elegan Lengan Pendek dan Bahan Brokat

Kebaya Bali Elegan Pendek Brokat
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Kesan elegan dan menawan pastinya anda dapatkan ketika menggunakan model kebaya Bali lengan pendek yang terbuat dari bahan brokat. Brokat sendiri adalah bahan kain yang memiliki pola berbentuk relief dengan benang emas atau perak yang menonjol. Kain brokat biasanya memiliki kepadatan dan kehalusan yang tinggi, sehingga memberikan tampilan yang eksklusif.

Anda juga bisa menambahkan hiasan payet atau manik-manik untuk memberikan tampilan yang lebih berkilau. Untuk aksesori, silahkan memilih anting-anting perak atau kalung berlian yang bisa meningkatkan kesan mewah. Sebaiknya hindari aksesori yang terlalu ramai agar tidak mengurangi kesan elegan pada tampilan anda.

6. Kebaya Bali Modern Lengan Panjang dan Hiasan Renda

Kebaya Bali Modern Hiasan Renda
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Jika dilihat dari namanya, untuk model kali ini terdapat sentuhan modifikasi sehingga terlihat lebih modern dan stylish. Kebaya Bali biasanya terbuat dari bahan satin atau sutra, dengan potongan lengan panjang yang menutupi seluruh lengan. Hiasan renda biasanya ditempatkan di bagian dada, pinggang, dan ujung lengan kebaya.

Baca Juga:  15 Inspirasi Model Kebaya Kutu Baru yang Elegan

Renda yang digunakan biasanya bermotif bunga atau daun, asalkan tetap menambah keindahan dan memberikan kesan feminin. Untuk paduan busana, silahkan menggunakan rok pendek atau panjang yang bermotif batik atau kain tenun Bali. Aksesoris seperti kalung, anting-anting, dan gelang emas juga bisa menambah keindahan penampilan.

7. Kebaya Bali Vintage Potongan Tali di Bagian Belakang

Kebaya Bali Vintage Tali di Bagian Belakang
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Tidak selamanya sebuah kebaya memberikan kesan tradisional, ada kalanya beberapa model justru memberikan tampilan vintage. Tidak ada salahnya anda memilih model kebaya Bali ini, asalkan memberikan tali pada bagian belakang. Potongan tali ini biasanya dibuat dari bahan yang sama, lalu dilengkapi dengan aksen atau hiasan yang sesuai dengan motif kebaya.

Kebaya ini biasanya dipadukan dengan kain sarung Bali atau kain songket yang memiliki motif yang sama. Selain itu, jenis ini juga seringkali dikenakan pada acara-acara formal seperti pernikahan, acara adat, atau acara penting lainnya. Supaya tidak ada keluhan dalam pemakaiannya, pastikan anda memilih bahan yang nyaman.

8. Kebaya Bali Elegan dengan Potongan Kerah Tinggi

Kebaya Bali Elegan Potongan Kerah Tinggi
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Model kebaya Bali selanjutnya agar anda terlihat elegan adalah memberikan potongan kerah tinggi. Karena dapat memberikan kesan elegan, kebaya ini seringkali digunakan pada acara formal. Untuk mendapatkan kesan yang lebih menawan, anda bisa menambahkan hiasan bordir pada beberapa bagiannya.

Hiasan bordir pada kebaya ini umumnya terbuat dari benang emas atau perak. Untuk mengaplikasikan nya dilakukan secara hati-hati dan rapi agar menciptakan tampilan yang memukau. Ketika anda memutuskan untuk menggunakan model ini pastikan memilih warna, motif, dan corak yang sesuai dengan acara yang dihadiri.

9. Kebaya Bali Modern Potongan Asimetris dan Hiasan Payet

Kebaya Bali Potongan Asimetris
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Adanya bentuk asimetris pada kebaya ini memberikan kesan lebih modern, jadi anda tidak akan terlihat tradisional. Potongan asimetris yang dimaksud terletak pada bagian atasnya. Untuk mendapatkan kesan yang menawan, biasanya model ini dilengkapi hiasan payet. Untuk bahannya sendiri sebenarnya sesuai selera, namun pada umumnya menggunakan chiffon atau sutra tipis.

10. Kebaya Bali Tradisional Bahan Kain Songket Bali

Kebaya Bali Songket Bali
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Songket merupakan salah satu kain khas Bali yang banyak digunakan untuk pakaian, salah satunya adalah kebaya. Model ini umumnya memiliki desain yang sederhana namun elegan, dan dihiasi dengan motif yang indah dan khas. Adapun motif yang sering digunakan diantaranya yaitu bunga, hewan, atau pola abstrak.

Baca Juga:  15 Inspirasi Kebaya Pesta Modern Model Terbaru dan Mewah

Bagi wanita yang ingin memakai model kebaya Bali ini, sebaiknya memperhatikan beberapa hal. Misalnya pemilihan kain songket Bali yang berkualitas, serta memilih warna dan motif yang sesuai dengan acara. Selain itu, pastikan memperhatikan ukuran dan potongan kebaya agar nyaman saat dipakai.

11. Kebaya Bali Potongan Tiga Perempat dan Sulaman

Kebaya Bali Potongan Tiga Perempat
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Meskipun tidak umum, namun anda bisa mencoba kebaya Bali dengan potongan tiga perempat. Model ini biasanya mencapai lutut atau sedikit di bawahnya, sehingga memberikan tampilan yang sangat feminin dan anggun. Untuk mendapatkan kesan yang lebih menawan, silahkan menambahkan hiasan sulaman.

Hiasan sulaman biasanya terletak di bagian bahu, kerah, dan lengan kebaya, serta di bagian bawahnya. Sulaman ini pada umumnya terbuat dari emas, perak, payet, atau songket. Sedikit tips tambahan, usahakan memilih warna yang elegan, misalnya putih, kuning emas, merah, dan hijau.

12. Kebaya Bali Modern dengan Potongan High-Low

Kebaya Bali Modern High-low
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Masih banyak model kebaya Bali yang dapat anda pilih untuk menghadiri acara formal. Selain yang disebutkan diatas, ada juga potongan high low yang memberikan kesan modis dan trendy. Anda bisa menambahkan hiasan berupa manik-manik untuk mendapatkan kesan lebih elegan dan mewah.

Hiasan manik-manik tersebut dapat dibuat dari berbagai jenis bahan, seperti kristal, mutiara, atau batu-batu alami seperti giok. Agar mendapatkan perpaduan yang sempurna, silahkan menggunakan rok atau celana panjang. Untuk pilihan warnanya sesuai selera, namun usahakan memilih warna cerah sehingga kesan menawan semakin didapatkan.

13. Kebaya Bali Potongan Tali di Bagian Depan

Kebaya Bali Potongan Tali
Sebelumnya tadi dijelaskan salah satu model kebaya Bali dengan tali bagian depan. Untuk kali ini sebaliknya, potongan tali tersebut diletakkan di bagian depan. Pastinya anda pernah melihat wanita yang menggunakan model ini. Kesan yang didapat tidak hanya menawan atau elegan, melainkan juga lebih terlihat feminin.

14. Kebaya Bali Potongan Lengan Lonceng dan Renda

Kebaya Bali Potongan Lengan Lonceng
Untuk mendapatkan hasil yang berbeda, anda harus berani mencoba sesuatu yang baru. Dalam hal pemilihan kebaya misalnya, tidak ada salahnya anda mencoba kebaya Bali dengan potongan lengan lonceng. Agar hasil yang didapatkan terlihat menawan, silahkan menambahkan renda pada bagian kerah atau lainnya.

Model ini memberikan kesan feminin bagi wanita yang memakainya. Jenis ini biasanya memiliki potongan lengan tiga perempat atau panjang, kemudian di bagian lengan dihiasi renda. Pemilihan warna harus diperhatikan, yang paling sering ditemui yakni putih, krem, atau hitam, dengan hiasan renda yang kontras.

15. Kebaya Bali Modern Potongan Ruffle dan Hiasan Brokat

Kebaya Bali Modern Potongan Ruffle
Tidak harus terkesan elegan ketika menggunakan kebaya Bali bukan? Pada kondisi tertentu, kesan unik pun cukup bagus agar anda menjadi pusat perhatian. Unik yang dimaksud tentu bukan karena konyol, namun berbeda dengan model pada umumnya. Sebagai contoh, anda bisa menambahkan ruffle dan hiasan brokat pada pakaian tradisonal Bali ini.

Potongan ruffle pada kebaya ini memberikan tampilan yang lebih feminin dan playful. Sementara hiasan brokat pada bagian kerah, lengan, atau bagian bawah memberikan sentuhan menawan dan lebih mewah. Silahkan berkreasi dengan menambahkan hiasan lainnya, seperti manik-manik atau payet.

Desain fashion memang tidak ada batasan bagi sebagian orang, yang penting adalah cocok digunakan dan anda pun nyaman. Seperti halnya model kebaya Bali yang kita bahas kali ini, tidak ada batasan apabila anda ingin berkreasi. Intinya adalah perpaduan antara warna, bahan yang membuat pemakainya nyaman, dan model kebaya tersebut.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Rafika Ilham

Rafika suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags