4 Tahapan Basic Skincare untuk Mencerahkan Kulit

4 Tahapan Basic Skincare untuk Mencerahkan Kulit

Meskipun banyak beredar produk perawatan kulit untuk wajah, namun sebenarnya tahapan basic skincare untuk mencerahkan kulit bisa dilakukan dengan cara sederhana. Tidak perlu menggunakan semua produk yang ada di pasaran, cukup gunakan beberapa saja yang perlu. Memang dikatakan sederhana, namun hasil yang diberikan bisa maksimal jika dilakukan dengan benar.

Selain dapat mencerahkan kulit, penggunaan skincare juga berguna untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Bahkan sebagian besar produk memberikan manfaat ganda, baik untuk mencerahkan dan sekaligus membuatnya lebih sehat. Tidak dapat di pungkiri bahwa kulit memiliki berbagai masalah yang bisa jadi ringan atau serius. Salah satu yang paling umum adalah timbulnya jerawat yang dapat menurunkan rasa percaya diri.

Perlu diketahui, menggunakan produk skincare lebih banyak bukan berarti memberikan hasil yang lebih bagus. Dalam hal perawatan kulit tidak berlaku semakin banyak menjadi semakin baik, yang berlaku adalah ketepatan dan kecocokan produk pada jenis kulit yang dimiliki. Tidak perlu termakan iklan karena semua belum tentu cocok untuk jenis kulit yang anda miliki.

Penyebab Kulit Wajah Kusam

Penyebab Kulit Wajah Kusam
Image by Halodoc.com

Kulit menjadi bagan tubuh paling penting yang berfungsi untuk melindungi organ tubuh dibaliknya. Di samping itu, kulit juga berperan penting dalam hal gaya hidup dan dapat meningkatkan rasa percaya diri. Kulit yang tidak cerah bisa diartikan dengan kusam yang bisa disebabkan berbagai hal, berikut diantaranya!

✦ Kotoran dan Debu yang Menempel

Penyebab kulit wajah terlihat kusam bisa diakibatkan oleh kotoran dan debu yang menempel. Faktor ini tidak bisa diabaikan karena sebagian besar orang beraktivitas diluar ruangan. Sedangkan diluar ruangan merupakan tempat dimana debu, kotoran, dan bahkan polusi berada. Kondisi semakin parah ketika anda memiliki jenis kulit berminyak.

✦ Pertambahan Usia

Faktor yang kulit kusam dan tidak cerah adalah karena faktor usia. Semakin bertambahnya usia, kulit semakin terlihat tua dan produksi kolagen menurun. Akibatnya, kulit tampak lebih kusam dari sebelumnya. Meski demikian, bukan berarti tidak dapat dicegah atau dirawat, tahapan basic skincare yang tepat bisa mengatasinya dengan mudah.

✦ Kurangnya Asupan Air

Terlihat sepele, namun kurangnya minum air putih mengakibatkan kulit tampak kering dan terlihat kusam. Bahkan menurut Clinical Cosmetic and Investigational Dermatology, minum air putih membuat kulit lebih sehat dan segar. Selain itu, kondisi kulit juga terjaga kelembapan nya dan tetap elastis.

BACA:  15 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah & Kulit yang Perlu Diketahui

✦ Panas atau Karena Udara Kering

Kulit yang dikatakan jauh dari kata cerah bisa diakibatkan karena panas atau kondisi cuaca kering. Pada saat tersebut, kulit juga mengalami kering jika tidak dilakukan perawatan dengan benar, salah satu tahapan basic skincare adalah menggunakan pelembap. Kondisi ini tidak hanya terjadi pada musim kemarau saja, namun juga musim dingin dengan tingkat kelembapan rendah.

✦ Penumpukan Sel Kulit Mati

Sama halnya dengan bagian tubuh lainnya, kulit juga mengalami proses regenerasi yang disebut eksfoliasi. Proses tersebut akan mengganti sel kulit mati dengan yang baru. Ketika proses pengangkatan sel kulit mati tidak sempurna, kulit terlihat kusam atau tidak cerah. Menggunakan skincare cleanser adalah salah satu cara paling tepat untuk mengawali tahapan basic skincare.

✦ Kebiasaan Begadang

Masih berhubungan dengan regenerasi, proses tersebut akan terhambat jika terlalu sering begadang. Saat sedang istirahat di malam hari, tubuh memproduksi kolagen dan keratin dengan bak. Namun ketika seharusnya proses itu terjadi dan anda sedang begadang, maka produksi kedua zat tersebut semakin terhambat yang berakibat kulit tidak lagi cerah.

4 Tahapan Basic Skincare untuk Mencerahkan Kulit

Tahapan Basic Skincare untuk Mencerahkan Kulit
Image by Biz.kompas.com

Setelah mengetahui apa saja yang menyebabkan kulit kusam, sekarang saatnya anda mengetahui 4 tahapan basic skincare untuk mencerahkan kulit yang menjadi topik utama kita kali ini. Apabila ada pertanyaan apakah empat saja cukup? Maka jawabannya lebih dari cukup jika sesuai dengan urutan berikut!

1. Cleanser Sebagai Langkah Awal

Cleanser Sebagai Langkah Awal
Image by Ilmupedia.co.id

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa kulit kusam dan jauh dari cerah bisa diakibatkan oleh debu dan kotoran yang ada di udara. Bagi yang beraktivitas diluar ruangan tidak bisa mengabaikan faktor ini karena pasti terjadi. Debu dan kotoran yang dibiarkan lama akan menumpuk dan menyebabkan wajah terlihat hitam.

Oleh karena itulah diperlukan tahapan awal skincare menggunakan cleanser untuk membersihkannya. Selain untuk membersihkan debu, cleanser juga efektif mengangkat sisa makeup yang masih menempel. Menggunakan cleanser bisa dilakukan sebelum menggunakan makeup atau malam hari sebelum istirahat, namun lebih disarankan menggunakannya di malam hari.

Manfaat cleanser selain mencerahkan kulit yakni untuk mencegah timbulnya jerawat akibat kotoran yang dimaksud. Apabila tidak terangkat sempurna akan terjadi penyumbatan ada pori-pori sehingga timbullah jerawat yang mengganggu. Bahkan penggunaan skincare ini juga efektif untuk mengatasi iritasi kulit.

Banyak sekali jenis cleanser yang beredar saat ini, anda bisa memilih sesuai kebutuhan kulit. Bagi anda yang memiliki jenis kulit berminyak, disarankan menggunakan cleansing foam karena efektif menyerap minyak berlebih. Sebaliknya jika anda memiliki jenis kulit kering, ada baiknya menggunakan cleanser dalam bentuk cream karena biasanya terdapat kandungan pelembap.

BACA:  10 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Dengan manfaat yang sama, cleansing balm juga bagus sebagai alternatif untuk melembapkan kulit. Untuk jenis kulit normal tidak ada masalah dalam memilih jenis cleanser, anda bisa menggunakan cleansing oil atau cleansing gel. Untuk mendapatkan kesegaran ekstra, ada baiknya menggunakan micellar water.

Meski demikian, setiap cleanser sebagai tahapan basic skincare untuk mencerahkan kulit mempunyai kriteria tertentu. Pastikan produk yang anda pakai tidak membuat wajah ketat atau serasa ditarik, apalagi terasa kering dan membuat kulit terkelupas. Tingkat keasaman atau pH juga harus diperhatikan, setidaknya pilih yang mendekati 5.5 karena merupakan pH alami kulit.

2. Toner untuk Langkah Selanjutnya

Toner untuk Langkah Selanjutnya
Image by Mery.jp

Sebelum menggunakan produk makeup apapun, mengaplikasikan toner wajib dilakukan terlebih dahulu. Fungsi utama toner yakni untuk mengangkat sisa kotoran yang masih menempel setelah pemakaian cleanser. Dengan kata lain, produk skincare ini berfungsi sebagai finishing dalam hal membersihkan kulit wajah supaya terlihat lebih cerah.

Toner juga berfungsi menjaga keseimbangan pH kulit seperti halnya cleanser. Bahkan fungsi ini lebih banyak diberikan toner daripada cleanser. Selain itu, manfaat lainnya adalah untuk melembapkan kulit dengan menghidrasi sepanjang hari. Bagi pemilik kulit berminyak, tahapan basic skincare menggunakan toner sangat bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak berlebih.

Mengaplikasikan toner sebelum makeup membuat hasil lebih terlihat flawless dan merata. Pada kondisi tertentu juga bisa mengatasi masalah kulit berjerawat dan sekaligus menghilangkan bekas yang ditimbulkan. Menariknya, produk ini juga efektif untuk mengangkat zat beracun yang tersisa di kulit, atau yang disebut sebagai proses detoksifikasi.

Secara umum, terdapat dua jenis toner yang beredar di pasaran. Kedua produk yang dimaksud adalah exfoliating toner dan hydrating toner. Sesuai dengan namanya, exfoliating toner memiliki peran penting dalam proses eksfoliasi, yakni pengangkatan sel kulit mati yang akan digantikan dengan sel kulit baru.

Sedangkan hydrating toner lebih berfungsi untuk menghidrasi kulit dan membuatnya lembap sepanjang hari. Seperti yang diketahui, salah satu langkah untuk membuat kulit lebih cerah adalah dengan menjaga kelembapan nya. Jika kulit kering, kemungkinan besar akan terlihat kusam dan tidak sehat.

3. Gunakan Sentuhan Pelembab

Gunakan Sentuhan Pelembab
Image by Cnnindonesia.com

Tahapan basic skincare untuk mencerahkan kulit berikutnya yakni dengan sentuhan pelembap. Sebagian besar produk skincare memang mempunyai kandungan yang dimaksud. Hanya saja untuk hasil lebih optimal, sebaiknya gunakan produk khusus yang mampu melembapkan kulit sepanjang hari.

Tidak kurang produk pelembap yang anda temukan saat ini dengan semua bahan utamanya. Memilih brand dengan kandungan bahan alami lebih disarankan daripada bahan kimia. Tidak dapat di pungkiri bahwa bahan kimia pada umumya memberikan hasil lebih cepat, namun dipastikan terdapat efek samping yang berbahaya.

BACA:  15 Produk Skincare Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam

Bahan pelembap alami yang paling umum dan cukup aman digunakan yaitu hyaluronic acid, glycerin, dan butylene glycol. Usahakan memilih pelembap yang tidak terdapat kandungan parfum, pewarna buatan, atau alkohol karena jadi mempunyai efek samping berupa iritasi kulit, terutama untuk jenis kulit sensitif.

Pelembap yang baik yaitu yang mampu mengunci air kedalam lapisan kulit sehingga tidak mudah menguap ketika terkena panas matahari. Tentu percuma ketika menggunakan skincare pelembap, namun ternyata mudah menguap sehingga kulit tetap saja kering ketika terkena efek dari sinar matahari.

Dari semua pilihan, utamakan pelembap yang mempunyai tekstur paling nyaman ketika digunakan. Tidak menutup kemungkinan jika produk tersebut memang baik dan terbukti memberikan hasil optimal, namun dalam penggunaannya tidak nyaman untuk anda. Penting diperhatikan supaya tekstur pelembap mudah diserap kulit dan tidak membuat pori-pori tersumbat yang justru menimbulkan masalah kulit lain.

4. Lindungi dengan Sunscreen

Lindungi dengan Sunscreen
Image by Cnnindonesia.com

Setelah anda melakukan ketiga tahapan basic skincare diatas dengan tujuan untuk mencerahkan kulit, selanjutnya adalah melindunginya. Bisa dikatakan bahwa sunscreen memiliki peran penting dalam 4 tahapan skincare kali ini. Tanpa adanya perlindungan, penggunaan ketiga skincare diatas tergolong sia-sia.

Sunscreen sangat baik untuk melindungi kulit dari bahaya radiasi sinar UV. Banyak dampak negatif yang ditimbulkan oleh sinar UV, diantaranya adalah menyebabkan produksi minyak berlebih, munculnya jerawat, dan juga kulit keriput. Namun yang paling parah dari semua akibat yang ditimbulkan adalah memicu kanker kulit.

Untuk mendapatkan hasil lebih maksimal, pilih sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30. Semakin besar angka yang tertera pada label, semakin besar perlindungan yang diberikan. Memilih produk dengan perlindungan ekstra yang mengandung PA++ juga lebih disarankan.

Pada umumnya, sunscreen tidak bisa bertahan selama seharian. Untuk itu, anda perlu mengaplikasikan lagi setelah beberapa jam, tergantung tingkat atau angka perlindungan yang diberikan. Hal ini berlaku meskipun anda hanya sebentar melakukan aktivitas diluar ruangan.

Alternatif sunscreen adalah sunblock dengan manfaat yang sama namun cara kerjanya berbeda. Kedua produk ini sama-sama dapat mencegah bahaya radiasi sinar UV. Sunscreen memfilter dan menyerap sinar UV sebelum akhirnya dijadikan energi panas yang dikeluarkan oleh kulit. Sedangkan sunblock memiliki cara kerja dengan mencegah sinar UVA dan UVB agar tidak masuk kedalam lapisan kulit.

Itulah 4 tahapan basic skincare untuk mencerahkan kulit yang cukup efektif dan bisa anda coba di rumah. Hanya empat langkah bukan berarti tidak dapat menghasilkan yang terbaik, yang penting adalah dalam hal efektivitas dan fungsi utamanya. Keempat skincare diatas sudah jauh lebih baik dan bisa dikatakan cukup sempurna untuk membuat kulit lebih cerah.