10 Manfaat Buah Apel yang Baik untuk Kulit Wajah

10 Manfaat Buah Apel yang Baik untuk Kulit Wajah

Memiliki kulit mulus tanda jerawat dan masalah kulit lainnya tentunya menjadi keinginan banyak orang. Dan untuk mendapatkan kulit idaman ini tidak hanya bisa dengan produk produk dengan harga yang mahal. Dengan kita mengkonsumsi makanan yang sehat dan pola hidup yang baik, kulit cantik bukanlah impian belaka. Salah satu buah yang bisa dikonsumsi dan membuat kulit menjadi lebih cantik dan sehat adalah apel. Simak ulasannya.

Kandungan Nutrisi yang Dimiliki Buah Apel

Buah Apel

Image Credit: Prevention.com

Buah apel menjadi buah yang familiar dan juga bisa dikatakan sebagai buah yang populer. Hampir seluruh dunia mengetahui buah yang rasanya segar ini. Selain bisa dikonsumsi langsung, buah ini juga bisa dijadikan jus atau bahkan campuran membuat kue. Apel juga banyak dijadikan sebagai buah untuk diet. Karena buah satu ini akan membuat kenyang lebih panjang. Di samping itu kandungan nutrisinya juga sangat melimpah dan banyak manfaat.

Pohon apel awalnya berasal dari barat daya Asia dan bagian Timur Eropa yang kemudian menyebar ke seluruh dunia setelah beberapa abad kemudian. Dari sinilah kemudian ada banyak varian dari apel, mulai dari apel merah hingga apel hijau yang bisa ditemukan di pasaran. Rasanyapun demikian ada yang rasanya manis layaknya madu, ada pula yang rasanya sedikit asam. Meskipun banyak jenisnya namun untuk nutrisinya tetap baik untuk tubuh dan kulit.

Apel mengandung serat yang tinggi dengan aneka macam antioksidan dan juga vitamin C. Buah apel juga mengandung karbohidrat, namun tetap bebas kolestrol dan juga natrium. Kandungan airnya juga terbilang kaya yakni sekitar 86% dalam satu buahnya. Vitamin C yang berasal dari apel bisa membantu untuk sintesis kolagen. Dimana kolagen ini sangat penting untuk ligamen, tendon dan tentunya kulit. Vitamin C juga bisa bekerja menjadi antioksidan.

Manfaat Buah Apel Untuk Kulit Wajah

1. Kulit Menjadi Cerah

Membuat Wajah Menjadi Cerah

Image Credit: Fairviewdentalcare.com

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang cerah? Bahkan banyak wanita yang berbondong bondong untuk melakukan perawatan agar kulitnya menjadi lebih cerah. Apel bisa menjadi bahan alami yang akan membuat wajah menjadi lebih cerah. Cerah di sini bukan dalam artian langsung membuat kulit menjadi putih. Cerah yang dimaksudkan adalah warna kulit menjadi naik lebih cerah. Terutama bagi anda yang memiliki masalah dengan kulit kusam.

BACA:  10 Cara Merawat Wajah Secara Alami Agar Tidak Kusam

Hal ini dikarenakan di dalam apel terdapat kandungan banyak vitamin seperti vitamin A, B dan juga C serta antioksidan yang bisa melawan radikal bebas. Vitamin C merupakan pencerah kulit alami yang banyak dijadikan bahan dalam produk produk kosmetik. Dengan sering mengkonsumsi apel maka, anda bisa menyerap semua nutrisinya dan bisa membuat kulit wajah menjadi lebih cerah. Selain dikonsumsi juga bisa dijadikan sebagai masker wajah.

Agar kulit ini tak lagi kusam dan berubah menjadi cerah, masker apel ini bisa anda buat sendiri di rumah. Caranya juga tidak susah bahkan cenderung lebih murah dan simple. Yang perlu anda siapkan adalah buah apel yang sudah diserut dan juga sari dari jeruk nipis. Jika semua bahan sudah disiapkan, maka hanya tinggal dicampurkan kedua bahan tersebut. Barulah nanti diaplikasikan ke wajah anda atau area lainnya seperti leher.

Tunggu beberapa saat sampai 20 hingga 30 menitan agar nutrisinya bisa meresap. Jika sudah anda bisa membilasnya dengan air biasa. Agar mendapatkan hasil yang maksimal anda tidak bisa menggunakannya sekali saja. Ada baiknya jika anda rutin untuk menjadwalkan hari apa saja menggunakan masker ini. Dengan pemakaian rutin maka perlahan kulit kusam anda akan menjadi kulit cerah yang juga sehat.

2. Membuat Wajah Terlihat Awet Muda

Awet Muda

Image Credit: Halodoc.com

Saat ini polusi dan berbagai radikal bebas yang bisa kapan saja menyerang kita. Efeknya akan membuat kulit menjadi kusam dan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Padahal para kaum hawa tentunya ingin terus menjaga penampilannya agar awet muda. Dan ternyata dengan mengkonsumsi apel secara rutin bisa membuat kulit menjadi salah satu rahasianya. Kandungan antioksidan yang tinggi bisa membantu untuk melawan radikal bebas.

Kandungan vitamin C pada apel juga akan membantu untuk melawan penuaan dini. Kolagen yang ada pada apel bisa membantu agar kulit bisa meregenerasi dengan lebih cepat. Tidak hanya bisa dikonsumsi, apel juga bisa dijadikan masker untuk mendapatkan manfaatnya. Pembuatan masker ini tidaklah sulit, anda bisa memakai masker apel saja atau juga bisa mencampurkan dengan putih telur. Tunggu hingga 30 menitan baru bilas dengan hingga bersih.

3. Kulit Tetap Terhidrasi

Kulit Tetap Terhidrasi

Image Credit: Okezone.com

Satu buah apel memiliki kandungan vitamin C yang setara 14% dari kebutuhan vitamin C pada pria serta wanita setiap harinya. Vitamin C ini juga yang nantinya akan membantu agar tubuh bisa memproduksi kolagen. Dan kolagen untuk kulit wajah bisa membantu untuk menjaga agar kulit tetap lembab dan juga kenyal. Sehingga untuk anda pemilik kulit kering bisa mengkonsumsi apel dan menjadikannya masker wajah agar kelembaban kulit terjaga.

BACA:  15 Manfaat Buah Pepaya untuk Wajah dan Kesehatan

4. Kulit Menjadi Lebih Bersinar

Membuat Kulit Menjadi Bercahaya

Image Credit: Ehob.co.id

Siapa yang tidak ingin mendapatkan kulit glowing dan sehat? Tentunya tidak ada yang bisa menolak jika dianugerahi kulit yang demikian. Kulit bersinar ini bisa didapatkan dengan apel karena kandungan vitaminnya yang bisa membantu untuk meremajakan kulit. Buah apel juga mampu membuat kulit terhindar dari stress. Selain mengkonsumsi buah apelnya, anda juga bisa membuat masker wajah dengan cara menghaluskan apelnya terlebih dahulu.

5. Obat Jerawat Yang Ampuh

Mengatasi Jerawat dan Kulit yang Berminyak

Image Credit: Classlifestyle.com

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang membuat siapa saja menjadi pusing. Kemunculannya karena produksi sebum yang terlalu berlebihan dan kemudian terpapar dengan bakteri sehingga meradang. Apel ternyata juga memiliki manfaat untuk mencegah jerawat serta mengatasi jerawat. Hal ini karena apel memiliki kandungan asam salisilat yang akan menghambat jerawat di kulit wajah anda. Sangat cocok bagi anda yang kulitnya sensitif.

Menggunakan masker dari buah apel akan membantu agar peradangan pada jerawat anda bisa segera sembuh. Selain bisa digunakan apelnya, anda juga bisa menggunakan olahan dari apel ini. Olahannya tidak lain dan tidak bukan adalah cuka apel. Produk dari apel ini juga akan sangat membantu untuk membuat jerawat menjadi lebih capat kering. Namun semuanya tidak bisa dilakukan secara instant dan harus dilakukan secara rutin.

6. Menghaluskan Kulit Wajah

Menghaluskan Kulit Wajah

Image Credit: Dream.co.id

Kulit yang halus dan lembut akan membuat definisi kulit sehat makin sempurna. Zat asam yang berada di buah apel dipercaya mampu untuk mengangkat sel kulit yang mati. Jika sel kulit mati sudah terangkat maka kulit akan menjadi lebih halus. Anda bisa mengkonsumsi apel secara rutin untuk mendapatkan manfaat satu ini. Namun juga bisa melakukan perawatan dengan membuat masker dari buah apel yang dihaluskan agar hasilnya maksimal.

7. Melindungi Kulit Dari UV

Merawat Kulit yang Terbakar Matahari

Image Credit: Debellezabeauty.com

Sun burn atau terbakar matahari sering terjadi jika kita tidak menggunakan sunblock. Selain bisa menggunakan produk tabir surya, apel juga memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari UV. Buah apel memiliki kandungan partikel untuk pertahanan UVB yang akan memberikan perlindungan kulit pada matahari. Tidak hanya melindungi, ketika sun burn juga bisa diobati dengan apel serta mencegah adanya pengelupasan pada kulit.

Dan cara membuat masker untuk mengatasi masalah satu ini tidaklah sulit. Ada hanya perlu menyiapkan buah apel yang sudah dihaluskan atau diparut. Setelah itu ditambahkan dengan 1 sdt teh gliserin. Kedua bahan dicampurkan hingga membentuk pasta dan tercampur rata. Aplikasikan pada wajah dan tunggu hingga 15 menit. Jika sudah silahkan bilas dengan menggunakan air dingin. Ulangi sampai kulit anda menjadi lebih tenang dan lebih baik.

BACA:  15 Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami yang Mudah Dilakukan

8. Menghilangkan Noda dan Bintik Hitam

Menghilangkan Noda Hitam dan Flek

Image Credit: Paragram.id

Apabila anda memiliki kulit yang termasuk kulit yang mudah berjerawat, pasti merasakan bagaimana susahnya hilangkan bekas jerawat. Walaupun tidak semua noda hitam ataupun bintik hitam ini disebabkan oleh jerawat. Yang pasti bukanlah perkara mudah untuk membuatnya hilang dari wajah anda. Membutuhkan kesabaran dan juga ketelatenan yang ekstra agar bisa membuat noda tampak samar dan kemudian menghilang.

Memang ada banyak produk skin care yang menjanjikan bisa menghilangkan noda. Namun buah apel bisa menjadi cara yang alami dan tidak ada efek samping. Apel memiliki antioksidan yang akan membantu untuk mengatasi masalah kerusakan yang ada pada kulit anda. Untuk bisa menghilangkan noda ini anda bisa menjadikan apel sebagai masker wajah anda. Tidak perlu membuang kulitnya karena nyatanya kulitnya juga memiliki manfaat.

Kulit apel bisa menjaga PH kulit agar tetap seimbang yang mana bisa menjauhkan dari infeksi maupun iritasi. Buah apel beserta kulitnya bisa langsung ada haluskan. Beberapa menambahkan krim susu agar hasilnya maksimal. Namun juga tidak masalah jika anda hanya mengandalkan apel yang dihaluskan saja. Setelah halus bisa langsung diaplikasikan pada wajah yang bersih. Menggunakan perawatan ini setidaknya 2 kali dalam seminggu agar hasilnya maksimal.

9. Bisa Dimanfaatkan Untuk Toner Wajah

Melancarkan Peredaran Darah di Wajah

Image Credit: Hellosehat.com

Buah apel yang sudah diolah menjadi cuka apel juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan toner yang alami. Toner dari cuka apel ini bisa mengencangkan kulit serta membuat sirkulasi darah dirangsang dengan baik.Toner dari cuka apel ini juga bisa membersihkan pori pori pada kulit anda. Namun anda harus memahami penggunaannya, sebab setiap wajah akan memberikan reaksi yang berbeda. Terutama bagi kulit yang sensitif cuka apel ini cukup aman.

10. Membersihkan Pori-Pori

Mengecilkan Pori-Pori Wajah Anda

Image Credit: Glitzmedia.co

Pori pori yang tersumbat akan menimbulkan komedo dan juga jerawat. Oleh sebab itu harus menggunakan pembersih wajah yang bisa hingga ke pori pori. Apel memiliki kandungan glycolid acid yang bisa membersihkan pori pori dengan maksimal ke dalam kulit. Kandungan ini juga akan membantu untuk proses regenerasi kulit anda. Untuk itu anda bisa menggunakan cuka apel, atau mengkonsumsi apel agar kulit anda bersih hingga pori porinya.

Menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kita rupanya bisa membuat kulit wajah menjadi sehat dan cantik. Apalagi bahan alami tidak memiliki efek samping atau campuran bahan kimia. Apel bisa menjadi buah yang akan memberikan banyak manfaat untuk kulit anda jika anda rutin melakukan perawatan dengan apel. Kandungan buah yang beragam warna ini ternyata begitu kaya dan baik untuk kulit wajah.