10 Cara Membuat Masker Jeruk Nipis untuk Mencerahkan Wajah

10 Cara Membuat Masker Jeruk Nipis untuk Mencerahkan Wajah

Tahukah anda bahwa ada cara membuat masker jeruk nipis yang berguna untuk mencerahkan wajah? Daripada harus membeli produk kecantikan yang belum tentu cocok, tidak ada salahnya anda mencoba menggunakan masker alami ini. Apalagi caranya tidak terlalu sulit, yang penting anda tahu kombinasi bahan dan cara pemakaiannya.

Jeruk nipis yang memiliki nama latin Citrus Aurantifolia telah lama digunakan dalam berbagai produk kecantikan karena kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Kandungan asam sitrat di dalamnya dapat membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit, termasuk mengurangi tampilan noda dan bintik hitam.

Jeruk nipis juga dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Anda dapat mencampurkan jus jeruk nipis dengan air dan mengaplikasikan nya ke wajah sebagai toner alami. Aromanya yang menyegarkan dapat membantu memberikan sensasi dingin pada kulit. Untuk membuatnya menjadi masker, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan.

Rekomendasi Masker untuk Mencerahkan Wajah

1. Cara Membuat Masker Jeruk Nipis tanpa Campuran

Masker Jeruk Nipis tanpa Campuran
Image by Diadona.id

Pertama, anda bisa menggunakan cara membuat masker jeruk nipis tanpa campuran untuk mencerahkan kulit. Buah ini mengandung asam sitrat yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Selain itu, kandungan vitamin C pada jeruk nipis juga berfungsi sebagai antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Cara membuatnya sangat mudah, karena anda tidak perlu menggunakan campuran apapun. Siapkan jeruk nipis secukupnya, bisa 1 buah atau 2 buah berukuran sedang. Potong menjadi dua bagian, kemudian peras di wadah yang sebelumnya disiapkan. Oleskan secara merata pada wajah, lalu tunggu sekitar 15 menit dan kemudian bilas hingga bersih.

Baca Juga:  10 Manfaat Buah Kiwi untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Diketahui

2. Masker Jeruk Nipis dan Mentimun

Masker Jeruk Nipis dan Mentimun
Image by Nuansa.web.id

Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, anda bisa mencampurkan dengan bahan lainnya. Salah satu bahan yang dimaksud adalah mentimun, dimana juga memiliki kandungan antioksidan tinggi. Bukan hanya mencerahkan kulit, namun kedua bahan ini juga sangat baik untuk memberikan nutrisi dan membuat kulit wajah selalu sehat.

Bagaimana cara membuat masker jeruk nipis dengan mentimun? Pastinya tidak sulit, yang penting anda menyiapkan kedua bahan tersebut. Peras jeruk nipis di wadah, lalu silahkan kupas mentimun dan buang isinya. Campurkan kedua bahan tersebut menggunakan blender. Selanjutnya oles menyeluruh pada wajah, tunggu 10 atau 15 menit dan bilas hingga bersih.

3. Masker Jeruk Nipis dan Yoghurt

Masker Jeruk Nipis dan Yoghurt
Image by Beninwebtv.bj

Masker wajah adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kulit tetap sehat dan cantik. Namun, kebanyakan produk perawatan kulit yang dijual di pasaran cenderung mengandung bahan kimia dan konservatif yang dapat merusak kulit dalam jangka panjang. Oleh karena itu, cara terbaik adalah menggunakan bahan alami seperti jeruk nipis dan yogurt.

Sebagaimana cara sebelumnya, anda harus mencampur kedua bahan tersebut hingga merata sempurna. Selanjutnya usapkan pada wajah secara menyeluruh, usahakan digunakan malam hari. Setelah menunggu sekitar 15 menit, anda bisa membilas dengan air hangat dan mengeringkan dengan handuk lembut.

Merk Masker Korea Bikin Wajah Glowing

4. Masker Jeruk Nipis dan Madu

Masker Jeruk Nipis dan Madu
Image by Paragram.id

Cara membuat masker jeruk nipis selanjutnya bisa dicampurkan dengan madu. Kedua bahan ini dapat digunakan untuk membantu memperbaiki dan meremajakan kulit wajah. Selain itu, manfaat lain yang didapatkan pastinya adalah untuk mencerahkan kulit. Untuk membuatnya, anda bisa menggunakan takaran yang sama, misalnya masing-masing satu sendok makan.

Campur hingga merata sempurna, lalu oles ke seluruh bagian wajah. Pada saat penggunaan, pastikan anda tidak mengenai daerah bibir dan mata. Tunggu hingga sedikit kering, lalu anda bisa membilasnya. Untuk hasil lebih maksimal, gunakan pelembap yang mengandung bahan alami setelah pemakaian masker tersebut.

5. Membuat Masker Jeruk Nipis dan Pisang

Membuat Masker Jeruk Nipis dan Pisang
Image by Orami.co.id

Kulit wajah yang cerah dan sehat adalah impian bagi banyak orang. Ada banyak produk perawatan kulit yang dijual di pasaran untuk membantu mencerahkan kulit, namun beberapa di antaranya tidak cocok untuk jenis kulit tertentu. Mencoba masker dari bahan alami tentu tidak ada salahnya, contohnya mencampurkan jeruk nipis dengan pisang.

Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan antioksidan yang membantu mengurangi kerutan dan mencerahkan kulit. Sedangkan pisang mengandung nutrisi yang membantu melembapkan kulit. Caranya tidak jauh berbeda seperti yang disebutkan diatas, anda cukup mencampurkan keduanya, lalu digunakan pada wajah dan dibilas hingga bersih.

6. Masker Jeruk Nipis dan Tomat

Masker Jeruk Nipis dan Tomat
Image by Dermeva.com

Selain bahan yang disebutkan sebelumnya, tomat juga sangat bagus digunakan sebagai campuran jeruk nipis. Masker jeruk nipis dan tomat merupakan salah satu cara alami untuk memperbaiki kulit yang kusam dan tidak cerah. Kandungan asam sitrat jeruk nipis dapat membantu mengangkat sel kulit mati, sementara tomat mengandung vitamin C dan likopen yang dapat membantu mencerahkan kulit.

Potong tomat menjadi beberapa bagian, kemudian blender hingga halus. Sementara anda bisa memeras jeruk nipis dan mengambil airnya saja. Campurkan kedua bahan tersebut hingga merata sempurna. Selanjutnya tinggal dipakai secara merata pada wajah, lalu anda bisa membilasnya menggunakan air hangat jika sudah sedikit kering.

7. Masker Jeruk Nipis dan Baking Soda

Masker Jeruk Nipis dan Baking Soda
Image by Kawaiibeautyjapan.com

Cara membuat masker jeruk nipis untuk mencerahkan wajah selanjutnya yakni dengan mencampurkan baking soda. Jeruk nipis mengandung berbagai bahan penting yang sudah banyak dijelaskan diatas. Sedangkan baking soda memiliki fungsi utama untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan memperbaiki tekstur kulit.

Dengan kedua bahan utama tersebut, silahkan dalam mangkuk kecil. Tambahkan air sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk, hingga membentuk pasta yang kental. Bersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian oleskan masker alami yang sudah jadi tadi secara menyeluruh. Tunggu hingga sedikit kering, atau setidaknya 15 menit, kemudian bilas sampai bersih.

8. Cara Membuat Masker Jeruk Nipis dan Pepaya

Cara-Membuat-Masker-Jeruk-Nipis-dan-Pepaya
Image by Mosregfermer.ru

Jeruk nipis dan pepaya sama-sama memiliki kandungan vitamin C tinggi yang baik untuk mencerahkan kulit. Bukan hanya mencerahkan saja sebenarnya, namun kedua kandungan ini juga mampu menyehatkan kulit secara menyeluruh. Meski sedikit ribet cara membuatnya, namun tidak ada masalah apabila memang terbukti berhasil.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan kedua bahan yang dimaksud. Selanjutnya potong pepaya menjadi kecil dan masukkan ke dalam blender. Peras jeruk nipis kedalam blender secukupnya, usahakan bijinya jangan ikut masuk. Setelah tercampur merata, gunakan secukupnya pada wajah, kemudian bilas dengan air dingin setelah 15 menit.

Baca Juga:  10 Cream Penghilang Flek Hitam Terbaik & Ampuh

9. Masker Jeruk Nipis dan Putih Telur

Masker Jeruk Nipis dan Putih Telur
Image by Sehatanda99.blogspot.com

Masker wajah yang terbuat dari bahan alami sering digunakan untuk menjaga kecantikan kulit, termasuk mencerahkan. Selain campuran jeruk nipis yang disebutkan diatas, anda pun bisa menggunakan putih telur. Kombinasi kedua bahan ini dapat membantu mengencangkan kulit, mengurangi noda hitam, dan menyamarkan garis-garis halus pada wajah.

Tidak perlu banyak, cukup sediakan 1 putih telur dan 1 buah jeruk nipis. Peras jeruk nipis dan ambil airnya, kemudian masukkan ke dalam mangkuk. Pisahkan putih telur, lalu campurkan pada jeruk nipis tadi. Kocok keduanya hingga berbusa, anda bisa menggunakan mixer jika perlu. Selanjutnya silahkan dipakai seperti halnya anda menggunakan masker pada umumnya, lalu bilas sampai bersih.

10. Masker Jeruk Nipis dan Garam

Masker Jeruk Nipis dan Garam
Image by Intisari.grid.id

Mungkin banyak yang tidak percaya bahwa garam dapat dijadikan campuran jeruk nipis untuk membuat masker yang dapat mencerahkan kulit. Jika dilihat dari kandungannya, sebenarnya manfaat ini sangat masuk akal. Garam mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan kulit, misalnya natrium, kalium, magnesium, dan kalsium.

Untuk cara membuatnya sangat mudah, anda hanya perlu memeras jeruk nipis dan diambil airnya. Kemudian tambahkan garam secukupnya, perbandingan sekitar satu sendok jeruk nipis dibanding setengah sendok garam. Aduk hingga merata, kemudian silahkan dioleskan pada wajah. Seperti biasa, anda harus membilasnya hingga bersih setelah 10 atau 15 menit.

Penting diketahui, kombinasi antara jeruk nipis dan garam membantu membersihkan kulit dari kotoran dan sel-sel kulit mati. Karena keduanya memiliki sifat antibakteri, manfaat lain yang didapatkan adalah membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Khusus untuk garam, bahan ini sangat baik untuk membantu mengurangi peradangan pada kulit.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai cara membuat masker jeruk nipis yang dikombinasikan dengan beberapa bahan. Anda bisa menggunakan pisang, madu, pepaya, baking soda, dan lainnya yang telah disebutkan. Namun ingat, masker semua kombinasi bahan tersebut belum tentu cocok untuk semua jenis kulit, sebaiknya anda konsultasi dulu dengan ahlinya.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Rafika Ilham

Rafika suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags