10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat

10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat

Tidak Percaya Diri Disebabkan Jerawat? Temukan Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Hasil Cepat yang Mudah Anda Terapkan di Rumah dengan Menggunakan Lidah Buaya, Bawang Putih, Teh Hijau dan Sebagainya.

Jika dilihat dengan sekilas memang banyak sekali hal yang bisa menyebabkan jerawat. Mulai dari perubahan hormon, make up yang berlebih hingga masa pubertas dan juga mengonsumsi makanan yang tidak sehat dapat memicu timbulnya jerawat. Untuk itu, anda perlu untuk berhati hati, apalagi jika anda memiliki kulit yang sangat sensitif. Jerawat memanglah bukan termasuk jenis penyakit kulit yang membahayakan.

Namun dengan adanya jerawat tentunya juga akan menurunkan kepercayaan diri anda. Terutama jika jerawat tersebut membandel dan susah untuk hilang di kulit wajah anda. Untuk itu, bagi anda yang menderita jerawat tak berkesudahan maka anda pun tak perlu khawatir. Pasalnya terdapat beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menghilangkan jerawat secara alami dan juga cepat.

1. Menggunakan Lidah Buaya

Image Credit: Kanal24.az

Untuk cara pertama yang bisa anda lakukan di dalam mengatasi jerawat adalah dengan menggunakan bahan yang alami. Dimana untuk itu, anda pun bisa dengan menggunakan tanaman lidah buaya. Untuk mengatasi jerawat dengan menggunakan cara satu ini pun sebenarnya telah populer di kalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan terdapat bahan bahan yang terkandung di dalam lidah buaya ampu untuk mengatasi masalah kulit satu ini.

Dengan adanya antiinflamasi dan juga anti bakteri yang terkandung di dalam lidah buaya, maka hal ini tentu saja akan bisa dan mampu untuk mengurangi dan mencegah timbulnya jerawat di wajah anda. Selain itu, lidah buaya pun mengandung banyak air. Sehingga hal tersebut merupakan salah satu pelembab alami yang baik untuk anda. Lidah buaya pun juga sangat cocok dan baik digunakan oleh orang yang memiliki kulit kering.

Untuk cara penggunaannya sendiri pun cukup mudah. Dimana anda bisa dengan menggunakan gel lidah buaya untuk membersikan kulit yang terkena jerawat. Oleskan gel tersebut secara tipis tipis saja ke kulit anda. Selain bisa mendapatkan secara langsung melalui tanaman lidah buaya, anda pun juga bisa membeli produk yang mengandung lidah buaya untuk meredakan jerawat anda.

2. Menggunakan Bawang Putih

Bawang Putih

Image Credit: Hellosehat.com

Selain dengan menggunakan lidah buaya, maka anda pun juga bisa dengan menggunakan bumbu dapur yang mudah untuk anda temukan di rumah yakni bawang putih. Bawang putih pun juga dianggap sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat secara cepat yang bisa untuk anda coba. Hal ini juga dikarenakan kandungan yang terdapat di bawang putih memiliki manfaat untuk mengusir jerawat.

Diantara kandungan yang ada di bawang putih antara lain adalah seperti zat sulfur. Dimana zat satu ini akan membantu anda untuk menghilangkan jerawat dengan lebih cepat. Tak hanya itu saja, juga terdapat kandungan lain yang akan memberantas jerawat menbandel pada wajah anda secara cepat, seperti adanya kandungan antijmaur, antioksidan, antivirus dan juga antiseptik yang akan menghilangkan peradangan di dalam kulit.

Untuk anda yang tertarik mencobanya, maka anda pun bisa mencoba cara berikut ini. Dimana anda bisa menyiapkan 1 siung bawang putih dan memotongnya menjadi dua bagian. Kemudian, anda pun bisa menggosokkannya secara langsung kepada bagian kulit yang berjerawat dan diamkan selama 15 menit. Barulah anda bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat.

BACA:  10 Manfaat Mentimun untuk Kulit Wajah yang Perlu Diketahui

Akan tetapi, anda pun juga perlu untuk menggunakannya secara hati hati. Hal ini dikarenakan dengan menempelkan bawang putih langsung menuju jerawat tersebut akan bisa untuk menyebabkan iritasi pada kulit dan membuat kulit menjadi panas. Untuk itu, anda pun juga perlu untuk berhati hati ketika menggosokkannya ke dalam kulit. Anda pun bisa menambahkan bawang putih ke dalam masakan ataupun meminumnya dalam bentuk kapsul.

3. Menggunakan Green Tea

Green Tea

Image Credit: Healthywomen.org

Untuk menghilangkan jerawat secara cepat dan alami, maka anda pun juga bisa dengan menggunakan green tea. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam green tea seperti antioksidan polifenol konsentrasi tinggi yang sering kali disebut dengan catechins. Sehingga, biasanya orang yang memiliki jerawat, maka di dalam tubuhnya akan banyak memproduksi sebum dan minyak tubuh alami di dalam pori pori. Dimana kurang memiliki zat antioksidan di dalam tubuh.

Bisa dikatakan antioksidan sendiri merupakan hal yang bisa membantu tubuh untuk memecah bahan kiami dan produk limbah yang bisa untuk merusak sel yang sehatdi dalam tubuh. Tak hanya itu saja, green tea unu juga akan mampu untuk membantu membersihkan kotoran yang nantinya menumpuk dan menyebabkan jerawat di wajah anda.

Sehingga tak diragukan lagi bahwa di dalam green tea pun juga terdapat kandungan senyawa yang akan membantu untuk mengurangi peradangan dan jerawat yang ada di dalam wajah. Untuk menggunakannya pun cukup mudah. Dimana anda hanya dengan meminumnya secara langsung ataupun menggunakan ekstrak green tea untuk mengobati jerawat anda.

4. Menggunakan Madu

Madu

Image Credit: Blog.regopantes.com

Madu merupakan salah satu bahan alami yang bisa untuk anda gunakan di dalam menghilangkan jerawat secara alami. Untuk madu yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat adalah dengan menggunakan madu yang murni. Hal ini dikarenakan madu memiliki kandungan antioksidan. Sehingga hal tersebut akan membantu anda untuk membersihkan kotoran yang bisa menyumbat pori pori di dalam wajah anda.

Tak hanya itu saja, madu pun juga sering kali digunakan untuk mengatasi jerawat batu yang biasa menghampiri wajah anda. Untuk cara menggunakannya pun cukup mudah. Dimana anda bisa dengan langsung mengoleskan madu tersebut dengan menggunakan jari ke dalam area kulit yang berjerawat. Selain itu, anda pun juga bisa menambahkan madu ini ke dalam masker yang sedang anda gunakan.

5. Menggunakan Tea Tree Oil

Tea Tree Oil

Image Credit: Thebestorganicskincare.com

Hal selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi jerawat yang ada di wajah anda adalah dengan menggunakan tea tree oil. Di dalam tea tree oil sendiri juga mengandung antibakteri yang alami dan juga anti inflamasi yang akan mampu untuk membunuh P.acnes atau bakteri yang mampu menyebabkan jerawat. Dengan adanya kandungan anti inflamasi tersebut maka tea tree oil pun juga akan mampu untuk mengurangi pembengkakan di wajah anda.

Selain itu, kemerahan yang sering kali disebabkan oleh jerawat pun juga bisa diredakan dengan menggunakan tea tree oil. Terdapat sebuah penelitian yang mengatakan bahwa tea tree oil memiliki fungsi untuk mengurangi sejumlah luka yang diderita oleh orang ketika mengalami jerawat, baik di dalam bentuk ringan maupun jerawat sedang.

Untuk cara penggunaannya sendiri, maka anda pun bisa dengan menggunakan tea tree oil di dalam bentuk krim, minyak esensial maupun dalam bentuk gel. Anda nantinya hanya tinggal mengoleskannya ke dalam kulit yang berjerawat tersebut. Untuk anda yang menggunakan minyak esensial, maka anda pun bisa mengencerkannya terlebih dahulu sebelum mulai menggunakannya ke dalam kulit yang berjerawat.

BACA:  10 Cara Menghilangkan Komedo Hitam & Putih di Hidung Secara Alami

6. Menggunakan Cuka Apel

Cuka Apel

Image Credit: Harapanrakyat.com

Cuka apel pun ternyata juga memiliki fungsi untuk menghilangkan jerawat secara alami. Dimana anda pun bisa membelinya di beberapa tempat yang telah menyediakan cuka yang terbuat dari fermentasi sari apel ini. Cuka apel sendiri pun dikenal memiliki kemampuan untuk melawan beberapa jenis bakteri maupun virus. Hal ini dikarenakan kandungan asam organik yang dimilikinya telah terbukti mampu untuk membunuh P.acnes.

Dengan adanya kandungan seperti asam succinic yang ada di dalam cuka apel, maka hal ini pun akan membantu untuk menekan peradangan. Dimana hal tersebut disebabkan oleh P.acnes. Tak hanya itu saja, dengan adanya kandungan asam lactic yang terdapat di dalam cuka apel ini pun juga telah terbukti mampu untuk menghilangkan bekas jerawat pada kulit. Cuka apel sendiri pun juga akan membantu untuk mengeringkan minyak secara berlebih yang bisa menyebabkan jerawat.

Untuk menggunakannya, maka anda pun bisa membuat perbandingan yakni sebanyak 1 :3. Dimana 1 merupakan cuka apel dan 3 merupakan air. Nantinya anda bisa mencampurkan campuran air yang sedikit banyak tersebut dengan cuka apel. Bagi anda yang memiliki kulit sensitif, maka anda pun bisa memberikan campuran air yang lebih banyak.

Setelah itu, anda pun bisa mengoleskannya secara langsung kepada kulit yang berjerawat dengan menggunakan cutton bud maupun kapas. Kemudian, diamkan selama kurang lebih sekitar 5 hingga 20 detik dan bilas menggunakan air dan keringkan. Anda pun bisa mengulangi proses satu ini sebanyak 1 hingga 2 kali selama sehari. Dimana sesuai dengan kebutuhan anda.

Anda pun juga perlu untuk berhati hati ketika sedang mengoleskan cuka apel ini ke dalam kulit. Hal ini dikarenakan cuka apel sendiri mampu untuk menyebabkan kulit menjadi iritasi dan luka bakar. Sehingga ketika anda menggunakan cuka apel untuk menghilangkan jerawat ini hanya bisa menggunakan dalam jumlah yang kecil dan juga harus diencerkan dengan air terlebih dahulu sebelum mengoleskannya ke dalam kulit.

7. Menggunakan Echinacea

Echinacea

Image Credit: Healthline.com

Mungkin nama echinacea masih merupakan nama yang asing bagi sebagian orang di Indonesia. Akan tetapi, sejenis tanaman berbentuk bunga yang tumbuh di daerah Eropa dan juga Amerika Utara ini mampu untuk menghilangkan jerawat secara alami. Hal ini dikarenakan adanya kandungan senyawa yang terkandung di dalam echinacea mampu untuk membantu menghancurkan virus dan bakteri, termasuk pula jenis P.acnes.

Tak hanya untuk menghilangkan jerawat, tanaman satu ini pun juga mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Selain itu, echinacea juga mampu untuk mengurangi peradangan dan mencegah infeksi, seperti masuk angin dan juga flu. Untuk itu, anda pun bisa menggunakan tanaman herbal ini ketika ingin menyembuhkan jerawat dengan cepat.

Untuk cara penggunaannya, maka anda pun cukup dengan mencari krim yang memiliki kandungan echinacea. Kemudian, oleskan krim tersebut kepada area kulit di wajah anda yang berjerawat. Barulah anda bisa melihat sendiri khasiat dari kandungannya tersebut. Selain itu, anda pun juga bisa mengonsusmi echinacea ini dalam bentuk suplemen untuk mengatasi jerawat anda yang membandel.

8. Mulai Mengurangi Stres

Mulai Mengurangi Stres

Image Credit: Phytomed.org

Cara menghilangkan jerawat lain yang bisa untuk anda lakukan ketika mengalami masalah kulit ini adalah dengan mulai untuk mengurangi stres. Cara satu ini merupakan cara paling alami yang bisa untuk anda lakukan. Hal ini dikarenakan hormon yang dilepaskan ketika stres tentu saja akan bisa meningkatkan prosukdi sebum di dalam tubuh. Selain itu, peradangan kulit juga akan membuat kondisi jerawat di kulit anda akan semakin memburuk.

BACA:  10 Cara Merawat Wajah Bagi Pria Agar Tampil Menawan

Oleh sebab itu, banyak pula peneliti yang telah berpendapat tentang kaitan stres dengan jumlah tingkatan semakin parahnya jerawat. Ditambah lagi, jika anda mengalami stres tentu saja juga akan mampu untuk memperlambat penyembuhan luka hingga 40 %. Sehingga nantinya hal tersebut juga akan mampu untuk memperlambat penyembuhan dari jerawat itu sendiri.

Terdapat beberapa cara yang bisa untuk anda lakukan di dalam mengurangi stres. Pertama adalah dengan mulai berlatih yoga. Olahraga satu ini akan mampu untuk melatih ketenangan di dalam jiwa anda sehingga akan menyebabkan anda menjadi lebih rileks. Selain itu, dengan tidur lebih banyak pun juga menjadi salah satu untuk meredakan stres. Anda pun juga bisa mulai untuk bermeditasi dan mengambil napas dalam dalam untuk mencegah timbulnya stres.

9. Mengonsumsi Suplemen Minyak Ikan

Suplemen Minyak Ikan

Image Credit: Pmjnews.com

Cara lain yang bisa untuk anda lakukan di dalam mengatasi jerawat adalah dengan mengonsumsi suplemen ikan minyak. Hal ini dikarenakan ketika anda mulai untuk mengonsumsi suplemen ikan minyak, maka anda pun juga akan mendapatkan asam lemak omega 3 yang baik untuk tubuh. Dimana nantinya asam lemak yang sehat ini pun akan mampu untuk menawarkan banyak manfaat kesehatan di dalam tubuh anda.

Hal ini dikarenakan dengan adanya kandungan minyak ikan, hal ini akan mengandunga dua jenis utama asam lemak omega 3 yakni DHA atau docosahexaenoic acid dan juga EPA atau eicosapentaenoic acid. Dua kandungan tersebut tentu saja akan memiliki fungsi yang baik untuk tubuh. Seperti EPA yang akan memiliki manfaat bagi kulit untuk mengelola produksi minyak di dalam tubuh dan juga mencegah timbulnya jerawat di dalam kulit.

Dengan tingginya kadar, baik DHA maupun EPA di dalam suplemen minyak ikan maka hal ini pun juga telah terbukti mamapu untuk meminimalisir adanya faktor peradanagn yang akan mengurangi resiko untuk terkena jerawat pada diri anda. Selain dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan, anda pun juga akan memperoleh asam lemak omega 3  melalui sarden, salmon, ikan teri, chia seeds maupun kenari.

10. Mulai Rutin Untuk Berolahraga

Olahraga

Image Credit: Sehatq.com

Cara terakhir yang bisa untuk anda lakukan di dalam menghilangkan jerawat adalah dengan mulai rutin untuk melakukan olahraga. Cara satu ini sebenarnya merupakan cara yang sangat mudah, akan tetapi terkadang sebagian orang akan sering untuk melewatkannya. Dengan berolahraga, maka anda pun akan mampu untuk meningkatkan sirkulasi darah dengan sehat. Sehingga nantinya akan membantu untuk meningkatkan aliran darah anda.

Hal ini tentunya akan membantu anda untuk mencegah dan mengatasi jerawat. Selain itu, dengan berolahraga pun juga akan membantu menyehatkan sel sel kulit di dalam tubuh. Penelitian pun juga telah menunjukkan bahwa olahraga pun dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi stres dan kecemasan. Dimana kedua hal tersebut dapat menjadi faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat di dalam tubuh.

Itulah 10 rekomendasi cara menghilangkan jerawat secara alami dan hasilnya cepat. Untuk itu, bagi anda yang sedang mengalami masalah jerawat maka anda pun bisa menerapkan cara di atas. Berbagai cara alami dan juga sehat tersebut dapat menjadi hal yang bisa untuk anda terapkan dikala jerawat datang. Selain itu, anda pun juga bisa menangkal timbulnya jerawat dengan beragam cara yang telah dipaparkan oleh ulasan tersebut.