Inilah Manfaat & Cara Membuat Masker Kentang untuk Mencerahkan Wajah

Inilah Manfaat & Cara Membuat Masker Kentang untuk Mencerahkan Wajah

Selain dijadikan untuk berbagai macam olahan masakan, bahan makanan yang kaya akan karbohidrat ini pun juga bisa untuk anda gunakan sebagai masker. Hal ini dikarenakan beberapa kandungan yang terdapat di dalam kentang baik untuk kecantikan kulit wajah anda. Untuk itu, bagi anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dari masker kentang, maka anda pun bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Kandungan yang Terdapat Pada Kentang

Kentang

Image Credit: Tvp.info

Salah satu makanan pengganti karbohidrat ini memiliki banyak kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, tak hanya bisa untuk dikonsumsi maka anda pun juga bisa untuk menggunakan kentang sebagai perawatan kecantikan yang alami, salah satunya adalah dengan menggunakannya sebagai masker. Dengan berbagai kandungan yang dimilikinya maka hal tersebut akan bisa merawat kulit dengan baik.

Memiliki beragam vitamin yakni mulai dari vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E dan juga vitamin B6, kentang pun juga mempunyai banyak mineral yang terkandung di dalamnya. Muali dari folat, besi, thiamin, niacin, magnesium, fosfor dan juga kalium. Sehingga hal tersebut tentu saja akan memiliki manfaat yang baik untuk kulit wajah anda.

Manfaat Kentang untuk Perawatan Wajah

1. Mampu Mengatasi Kulit Berminyak

15 Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami yang Mudah Dilakukan

Image Credit: Hellosehat.com

Bagi anda yang memiliki jenis kulit berminyak, maka dengan menggunakan masker kentang adalah salah satu solusi yang bisa untuk anda gunakan. Kulit wajah yang berminyak merupakan salah satu masalah kulit yang sering kali menjadi penyebab wajah menjadi berjerawat. Hal ini dikarenakan di dalam wajah terdapat produksi minyak yang berlebih sehingga nantinya akan membuat kulit menjadi lebih kusam dan hitam.

Untuk itu, dengan menggunakan masker kentang maka hal tersebut merupakan salah satu hal efektif yang bisa anda gunakan untuk mengurangi produksi minyak berlebih yang ada pada wajah anda. Selain itu, masker kentang pun juga bisa membuat kulit wajah anda nantinya menjadi lebih cerah dan juga lebih halus.

BACA:  Inilah Manfaat & Cara Membuat Masker Tomat untuk Kulit Wajah

2. Dapat Memutihkan Kulit Secara Alami

Membuat Kulit Semakin Cantik

Image Credit: Fimela.com

Selanjutnya, anda pun juga bisa untuk memutihkan kulit secara alami dengan menggunakan masker kentang ini. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C yang dimiliki oleh kentang. Warna kulit wajah anda yang tidak merata pun bisa anda atasi dengan rutin menggunakan masker dengan bahan kentang ini.

Beberapa masalah di wajah yang bisa menyebabkan kulit menjadi tidak merata diantaranya adalah seperti lingkaran hitam yang ada di bawah mata. Untuk itu, jika anda mengalami hal satu ini maka anda pun bisa mulai menggunakan masker kentang secara rutin. Sehingga anda pun akan bisa untuk mendapatkan kulit yang lembut.

3. Dapat Digunakan Sebagai Scrub Pada Wajah

Scrub Wajah

Image Credit: Suara.com

Selain itu, anda pun bisa menggunakan kentang sebagai scrub pada wajah anda. Hal ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati yang masih menempel pada kulit wajah anda. Tak hanya itu saja, kentang pun juga memiliki fungsi untuk mengatasi kulit yang kusam dan memiliki noda hitam. Kantung mata yang terdapat di wajah anda pun juga dapat tersamarkan dengan menggunakan kentang ini.

Untuk membuatnya menjadi scrub, maka anda pun bisa melakukan cara yang mudah yakni cukup dengan menggosokkan kentang yang sudah diparut ke wajah anda. Kemudian, sebelum anda membilasnya maka anda pun bisa mendiamkannya selama kurang lebih 10 menit. Selanjutnya, anda pun bisa membersihkannya dengan menggunakan air bersih.

4. Membantu Mengencangkan Kulit Wajah Anda

Mengencangkan Kulit Wajah

Image Credit: Findingbeautyme.com

Selanjutnya, masker kentang ini sendiri juga bisa untuk mengencangkan wajah anda yang mulai mengendur. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C yang dimiliki oleh kentang yang berperan untuk membuat kulit wajah menjadi lebih kencang. Untuk itu, anda pun bisa merawat kulit dengan menggunakan masker kentang. Sehingga nantinya kulit anda pun akan  tampak lebih sehat dan menyamarkan kerutan yang mulai terlihat pada wajah anda.

BACA:  10 Manfaat Beras Merah untuk Kecantikan & Kesehatan

5. Mampu Mencerahkan Kulit Wajah

Membuat Wajah Menjadi Cerah

Image Credit: Fairviewdentalcare.com

Membuat wajah menjadi cerah adalah salah satu hal yang bisa dilakukan ketika anda rajin mengoleskan masker kentang ke wajah anda. Dengan khasiatnya yang mampu untuk mengangkat sel kulit mati tersebut maka nantinya akan bisa membuat kulit wajah menjadi lebih cerah secara alami. Selain itu, berbagai macam kandungan lain seperti kalium, fosfor dan juga sulfur pun akan merawat kesehatan kulit anda menjadi lebih baik.

Cara Membuat Masker Kentang

1. Masker Kentang dan Jeruk Nipis

Kentang dan Jeruk Nipis

Image Credit: Theshonet.com

Untuk membuat masker kentang ini, maka anda pun membutuhkan campuran yakni jeruk nipis. Dengan kandungan vitamin C yang banyak dimiliki oleh jeruk nipis maka hal tersebut akan membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan mampu untuk menghilangkan jerawat. Cara untuk membuatnya adalah dengan menyiapkan kentang dan jeruk nipis.

Kemudian, anda pun bisa mengupas dan menghaluskan kentang tersebut. Selanjutnya, siapkan air dari perasan jeruk nipis dari satu jeruk nipis. Campurkanlah kedua bahan tersebut secara merata dan oleskan secara menyeluruh ke permukaan wajah anda. Anda pun bisa mendiamkannya selama kurang lebih yakni 10 menit. Barulah anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih.

2. Masker Kentang Dengan Mentimun dan Kunyit

Kentang dan Mentimun

Image Credit: Fimela.com

Selanjutnya, anda pun bisa membuat masker kentang dan mencampurnya dengan menggunakan mentimun dan kunyit. Perlu anda tahu bahwa mentimun merupakan salah satu bahan alami yang mampu untuk menyeimbangkan pH pada kulit wajah dan berfungsi untuk mengecilkan pori pori yang ada pada kulit wajah. Sehingga untuk membuatnya, maka anda bisa menyiapkan kentang, lemon, mentimun dan kunyit.

Setelah kentang dan mentimun telah dihaluskan, maka anda pun bisa mencampur seluruh bahan ke dalam satu mangkuk. Kemudian, oleskan ke wajah secara merata pada seluruh wajah anda. Biarkanlah hingga masker meresap ke dalam kulit anda selama kurang lebih yakni sekitar 30 menit. Setelah itu, barulah anda bisa membilasnya dengan menggunakna air hingga bersih.

3. Masker Kentang, Susu dan Baking Powder

Kentang dan Susu

Image Credit: Parenting.orami.co.id

Salah satu zat exofolian yang alami adalah baking soda. Hal ini berguna untuk mengangkat sel kulit mati yang ada di dalam wajah anda. Sel kulit mati tersebut akan membuat anda memiliki wjaha yang kusam. Untuk itu, jika anda mencampurkan baking powder dengan kentang dan juga susu maka nantinya akan bisa menghasilkan masker yang bagus untuk wajah anda.

BACA:  10 Cara Menghilangkan Komedo Hitam & Putih di Hidung Secara Alami

Cara yang perlu untuk anda lakukan adalah dengan menyiapkan sekitar 2 sendok makan susu, 1 sendok teh baking powder, dan ½ buah kentang yang telah anda haluskan. Kemudian, campurkan semua bahan hinga menjadi satu dan oleskan ke wajah anda. Selanjutnya, anda pun bisa mendiamkannya selama kurang lebih 20 menit dan bilaslah wajah anda dengan menggunakan air bersih.

4. Masker Kentang dan Wortel

Kentang dan Wortel

Image Credit: Peakpx.com

Bahan lainnya yang bisa untuk anda gunakan sebagai campuran dari masker kentang adalah wortel. Hal ini dikarenakan jika anda mencampurkan wortel dan kentang maka hal tersebut akan membuat wajah menjadi lebih cerah. Dengan adanya kandungan beta karoten yang dimiliki oleh wortel maka hal tersebut akan berfungsi untuk menghilangkan kerutan yang ada pada wajah anda.

Cara membuatnya yakni anda perlu untuk mengukus wortel terlebih dahulu. Kemudian, campurkan dengan kentang yang sudah dihaluskan tersebut. Setelah itu, anda pun bisa mengoleskan ke wajah dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Lalu anda pun bisa mencuci wajah hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal maka anda pun bisa menggunakan selama 2 – 3 kali dalam seminggu.

5. Masker Kentang dan Madu

Kentang dan Madu

Image Credit: Today.line.me

Untuk menghilangkan jerawat, maka anda pun bisa menggunakan campuran madu di dalam masker kentang anda. Untuk itu, anda bisa menghaluskan kentang dan mencampurnya dengan madu dalam satu mangkok. Kemudian, cuci muka anda dengan bersih dan oleskan ke seluruh permukaan wajah. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan menggunakan air bersih hingga tidak ada sisa masker yang menempel.

Dengan membuat masker kentang sendiri di rumah, maka hal tersebut akan membantu anda untuk membuat kulit wajah menjadi lebih cerah. Selain itu, berbagai macam kandungan yang terdapat di dalam kentang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan wajah anda. Untuk itu, anda pun bisa menggunakannya secara rutin untuk hasil yang maksimal.