15 Inspirasi Baju Kebaya Modern Model Terbaru agar Tampil Stylish

15 Inspirasi Baju Kebaya Modern Model Terbaru agar Tampil Stylish

Baju kebaya modern model terbaru masih menjadi pilihan utama untuk beberapa acara. Kebaya merupakan salah satu pakaian tradisional Indonesia yang telah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa dekade terakhir. Pakaian ini tidak lagi dipandang sebagai pakaian tradisional, tetapi telah diadaptasi menjadi busana yang modern dan trendi.

Sebagian baju kebaya menawarkan desain yang segar dan inovatif, memadukan unsur-unsur tradisional dengan gaya yang lebih kontemporer. Salah satu model terbaru yang sedang diminati adalah kebaya dengan potongan yang lebih longgar dan lembut. Model ini mampu memberikan kesan yang lebih santai dan nyaman.

Bahan yang digunakan pun beragam, mulai dari sutra, satin, hingga brokat, dengan warna yang cerah dan motif keren. Banyak desainer menghadirkan kebaya lengan panjang, bervolume, atau lengan pendek. Pada kesempatan kali ini, kami mencoba memberikan inspirasi baju kebaya modern model terbaru yang dapat dijadikan pertimbangan.

1. Model Kebaya Dress

Model Kebaya Dress

Model kebaya dress menggabungkan elemen-elemen tradisional kebaya dengan gaya dan desain modern. Biasanya, baju ini memiliki potongan yang lebih longgar dan lebih mengalir dibandingkan dengan kebaya tradisional. Ini memberikan kenyamanan dan kemudahan gerak bagi pemakainya.

Ada berbagai desain kebaya dress yang bisa dipilih sesuai dengan preferensi dan kesempatan penggunaan. Salah satu model yang populer adalah kebaya dress dengan potongan A-line atau flare yang mengikuti bentuk tubuh hingga sekitar lutut atau sepanjang betis. Desain ini memberikan siluet yang anggun dan feminin.

2. Kebaya Capelet Dress

Kebaya Capelet Dress

Baju kebaya modern terbaru selanjutnya adalah model Cepelet Dress. Gaun ini memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dari model lainnya. Pertama adalah model capelet, yaitu potongan yang menyerupai jubah pendek dengan lengan tanpa jahitan di bawah ketiak. Potongan ini memberikan kesan elegan dan anggun dan kebebasan gerak.

Selain itu, model kebaya ini juga memiliki potongan dress yang mengalir dan longgar. Perpaduan dengan kain songket atau tenun dengan motif membuatnya lebih cantik dan indah. Detail payet dan hiasan renda juga seringkali ditemukan pada baju ini, sehingga memberikan tampilan yang mewah dan elegan.

Baca Juga:  15 Inspirasi Model Kebaya Kutu Baru yang Elegan

3. Baju Kebaya Outer

Baju Kebaya Outer

Selain yang disebutkan diatas, ada juga baju kebaya outer yang juga tampil tidak kalah modern. Model kebaya ini menggabungkan elemen tradisional dengan sentuhan modern sehingga lebih terlihat formal. Bahan yang digunakan ringan, seperti chiffon atau organza, dan memiliki potongan lebih longgar serta panjang yang mencapai bagian paha atau betis.

Salah satu ciri khas dari baju kebaya modern ini adalah bagian depan yang terbuka. Fungsinya sebagai outerwear atau lapisan terluar yang melengkapi busana di bawahnya. Biasanya, model ini dilengkapi dengan kancing atau ikat pinggang yang dapat digunakan untuk menutup atau mengikat bagian depannya.

4. Kebaya Lengan Balon

Kebaya Lengan Balon

Pastinya sudah banyak yang mengetahui mengenai keunikan dari kebaya lengan balon. Sesuai namanya, model baju ini memiliki ciri khas potongan lengan yang mengembang di bagian atas dan menyempit di bagian pergelangan tangan. Potongan ini menciptakan tampilan unik dan menarik, memberikan sentuhan feminin dan anggun.

Desain nya memiliki potongan yang pas dan mengikuti bentuk tubuh hingga pinggul atau sepanjang tubuh. Potongan yang lebih ketat pada bagian tubuh kontras dengan lengan yang mengembang, menciptakan siluet yang menarik dan elegan. Namun demikian, ada juga yang ditemui dengan potongan yang longgar sehingga tubuh sedikit terlihat gemuk.

5. Model Kebaya Tunik

Model Kebaya Tunik

Saat ini banyak ditemui baju yang menggunakan desain tunik, anda pun mendapatkannya pada kebaya. Kebaya tunik memiliki potongan yang lebih longgar dan mengikuti gaya tunik atau blus modern. Desain ini memberikan kenyamanan dan kebebasan gerak bagi pemakainya. Bagian lengan pada umumnya menggunakan desain balon.

Namun demikian, tetap saja banyak model atau desain yang ditemui di pasaran. Misalnya dalam desain lengan yang dapat bervariasi dari yang simpel hingga diberi hiasan. Untuk hiasan sendiri pada umumnya berupa renda atau bordir. Tujuannya tidak lain untuk memberikan sentuhan feminin dan mewah pada kebaya.

6. Baju Kebaya Modern Dengan Aksen Selendang

Baju Kebaya Modern Dengan Aksen Selendang

Inspirasi baju kebaya modern model terbaru selanjutnya adalah dengan akses selendang. Baju ini memiliki potongan tubuh yang terinspirasi dari kebaya tradisional. Tentunya dengan tambahan selendang sebagai elemen utama yang membedakannya. Selendang ini dapat dikenakan di bagian bahu, melekat pada lengan, atau melebar di bagian belakang seperti jubah.

Warna selendang sering kali dipilih dengan kontras atau sejalan dengan warna baju kebaya untuk menciptakan tampilan yang dramatis. Pada umumnya, model ini sering kali dihiasi dengan detail seperti bordir, renda, atau payet. Semua sentuhan ini bertujuan untuk memberikan sentuhan mewah dan artistik.

7. Kebaya Klasik

Kebaya Klasik

Klasik tidak harus ketinggalan zaman, terkadang justru menjadi model terbaru dalam dunia fashion. Sebagaimana yang diketahui, model lama pada umumnya akan kembali trend seiring dengan perkembangan zaman. Namun demikian, hampir semuanya terdapat variasi atau tambahan sehingga memberikan kesan modern.

Baca Juga:  25+ Model Baju Kebaya Batik Stylish Terbaru

Dalam hal baju kebaya juga demikian, ada model klasik yang kembali trend beberapa waktu lalu. Model ini memang terlihat tradisional dengan warna kalem seperti cokelat, abu-abu, atau hijau tua. Jenis kebaya ini dilengkapi dengan aksen kancing pada bagian depan. Sedangkan bagian bawah berupa rok yang dilengkapi dengan motif.

8. Kebaya dengan Aksen Bordir Model Terbaru

Kebaya dengan Aksen Bordir Model Terbaru

Kebaya dengan aksen bordir merupakan salah satu desain terbaru yang menambahkan sentuhan mewah dan artistik. Aksen bordir memberikan detail yang indah dan memikat pada kebaya, membuatnya terlihat elegan dan istimewa. Bordir pada umumnya diletakkan di bagian kerah, lengan, bodice, atau bagian bawah kebaya.

Pola dan motif bordir pada kebaya dapat bervariasi, mulai dari motif bunga yang romantis hingga motif geometris yang modern. Beberapa desain juga mencampurkan bordir dengan aplikasi seperti payet, manik-manik, atau kristal. Semua kombinasi ini memberikan kesan atau efek kilau yang menakjubkan.

9. Baju Kebaya dengan Lapisan Tile

Baju Kebaya dengan Lapisan Tile

Baju kebaya merupakan salah satu pakaian tradisional Indonesia yang kaya akan sejarah dan budaya. Saat ini, desain kebaya semakin berkembang dan bertransformasi menjadi lebih modern dengan penambahan berbagai aksen yang membuatnya semakin menarik. Salah satu desain kebaya terbaru adalah kebaya dengan lapisan tile.

Lapisan tile pada kebaya adalah aksen berupa lapisan kain tipis yang ditempatkan pada bagian, sehingga menciptakan efek tekstur yang indah. Lapisan ini biasanya terbuat dari bahan seperti organza atau chiffon, yang memberikan efek mewah dan glamor. Baju kebaya modern model terbaru ini semakin banyak peminatnya karena cocok untuk acara formal.

10. Kebaya Kutu Model Terbaru

Kebaya Kutu Model Terbaru

Kebaya kutu memiliki potongan yang terstruktur dengan kerah tinggi dan ketat yang memanjang hingga ke leher. Kerah ini sering kali dihiasi dengan bordir, renda, atau aksen lainnya untuk memberikan sentuhan mewah. Bagian atas biasanya memiliki potongan yang ketat dengan garis vertikal yang menonjolkan bentuk tubuh.

Bagian lengan dapat bervariasi, mulai dari lengan panjang hingga lengan pendek atau lengan tiga perempat. Pilihan kain akan mempengaruhi kesan yang dihasilkan, apakah lebih formal dan mewah atau lebih ringan dan santai. Namun demikian, bahan atau kain yang digunakan juga mempengaruhi harga yang ditawarkan di pasaran.

11. Baju Kebaya Ruffle Modern

Baju Kebaya Ruffle Modern

Penggunaan baju kebaya modern pada umumnya digunakan untuk acara formal. Ada juga yang menggunakannya di acara semi formal meski jumlahnya tidak terlalu banyak. Baju kebaya ruffle cocok untuk digunakan pada kedua acara tersebut. Model ini menggabungkan elemen klasik dengan sentuhan ruffle yang memberikan tampilan yang elegan dan modis

Baca Juga:  55+ Model Baju Kebaya Pengantin Cantik Terbaru

Ruffle adalah detail lipatan atau layer kain yang biasanya ditempatkan di sepanjang garis leher, lengan, atau bagian tubuh. Untuk desain nya sendiri bervariasi, mulai dari ruffle yang kecil dan ringan hingga ruffle yang besar dan berlapis-lapis. Anda dapat memilih ruffle dengan bentuk dan ukuran yang sesuai dengan preferensi dan keinginan.

12. Model Kebaya dengan Kerah Shanghai

Model Kebaya dengan Kerah Shanghai

Kelebihan dari baju kebaya tidak lain mudah dikombinasikan dengan pakaian lainnya. Anda bisa menggunakan kebaya tanpa ataupun dengan jilbab. Hampir semua model kebaya bisa dijadikan untuk kedua opsi ini, termasuk model dengan kerah Shanghai. Kerah Shanghai memiliki ciri khas potongan tinggi yang melingkari leher.

Adanya kerah ini memberikan tampilan yang anggun dan klasik, anda pun semakin terlihat cantik. Baju kebaya modern model terbaru ini cocok dipadukan dengan banyak bawahan. Misalnya rok yang sederhana dengan potongan simpel supaya memberikan fokus pada bagian kerah, atau bisa juga dengan celana.

13. Kebaya dengan Taburan Payet Mewah Modern

Kebaya dengan Taburan Payet Mewah Modern

Model kebaya pada umumnya memperlihatkan kesan mewah bagi penggunanya. Ada banyak cara untuk mendapatkan kesan ini, salah satunya adalah menambahkan taburan payet. Biasanya, payet yang digunakan dapat bervariasi dalam ukuran, bentuk, dan warna. Anda dapat memilih ukuran kecil untuk memberikan efek yang lebih halus dan rapi.

Payet yang lebih besar dan mencolok dapat memberikan tampilan yang dramatis. Selain itu, pemilihan warna payet juga penting dalam menciptakan kesan mewah dan modern. Anda dapat memilih payet dengan warna yang kontras supaya lebih menarik. Bisa juga memilih payet dengan warna yang serasi untuk memberikan kesan yang lebih harmonis.

14. Baju Kebaya Modern One Shoulder

Baju Kebaya Modern One Shoulder

Memang tidak begitu umum, namun anda bisa mencoba baju kebaya modern model terbaru dengan hanya satu lengan. Model ini lebih dikenal dengan kebaya one shoulder, ciri khasnya terdapat pada bagian sisi pundak yang terbuka. Pada sisi yang terbuka, anda dapat mengaplikasikan hiasan atau aksen untuk menutupinya.

Bentuk lengan yang digunakan dalam desain baju ini bisa bervariasi. Anda dapat memilih lengan panjang, lengan pendek, atau bahkan lengan tiga perempat. Selain itu, Anda juga dapat memperhatikan bagian bodice atau bagian tubuh kebaya. Desain yang ketat atau menerapkan panel khusus pada bagian pundak dapat memberikan bentuk yang indah.

15. Kebaya Songket Model Terbaru

Kebaya Songket Model Terbaru

Inspirasi yang terakhir kali ini tidak mengacu pada model atau desain, melainkan bahan yang digunakan. Kebaya songket adalah kebaya yang menggunakan kain songket sebagai bahan utamanya. Kain songket merupakan kain tradisional Indonesia yang dihasilkan melalui proses tenun dengan benang emas atau perak yang membentuk motif atau pola yang indah.

Baju kebaya modern model terbaru masih menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin tampil anggun, tetapi tetap trendy dan menghargai warisan budaya Indonesia. Dengan adanya kebaya modern ini, tradisi kebaya tetap hidup dan terus berkembang dalam menyambut zaman yang semakin modern.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Rafika Ilham

Rafika suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags