10 Cara Makeup Natural untuk Remaja yang Mudah Dilakukan

10 Cara Makeup Natural untuk Remaja yang Mudah Dilakukan

Cara makeup natural untuk remaja sebenarnya tidak jauh berbeda dengan usia dewasa. Hanya teknik dan pemilihan warnanya yang berbeda, remaja lebih mengedepankan warna sesuai dengan kulitnya. Untuk selebihnya, hampir tidak ada yang perlu dikhawatirkan, mulai dari membersihkan wajah, menggunakan foundation, dan rias mata.

Usia remaja saat ini berbeda dengan zaman dulu, dimana sekarang penampilan menjadi nomor satu. Selain aksesoris yang digunakan untuk menambah kesan menarik, yang paling penting adalah riasan wajah itu sendiri. Banyaknya produk makeup yang ditemukan saat ini semakin mendukung aktivitas ini.

Diantara banyaknya jenis riasan wajah, kesan natural masih banyak diminati. Terlebih untuk remaja, kesan menor dan mencolok sering dihindari. Alasan umumnya karena tidak pantas, hanya usia dewasa yang lebih pantas menggunakan riasan yang menor. Untuk mendapatkan kesan natural, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebagai berikut!

1. Bersihkan Wajah

Bersihkan Wajah
Image by Popmama.com

Cara makeup natural untuk remaja yang pertama adalah membersihkan wajah terlebih dahulu. Langkah ini sangat penting dan wajib dilakukan untuk semua jenis riasan, jadi bukan hanya ketika ingin mendapatkan kesan natural saja. Tujuannya untuk membersihkan semua kotoran yang masih menempel pada wajah, baik karena debu, kotoran, maupun sisa makeup.

Dengan tidak adanya gangguan yang dimaksud, makeup dijamin lebih tahan lama dan mudah diaplikasikan. Anda tidak perlu mengulang untuk beberapa waktu kemudian seperti halnya makeup yang tidak menempel sempurna. Membersihkan wajah dapat dilakukan menggunakan facial foam atau sabun muka yang ringan.

Tidak ada cara khusus dalam hal ini, anda hanya perlu mencuci muka terlebih dahulu dengan air bersih. Selanjutnya mengoleskan facial foam secukupnya dan pijat perlahan. Jenis facial foam yang baik untuk kulit remaja yakni tanpa adanya kandungan scrub. Pijat perlahan searah dengan jarum jam membuat wajah jauh lebih bersih, kemudian bilas.

BACA:  10 Warna Lip Cream Emina untuk Kulit Sawo Matang

2. Gunakan Pelembap

Gunakan Pelembap
Image by Klikdokter.co

Setelah wajah bersih dari kotoran, cara makeup natural untuk remaja selanjutnya yaitu menggunakan pelembap. Untuk kali ini bukan hanya bagi pemilik kulit kering, kulit berminyak pun membutuhkan pelembap. Hanya saja jenis dan kandungannya berbeda, anda harus tahu akan hal ini. Gunakan pelembap yang ringan untuk jenis kulit berminyak.

Bagi pemilik kulit kering, disarankan menggunakan pelembap dengan kandungan yang lebih kuat. Fungsi pelembap sendiri bukan hanya menghasilkan kulit tidak terlihat kering, namun juga menutrisi dan menyehatkan. Sebagian produk bahkan dapat mengatasi jerawat dan melawan iritasi. Pastikan pelembap yang anda pilih sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki.

3. Pakai Sunblock atau Sunscreen

Pakai Sunblock atau Sunscreen
Image by Orami.co.id

Meski pelembap dapat melindungi kulit dari radiasi sinar UV, namun faktanya tidak cukup kuat. Ada beberapa pelembap yang diperkaya dengan SPF sebagai perlindungan dari sengatan sinar matahari. Namun silahkan dilihat sendiri angka SPF nya, pasti jauh lebih rendah daripada produk sunblock atau sunscreen.

Untuk itulah sangat disarankan tetap menggunakan produk yang dapat melindungi kulit secara maksimal dari sengatan panas matahari dan radiasi sinar UV. Bahaya sinar UV cukup mengganggu, diantaranya adalah sensasi panas dan terbakar pada kulit dan mempercepat tanda penuaan dini. Pada umumnya, sinar matahari merangsang produksi melanin sehingga kulit terlihat hitam.

4. Aplikasikan Base Makeup

Aplikasikan Base Makeup
Image by Kumparan.com

Setelah semua cara makeup natural untuk remaja diatas dilakukan, selanjutnya adalah mengaplikasikan base makeup. Ada banyak jenis base makeup yang dapat anda gunakan, baik BB cream, CC dream, dan bahkan foundation. Fungsinya tidak jauh berbeda, hanya saja untuk tekstur dan kekuatannya yang tidak sama.

Karena kulit remaja yang masih alami, ada baiknya menggunakan base makeup yang ringan. Sebagai contoh adalah BB cream yang teksturnya dianggap paling ringan diantara jenis lainnya. Fungsi dari base makeup tidak lain adalah agar hasil riasan tampak lebih mulus dan flawless. Selain itu, fungsi lain yang didapatkan yakni menyamarkan pori-pori dan kerut di wajah.

5. Perkuat dengan Bedak

Perkuat dengan Bedak
Image by Bp-guide.id

Meski penggunaan bedak dalam hal makeup sudah ketinggalan zaman, namun tidak demikian jika menginginkan hasil yang terlihat cantik. Bedak masih menjadi bagian penting dalam rangkaian riasan hingga hari ini. Tetapi dalam memilihnya tidak boleh sembarangan, termasuk tekstur atau bentuk bedak itu sendiri.

BACA:  10 Rekomendasi Produk Makeup Remover Terbaik

Jenis bedak saat ini bervariasi, bukan hanya padat dan bedak tabur saja seperti dulu. Sekarang ada bedak yang berbentuk mirip cream dan dianggap penggunaannya paling mudah. Jenis bedak yang cocok sebagai cara makeup natural untuk remaja adalah loose powder. Jenis ini memiliki tekstur yang ringan sehingga cocok bagi kulit remaja.

6. Oleskan Blush On

Oleskan Blush On
Image by Orami.co.id

Tips mendapatkan kesan makeup natural berikutnya yaitu menggunakan blush on. Seperti yang diketahui, kali ini tidak digunakan untuk seluruh wajah seperti halnya rangkaian sebelumnya. Blush on hanya digunakan di bagian pipi, itu pun hanya bagian tertentu saja. Manfaat dari cara makeup ini tidak lain supaya mendapatkan kesan lebih segar.

Perlu diperhatikan, jangan pernah berlebihan dalam penggunaannya. Pasalnya, bisa jadi hasil makeup justru terlihat menor. Cukup oleskan tipis pada pipi, terutama pada bagian tulang pipi. Selain itu, pastikan warna yang digunakan cocok untuk jenis kulit yang dimiliki. Untuk warna terbaik agar mendapatkan kesan natural adalah warna peach.

7. Sisir Alis

Sisir Alis
Image by Create.vista.com

Bagian wajah untuk mendapatkan kesan makeup natural sudah selesai, saatnya beralih ke bagian lainnya. Bagian lain yang penting yakni alis, dimana setiap orang memiliki bentuk dan ketebalan yang berbeda. Tidak perlu menebalkan alis, yang mana riasan justru terlihat mencolok. Cukup sisir alis agar terlihat rai dan jelas sehingga masih memberikan kesan alami.

Apabila ada bagian yang kosong atau tidak terlalu jelas, jangan dicukur bagian lainnya. Cara ini justru menghilangkan kesan natural yang menjadi tujuan utama makeup. Solusinya yakni dengan mengisi bagian kosong tersebut dengan pensil alis. Pastikan sesuai dengan warna aslinya, jangan terlalu tebal dan jangan pula terlalu tipis.

8. Gunakan Eyeshadow

Gunakan Eyeshadow
Image by Unsplash.com

Berikutnya adalah menggunakan eyeshadow sebagai rangkaian cara makeup natural untuk remaja. Pada umumnya, menggunakan eyeshadow dianggap hanya untuk menghiasi mata saja. Namun ternyata tidak demikian, manfaat lain yang didapatkan adalah untuk memberikan eksak menyeluruh pada riasan yang anda gunakan.

BACA:  10 Warna Lip Cream Wardah yang Paling Diincar Wanita

Jadi dapat dikatakan bahwa eyeshadow berperan penting untuk mendapatkan hasil natural atau tidak. Dalam hal ini, tentu ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan, terutama dalam pemilihan warna. Supaya terlihat alami dan terkesan tidak menggunakan makeup, gunakan satu warna saja tanpa kombinasi. Untuk warnanya sendiri usahakan sedikit lebih cerah daripada warna kulit.

9. Buat Bulu Mata Lentik

Buat Bulu Mata Lentik
Image by Batasmedia.co

Masih pada bagian mata supaya makeup terlihat natural, kali ini pada bagian bulu mata. Tidak semua orang memiliki bulu mata yang cantik untuk mendukung mengaplikasikan makeup supaya lebih mudah. Bulu mata dianggap cantik apabila ukurannya panjang dan bentuknya terbalik ke atas. Sayangnya, hanya sedikit wanita yang memilikinya.

Tetapi dengan kecanggihan teknologi saat ini, semua hal yang dulunya tidak mungkin menjadi mungkin. Tidak perlu menggunakan bulu mata palsu yang justru terlihat menor dan tidak alami. Cukup gunakan maskara untuk mendapatkan bulu mata yang letik. Selain itu, menggunakan maskara terbukti membuat kesan bulu mata lebih tebal.

10. Pakai Lipstik Warna Nude

Pakai Lipstik Warna Nude
Image by Review.bukalapak.com

Rangkaian terakhir bagi remaja yang ingin mendapatkan kesan makeup natural adalah menggunakan lipstick atau lip cream. Tidak sulit menemukan produk kosmetik ini, bahkan ada berbagai jenis yang tersedia di pasaran. Untuk cara penggunaan yang mudah, lebih disarankan menggunakan lip cream daripada lipstick. Namun hal ini sebenarnya tergantung selera dan kebutuhan.

Bagaimana dengan warnanya? Pastikan tidak mencolok, seperti merah, bold, atau bahkan ungu. Gunakan warna nude, karena kesan natural pasti didapatkan. Selain memberikan kesan natural, anda pun mendapatkan kesan sehat dan segar dengan warna ini. Cara menggunakannya pasti anda tahu, karena hanya dioleskan merata pada semua bagian bibir.

Itulah berbagai rangkaian cara makeup natural untuk remaja. Tidak semua langkah diatas wajib dilakukan, anda dapat menghilangkan satu atau dua bagian yang dianggap kurang penting. Tetapi jika ingin mendapatkan hasil yang sempurna, pastikan melakukan semua poin diatas. Supaya hasil riasan lebih awet, tidak ada salahnya menggunakan spray sebagai pamungkas.