10 Manfaat Buah Semangka untuk Perawatan Kulit Anda

10 Manfaat Buah Semangka untuk Perawatan Kulit Anda

Semangka dikenal sebagai buah yang menyegarkan karena memiliki kandungan air yang tinggi. Selain itu, buah ini juga memiliki rasa yang manis dengan warna merah yang menggoda. Tak heran jika buah semangka sering digunakan sebagai buah pencuci mulut.

Namun, siapa yang menyangka jika dibalik rasanya yang menyegarkan, buah ini juga memiliki manfaat yang baik bagi kulit. Berikut ini manfaat semangka untuk perawatan kulit yang perlu anda ketahui.

Kandungan Nutrisi pada Buah Semangka

Kandungan Nutrisi Buah Semangka

Image Credit: Islampos.com

Buah semangka mengandung air yang tinggi sehingga dapat melembabkan kulit yang kering. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C yang dapat menghilangkan bekas jerawat pada wajah. Vitamin C juga bersifat anti aging dan menghilangkan garis kerutan di kulit. Tidak hanya itu, kandungan vitamin E pada buah semangka juga dapat mengurangi hiperpigmentasi dan menyamarkan garis garis halus.

Buah semangka juga mengandung vitamin A, yang dapat memulihkan kulit yang rusak setelah terkena sinar matahari. Kndungan ini juga dapat mengatasi bercak kering dan bintik hitam. Selain kandungan vitamin yang tinggi, buah semangka juga mengandung mineral seperti zat besi, dan kalsium serta natrium dan serat. Karena berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, buah semangka sering digunakan untuk perawatan kulit.

Manfaat Semangka untuk Kesehatan Kulit

1. Membersihkan Wajah

Image Credit: Hellosehat.com

Aktivitas di luar ruangan bisa menyebabkan wajah anda mudah terkena debu dan kotoran. Hal ini bisa menyebabkan masalah kulit kusam dan bisa menyebabkan jerawat. Wajah yang bersih akan mencegah kulit kusam. Buah semangka memiliki kandungan vitamin C yang dapat berfungsi membersihkan wajah dan menyegarkan kulit. Butiran kecil pada buah semangka dipercaya dapat menyerap kotoran pada kulit dan berfungsi sebagai scrub.

Cara menggunakannya yaitu dengan menyiapkan tiga potong buah semangka, beberapa tetes lemon dan satu sendok makan yogurt. Selanjutnya, campurkan semua bahan hingga merata. Kemudian gosokkan pada wajah secara perlahan, dan bilas dengan menggunakan air bersih. Lakukan perawatan ini seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain membersihkan wajah, jus semangka juga membuat kulit tampak lebih segar.

2. Mengurangi Minyak Berlebih

15 Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami yang Mudah Dilakukan

Image Credit: Hellosehat.com

Wajah membutuhkan minyak untuk melembabkan kulit agar tidak kering. Namun, wajah yang berminyak bisa memicu permasalah kulit yang lain seperti timbulnya jerawat. Apalagi jika kondisi cuaca yang panas, pastinya produksi minyak juga akan lebih banyak. Semangka dipercaya dapat mengurangi kandungan minyak yang ada di wajah. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A yang ada didalamnya mampu mengecilkan pori pori kulit.

BACA:  Inilah Manfaat & Cara Membuat Masker Madu Untuk Mencerahkan Wajah

Selain itu, semangka juga dapat meminimalisir produksi minyak melalui kelenjar sebaceous. Cara melakukannya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan semangka yang sudah dihaluskan sebagai masker. Selanjutnya diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan menggunakan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan perawatan kulit ini minimal dua kali sehari.

3. Mengatasi Jerawat

Mengatasi Jerawat dan Kulit yang Berminyak

Image Credit: Classlifestyle.com

Salah satu masalah kecantikan yang sering dialami baik laki laki atau perempuan saat remaja yaitu munculnya jerawat di wajah. Munculnya jerawat dapat dipicu oleh kotoran yang menempel di wajah. Apalagi jika sebelum tidur, masih terdapat makeup yang belum dibersihkan. Selain menimbulkan rasa sakit, munculnya jerawat juga cukup mengganggu karena dapat mengurangi rasa percaya diri. Untuk mengatasinya anda bisa memanfaatkan buah semangka.

Buah semangka memiliki kandungan enzim dan vitamin yang dipercaya dapat meredakan jerawat di wajah. Selain itu, kandungan senyawa aktif terpenoid yang ada di dalam kulit buah semangka, memiliki sifat antibakteri yang dapat menjadi obat jerawat. Kandungan gel yang dingin juga mampu menenangkan kulit serta membantu jerawat cepat pulih.

Cara mengatasi jerawat dapat dilakukan dengan menjadikan semangka sebagai masker wajah. Selanjutnya oleskan ke area jerawat dengan menggunakan kapas. Kemudian, diamkan hingga 15 menit dan bilas dengan menggunakan air bersih. Selain melakukan perawatan ini, anda juga harus rutin membersihkan wajah, terutama sebelum tidur.

4. Mencegah Penuaan Dini

Membantu Melawan Penuaan Dini

Image Credit: Cosmopolitan.co.id

Munculnya kerutan di wajah menjadi salah satu masalah wajah yang harus segera diatasi. Biasanya penyebab penuaan dini yaitu karena paparan radikal bebas. Salah satu cara mengatasinya dapat dilakukan dengan konsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Buah semangka memiliki kandungan antioksidan berupa lycopene, vitamin A, B, dan C yang dapat mencegah paparan radikal bebas dan menghilangkan kerutan.

Cara menggunakan semangka untuk mencegah penuaan dini, dapat dilakukan dengan mencampur buah semangka dengan satu sendok teh madu. Selanjutnya, oleskan pada wajah ketika hendak tidur. Tunggu hingga beberapa menit, kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin, agar kulit anda tampak lebih muda. Selain menggunakan sebagai masker, anda juga bisa mengimbanginya dengan konsumsi buah semangka.

5. Melembabkan Kulit

Melembabkan Kulit

Image Credit: Eforealifestyle.com

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda beda, mulai dari kulit normal, kering hingga berminyak. Berbeda dengan kulit normal yang tidak membutuhkan perawatan yang lebih banyak, kulit kering harus segera diatasi karena dapat menyebabkan kulit mudah mengelupas. Cara mengatasinya dapat dilakukan dengan meningkatkan kelembaban wajah. Buah semangka memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat membuat kulit menjadi lebih lembab.

BACA:  10 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Cara menggunakan semangka untuk melembabkan kulit dapat dilakukan dengan menggunakannya sebagai masker. Buah semangka yang sudah dihaluskan, kemudian ditambahkan dengan madu dan aduk hingga tercampur. Setelah itu, oleskan pada wajah secara merata. Diamkan beberapa saat dan bilas dengan menggunakan air dingin. Selain melakukan perawatan ini, sebaiknya anda juga menghindari penggunaan air panas yang bisa menyebabkan kulit kering.

6. Menghilangkan Bekas Jerawat

10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat

Image Credit: Detik.com

Meskipun jerawat sudah hilang, namun bekas jerawat yang masih menempel pada wajah menjadi hal yang cukup mengganggu. Apalagi jika bekas jerawat tersebut tidak cepat hilang. Untuk mengatasi hal ini anda dapat mengatasinya dengan menggunakan buah semangka. Buah semangka memiliki kandungan vitamin C yang dipercaya dapat menghilangkan noda bekas jerawat di wajah. Caranya dengan menggunakan jus semangka sebagai masker.

Oleskan jus semangka pada wajah, kemudian pijat sebentar untuk memberikan efek relaksasi pada kulit. Kemudian diamkan hingga beberapa menit, lalu basuh dengan menggunakan air dingin yang bersih. Lakukan perawatan secara rutin agar bekas jerawat cepat hilang. Untuk mencegah agar bekas jerawat lebih cepat hilang, sebaiknya jangan memencet dan menekan jerawat. Jerawat yang dipencet akan menimbulkan bekas kemerahan di wajah.

7. Mencerahkan Kulit

Membuat Wajah Menjadi Cerah

Image Credit: Fairviewdentalcare.com

Setiap wanita pastinya menginginkan wajah yang cerah agar tampak lebih cantik. Buah semangka memiliki kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan dan mencerahkan kulit. Selain itu, kandungan ini juga dapat menjaga kesehatan kulit dengan menghilangkan sel sel kulit mati. Cara menggunakan semangka untuk mencerahkan kulit dapat dilakukan dengan menjadikannya sebagai masker, lalu mengoleskan pada wajah secara merata.

Selain digunakan sebagai masker, konsumsi buah semangka juga dapat memberikan manfaat yang sama. Anda tidak perlu khawatir jika mengaplikasikan semangka pada kulit wajah, karena buah ini sangat cocok untuk semua jenis kulit. Baik itu, kulit berminyak, jerawat, atau kulit sensitif. Menggunakan masker semangka ataupun produk dengan bahan utama semangka, memiliki manfaat yang sangat baik bagi kulit.

8. Mengatasi Ruam

Meredakan Kulit Iritasi dan Kemerahan

Image Credit: Headtopics.com

Sering beraktivitas di luar rumah akan menyebabkan kulit sering terpapar sinar matahari. Hal ini bisa menyebabkan ruam pada kulit sehingga tampak kemerah merahan. Buah semangka memiliki kandungan antioksidan dan mineral yang dapat mengatasi ruam, meredakan peradangan dan kemerahan pada kulit. Bahkan perempuan korea pada zaman dulu, juga sering menggunakan semangka untuk mengurangi kemerahan pada wajah dan menenangkan kulit.

BACA:  Inilah Manfaat & Cara Membuat Masker Kopi Untuk Wajah Glowing

Semangka memiliki kandungan vitamin A dan Vitamin C yang dapat memulihkan kulit yang rusak setelah terkena sinar matahari. Selain itu, kandungan vitamin E yang ada di dalamnya juga mampu meringankan pigmentasi, menyamarkan garis halus pada kulit. Untuk mempercepat proses penyembuhan saat muncul ruam di kulit, anda bisa memijatkan kulit semangka pada bagian yang terkena ruam.

Sebelumnya anda bisa meletakkan kulit buah semangka beberapa saat ke dalam kulkas sehingga lebih dingin. Anda juga bisa mencampurnya dengan alpukat atau buah pisang, untuk mempercepat proses penyembuhan. Lakukan secara teratur agar ruam pada kulit lebih cepat hilang. Selain pada buah dan kulitnya, manfaat semangka untuk mengatasi iritasi juga dapat diperoleh dengan memanfaatkan biji semangka.

9. Menghaluskan Kulit

Menghaluskan Kulit Wajah

Image Credit: Dream.co.id

Memiliki kulit yang kasar bisa menyebabkan seseorang kurang nyaman. Pasalnya, kulit yang kasar akan menyebabkan kesulitan saat mengaplikasikan make up pada wajah. Ada banyak hal yang menjadi penyebab kulit kasar, mulai dari bekas luka hingga kulit yang mengelupas. Cara untuk menghaluskan kulit kasar dapat dilakukan dengan memanfaatkan semangka sebagai masker.

Siapkan beberapa potong daging buah semangka yang sudah dihaluskan, kemudian tambahkan dengan satu sendok makan madu murni. Selanjutnya, aduk agar keduanya tercampur merata. Setelah tercampur, oleskan pada bagian seluruh wajah. Namun, pastikan jika sebelumnya anda sudah membersihkan wajah terlebih dahulu. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, anda juga perlu mengimbanginya dengan tidur yang cukup.

10. Menghilangkan Flek Hitam

Menghilangkan Noda Hitam dan Flek

Image Credit: Paragram.id

Flek hitam merupakan kondisi wajah dimana muncul bintik bintik akibat peningkatan produksi melanin pada kulit. Hal ini biasanya disebabkan karena kulit wajah yang sering terpapar sinar matahari, atau kulit yang terlalu cerah. Meskipun tidak berbahaya bagi kulit, namun munculnya flek hitam di wajah terasa cukup mengganggu. Buah semangka dipercaya dapat menghilangkan flek hitam pada kulit.

Kandungan B1, B2, B12, dan vitamin C yang di dalamnya dapat menghilangkan noda hitam di wajah. Buah semangka terdiri dari bagian berwarna merah dan berwarna putih. Bagian merah bisa makan secara langsung, sedangkan bagian putih bisa dimanfaatkan sebagai masker untuk menghilangkan flek hitam. Tempelkan bagian putih pada wajah yang terkena flek hitam, kemudian tunggu hingga 15 menit dan bilas dengan menggunakan air hangat.

Ternyata manfaat buah semangka dapat membersihkan wajah dan melembabkan kulit. Selain itu, buah semangka juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat dan mencegah penuan dini. Tak heran jika orang korea pada zaman dahulu menggosokkan kulit buah semangka untuk mengatasi peradangan dan ruam pada kulit. Selain penggunaannya yang mudah, buah semangka juga dapat diaplikasikan ke segala jenis kulit baik kulit kering, berminyak hingga kulit sensitif.