10 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Hingga saat ini, keluhan akan permasalahan kulit seperti flek hitam masih menjadi topik hangat diperbincangkan. Selain mengurangi kecantikan kulit, munculnya flek hitam dapat menurunkan rasa percaya diri penderitanya. Ketika kondisi tersebut datang, silahkan coba menggunakan bahan alami untuk menyingkirkan bintik hitam sekaligus meminimalisir efek samping dari produk berbahaya. Berikut beberapa bahan alami untuk menghilangkan bintik hitam di wajah.

1. Menggunakan Oatmeal

Oatmeal

Image Credit: Rouxbe.com

Umumnya oatmeal diolah menjadi menu sarapan sehat yang siap menggoyang lidah. Agar rasanya semakin nikmat, oatmeal akan ditambahkan dengan aneka buah segar yang tentunya kaya akan gizi. Selain dikonsumsi secara langsung, sebagian orang telah menggunakannya sebagai masker alami dan bisa dibuat sendiri di rumah. Selain lebih murah, penggunaan masker alami ini tidak akan menimbulkan efek negatif ketika digunakan.

Kenapa harus menggunakan oatmeal sebagai alternatif terbaik ? Pasalnya kandungan di dalamnya siap membantu dalam proses eksfoliasi, dan menampilkan sel kulit baru yang tampak lebih bersih nan sehat sebagai generasi berikutnya. Sedangkan kandungan saponinnya akan berfungsi sebagai pembersih alami kulit. Dengan kata lain, penggunaan oatmeal sebagai masker akan menyapu bersih flek hitam di wajah dalam proses pengangkatan sel kulit mati.

Cara membuat masker alami ini pun cukup mudah dan cukup mudah ditemukan di pasaran dengan harga terjangkau. Pertama tama, silahkan tumbuk secangkir oatmeal hingga halus lalu tambahkan sekitar 3 hingga 4 sendok makan dari air perasan lemon. Jika anda memiliki kulit sensitif dan menghindari pengguaan air lemon karena terlalu asam, gunakan saja madu sebagai penggantinya. Sebab madu juga dikenal bagus bagi kecantikan kulit.

Ketika kedua bahan tersebut sudah bercampur merata, oleskan secara menyeluruh ke seluruh wajah yang terlebih dahulu dibersihkan. Agar khasiatnya meresap sempurna, silahkan diamkan selama beberapa menit kedepan hingga masker berubah menjadi kering. Pijat dan gosok masker tersebut secara lembut dan perlahan hingga butiran maskernya rontok, sesudahnya barulah basuh menggunakan air hangat.

Bagi sebagian orang, mungkin masker satu ini tampak lengket dan berbentuk pasta yang sedikit susah untuk dibersihkan. Apabila masker cukup sulit untuk dibersihkan, cobalah gunakan kain bersih nan lembut sebagai alat bantunya. Sebelum digunakan, rendam dahulu pada air hangat lalu usapkan perlahan ke wajah demi mengurangi gesekan yang dapat melukai kulit. Jika memungkinkan, lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil maksimal.

2. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah Buaya

Image Credit: Kanal24.az

Beberapa waktu terakhir, popularitas lidah buaya kian meningkat dan dibarengi dengan banyaknya produk kecantikan yang menambahkannya dalam bahan pembuatannya. Kondisi ini tampak wajar, mengingat aloe vera memang terkenal akan khasiatnya yang mampu berperan sebagai obat alami penghilang flek hitam membandel. Dengan bantuan kandungan polisakaridanya, diyakini mampu merangsang pertumbuhan sel sel kulit baru.

Apabila pertumbuhan sel baru terjadi, secara otomatis sel kulit mati pun akan terangkat dan digantikan oleh generasi yang baru. Selain memunculkan sel kulit baru ke permukaan, kandungan pada lidah buaya tersebut mampu menyembuhkan bekas luka. Dengan begini, tidak ada alasan untuk tidak menjadikan lidah buaya sebagai bahan alami untuk hilangkan flek hitam membandel di wajah.

Cara perawatan menggunakan lidah buaya pun cukup mudah dan sederhana, dimana anda hanya memerlukan satu daunnya lalu sisihkan bagian kulitnya dan ambil gel berwarna beningnya. Selanjutnya oleskan gel yang berlendir tersebut ke area wajah yang terdapat flek hitam, sembari memijatnya dengan lembut dan perlahan. Demi mendapatkan hasil terbaik, silahkan tunggu beberapa saat hingga gel terserap ke dalam kulit dan lakukan perawatan ini secara rutin.

BACA:  10 Cara Merawat Wajah Secara Alami Agar Tidak Kusam

3. Menggunakan Madu

Madu

Image Credit: Blog.regopantes.com

Madu sedari dulu sudah dikenal akan khasiatnya yang baik bagi kesehatan tubuh maupun kesehatan kulit. Oleh sebab itulah, hingga kini madu asli masih kerap diburu di pasaran meski harganya cukup tinggi dan sudah mulai langka. Bagi dunia kesehatan kulit, madu sangat berperan penting untuk menghilangkan flek hitam membandel di kulit. Berdasarkan hal inilah, wajar saja jika ditemukan berbagai produk yang mengklaim menggunakan madu dalam pembuatannya.

Jika ingin menggunakannya sebagai bahan pengusir flek hitam, tampaknya masker madu bisa menjadi solusinya. Oleskan secara merata ke seluruh wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya, kemudian diamkan selama beberapa saat hingga masker mulai mengering dengan sendirinya. Ketika masker sudah kering, anda bisa membilasnya menggunakan air bersih dan rasakan perbedaannya sebelum dan sesudah menggunakannya.

4. Menggunakan Kentang

Image Credit: Tvp.info

Selain menggunakan ketika bahan alami diatas, anda juga bisa memanfaatkan kentang sebagai cara sederhana memudarkan bintik hitam di wajah sekaligus memutihkan secara alami. Pasalnya kentang mengandung zat tepung yang diyakini mampu membantu mengurangi produksi pigmentasi berlebih, sedangkan zat enzim akan membantu menyehatkan kulit wajah. Bagaimana cara mendapatkan khasiat tersebut ?

Ada beberapa metode yang bisa diterapkan untuk menghilangkan bintik hitam sekaligus menyehatkan kulit. Dimana pada metode pertama, anda hanya perlu memotong kentang tipis tipis lalu meletakkannya di area wajah yang terdapat flek hitam. Setelahnya diamkan beberapa menit lalu basuh wajah menggunakan air hangat, kemudian lihatlah hasilnya. Kaya akan manfaat, wajar jika ditemukan produk kecantikan menggunakan kentang dalam bahan pembuatannya.

Pada metode kedua, kentang akan dikupas lalu diparut terlebih dahulu sebelum dicampurkan dengan 1 sendok teh madu. Setelah tercampur merata, oleskan adonan tersebut ke wajah secara merata dan diamkan hingga kering sebelum dibilas menggunakan air hangat. Sedangkan pada metode ketiga, anda perlu memblender 1 buah kentang untuk diambil sarinya saja. Setelahnya, tambahkan perasan air lemon dan sedikit bubuk kunyit dan kenakan sebagai masker.

5. Menggunakan Kayu Cendana

Kayu Cendana

Image Credit: Aidersonprochain.com

Terkenal akan aromanya yang harus semerbak, siapa sangka jika tanaman parasite satu ini sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit. Pasalnya, kandungan minyak yang berada di dalam kayunya mampu menuntaskan permasalahan kulit seperti flek hitam secara alami. Untuk mendapatkan khasiatnya tersebut, anda hanya perlu meraciknya hingga menjadi masker dan lakukan perawatan ini hingga tidak ada satupun flek yang tertinggal.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat masker kayu cendana yaitu 1 sendok makan gliserin, 3 sendok makan air mawar, dan tentu saja 1 sendok makan bubuk cendana. Apabila tidak memiliki air mawar, gunakan saja susu ataupun madu sebagai gantinya. Aduk semua bahan hingga tercampur merata, kemudian oleskan pasta tersebut ke area wajah yang terdapat bintik hitam. Biarkan dalam beberapa menit kedepan sebelum dibasuh menggunakan air bersih.

6. Menggunakan Kunyit

Kunyit

Image Credit: Truemaxhealth.com

Selama ini, kunyit hanyalah dikenal sebagai bumbu dapur yang mampu memberikan cita rasa sedap. Dibalik manfaatnya sebagai bumbu dapur, ternyata kunyit memiliki zat khusus yang mampu mencerahkan kulit sekaligus menghilangkan bintik hitam di wajah. Bahkan bumbu yang berwarna kuning pekat ini, dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat radikal bebas serta mengurangi pigmentasi kulit.

BACA:  10 Manfaat Jeruk Nipis untuk Perawatan Wajah Anda

Agar mendapatkan khasiat dari kunyit, anda bisa menjadikannya sebagai masker dan digunakan secara rutin. Pembuatan maskernya pun cukup sederhana, cukup siapkan 2 sendok teh kunyit lalu tambahkan sedikit susu serta perasan air lemon. Ketika semua bahan telah tercampur sempurna, oleskan ke beberapa area wajah yang ditemukan flek hitam. Diamkan selama beberapa saat dan bersihkan sisa masker tersebut menggunakan air hangat.

7. Menggunakan Pepaya

Pepaya

Image Credit: Merdeka.com

Dikenal akan rasanya yang manis dan kaya akan vitamin, tidak heran jika buah pepaya cukup banyak digemari. Bahkan dimakan secara langsung saja, buah ini terasa segar lantaran mengandung air yang cukup melimpah. Tidak jarang pula, buah berwarna orange tersebut dijadikan sebagai serangkaian perawatan kecantikan kulit. Kandungan di dalam buah pepaya, diyakini mampu menghilangkan flek hitam yang mengganggu penampilan.

Enzim yang terkandung dalam buah ini pun siap membantu anda mewujudkan mimpi untuk memiliki wajah bersih nan cerah. Lebih hebatnya lagi, buah ini mengandung papain yang mampu dalam proses pengelupasan kulit dan menyingkirkan sel kulit mati agar tidak menumpuk di dalam pori pori. Bahkan dengan sifat pembersihannya, dirasa mampu menuntaskan berbagai kotoran sekaligus memberikan perlindungan kulit dari paparan sinar matahari.

Dengan semua kelebihan yang dimilikinya, tidak mengherankan jika bermunculan produk kecantikan yang menggunakan buah pepaya dalam proses pembuatannya. Selain membeli produk kecantikan yang tentunya sudah ditambahkan dengan berbagai bahan kimia lainnya, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat masker pepaya sendiri. Selain lebih hemat, hanya menggunakan bahan alami tentunya menurunkan resiko terkena efek buruknya.

Ada dua metode pembuatan masker alami menggunakan pepaya sebagai bahan menghilangkan flek hitam dikulit. Pada cara pertama, potong buah pepaya yang sudah matang sempurna menjadi beberapa bagian lalu haluskan hingga teksturnya berubah menjadi bubur. Oleskan bubur pepaya tersebut ke seluruh wajah secara merata, lalu diamkan selama beberapa menit hingga airnya meresap ke dalam kulit dan bilas menggunakan air bersih.

Pada metode membuat masker kedua, anda perlu memarut buah pepaya hijau kemudian ditambahkan dengan air perasaan jeruk nipis. Setelah semua bahan tersebut tercampur merata, oleskan pada beberapa area wajah yang memiliki flek hitam. Namun pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan. Sebelum membilasnya, biarkan dahulu selama kurang lebih 15 menit agar kandungan di dalam buah pepaya terserap oleh kulit.

Agar khasiatnya segera dirasakan, silahkan lakukan perawatan ini selama dua kali seminggu. Selain memanfaatkan bagian daging buahnya, anda juga bisa memanfaatkan kulit pepaya sebagai scrub alami bagi perawatan bagian siku dan lutut. Kedua bagian tubuh tersebut, umumnya memiliki warna yang sedikit lebih pekat daripada bagian tubuh lainnya. Dan di tempat itu pula, biasanya kulit mati akan menumpuk dan harus segera disingkirkan.

8. Menggunakan Putih Telur

Putih Telur

Image Credit: Sportadictos.com

Telur ayam merupakan salah satu bahan masakan yang cukup mudah ditemukan di pasaran. Selain dari rasanya yang lezat dan dapat diolah menjadi berbagai kuliner lezat, harga telur ayam dirasa ramah di kantong. Jika umumnya anda hanya menggunakannya sebagai bahan masakan, kenapa tidak mencoba menjadikanya sebagai masker penghilang flek hitam di kulit. Karena terbuat dari bahan alami, pastinya khasiatnya akan lebih terasa tanpa efek samping.

Ketika hendak membuat masker dari telur ayam, anda hanya memerlukan bagian putihnya saja. Untuk itulah, pisahkan antara putih dan kuning telurnya terlebih dahulu sebelum digunakan sebagai masker. Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan, yaitu mencuci wajah ketika hendak mengaplikasikan masker di permukaan wajah. Saat sudah dioleskan, silahkan diamkan beberapa saat sebelum membilasnya menggunakan air bersih.

BACA:  10 Manfaat Cuka Apel untuk Kulit Wajah yang Perlu Diketahui

Meski kaya akan khasiat, tak jarang bau amis khas telur justru membuat sebagian orang menyerah untuk melakukannya. Apabila anda termasuk orang yang tidak tahan dengan baunya, tambahkan saja sedikit madu ataupun jeruk nipis sebagai solusi terbaik. Masker alami ini bukan hanya menyingkirkan flek hitam membandel, namun putih telur juga kerap digunakan sebagai bahan alami untuk mengangkat komedo.

9. Menggunakan Kacang Almond

Kacang Almond

Image Credit: Stvarukusa.rs

Kandungan di dalam kacang almond, dipercaya dapat membantu anda mewujudkan kulit cantik nan sehat karena tidak ada lagi flek hitam yang mengganggu sekaligus menghilangkan bekas luka. Dengan kandungan vitamin E, lemak sehat, serta antioksidan siap menjaga kulit agar tetap bersih dan mulus bak perawatan di klinik kecantikan. Apakah anda tertarik mencoba menggunakannya sebagai bahan pembuatan masker alami ?

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mengambil setidaknya 8 hingga 10 biji almond, kemudian rendam ke dalam susu selama semalam penuh. Di keesokan harinya, silahkan kupas kulitnya lalu giling kacang hingga tekturnya berubah menjadi lebih halus. Sebagai pelengkapnya, tambahkan 1 sendok teh bubuk cendana serta satu sendok teh madu ke dalam bubuk kacang almond. Jika semua bahan sudah siap, silahkan aduk hingga berbentuk seperti pasta.

Oleskan adonan pasta tersebut ke wajah secara menyeluruh nan merata, kemudian bilas setelah didiamkan sekitar kurang lebih 30 menitan. Selagi menunggu masker mengering, anda bisa melakukan aktifitas lain dan membiarkan kulit meresap semua khasiatnya. Agar mendapatkan hasil lebih maksimal, jangan lupa menggunakan masker wajah ini sebagai perawatan wajah hingga tidak ada lagi flek hitam.

Selain difungsikan sebagai masker, anda juga bisa menggunakan minyak almond sebagai opsi tambahannya. Sebelum menggunakannya, pastikan untuk mencuci wajah terlebih dahulu barulah balur minyak ke seluruh permukaan kulit wajah. Selagi membalurkan minyak secara merata, jangan lupa untuk memberikan sedikit pijatan lembut untuk meratakan warna kulit sekaligus mengurangi kerusakan kulit karena terpapar sinar matahari.

10. Jus Lemon

Jus Lemon

Image Credit: Ostrnum.com

Kandungan vitamin C pada air perasan lemon, dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan flek hitam membandel di wajah. Untuk mendapatkan khasiatnya, silahkan ambil air perasan lemonnya menggunakan kapas dan gosokkan secara lembut ke area wajah yang terdapat flek hitam. Diamkan beberapa saat hingga air perasan lemon tersebut mengering dan menyerap ke dalam kulit. Jika dirasa sudah cukup, silahkan bilas menggunakan air bersih.

Agar bintik hitam cepat menghilang, silahkan lakukan perawatan ini dalam waktu dua minggu secara berturut turut. Khusus bagi anda yang memuliki kulit sensitif, dianjurkan untuk menambahkan air perasan lemon dengan sedikit air atau madu maupun air mawar untuk mengurangi kadar keasaman. Sebelum menggunakan perawatan satu ini, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan.

Syarat tersebut mengharuskan anda untuk tidak mengaplikasikan pada area kulit yang memiliki luka terbuka, karena akan sangat berbahaya dan akan menimbulkan rasa perih tak kunjung usai. Selain itu, pastikan kulit tidak terpapar sinar matahari usai melakukan perawatan satu ini. Langkah pencegahan ini perlu dilakukan agar kulit tidak mengalami fotosensitif yang justru menurunkan kesehatan kulit.

Kulit sehat memang menjadi sebuah dampaan bagi para wanita. Hanya saja, munculnya flek hitam di saat yang tidak terduga, seakan memudarkan impian untuk bisa mendapatkannya. Namun tak perlu khawatir, karena anda masih bisa mencoba memanfaatkan berbagai bahan alami yang ada di dalam dapur hunian untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Demi mendapatkan hasil maksimal, jangan lupa lakukan perawatan kulit secara rutin dan diimbangi dengan konsumsi makanan kaya gizi.