15 Inspirasi Model Kebaya Encim Khas Betawi yang Tampak Anggun

15 Inspirasi Model Kebaya Encim Khas Betawi yang Tampak Anggun

Kebaya Encim merupakan salah satu jenis kebaya yang berasal dari Betawi, atau bisa dikatakan merupakan pakaian tradisional di sana. Kebaya ini memiliki ciri khas pada bagian kerah yang melengkung dan dihiasi dengan renda atau sulam. Namun saat ini banyak ditemui berbagai model baru seiring dengan perkembangan zaman.

Kebaya ini biasanya dikenakan oleh perempuan Betawi pada acara-acara resmi, salah satunya adalah pernikahan. Meski ada banyak model kebaya encim khas Betawi, tetapi dalam memilihnya tidak boleh sembarangan. Anda harus pintar dalam memadukan busana ini untuk mendapatkan penampilan yang anggun, seperti inspirasi berikut!

1. Kebaya Encim Modern

Encim Modern
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Kebaya Encim adalah busana tradisional yang berasal dari budaya Tionghoa-Peranakan di Indonesia. Dalam perkembangannya, kebaya ini mengalami transformasi untuk menyesuaikan dengan zaman dan tren mode terkini. Salah satu hasil transformasi tersebut merupakan perpaduan antara keindahan tradisional dan sentuhan kontemporer.

Kebaya Encim modern menampilkan desain yang lebih sederhana dan minimalis. Namun demikian, model ini tetap mempertahankan keanggunan dan keindahan tradisional nya. Bahan-bahan yang digunakan pun lebih ringan dan nyaman dipakai, sehingga cocok untuk digunakan dalam berbagai kesempatan, baik formal maupun informal.

2. Model Encim Batik

Kebaya Encim Batik
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Model kebaya encim khas Betawi selanjutnya yakni dipadukan dengan batik. Meski batik merupakan kain khas Jawa, namun tetap tidak menghilangkan sentuhan asli Betawi. Kebaya encim batik memiliki karakteristik yang unik dan indah. Dalam hal bentuk sama saja seperti pada umumnya, hanya saja kali ini menggunakan motif batik pada kain yang digunakan.

Motif batik yang digunakan pada model kebaya ini biasanya mengandung unsur budaya Jawa, seperti bunga, daun, dan binatang. Namun motif batik tersebut juga dipadukan dengan unsur budaya Tionghoa-Peranakan, misalnya simbol keberuntungan dan dekorasi yang rumit.

3. Kebaya Encim Songket

Encim Bunga-Bunga
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Ada banyak perpaduan yang dapat digunakan untuk menghasilkan model kebaya encim khas Betawi yang baru. Selain batik, anda bisa mencoba songket untuk dijadikan perpaduan antara keduanya. Kebaya encim songket terbuat dari kain songket dengan motif yang biasanya berwarna-warni, sehingga menghasilkan tampilan yang indah, elegan, dan anggun.

Kain songket merupakan kain tradisional yang dibuat dengan teknik tenun ikat. Teknik ini biasanya menggunakan benang emas atau perak dan benang sutra atau kapas untuk menghasilkan motif yang indah dan kaya warna. Kebaya jenis ini memiliki bentuk yang mirip dengan kebaya Jawa, namun memiliki detail yang lebih halus dan feminin.

Baca Juga:  25+ Model Baju Kebaya Batik Stylish Terbaru

4. Encim Bunga-Bunga

Kebaya Encim Bunga-Bunga
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Menambahkan motif bunga sepertinya cocok untuk mendapatkan model kebaya encim yang baru. Perpaduan gaya ini dijamin memberikan tampilan lebih anggun dan cantik. Siapa saja bisa menggunakan model ini, baik pemudi maupun mereka yang diatas 40 tahun. Hanya saja dalam memilihnya diperlukan beberapa tips, salah satunya yakni warna.

Untuk menambah kesan elegan, pilihlah aksesoris yang cocok. Misalnya anting-anting, kalung, gelang, dan cincin yang sesuai dengan warna dan motif kebaya. Karena busana ini seringkali digunakan di acara formal, jangan lupa untuk menggunakan riasan yang cocok. Riasan yang sesuai dengan kebaya akan menambah kesan cantik dan sekaligus manis.

5. Model Kebaya Encim Klasik

Encim Klasik
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Untuk mendapatkan kesan anggun tidak hanya dari kebaya yang memiliki tampilan modern. Kebaya encim klasik juga dapat memberikan penampilan anda cantik apabila pandai dalam memadukan modelnya. Model kebaya ini memiliki ciri khas dari potongan yang simple dan sederhana, namun tetap tampak elegan.

Busana ini biasanya terbuat dari kain batik, songket, atau sutera dengan warna yang cerah seperti merah, biru, atau hijau. Ciri lain yang mudah dikenali yaitu motif bunga dan geometris yang dihiasi dengan benang emas atau perak. Seiring dengan perkembangan dunia fashion, saat ini mulai banyak ditemukan yang berlengan panjang dan dihiasi renda atau sulaman.

6. Kebaya Encim Glamour

Encim Glamour
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Pakaian tradisional Betawi ini terkenal dengan warna yang cerah, motif bunga yang indah, dan detail bordir yang rumit. Namun selama bertahun-tahun, kebaya ini mengalami perubahan dan kini hadir dalam berbagai gaya dan desain, termasuk gaya glamour. Untuk mendapatkan gaya ini, tambahan aksesoris sangat diperlukan.

Bahan yang digunakan biasanya adalah kain satin atau sutra yang lebih mewah dan berkilau. Warna cerah seperti merah, pink, dan emas sering digunakan dalam desain ini. Ornamen yang digunakan pada umumnya yakni manik-manik, payet, kristal, dan permata palsu. Bordiran juga lebih rumit dan berkilau, sering kali menggunakan benang emas atau perak.

7. Kebaya Encim Muslimah

Model Kebaya Encim Muslimah
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Jarang sekali ditemui model kebaya encim khas betawi yang berkonsep muslimah. Namun tidak ada salahnya anda mencobanya apabila ingin terlihat unik. Tentunya dengan tambahan beberapa aksesoris supaya tetap terlihat anggun. Untuk aksesoris ini tidak boleh terlalu berlebihan, karena justru akan menghilangkan kesan muslimah.

Sebenarnya mudah saja untuk mendapatkan model ini, anda hanya perlu menambahkan jilbab atau kerudung pada kebaya yang digunakan. Dalam penerapannya, model ini biasanya menggunakan rok panjang. Kemudian pada bagian lengannya menutupi semua bagian tangan. Agar terlihat semakin menawan, anda bisa menambahkan selendang warna kontras.

8. Kebaya Encim Brokat

Kebaya Encim Brokat
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Kebaya encim brokat memiliki desain yang sangat khas, biasanya terbuat dari kain sutera yang tipis dan transparan. Beberapa contoh kain yang sering ditemui diantaranya adalah kain voile atau kain organza. Bagian depan kebaya ini dihiasi dengan renda atau brokat yang rumit, sehingga memberikan sentuhan yang mewah.

Kebaya Encim Brokat memiliki potongan yang longgar dan nyaman, dengan lengan yang panjang hingga pergelangan tangan. Salah satu ciri khasnya adalah motif batik yang ditemukan pada rok atau kain sarung yang dipakai bersama kebaya. Motif batik yang digunakan sering kali berupa motif bunga, yang dianggap sebagai simbol keindahan dan keharuman.

9. Kebaya Encim Simpel

Kebaya Encim Simpel
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Sesuai namanya, kebaya encim simpel memiliki model yang sangat sederhana dan tidak terlalu berlebihan. Namun demikian, kebaya jenis ini tetap memberikan kesan anggun bagi pemakainya. Sama halnya dengan model pada umumnya, kali ini juga ditemui banyak yang menggunakan warna cerah dan motif unik.

Desain yang tidak terlalu rumit membuat model kebaya encim khas Betawi ini banyak ditemui di pasaran. Sekilas memang tidak ada keindahan ketika dipakai, tetapi jika dipadukan dengan aksesoris yang tepat, anda pun tetap terlihat cantik dan menawan. Aksesoris ini tidak boleh berlebihan, cukup kenakan anting-anting dan kalung saja.

10. Encim Modern Minimalis

Kebaya Encim Modern Minimalis
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Model busana yang minimalis saat ini mulai banyak diminati, terutama bagi wanita yang tidak ingin terlihat mencolok. Apabila anda termasuk yang demikian, maka tidak ada salahnya mencoba kebaya encim modern minimalis. Ini merupakan perpaduan antara gaya modern dengan minimalis, mulai dari potongan hingga aksesoris yang digunakan.

Desain nya sangat sederhana dengan sedikit aksen atau detail yang menonjol, seperti lipit di bagian depan atau aplikasi renda yang simpel di bagian bahu. Untuk model kali ini, pemilihan warna bisa apa saja atau bebas. Anda bisa memilih warna yang cerah atau warna yang sedikit gelap, seperti krem atau abu-abu.

11. Encim Warna-Warni

Kebaya Encim Warna-warni
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Selanjutnya ada kebaya encim warna-warni yang mungkin cocok bagi anda yang menyukai keramaian. Model ini tentunya mengundang banyak perhatian, karena dianggap unik dan meriah. Penampilan yang menarik dan cerah dari kebaya ini dapat memberikan kesan yang menyegarkan dan memikat pada pemakainya.

Baca Juga:  15 Inspirasi Kebaya Pesta Modern Model Terbaru dan Mewah

Untuk memadukan model ini, anda bisa menggunakan kain batik atau rok pendek yang memiliki warna senada. Sebisa mungkin hindari warna yang terlalu kontras, karena anda akan mendapatkan kesan aneh. Dalam hal aksesoris, sebaiknya memakai yang simpel dan minimalis agar kesan anggun tidak tertutupi.

12. Encim Warna Kuning

Kebaya Encim Kuning
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Jika sebelumnya kita lebih membahas mengenai model, kali ini dalam pemilihan warna. Salah satu warna yang cocok dijadikan model kebaya terbaru adalah kuning. Warna ini netral, artinya anda bisa memadukan dengan warna lainnya. Untuk aksesoris, silahkan menambahkan kerudung atau jilbab.

Warna kerudung ini sebisa mungkin dibuat kontras untuk menarik perhatian. Misalnya warna hijau, merah tua, atau warna lain yang memberikan tampilan lebih anggun. Silahkan pilih motif sesuka hati anda, namun yang paling disarankan yakni motif bunga. Bukan tanpa sebab, karena motif ini menambah kesan feminin bagi pemakainya.

13. Kebaya Encim Putih

Kebaya Encim Putih
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Selain warna kuning, anda bisa mencoba kebaya encim khas Betawi warna putih untuk mendapatkan kesan anggun. Tidak dapat di pungkiri bahwa warna ini selalu memberikan wanita terlihat lebih cantik. Apalagi jika anda bisa memadukan dengan aksesoris lainnya, contohnya anting-anting, kalung, atau tas bahu.

Model ini tidak mengandalkan motif atau corak pada kain yang digunakan. Justru lebih baik menggunakan motif polos atau yang tidak memiliki banyak gambar. Untuk mendapatkan kesan anggun, anda harus pandai memilih bawahan. Pada umumnya, kebaya ini menggunakan bawahan berupa kain batik dengan motif bunga.

14. Kebaya Encim Polos

Kebaya Encim Polos
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Mungkin anda berpikiran bahwa untuk mendapatkan kesan anggun, anda harus menggunakan kebaya yang memiliki banyak motif. Dalam kondisi tertentu memang benar, namun bukan berarti model kebaya encim khas Betawi yang polos tidak dapat memberikan kesan cantik dan menawan.

Sesuai namanya, jenis kebaya ini tidak memiliki motif sama sekali, artinya hanya berupa kain dengan warna yang sama. Kesan anggun didapatkan dari model kebaya, apakah lengan pendek, lengan panjang, atau bahkan off shoulder. Pada umumnya, jenis kebaya ini memiliki potongan di bagian bawah yang meruncing, baik depan maupun belakang.

15. Kebaya Encim Soft

Kebaya Encim Soft
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Ada kalanya sebuah penampilan bukan tujuan utama ketika memakai busana. Artinya, ada juga sebagian wanita yang lebih mementingkan kenyamanan dari pakaian yang digunakan. Namun alangkah lebih baiknya jika anda memperhatikan keduanya, model kebayanya bagus dan dari segi pemakaian tetap nyaman.

Kebaya encim soft dapat dijadikan pilihan utama apabila anda menginginkan kedua hal tersebut. Bahan yang digunakan jenis kebaya ini pada umumnya yang ringan dan lembut. Untuk motifnya kebanyakan polos, tetapi ada juga yang menambahkan sedikit bunga di bagian bawahnya.

Sebagaimana jenis kebaya pada umumnya, kali ini juga digunakan untuk acara formal dan semi formal. Karena termasuk salah satu warisan budaya, ada baiknya kita lestarikan mulai sekarang supaya tidak tertelan zaman. Beberapa inspirasi model kebaya encim khas betawi diatas dapat dijadikan langkah awal sebagai pelestarian budaya yang dimaksud.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Nikeisha

Nikeisha suka bepergian, fotografi dan pastinya makanan enak. Dia paling sering bersama dengan laptopnya, menulis apa saja yang muncul dibenaknya.

Tags