10 Cream Penghilang Flek Hitam Terbaik & Ampuh

10 Cream Penghilang Flek Hitam Terbaik & Ampuh

Bagi seseorang yang tinggal di daerah tropis, kemunculan flek hitam pastinya wajar. Namun hal tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja karena dapat mengganggu penampilan. Salah satu yaitu menggunakan cream untuk menghilangkan flek hitam yang banyak ditemukan di pasaran. Sebagian produk bahkan terbukti ampuh mengatasi masalah ini hanya dalam hitungan minggu.

Ada beberapa penyebab munculnya flek hitam yang patut diketahui. Paling umum yakni terkena paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama. Oleh sebab itulah ahli kecantikan selalu menyarankan penggunaan tabir surya ketika melakukan aktivitas diluar ruangan. Anda bisa memilih produk skincare tersebut dengan kandungan SPF, baik 15, 30, atau 50, tergantung kebutuhan.

Penyebab lain dan paling umum terjadi adalah bekas jerawat yang tidak kunjung hilang. Pada dasarnya, bekas jerawat yang menghitam cukup sulit dihilangkan. Namun dengan cream terbaik, masalah flek hitam juga bisa diatasi. Pigmentasi berlebih dan faktor genetik juga menjadi penyebab lain, meskipun hanya terjadi pada sebagian orang.

Tipe Memilih Cream Penghilang Flek Hitam

Tipe Memilih Cream Penghilang Flek Hitam
Image by Beautynesia.id

Flek hitam atau yang disebut juga dengan noda hitam tidak hanya terjadi pada wanita, sebagian pria juga mengalami masalah ini. Apalagi bagi mereka yang sering beraktivitas diluar ruangan, sangat mungkin terjadi gangguan penampilan seperti ini. Dalam hal mengatasinya, alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara memilih cream terbaik untuk menghilangkan flek hitam berikut!

✦ Perhatikan Kandungan Aktif Produk

Setiap produk pasti memiliki bahan andalan masing-masing untuk mengatasi flek hitam. Kandungan utama maupun pendukung memberikan efek berbeda pada kulit. Sebagai bahan pencerah alami, pilih produk dengan bahan vitamin C dan niacinamide. Kandungan tersebut juga bermanfaat untuk meratakan warna kulit dan sekaligus menekan produksi melanin.

Selain itu, pastikan cream yang anda pilih juga mengandung tranexamic acid. Termasuk salah satu zat asam yang baik untuk kulit, tranexamic acid berguna untuk mengaluskan kulit yang kasar. Kandungan tersebut juga efektif mencegah pigmentasi yang diakibatkan oleh paparan sinar UV dan radiasi matahari.

Untuk menghambat munculnya flek hitam, pilih cream dengan kandungan arbutin. Zat aktifnya mampu menekan produksi hormon tyrosinase yang bertugas untuk membentuk melanin. Ada manfaat lain yang didapat dari kandungan tersebut, yakni memudarkan bekas jerawat, mengurangi hiperpigmentasi, dan mencerahkan wajah seperti halnya vitamin C.

BACA:  15 Manfaat Pisang untuk Kecantikan Hingga Kesehatan

Belum lengkap rasanya jika produk skincare tidak mengandung ekstrak plasenta. Fungsi kandungan tersebut sangat penting, terutama bagi usia paruh baya. Manfaat yang didapat yakni menghambat tanda penuaan dini dan membuat kulit terasa lebih kencang dan bersinar. Selain itu, ekstrak plasenta juga baik untuk kulit kusam dan terlihat kering.

✦ Pilih Cream Penghilang Flek Hitam yang Mengandung pelembap

Memilih cream penghilang flek hitam dengan kandungan pelepa sangat penting. Hal ini dikarenakan bagian wajah sangat rawan terkena paparan sinar matahari. Kondisi tersebut membuat kulit tampak kering dan kurang terhidrasi. Dengan kandungan pelembap, setidaknya dapat mengurangi efek buruk dari panasnya terik matahari.

Banyak bahan yang mengandung pelembap alami, diantaranya adalah hyaluronic acid, ceramide, glycerin, panthenol. Pemilihan produk cream dengan kandungan pelembap lebih disarankan bagi pemilik kulit kering. Meski demikian, jenis kulit berminyak juga cocok dengan kandungan tersebut karena terbukti mampu mengontrol minyak berlebih.

✦ Pastikan Produknya Aman dan Terdaftar di BPOM

Apalah artinya jika cream penghilang flek hitam yang anda pilih ternyata tidak aman. Menggunakan bahan kimia adalah salah satu produk yang tidak disarankan karena memberikan efek samping jangka panjang. Tidak semua produk yang tidak terdaftar di BPOM tidak aman.

Akan tetapi hampir dipastikan bahwa semua produk yang terdaftar di badan pengawas pemerintah tersebut pasti aman digunakan. Memperhatikan kandungannya adalah langkah awal yang bisa dilakukan. Pastikan bahwa cream yang dipilih tidak mengandung parfum atau pewangi. Untuk aroma bisa anda pilih yang alami, seperti dari buah-buahan.

Cream Penghilang Flek Hitam Terbaik & Ampuh

Cream Penghilang Flek Hitam Terbaik & Ampuh
Image by Haigadis.com

Berdasarkan dari penilaian atau tips diatas, telah kami buat daftar rekomendasi untuk memudahkan anda dalam memilih salah satunya. Akan tetapi tidak harus anda ikuti, karena semua tergantung dari kebutuhan kulit.

1. Aloecid Niacinamide 10%

Aloecid Niacinamide 10%
Image by Lazada.co.id

Sesuai dengan namanya, Aloecid Niacinamide 10% mengandung bahan utama Niacinamide yang mampu menghilangkan flek hitam. Kandungan tersebut mampu mencerahkan kulit akibat paparan sinar matahari maupun bekas jerawat. Mengandung pelembap dari bahan aloe vera atau lidah buaya, cream ini dapat dipakai untuk siang dan malam.

Menggunakan produk dari HAUM ini juga dapat mengecilkan pori-pori sehingga efektif mengatasi masalah kulit berminyak. Harganya memang tergolong mahal, sekitar 125.000 rupiah untuk kemasan 50 gram. Akan tetapi hasilnya nyata dan banyak wanita yang telah membuktikannya. Cream penghilang flek terbaik ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit, baik kering maupun sensitif karena tidak mengandung bahan kimia.

2. White Expert Illuminating Day Cream SPF 15 PA ++

White Expert Illuminating Day Cream SPF 15 PA ++
Image by Dekmaya.com

Apabila harga diatas terlalu mahal bagi anda, mungkin White Expert Illuminating Day Cream SPF 15 PA ++ bisa menjadi alternatif. Produk dari Safi ini hanya dijual dengan harga sekitar 50.000 rupiah. Meskipun murah, namun kualitasnya tidak murahan, banyak manfaat yang bisa didapatkan hanya dari satu produk ini.

BACA:  Rekomendasi BB Cream Wardah Membuat Wajah Cerah Natural

Selain dapat digunakan untuk mengatasi flek atau noda hitam, cream terbaik ini juga mampu mencerahkan kulit secara menyeluruh. Manfaat tersebut didapat dari dua kandungan pencerah utamanya, yakni niacinamide dan citric acid. Produk kecantikan yang cocok digunakan siang hari ini mengandung pelembap berupa glycerin dan habbatus sauda.

3. Triple Protection Sunscreen Moisturizer

Triple Protection Sunscreen Moisturizer
Image by Gonaturalcare.blogspot.com

Dikenal akan tiga manfaat penting, yakni mencerahkan, melembapkan, dan melindungi kulit. Cream penghilang flek hitam yang dimaksud adalah Triple Protection Sunscreen Moisturizer. Manfaat mencerahkan dan sekaligus mengatasi masalah ini yakni adanya Japanese mugwort. Sedangkan fungsi melembapkan didapat dari skin deep moisturizer.

Adapun bahan aktif untuk melindungi kulit yakni dari tabir surya atau yang dikenal dengan sunscreen. Produk dari Kahf ini di banderol dengan harga mulai 40.000 rupiah dengan kemasan 30 ml. Cocok digunakan untuk semua jenis kulit dengan tekstur yang ringan dan mudah digunakan.

4. Brightening Day Cream

Brightening Day Cream
Image by Shopee.co.id

Bukan hanya produk dari luar yang mendapat predikat cram penghilang flek terbaik, ada pula beberapa dari produk lokal. Salah satunya adalah Brightening Day Cream yang merupakan produk keluaran dari Whitelab. Keamanan produk ini sudah terjamin dan cocok untuk semua jenis kulit, bahkan untuk kulit usia remaja sekalipun.

Mengandung niacinamide sebagai bahan pelembap alami, produk yang dijual dengan harga 60.000 rupiah ini lebih disarankan untuk siang hari. Hal tersebut dikarenakan sudah dilengkapi dengan SPF 20 PA++ dengan fungsi utama melindungi kulit dari bahaya radiasi sinar UV. Terdapat juga kolagen sehingga cream terbaik ini ampuh untuk menghambat tanda penuaan dini.

5. Tranexamic Acid Night Cream

Tranexamic Acid Night Cream
Image by Shopee.co.id

Masih dari brand lokal, kali ini ada Tranexamic Acid Night Cream dari Aura Bright. Meskipun harganya mahal, sekitar 190.000 rupiah, namun banyak manfaat yang anda dapatkan. Kandungan utama sebagai bahan pencerah yakni tranexamic acid yang cocok untuk semua jenis kulit.

Meski demikian, ada baiknya konsultasi dengan ahli karena kandungan tersebut kadang menimbulkan iritasi dengan alasan tertentu. Krim ini hanya bisa digunakan malam hari karena tidak dilengkapi dengan tabir surya atau SPF. Manfaat lain yang didapat selain menghilangkan flek hitam adalah membuat kulit lebih kenyal.

6. Ultra Brightening Cream

Ultra Brightening Cream
Image by Agnesiarezita.com

Efek penuaan dini adalah salah satu faktor kenapa muncul bintik hitam atau flek di wajah, selain yang telah disebutkan diatas tentunya. Apabila anda mengalami situasi seperti ini, kami sarankan menggunakan Ultra Brightening Cream. Terdapat tiga bahan utama dalam hal mencerahkan kulit, yakni Alpha arbutin, actosome retinol, dan licorice.

BACA:  10 Masker Mata (Eye Mask) Terbaik & Terbukti Ampuh

Produk yang dijual dengan harga sekitar 170.000 ini dilengkapi dengan bahan pelembap. Bukan hanya satu, namun beberapa, yakni chamomile extract, glycerin, shea butter, dan squalane. Seperti halnya produk krim diatas, kali ini juga hanya digunakan untuk malam hari.

7. Truwhite Arbutin & Panthenol Brightening Day Cream

Truwhite Arbutin & Panthenol Brightening Day Cream
Image by Id.carousell.com

Dijual dengan harga mulai 215.000 rupiah, Truwhite Arbutin & Panthenol Brightening Day Cream terbukti efektif mengatasi flek hitam. Bahkan anda bisa mendapatkan perubahan signifikan hanya dalam pemakaian selama 7 hari. Kulit mati penyebab kusam di wajah dapat terangkat sempurna dengan kandungan amino acid.

Dilengkapi dengan panthenol dan shea butter sebagai bahan pelembap nya. Produk dari ERHA ini tersedia dua varian, yakni krim siang dan malam. Supaya hasilnya lebih optimal, anda bisa menggunakan kedua jenis krim yang dimaksud.

8. Aura Perfect Clinical Day Cream SPF 19 PA++

Aura Perfect Clinical Day Cream SPF 19 PA++
Image by Lazada.co.id

Cream terbaik selanjutnya datang dari L’Oréal Paris. Tentu adan tidak asing dengan produk skincare ini karena sudah masuk ke pasar lokal sejak lama. Dengan produk andalan mereka yang dikenal dengan Aura Perfect Clinical Day Cream SPF 19 PA++, noda dan bintik hitam di wajah dapat teratas dengan cepat.

Manfaat lain yang didapatkan yaitu menghaluskan kulit, meratakan warna kulit, dan melembapkan sehingga tampak segar seharian. Soal harga termasuk dalam kategori mahal, sekitar 185.000 untuk kemasan 50 ml.

9. Olay White Radiance Light Perfecting Day Cream SPF 24

Olay White Radiance Light Perfecting Day Cream SPF 24
Image by Caraprofesor.com

P&G dengan produk Olay White Radiance Light Perfecting Day Cream SPF 24 juga tidak mau ketinggalan dalam hal mengatasi flek hitam. Dengan kandungan niacinamide, sepitonik, sepiwhite, dan silitol, efek mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam semakin sempurna.

Produk yang dijual dengan harga 140.000 rupiah ini juga dilengkapi dengan bahan pelembap dari stearic acid glycerin. Untuk perlindungan dari sinar UV, P&G melengkapi produknya dengan kandungan SPF 15.

10. Brightening Cream

Brightening Cream
Image by Mybeautypinastika.com

Rekomendasi terakhir untuk krim yang dapat menghilangkan flek hitam adalah Brightening Cream dari ElshéSkin. Harganya sekitar 90.000 rupiah yang dikemas dalam bentuk tube dengan berat 15 gram. Noda hitam, kulit kusam, tanda penuaan dini, semua teratasi dengan satu produk krim ini.

Memiliki beberapa macam kandungan pencerah, itulah kelebihan dari produk untuk penggunaan malam hari ini. Namun bahan pencerah yang paling penting yaitu niacinamide, arbutin, gluthatione, dan vitamin C.

Masalah noda hitam memang sangat mengganggu, apalagi tidak mudah dalam mengatasinya. Namun jika anda menemukan cream penghilang flek hitam terbaik dan ampuh yang tepat, bukan tidak mungkin hasil yang didapat relatif lebih cepat.