10 Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Pipi dan Hidung dengan Cepat

Penyebab Jerawat Batu
Photo by Barbara Krysztofiak on Unsplash

Ketahui cara menghilangkan jerawat batu di pipi dan hidung dengan cepat menggunakan metode efektif yang aman untuk kulit, agar wajah Anda kembali bersih dan mulus.

Cara menghilangkan jerawat batu di hidung dan pipi, apakah mungkin? Pertanyaan ini mungkin terlintas dalam benak siapa saja yang mengalaminya. Terkesan agak meragukan, namun sebenarnya bisa diatasi dan caranya tidak terlalu sulit.

Hanya saja butuh perjuangan panjang dan kesabaran agar anda dapat melihat hasilnya yang ternyata berbuah manis. Memang tidak dapat di pungkiri bahwa salah satu jenis jerawat ini sangat mengganggu.

Dikenal sebagai jerawat yang membandel, karena menyerang di bagian kulit yang lebih dalam dibandingkan jenis lainnya. Benjolan pada permukaan kulit pun terlihat lebih besar, terkadang berasa sakit saat disentuh atau terjadi kontak langsung.

Penyebab Jerawat Batu

Penyebab Jerawat Batu
Photo by Barbara Krysztofiak on Unsplash

Sebelum mengetahui bagaimana cara menghilangkan jerawat batu yang paling efektif, sebaiknya kita bahas dulu apa saja penyebabnya. Setidaknya, anda dapat menghindari masalah kulit yang dapat menurunkan rasa percaya diri ini.

Kelebihan Produksi Minyak

Ketika kelenjar minyak dalam kulit menghasilkan terlalu banyak minyak atau dikenal dengan istilah sebum, hal ini dapat menyumbat pori-pori kulit. Pori-pori yang tersumbat adalah lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak.

Ditambah lagi kotoran dan sel kulit mati yang tidak dapat keluar, menyebabkan pembentukan jerawat batu lebih mudah.

Perubahan Hormon

Penyebab jerawat batu yang paling sering yakni perubahan hormon. Perubahan ini dapat mempengaruhi produksi minyak oleh kelenjar minyak dalam kulit.

Pada remaja, masa pubertas seringkali menjadi masa di mana hormon berfluktuasi secara signifikan. Sedangkan untuk dewasa biasanya terjadi saat sedang hamil atau mengandung.

Baca Juga:  10 Eye Cream Terbaik untuk Mengatasi Mata Panda

Stress Berlebih

Jika anda tidak ingin mengalami gangguan jerawat, sebaiknya hindari stress berlebih. Meskipun belum sepenuhnya dipahami bagaimana stres memengaruhi jerawat, namun stres dapat memicu perubahan hormonal dalam tubuh.

Stress dapat disebabkan oleh masalah apapun yang sebaiknya tidak terlalu dipikirkan, baik pekerjaan atau rumah tangga.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, kita masuk ke pembahasan utamanya. Bagaimana cara menghilangkan jerawat batu di hiding dan pipi, serta bagian lainnya? Berikut adalah beberapa cara yang paling efektif dan cepat yang dapat anda lakukan!

1. Gunakan Putih Telur

Gunakan Putih Telur
Photo by Unsplash+ on Unsplash

Putih telur mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi sehingga dianggap sebagai salah satu cara yang paling efektif. Manfaat lainnya yakni mengurangi peradangan, dimana jerawat batu pada umumnya terjadi pembengkakan.

Proses penyembuhan pun lebih cepat dibandingkan cara lainnya, bekas yang ditinggalkan tidak terlalu tampak. Cara mengobati jerawat batu dengan putih telur sangat mudah. Pisahkan putih telur dari kuning telurnya dan letakkan dalam sebuah mangkuk.

Bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan sabun khusus cuci muka. Kemudian oleskan tipis putih telur pada jerawat dan biarkan hingga kering. Setelah mengering, bilas dengan air dingin.

2. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Photo by Denys Gromov on Pexels

Cara menghilangkan jerawat batu selanjutnya adalah menggunakan jeruk nipis. Bahan ini mengandung asam sitrat yang sangat bagus untuk mengeringkan jerawat dan membunuh bakteri.

Fungsi lain yakni mengurangi peradangan, membersihkan pori-pori, dan mengangkat sel kulit mati karena terdapat kandungan vitamin C dan alpha hidroksi.

Agar hasilnya lebih efektif, anda harus menggunakannya dengan cara yang benar. Pertama, silahkan cuci wajah terlebih dahulu hingga, kemudian biarkan kering.

Siapkan jeruk nipis, kemudian potong dan peras airnya. Setelah itu oleskan pada muka yang berjerawat. Diamkan hingga 10 menit, lalu bilas hingga bersih dan keringkan kembali.

3. Oles dengan Lidah Buaya

Oles dengan Lidah Buaya
Photo by Rosina-Schneider on Pixabay

Lidah buaya atau aloe vera dikenal lama sebagai salah satu bahan alami untuk kecantikan. Kandungan gel nya sangat bermanfaat untuk membuat kulit lebih kenyal dan halus.

Selain itu, bahan ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan semua jenis jerawat, termasuk jerawat batu.

Baca Juga:  10 Manfaat Kulit Manggis untuk Kecantikan & Kesehatan

Sebagaimana bahan alami sebelumnya, cara menghilangkan jerawat batu dengan lidah buaya juga sangat mudah. Pastikan anda memilih aloe vera yang masih muda, kemudian kupas kulitnya dan ambil gel nya.

Oleskan pada bagian yang berjerawat dan tunggu hingga kering. Bersihkan wajah setelah kering, usahakan menggunakan air dingin.

4. Manfaatkan Kandungan Tomat

Manfaatkan Kandungan Tomat
Photo by Josephine Baran on Unsplash

Tidak hanya sebagai bumbu dapur yang membuat masakan lebih nikmat, juga bukan hanya sebatas buah yang menyegarkan, tomat juga dapat dijadikan untuk mengobati jerawat batu.

Kandungan utama yang berupa asam salisilat juga baik untuk membersihkan pori-pori. Selain itu, tomat juga baik untuk mengurangi peradangan dan mengeringkan jerawat.

Anda dapat menggunakannya sebagai masker, atau bisa juga dengan cara dioles. Setelah membersihkan wajah, iris tomat menjadi beberapa bagian.

Oleskan pada jerawat dan tunggu hingga 20 menit. Agar hasilnya lebih efektif, anda bisa menggunakannya 3 kali dalam sehari. Tidak perlu khawatir karena tidak ada efek samping apapun.

5. Pakai Kulit Jeruk

Pakai Kulit Jeruk
Photo by Ana T. on Unsplash

Kulit jeruk ternyata cukup efektif digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat batu di pipi dan hidung. Bukan tanpa sebab pastinya, karena ada alasan medis dari kandungannya.

Kulit jeruk mengandung senyawa antioksidan dan minyak esensial. Kedua kandungan ini tidak hanya untuk mengatasi jerawat, namun juga baik bagi kesehatan kulit.

6. Kombinasi Kunyit, Jeruk Nipis, dan Madu

Kombinasi Kunyit, Jeruk Nipis, dan Madu
Photo by Heather Barnes on Unsplash

Baik di hidung, pipi, atau daerah lainnya, jerawat batu bisa dihilangkan dengan kombinasi tiga bahan alami. Adapun bahan yang dimaksud yaitu kunyit, jeruk nipis, dan madu.

senyawa kurkumin pada kunyit sangat bagus untuk menyembuhkan luka. Madu mengandung antioksidan tinggi yang mampu menangkal radikal bebas.

Cara menghilangkan jerawat batu dengan ketiga bahan ini tidak terlalu sulit. Siapkan kunyit secukupnya, satu butir jeruk nipis, dan dua sendok makan madu.

Campurkan semua bahan diatas sesuai takaran, untuk jeruk nipis menyesuaikan saja. Oleskan merata pada bagian muka yang berjerawat, lalu tunggu 15 menit dan keringkan.

7. Pengobatan Jerawat Batu dengan Kentang

Pengobatan Jerawat Batu dengan Kentang
Photo by Congerdesign on Pixabay

Kentang mengandung folat dan antioksidan cukup tinggi. Kulitnya bahkan mengandung 12 kali lipat lebih banyak daripada dagingnya.

Baca Juga:  10 Manfaat Buah Kiwi untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Diketahui

Untuk menggunakannya sebagai obat jerawat batu, anda dapat memilih salah satunya. Lebih disarankan menggunakan kulitnya karena jauh lebih mudah, cukup tempel pada jerawat setelah dikupas.

8. Baking Soda

Baking Soda
Photo by Nature Friend on Pixabay

Baking soda, atau natrium bikarbonat, adalah bahan yang umum digunakan dalam perawatan kulit. Ini dikarenakan sifatnya yang dapat membantu menyeimbangkan pH kulit, mengurangi peradangan, dan membantu mengeringkan jerawat.

Namun ingat, baking soda juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit jika digunakan secara berlebihan. Bagaimana cara membuat baking soda untuk mengobati jerawat batu? Mudah saja, cukup buat pasta dan kemudian oleskan pada kulit.

Cara membuat pasta dengan mencampur baking soda dengan air secukupnya. Penggunaan yang terlalu sering tidak dianjurkan, sebaiknya hanya sekali atau dua kali dalam sehari.

9. Bawang Putih

Bawang Putih
Photo by Michele Blackwell on Unsplash

Cara menghilangkan jerawat batu di pipi selanjutnya adalah dengan bawang putih. Sangat mudah ditemukan pastinya, harganya pun relatif murah.

Bumbu dapur ini mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat batu.

Siapkan bawang putih secukupnya, perkirakan kebutuhan dengan jerawat yang mengganggu. Kupas kulitnya terlebih dahulu, kemudian tumbuk hingga halus.

Bersihkan wajah dengan air hangat secara perlahan. Oleskan bawang putih yang sudah halus tadi pada bagian yang berjerawat, tunggu 20 menit dan bilas sampai bersih.

10. Kompres dengan Es Batu

Kompres dengan Es Batu
Photo by Pixabay on Pexels

Mungkin anda heran kenapa es batu dapat dijadikan sebagai obat jerawat batu. Sebenarnya bukan mengobati, melainkan dapat mengurangi peradangan atau pembengkakan.

Selain itu juga memberikan efek dingin yang dapat meredakan rasa sakit atau ketidaknyamanan. Namun sebaiknya tidak berlebihan, karena biasanya dapat menyebabkan iritasi.

Penggunaannya pun tidak secara langsung, harus menggunakan kain tipis dan lembut. Selain menggunakan es batu, anda pun bisa memakai air dingin untuk mengompres.

Caranya juga sama, menggunakan kain dan kemudian diletakkan pada pipi atau hidung. Jika terjadi iritasi atau ruam, sebaiknya hentikan cara ini terlebih dahulu hingga gejala mereda.

Itulah sebagian cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan jerawat batu di pipi dan di dahi. Semua cara diatas termasuk pengobatan medis, yang mana tidak menggunakan obat.

Bahan alami memang lebih aman digunakan karena tidak menimbulkan efek samping. Namun jika semua cara diatas tidak membuahkan hasil, sebaiknya konsultasi dengan dokter.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Nikeisha

Nikeisha suka bepergian, fotografi dan pastinya makanan enak. Dia paling sering bersama dengan laptopnya, menulis apa saja yang muncul dibenaknya.