10 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat
Photo by Unsplash+ on Unsplash

Dapatkan rekomendasi sunscreen terbaik untuk kulit berminyak dan berjerawat, formulasi ringan yang melindungi tanpa menyumbat pori-pori untuk menjaga kulit tetap sehat dan cerah.

Sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Ini juga termasuk risiko kanker kulit, penuaan dini, dan hiperpigmentasi.

Namun bagi mereka yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, memilih sunscreen yang tepat sangat penting agar tidak menyumbat pori-pori atau memperburuk kondisi kulit.

Penggunaan sunscreen pada kulit yang berminyak biasanya menambah kesan greasy, dan banyak orang yang menghindarinya.

Padahal tidak sepenuhnya demikian, karena ada juga sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat yang justru bagus digunakan. Cara kerjanya yakni membentuk lapisan kulit, menyerap sinar UV, dan memantulkannya.

Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat
Photo by Unsplash+ on Unsplash

Apakah kulit yang berjerawat masih diperbolehkan menggunakan sunscreen? Mungkin masih banyak yang ragu, dan sebagian besar menghindarinya.

Sebenarnya tidak masalah, bahkan bisa juga penting karena dapat menghindari peradangan. Asalkan produk yang dipilih tepat, berikut cara memilihnya!

Pilih Minimal SPF 30 PA++++

Cara pertama yakni memperhatikan SPF dan kandungan PA nya. SPF sangat baik untuk melindungi kulit dari sinar UVB, sedangkan PA melindungi dari bahaya radiasi sinar UVA.

Sebaiknya pilih minimal SPF 30 PA++++ jika anda sering beraktivitas diluar ruangan. Jangan lupa langsung bersihkan untuk menghindari peradangan pada jerawat.

Pilih Berdasarkan Jenis Jerawat

Penyebab utama jerawat pada umumnya karena kulit kelebihan produksi minyak. Ada dua jenis jerawat yang umum, yakni jerawat meradang dan jerawat komedo.

Baca Juga:  15 Manfaat Buah Pepaya untuk Wajah dan Kesehatan

Jika anda bermasalah dengan jerawat meradang, pilih physical sunscreen. Sedangkan untuk jerawat komedo lebih baik chemical sunscreen karena dapat mengurangi penyumbatan pori-pori.

Tentukan Teksturnya

Sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat terdiri dari beberapa macam jika dilihat dari bentuknya, termasuk gel, krim, atau lotion. Bagi anda yang memiliki kulit kering, sebaiknya pilih bentuk krim karena melembapkan lebih lama.

Untuk kulit berminyak, disarankan lebih memilih bentuk gel atau lotion karena teksturnya lebih ringan.

Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Setelah mengetahui bagaimana cara memilihnya, selanjutnya kita bahas apa saja pelindung terbaik yang dapat anda gunakan jika memiliki kulit berminyak. Memang sedikit lebih sulit dibandingkan jenis kulit normal, namun bukan berarti tidak ada.

1. Light Serum Sunscreen SPF50 PA++++

Light Serum Sunscreen SPF50 PA++++
Photo by Koreacosmeticsbn.com

Bagi anda yang sering beraktivitas diluar ruangan, pilihan terbaik adalah Light Serum Sunscreen SPF50 PA++++. Produk sunscreen ini memang mahal, namun hasilnya terbukti nyata.

Di pasaran atau toko online, anda dapat memilikinya dengan mengeluarkan biaya sekitar 140.000 rupiah untuk kemasan 25 ml.

Kelebihannya yakni dapat melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Teksturnya ringan, jadi aman untuk kulit berjerawat atau berminyak.

Sunscreen ini mampu menghidrasi kulit sepanjang hari hanya dalam satu kali pemakaian. Namun sayang, beberapa pengguna mengeluhkan sisa produk yang sulit dikeluarkan.

2. Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF45 PA++++

Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF45 PA++++
Photo by Lazada.co.id

Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF45 PA++++ adalah produk sunscreen untuk kulit berjerawat selanjutnya yang perlu anda pertimbangkan.

Harganya jauh lebih murah dibandingkan yang pertama, hanya sekitar 70.000 rupiah. Produk ini terbukti efektif meredakan peradangan pada jerawat, bahkan untuk jerawat batu sekalipun.

Ini dikarenakan bahan utamanya yang berupa aloe vera, dikenal sangat bagus memberikan sensasi dingin. Kandungan lain yakni glycerin, ekstrak mentimun, dan sodium hyaluronate.

Fungsi utamanya tidak lain untuk melindungi kulit dari bahaya radiasi sinar UV. Tidak perlu khawatir menggunakannya, karena aman dan dijamin oleh BPOM.

3. Calm My Acne Sunscreen Moisturiser SPF35 PA+++

Calm My Acne Sunscreen Moisturiser SPF35 PA+++
Photo by Blibli.com

Jerawat memang sangat mengganggu, baik dari segi penampilan atau kesehatan. Namun bukan berarti mencegah anda dalam menggunakan sunscreen.

Baca Juga:  10 Manfaat Jeruk Nipis untuk Perawatan Wajah Anda

Calm My Acne Sunscreen Moisturiser SPF35 PA+++ adalah salah satu produk yang dapat dijadikan pilihan. Produk ini terbukti efektif mengatasi jerawat dan kulit sensitif.

Bahan alaminya bersifat antiinflamasi dan antioksidan, dimana cukup baik untuk meredakan peradangan pada jerawat.

Diperkaya kandungan bakuchiol, sunscreen dari Azarine ini mampu mengatasi jerawat yang membandel. Kandungan moisturizer di dalamnya dapat melembapkan kulit sepanjang hari, bahkan hanya dalam satu kali pemakaian.

4. 5X Ceramide Serum Sunscreen SPF50 PA++++

5X Ceramide Serum Sunscreen SPF50 PA++++
Photo by Deamerina.com

Rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak selanjutnya adalah 5X Ceramide Serum Sunscreen SPF50 PA++++. Produk ini dilengkapi moisturizer, sebagaimana merek yang diproduksi oleh Skintific pada umumnya.

Kandungan SPF nya sangat tinggi, mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan bahkan blur light pada layar HP.

Produk ini bebas alkohol, paraben, dan mineral oil, sehingga aman untuk kulit berjerawat. Satu kali penggunaan mendapatkan beberapa manfaat sekaligus.

Selain melindungi dari sinar UV, produk ini juga mampu menghidrasi dan melembapkan kulit. Harganya memang agak mahal, sekitar 170.000 di toko online atau di toko kosmetik.

5. NPURE Cica Beat The Sun

NPURE Cica Beat The Sun
Photo by Lazada.co.id

Penggunaan bahan alami pada kosmetik masih dapat dijadikan pilihan utama karena lebih aman. Untuk produk sunscreen apakah tersedia?

Tentu ada, meski tidak banyak. Salah satu contohnya adalah NPURE Cica Beat The Sun. Bahan utamanya dari centella asiatica, ekstrak chamomile, chrysanthemum, dan beberapa tumbuhan lainnya.

Kelebihannya yakni mudah meresap pada kulit sehingga bekerja lebih efektif. Teksturnya ringan, penggunaannya mudah merata pada seluruh kulit.

Karena tidak mengandung bahan kimia, produsen mengklaim sunscreen ini aman untuk ibu hamil dan menyusui. Menariknya, produk ini perlahan dapat menghilangkan jerawat dan sekaligus bekasnya.

6. Acnes UV Tint

Acnes UV Tint
Photo by Theprettytales.com

Sunscreen untuk kulit berjerawat selanjutnya adalah Acnes UV Tint, dari namanya sudah jelas terlihat. Formulanya sangat ringan sehingga mudah diaplikasikan pada kulit.

Anda bisa menggunakannya sebagai dasar makeup sebelum beraktivitas. Produk ini mengandung vitamin E dan B6 yang bagus untuk perawatan dan kecantikan kulit.

7. Light Serum Sunscreen SPF50 PA++++

Lightt Serum Sunscreen SPF50 PA++++
Photo by Raenabeauty.com

Light Serum Sunscreen SPF50 PA++++ dapat dijadikan pilihan utama apabila anda sering melakukan kegiatan outdoor.

Baca Juga:  10 Produk Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering

Anda bisa melihat kandungan SPF nya sangat tinggi, juga perlindungan dari PA yang lebih maksimal. Sunscreen ini teksturnya ringan, mudah diaplikasikan dan juga dibersihkan setelah pemakaian.

Selain melindungi kulit dari bahaya sinar UV, anda pun mendapatkan manfaat tambahan dari karena dapat menghidrasi sepanjang hari. Kandungan utamanya berupa ceramide, hayluronic acid, dan tocopherol.

Kandungan tersebut sangat baik untuk merawat kesehatan kulit, termasuk membuatnya lebih cerah dan bersih.

8. Skin Aqua UV Moisture Gel

Skin Aqua UV Moisture Gel
Photo by Prisghanpage.com

Rohto merupakan salah satu perusahaan kosmetik dari Jepang yang juga menawarkan sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat. Melalui merek Skin Aqua UV Moisture Gel, anda bisa mendapatkan beberapa manfaat sekaligus.

Produk ini mengandung kolagen, jadi sangat baik untuk menjaga elastisitas kulit.Karena tidak menggunakan parfum dan bahan pewarna, jadi cukup aman untuk semua jenis kulit.

Selain dapat digunakan langsung untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV, anda bisa menggunakannya sebagai ase makeup. Namun kandungan SPF nya hanya 30, jadi sebaiknya tidak terlalu lama beraktivitas diluar ruangan.

9. Daily Protection for Acne

Daily Protection for Acne
Photo by Agnesiarezita.com

Rekomendasi produk selanjutnya yakni Daily Protection for Acne dari ElsheSkin. Cukup terjangkau, artinya tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah.

Sunscreen ini mudah ditemukan di pasaran, bahkan di toko online dengan harga sekitar 60.000 rupiah. Kandungan utamanya berupa vitamin E, sangat bagus untuk meremajakan kulit.

Jenis vitamin tersebut mengandung antioksidan tinggi, jadi dipastikan bagus untuk menangkal radikal bebas.

Produk sunscreen ini diperkaya saliclic acid, sulfur, dan stearic acid. Fungsinya untuk membersihkan kulit dan mengurangi peradangan akibat jerawat. Gunakan sebelum beraktivitas diluar ruangan, cukup oles tipis-tipis saja.

10. NIVEA SUN Triple Protect Acne Oil Control SPF50+ PA+++

NIVEA SUN Triple Protect Acne Oil Control SPF50+ PA+++
Photo by Lazada.com.ph

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling umum terjadi. Bagi yang sering beraktivitas diluar ruangan dan takut jerawat semakin meradang, silahkan mencoba NIVEA SUN Triple Protect Acne Oil Control SPF50+ PA+++. Produk ini diformulasikan khusus melindungi kulit dari sinar UVA, UVB, dan bahkan blue light.

Tidak hanya itu saja, polusi yang bisanya dapat memperparah kondisi jerawat pun dapat dicegah. Mengurangi kemunculan jerawat baru adalah manfaat lain yang anda dapatkan.

Kemampuannya mengontrol minyak berlebih sangat bagus untuk semua jenis kulit. Kandungan pelembap berupa glycerin, dilengkapi glycyrrhiza inflate dan himalayan salt.

Itulah beberapa rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat yang kami anggap terbaik berdasarkan manfaat utamanya.

Tentu masing-masing dari anda memiliki penilaian tersendiri, tergantung dari kondisi dan masalah kulit. Untuk percobaan, sebaiknya pilih kemasan yang paling kecil untuk produk yang anda inginkan.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Nikeisha

Nikeisha suka bepergian, fotografi dan pastinya makanan enak. Dia paling sering bersama dengan laptopnya, menulis apa saja yang muncul dibenaknya.