10 Produk Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering

10 Produk Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering

Produk facial wash untuk kulit kering pada umumnya mengandung banyak pelembap. Selain itu, sebisa mungkin tidak menggunakan produk yang mengandung scrub karena justru mengurangi produksi minyak. Ada banyak merek yang dapat anda temukan di pasaran, namun tidak semuanya dikatakan terbaik dan cocok untuk jenis kulit ini.

Perawatan wajah sangat dibutuhkan bagi semua orang untuk menjaga penampilan. Terutama bagi wanita, anda harus selalu memperhatikan kesehatan secara menyeluruh. Pasalnya, wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang rentan terhadap gangguan kulit. Sebut saja jerawat, komedo, dan iritasi yang dapat menurunkan rasa percaya diri.

Masalah lain yang kerap muncul dan dapat dialami siapa saja adalah kulit kering. Kondisi ini biasanya disebabkan produksi minyak pada kulit berkurang. Penyebab lain diantara adalah kondisi lingkungan yang panas, pengaruh obat kimia, dan kebiasaan cuci muka yang salah. Masalah ini tidak bisa hilang begitu saja, anda harus menggunakan sabun pencuci muka yang tepat.

Produk Facial Wash Terbaik dan Aman Digunakan

Cara Memilih Facial Wash untuk Kulit Kering

Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering, Cara Memilih Facial Wash
Image by Berkeluarga.id

Kulit kering memerlukan perawatan khusus agar tetap lembut dan terhidrasi. Salah satu langkah penting dalam perawatan kulit adalah memilih facial wash terbaik dan tepat. Produk yang tepat dapat membantu menghilangkan kotoran dan minyak tanpa membuat kulit semakin kering atau bahkan bersisik.

✦ Pilih dengan Bahan yang Lembut

Tips pertama yang dapat anda jadikan pertimbangan adalah memilih produk dengan bahan yang lembut. Facial wash dengan bahan yang terlalu keras dapat menghilangkan minyak alami pada kulit yang dapat menyebabkan kulit semakin kering. Selain itu, pastikan bahwa merek yang dipilih tidak mengandung bahan-bahan seperti alkohol dan sulfat.

Bukan hanya menghilangkan kelembapan alami kulit, alkohol dan sulfat bahkan berbahaya apabila anda memiliki kulit sensitif. Kulit sensitif ditandai dengan kulit yang mudah teriritasi, gatal, kemerahan, dan bisa terasa sangat tidak nyaman. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk produk perawatan kulit yang digunakan.

✦ Cari Produk yang Mengandung Pelembap

Cara memilih facial wash terbaik untuk kulit kering selanjutnya adalah memastikan bahwa terdapat kandungan pelembap di dalamnya. Sebisa mungkin pilih produk yang banyak memiliki pelembap, persentase nya bisa dilihat di kemasan. Pemilihan produk yang mengandung pelembap bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit wajah dan mencegah kering serta pecah-pecah.

Baca Juga:  10 Masker Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Jerawat Membandel

Namun perlu diketahui, tidak semua pelembap cocok untuk segala jenis kulit. Maka dari itu, pastikan bahwa kandungan yang dimaksud cocok untuk jenis kulit anda. Beberapa bahan pelembap yang umumnya digunakan untuk produk pembersih wajah diantaranya adalah gliserin, ekstrak lidah buaya, dan tea tree oil.

✦ Hindari yang Mengandung Parfum

Kulit sensitif sangat rentan terhadap iritasi dan reaksi alergi terhadap bahan-bahan kimia yang umumnya ditemukan dalam produk perawatan kulit, seperti parfum. Oleh karena itu, penting sekali untuk memilih produk perawatan kulit yang bebas dari bahan-bahan berpotensi menyebabkan iritasi.

Tujuan anda adalah membuat kulit kering supaya terlihat lembap dengan proses hidrasi dari produk facial wash. Jangan hanya ingin mencapai tujuan tersebut, namun justru timbul permasalahan kulit lainnya. Selain itu, pastikan bahwa merek pilihan anda tidak mengandung pewarna buatan yang juga dapat menyebabkan masalah yang sama.

✦ Gunakan Facial Wash yang Cocok dengan pH Kulit

Menggunakan produk facial wash yang sesuai dengan pH kulit termasuk tips selanjutnya yang perlu anda pertimbangkan. Kulit memiliki pH yang berbeda-beda, tergantung pada jenis kulit masing-masing. Pilihlah produk yang cocok dengan pH kulit agar tidak semakin mengganggu keseimbangannya, yang nantinya dapat menyebabkan masalah kulit lain.

Rekomendasi Produk Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering

Setelah menyimak beberapa tips atau cara memilih produk facial wash terbaik untuk kulit kering diatas, selanjutnya kita berikan rekomendasi produk yang mungkin cocok untuk anda. Rekomendasi ini kami pilih berdasarkan kualitas, manfaat utama, dan bahan utama yang terkandung di dalamnya.

1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Cetaphil Gentle Skin Cleanser
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Cetaphil Gentle Skin Cleanser adalah produk pembersih wajah yang telah terkenal dan digunakan oleh banyak orang selama beberapa tahun terakhir. Merek pembersih wajah dari Galderma mengandung berbagai bahan penting, diantaranya adalah Cetyl Alcohol, Propylene Glycol dan Sodium Lauryl Sulfate.

Semua kandungan di dalamnya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Bukan hanya membuat kulit terlihat lebih lembap, namun juga untuk membersihkan kulit tanpa membuatnya terasa kering atau teriritasi. Selain itu, produk yang dijual sekitar 65 ribu rupiah ini juga mengandung pH seimbang, jadi sangat disarankan untuk jenis kulit normal.

2. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Selanjutnya adalah Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash yang juga cukup populer di kalangan penggemar kecantikan. Dengan kandungan utamanya yang berupa hyaluronic acid, produk ini mampu memberikan kelembapan yang optimal pada kulit wajah. Selain itu juga dapat membersihkannya dengan lembut tanpa membuat kulit terasa kering atau ketat.

Baca Juga:  10 Produk Skincare Terbaik untuk Kulit Berminyak

Merek dari Rohto ini diformulasikan khusus sehingga tidak menyebabkan iritasi pada kulit saat pemakaian. Selain memberikan kelembapan, produk facial wash terbaik untuk kulit kering ini juga dapat membantu meningkatkan kecerahan kulit. Dengan menggunakan produk ini secara teratur, kulit wajah akan terlihat lebih cerah dan segar.

3. Low pH Gentle Jelly Cleanser

Low pH Gentle Jelly Cleanser
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Tokopedia

Menggunakan produk pembersih wajah adalah salah satu langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit. Namun sayang, tidak semua pembersih wajah diciptakan sama, baik bahan atau manfaat utamanya. Beberapa pembersih wajah memiliki bahan-bahan yang keras dan dapat merusak lapisan kulit, sedangkan yang lain terlalu lembut dan tidak efektif dalam membersihkan kotoran.

Low pH Gentle Jelly Cleanser adalah facial wash yang baru-baru ini populer dengan berbagai kandungan penting di dalamnya. Sebagai contoh adalah ekstrak teh hijau yang kaya akan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi. Bahan lainnya yakni chamomile, fungsinya untuk membantu menenangkan kulit yang meradang. Kemudian ada lavender yang memiliki sifat antiseptik dan membantu melawan jerawat.

4. Lipikar Syndet AP+

Lipikar SYNDET AP+
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Tokopedia

Rekomendasi produk facial wash terbaik untuk kulit kering selanjutnya adalah Lipikar SYNDET AP+. Ini adalah produk yang dikembangkan oleh brand kosmetik ternama La Roche-Posay. Produk ini dirancang untuk membersihkan kulit dengan lembut namun efektif, terutama untuk kulit yang kering, sensitif, atau rentan terhadap iritasi.

Pembersih wajah ini mengandung formula yang unik, misalnya Niacinamide, Karite Butter, dan Aqua Posae Filiformis. Niacinamide membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kelembaban kulit. Sementara Karite Butter berfungsi sebagai agen pelembap yang membantu menjaga kelembaban kulit yang optimal.

5. Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash

Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash adalah pembersih wajah yang cocok untuk kulit kering. Produk ini mengandung ekstrak aloe vera yang dapat membantu melembapkan dan menenangkan kulit. Selain itu, merek dari Wardah ini juga memiliki kandungan bahan-bahan alami lainnya yang membantu menjaga kelembapan dan kesehatan kulit.

Salah satu kelebihannya adalah formula yang lembut dan tidak menyebabkan kulit menjadi kering atau teriritasi. Pembersih wajah ini juga dapat membersihkan kulit secara menyeluruh tanpa meninggalkan residu atau membuat kulit terasa kencang. Menariknya, produk ini tidak mengandung sabun, alkohol, atau parfum sehingga aman untuk kulit sensitif.

6. Derma365 Gentle Cleanser

Derma365 Gentle Cleanser
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Kulit kering memerlukan perawatan yang tepat untuk menjaga kelembapan nya dan menghindari masalah kulit seperti rasa gatal, ketegangan, dan kulit pecah-pecah. Salah satu langkah penting adalah membersihkannya dengan lembut tanpa menghilangkan kelembapan alaminya. Oleh karena itu, pemilihan cleanser yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Baca Juga:  10 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Gentle Cleanser yang diproduksi oleh Derma 365 adalah salah satu jenis pembersih yang sangat cocok untuk kulit kering. Produk ini tidak hanya cocok untuk jenis kulit kering, namun juga aman bagi anda yang memiliki kulit sensitif. Dengan harga sekitar 75 ribu rupiah, anda mendapatkan produk yang bersifat non-comedogenic, artinya tidak menyumbat pori-pori yang dapat menyebabkan komedo.

7. 5X Ceramide Low pH Cleanser Facial Wash Gentle Cleanser

5X Ceramide Low pH Cleanser Facial Wash Gentle Cleanser
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Tokopedia

Sesuai namanya, 5X Ceramide Low pH Cleanser Facial Wash Gentle Cleanser mengandung lima jenis ceramide yang berbeda. Kandungan ini dapat membantu memperkuat lapisan pelindung kulit dan menjaga kelembaban kulit. Produk facial wash terbaik untuk kulit kering ini juga pH rendah sehingga tidak merusak lapisan kulit bagian luar.

Merek dari SKINTIFIC dan dijual di kisaran harga 120 ribu rupiah ini dirancang khusus menggunakan bahan yang lembut sehingga cocok digunakan sehari-hari. Meskipun lembut, produk ini mampu membersihkan wajah secara efektif. Pembersih wajah ini dapat membersihkan kotoran dan sisa-sisa make up dengan penggunaan yang sangat mudah.

8. Low pH Good Morning Gel Cleanser

Low pH Good Morning Gel Cleanser
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Low pH Good Morning Gel Cleanser dari merek skincare Korea, Cosrx, adalah produk pembersih wajah yang terkenal untuk segala jenis kulit, termasuk kulit kering. Produk ini memiliki pH yang rendah dan lembut sehingga dapat membersihkan kulit dengan lembut tanpa mengiritasi atau mengeringkannya.

Bahan-bahan yang terkandung dalam produk ini adalah ekstrak teh hijau, betaine salicylate, dan surfaktan lembut. Ekstrak teh hijau berfungsi sebagai antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu melindungi kulit dari radikal. Betaine salicylate adalah turunan dari asam salisilat yang dapat membantu mengatasi jerawat dan bintik hitam.

9. Marina Expert White & Glow Whip Facial Foam

5X Ceramide Low pH Cleanser Facial Wash Gentle Cleanser
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Tokopedia

Produk facial wash terbaik untuk kulit kering selanjutnya yang perlu anda pertimbangkan adalah Expert White & Glow Whip Facial Foam. Produk ini memiliki kandungan bahan-bahan yang dapat membantu melembapkan dan memperbaiki kulit yang kering, serta memberikan efek mencerahkan pada wajah.

Salah satu bahan utamanya adalah glycerin, manfaatnya membantu menjaga kelembapan kulit, sehingga kulit terasa lebih lembut dan halus. Selain itu, produk ini juga mengandung Vitamin E yang merupakan antioksidan alami yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan polusi.

10. Wardah Hydra Rose Gel to Foam Cleanser

Hydra Rose Gel to Foam Cleanser
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Rekomendasi terakhir adalah Hydra Rose Gel to Foam dengan bahan utama ekstrak bunga mawar. Produk ini diperkenalkan sebagai alternatif yang lebih lembut daripada sabun biasa yang bisa membuat kulit menjadi lebih kering dan iritasi. Kandungan lainnya adalah glycerin dan sodium hyaluronate yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit.

Produk dari Wardah ini juga mengandung surfaktan yang lembut sehingga tidak akan membuat kulit iritasi. Saat digunakan, produk ini akan berubah menjadi busa yang lembut dan dapat membersihkan kotoran dan minyak pada wajah. Supaya hasilnya lebih maksimal, gunakan secara teratur sesuai prosedur atau langkah yang ada pada kemasan.

Ada banyak produk facial wash terbaik untuk kulit kering yang ditemui di pasaran. Masing-masing produk memiliki manfaat tambahan yang dapat anda sesuaikan kebutuhan. Namun untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan sebaiknya anda konsultasi dengan ahlinya terlebih dahulu. Paling tidak, anda bisa mencobanya dan mengganti produk lain jika ada indikasi tidak cocok.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Nikeisha

Nikeisha suka bepergian, fotografi dan pastinya makanan enak. Dia paling sering bersama dengan laptopnya, menulis apa saja yang muncul dibenaknya.

Tags