11 Jenis Makanan Sehat Penambah Imun Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

11 Jenis Makanan Sehat Penambah Imun Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

11 Jenis Makanan Sehat Penambah Imun Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Menjaga imun tubuh agar tetap kuat sangat penting supaya tidak mudah sakit. Seperti yang diketahui, saat ini banyak sekali penyakit yang mudah menyerang tubuh. Jika tidak menjaga kesehatan dengan baik, maka tubuh akan mudah sakit. Sakit yang paling ringan pada umumnya adalah batuk dan pilek, itu umum sekali ditemui di sekitar kita.

Untuk menjaga tubuh agar selalu sehat, kita perlu asupan makanan sehat penambah imun tubuh. Ada banyak jenis makanan seperti ini, mulai dari sayur, buah, hingga daging. Tetapi jika kita tidak menyeleksi lebih jauh dan mengetahui kandungan di dalamnya, biasanya justru akan mengakibatkan penyakit lain yang muncul.

Pasalnya, ada beberapa jenis makanan yang tidak cocok dikonsumsi untuk tubuh dengan kondisi tertentu. Anggap saja sebuah pantangan, misalnya alpukat yang tidak boleh dikonsumsi penderita kolesterol karena kandungannya. Mengambil dari berbagai sumber, berikut adalah makanan sehat yang dapat menambah daya tahan tubuh!

1. Jeruk

Jeruk
Image by Astronauts.id

Salah satu cara untuk menjaga tubuh agar tetap sehat adalah dengan mengonsumsi vitamin C. Jeruk adalah jenis makanan yang sangat disarankan karena mengandung vitamin C tinggi. Banyak sekali jenis jeruk yang ditemui, anda bisa memilih sesuai selera. untuk jeruk bali, Sunkist, dan sejenisnya, anda bisa mengonsumsi nya langsung.

Namun jika anda memilih jeruk nipis atau jeruk lemon, silahkan campurkan dengan makanan atau minuman. Selain vitamin C, jeruk juga mengandung magnesium, fosfor, zat besi, serat, dan berbagai kandungan lain yang dibutuhkan tubuh. Dalam sehari, tubuh memerlukan 75 mg vitamin C untuk perempuan, sedangkan laki-laki 90 mg.

2. Kunyit

Kunyit
Image by Detik.com

Makanan sehat penambah imun tubuh selanjutnya adalah kunyit. Anda pasti mengenalnya sebagai salah satu jenis bumbu dapur yang dapat menyebabkan makanan semakin terasa nikmat. Kandungan utama kunyit tidak lain adalah antiinflamasi yang berguna untuk mencegah peradangan pada tubuh bagian dalam atau luar.

Baca Juga:  15 Menu Makanan Sehat untuk Jantung yang Wajib Dikonsumsi

Kandungan lain yang tidak kalah penting adalah antioksidan, fungsinya untuk menangkal radikal bebas. Mengonsumsi kunyit untuk menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan cara dicampur makanan. Namun untuk hasil yang lebih efektif dan maksimal, anda bisa membuat ramuan khusus yang dijadikan minuman seperti jamu.

3. Blueberry

Blueberry
Image by Orami.co.id

Hampir semua jenis buah-buahan baik dikonsumsi untuk menambah imun tubuh, termasuk Blueberry. Dulunya buah ini sulit ditemui dan tidak dikenal manfaatnya. Tetapi saat ini anda tidak mungkin kesulitan menemukannya. Jika tidak menemukan dalam bentuk buahnya, olahan Blueberry juga tidak mengurangi manfaatnya.

Kandungan utama buah ini yaitu flavonoid, merupakan sejenis antioksidan alami yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh. Buah ini mampu melancarkan peredaran darah, melegakan pernafasan, dan mencegah penyakit ringan seperti flu. Untuk hasil yang lebih optimal, silahkan konsumsi sekitar 50-100 gram per hari.

4. Jahe

Jahe
Image by Cnnindonesia.com

Bumbu dapur lainnya yang termasuk makanan sehat penambah imun tubuh adalah Jahe. Semua orang di Indonesia pasti tidak asing dengannya, karena tersebar merata di seluruh nusantara. Rasa dan baunya yang khas mudah dikenali, meskipun ada beberapa bumbu yang bentuknya mirip. Harganya murah, anda pasti bisa membelinya setiap hari untuk konsumsi harian.

Jahe mengandung antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas. Kandungan lain yakni sifat antiinflamasi yang terbukti efektif mencegah maupun mengobati peradangan. Seperti halnya kunyit, anda pun bisa menggunakan jahe untuk jamu atau mencampurkannya kedalam makanan. Tetapi jika ingin membuat minuman, sebaiknya pilih jahe bubuk.

5. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau
Image by Sehatq.com

Bukan rahasia umum bahwa sayuran merupakan jenis makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun untuk hasil yang lebih optimal, sayuran hijau sangat disarankan. Dari banyaknya jenis sayuran hijau, brokoli menempati urutan pertama yang cocok dikonsumsi jika tujuan utamanya adalah untuk menambah imun tubuh.

Brokoli mengandung vitamin C yang cukup tinggi, bahkan mencapai 89 mg untuk setiap 100 gram nya. Kandungan lain yang dibutuhkan tubuh diantaranya adalah antioksidan, beta karoten, dan flavonoid. Selain brokoli, sayuran hijau lain sebagai alternatif adalah bayam dan kangkung dengan kandungan yang hampir sama. Anda bisa menjadikannya menu mingguan dari banyak sayuran hijau lainnya.

6. Biji Bunga Matahari

Biji Bunga Matahari
Image by Orami.co.id

Biji bunga matahari termasuk jenis makanan sehat penambah imun yang perlu dipertimbangkan. Beberapa daerah menyebutnya dengan kuaci, biasanya sudah diolah dan siap untuk dimakan. Rasanya yang unik cocok dijadikan sebagai camilan utama, meskipun tidak pernah mengenyangkan karena ukurannya sangat kecil.

Biji bunga ini memiliki kandungan berbagai jenis vitamin, termasuk vitamin B-6 dan vitamin E. Kandungan lain yaitu fosfor, magnesium, dan antioksidan yang berguna untuk melawan bakteri dan virus. Kandungan yang belum tentu dimiliki jenis makanan lain yakni selenium, fungsinya untuk menangkal radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit jantung.

7. Kacang Almond

Kacang Almond
Image by Detik.com

Tidak semua jenis kacang-kacangan berbahaya bagi tubuh karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Asalkan anda mengonsumsi nya tidak berlebihan, justru akan mendapatkan manfaat. Salah satu jenis kacang yang baik untuk menambah daya tahan tubuh adalah kacang almond. Bukan berarti jenis kacang lain tidak baik, hanya saja kurang berkhasiat.

Kacang ini memiliki kandungan vitamin E yang baik untuk sistem imunitas. Selain itu, kandungan lain yang tidak kalah penting adalah vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Magnesium dan fosfor adalah kandungan lain yang terdapat di dalamnya, penting juga untuk menjaga kesehatan tubuh. Mengingat harganya yang lumayan mahal, anda bisa mengonsumsi beberapa hari sekali.

8. Dark Chocolate

Dark Chocolate
Image by Bienmanger.com

Cokelat dikenal sebagai makanan sehat untuk penambah imun tubuh yang sanga baik. Mengonsumsi cokelat secara teratur tidak hanya membuat tubuh terasa sehat, namun juga lebih berenergi. Dari beberapa jenis cokelat yang ada, cokelat hitam atau Dark Chocolate yang paling disarankan. Jenis cokelat ini mengandung theobromine yang termasuk antioksidan.

Kandungan tersebut juga sangat baik untuk menjaga sel-sel tubuh agar bekerja sebagaimana mestinya. Namun ingat, yang dimaksud cokelat hitam adalah yang tidak mengandung campuran apapun, apalagi gula. Cokelat yang wajib anda konsumsi yakni yang masih murni dengan rasa yang sedikit pahit.

9. Yoghurt

Yoghurt
Image by Halodoc.com

Selain yang disebutkan diatas, makanan sehat penambah imun tubuh selanjutnya adalah Yoghurt. Makanan ini merupakan hasil dari olahan susu yang telah mengalami proses fermentasi. Kandungan utamanya adalah vitamin D, fungsinya tentu untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit.

Baca Juga:  15 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan

Rasanya yang sedikit asam membuat anda harus pandai dalam mengolahnya. Biasanya, Yoghurt diolah dalam bentuk minuman yang dicampur berbagai buah lainnya. Karena tujuan utama anda adalah untuk menjaga kesehatan, ada baiknya tidak terlalu banyak menggunakan gula. Alangkah lebih baik jika anda mengonsumsi langsung tanpa campuran apapun.

10. Ayam

Ayam
Image by Deheus.id

Dari jenis daging juga banyak yang dapat dijadikan sebagai makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Daging sapi adalah yang terbaik, namun harganya lumayan mahal jika harus dikonsumsi setiap hari. Alternatif nya adalah daging ayam yang harganya jauh lebih murah, selain itu mudah sekali ditemui di beberapa tempat.

Ayam mengandung vitamin B-6 yang sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Cara mengolahnya pun sangat mudah, anda bisa mengolahnya menjadi sup. Bisa juga untuk jenis olahan lainnya, namun yang jelas tidak perlu digoreng. Usahakan mengonsumsi ayam yang diolah dengan cara direbus atau dikukus karena lebih menyehatkan.

11. Bawang Putih

Makanan Sehat Penambah Imun Tubuh, Bawang Putih
Image by Detik.com

Meskipun baunya tidak disukai sebagian orang, namun bawang putih tetap memberikan manfaat yang nyata. Bumbu dapur ini mengandung antioksidan tinggi yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Orang tua zaman dahulu sudah mengenal baik manfaat dari makanan ini, biasanya digunakan untuk meredakan penyakit flu ringan.

Kemampuan terbaik bawang putih adalah untuk membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit tertentu. Untuk mengonsumsi nya, anda bisa mencapurkan dengan makanan favorit yang sedang diolah. Jika ingin mendapatkan manfaat yang jauh lebih berkhasiat, anda bisa mencampurkannya dengan cengkeh dan jahe untuk dijadikan minuman.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai jenis makanan sehat penambah imun tubuh. Dari daftar yang disebutkan diatas, sebagian besar adalah jenis makanan yang mudah ditemui. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi nya apabila anda ingin tetap sehat. Apalagi harganya yang murah, bahkan anda pun bisa mengonsumsi nya rutin setiap hari.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Nikeisha

Nikeisha suka bepergian, fotografi dan pastinya makanan enak. Dia paling sering bersama dengan laptopnya, menulis apa saja yang muncul dibenaknya.

Tags