10 Minyak Ikan Salmon yang Bagus untuk Pertumbuhan Anak

Manfaat Minyak Salmon
Photo by Alex9500 on Envato Elements

Minyak ikan salmon adalah suplemen kesehatan untuk mendukung pertumbuhan anak. Kaya akan asam lemak omega-3, terutama DHA dan EPA.

Minyak ikan salmon adalah salah satu suplemen nutrisi yang semakin populer belakangan ini, dan bukan tanpa alasan. Ikan salmon adalah salah satu sumber asam lemak omega-3 yang paling kaya. Minyaknya memiliki berbagai manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Oleh sebab itulah sekarang banyak ditemukan produk yang menggunakan ikan ini.

Di pasaran, pastinya anda dapat dengan mudah menemukan produk yang dimaksud. Soal harga bervariasi, ada yang dianggap mahal dan sebaliknya. Namun dari segi manfaat, semua produk sebenarnya hampir sama. Hanya saja yang membedakan yakni dari dosis yang terkandung di dalamnya dan juga bahan tambahan untuk mendukung manfaat utamanya.

Salah satu manfaat minyak ikan salmon yang paling umum dan banyak diketahui yaitu mencerdaskan otak. Tidak heran jika banyak orang tua yang ingin anaknya mengonsumsi jenis suplemen ini. Sayangnya, tidak semua anak-anak suka dengan rasa minyak ikan. Bahkan banyak diantara mereka yang menolak ketika mengetahui rasanya.

Manfaat Minyak Ikan Salmon

Manfaat Minyak Salmon
Photo by Alex9500 on Envato Elements

Pentingnya mengonsumsi minyak ikan salmon dikarenakan kandungan yang terdapat di dalamnya. Salah satu yang paling tinggi adalah Omega-3, yang mana tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai produk apa saja yang bagus, sebaiknya kita ulas apa saja manfaatnya.

Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat paling terkenal dari minyak ikan salmon adalah kemampuannya untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan asam lemak omega-3, seperti EPA dan DHA, dalam minyak ikan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Selain itu juga dapat mengurangi peradangan dalam arteri, dan mengatur tekanan darah.

Semua ini bersama-sama membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Seperti yang diketahui, salah satu penyebab penyakit atau gangguan jantung adalah tingginya kandungan kolesterol dalam darah. Penyakit ini tidak dapat diobati, namun gangguannya dapat dikurangi atau bahkan bisa dicegah dengan mengonsumsi suplemen yang tepat.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Vitamin untuk Badan Lemas dan Lesu, Dijamin Menambah Energi

Mendukung Fungsi Otak

Asam lemak omega-3, khususnya DHA, memainkan peran penting dalam perkembangan dan fungsi otak yang sehat. Mengkonsumsi minyak ikan salmon dapat meningkatkan konsentrasi, memori, dan kemampuan kognitif. Ini juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan demensia.

Mengurangi Peradangan

Manfaat selanjutnya yakni mengurangi peradangan, bisa juga untuk menghilangkan rasa nyeri akibat luka. Omega-3 dalam minyak ikan salmon memiliki sifat antiinflamasi yang kuat. Ini dapat membantu meredakan peradangan kronis dalam tubuh, yang telah terkait dengan berbagai penyakit, termasuk arthritis, diabetes tipe 2, dan penyakit autoimun lainnya.

Mendukung Kesehatan Mata

Minyak ikan salmon yang bagus untuk pertumbuhan anak tidak hanya yang dapat mencerdaskan atau mendukung fungsi otak, namun juga menjaga kesehatan mata. DHA dalam ikan salmon sangat penting untuk kesehatan mata. DHA merupakan komponen utama dari retina mata, dan konsumsi yang cukup dapat membantu mencegah penyakit mata.

Membantu Menjaga Berat Badan yang Sehat

Menjaga berat badan anak sebenarnya tidak terlalu sulit, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Salah satunya yaitu mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan. Agar lebih efektif, tidak ada salahnya menambahkan minyak ikan pada menu harian. Minyak ikan dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Gusi

Usia anak sangat rentan terhadap kesehatan gigi dan gusi, hal ini tidak lepas dari makanan yang dikonsumsi. Tidak terlalu heran apabila mereka suka minum es dan makan permen. Sebagai orang tua, anda tidak perlu khawatir akan hal ini. Pasalnya, manfaat minyak ikan salmon selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kesehatan gigi dan gusi pada anak-anak.

Rekomendasi Produk Minyak Ikan Salmon Terbaik

Setelah mengetahui manfaat minyak ikan salmon, selanjutnya kita bahas apa saja merek atau produk terbaik. Pastinya banyak sekali ditemukan di pasaran dengan harga bervariasi. Dinilai dari kandungan utama dan pendukung, serta manfaat yang didapatkan, berikut adalah rekomendasi produk dari kami!

1. Scott’s Emulsion Original

Scott’s Emulsion Original
Photo by Shopee.co.id

Scott’s Emulsion Original adalah suplemen nutrisi yang sering direkomendasikan untuk anak-anak sebagai dukungan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Produk ini mengandung minyak ikan, yang kaya akan asam lemak omega-3, terutama EPA dan DHA. Kedua asam lemak ini penting untuk perkembangan otak, penglihatan, dan fungsi kognitif yang baik.

Kandungan lain yang terdapat di dalamnya adalah vitamin A. Jenis vitamin ini berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh, termasuk sel kulit dan sel mata. Ini juga penting untuk menjaga kesehatan mata dan kulit. Selain itu juga ada Vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Merk Vitamin C yang Aman untuk Lambung

2. Nutrimax Kidz Omega 3

Nutrimax Kidz Omega 3
Photo by Biggo.id

Minyak ikan salmon yang bagus untuk pertumbuhan anak selanjutnya adalah Nutrimax Kidz Omega 3. Seperti yang diketahui, omega-3 adalah jenis asam lemak yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Produk ini cukup aman, karena dijamin tidak mengadung merkuri, polutan, dan zat berbahaya lainnya.

Kandungan EPA di dalamnya sebesar 40%, sedangkan untuk DHA sekitar 20%. Menariknya, merek ini tidak berasa amis seperti halnya produk lainnya, melainkan lemon. Dengan demikian, anak-anak pastinya suka dan tidak akan menolak ketika diberikan. Untuk hasil lebih maksimal, silahkan konsumsi 1 atau 2 kali sehari.

3. ChildLife Pure DHA Chewable Fish Oil

ChildLife Pure DHA Chewable Fish Oil
Photo by Tokopedia.com

Jika sebelumnya hadir dengan rasa lemon, untuk kali ini anak-anak pun dijamin suka. ChildLife Pure DHA Chewable Fish Oil menghadirkan varian rasa strawberry yang manis dan tidak terasa amis. Minyak ikan salmon yang bagus ini dikemas dalam bentuk permen, tujuannya untuk memudahkan anak mengonsumsi.

Produk ini terbuat dari minyak ikan murni tanpa tambahan kandungan apapun. DHA merupakan kandungan utama, yakni jenis asam lemak omega-3 yang sangat penting untuk perkembangan otak dan mata anak. Suplemen ini juga mengandung EPA, yang memiliki manfaat kesehatan, terutama terkait dengan dukungan sistem kekebalan tubuh.

4. Blackmores Kids Fruity Fishes

Blackmores Kids Fruity Fishes
Photo by Lazada.co.id

Blackmores merupakan salah satu merek ternama yang selalu menghadirkan suplemen terbaik. Tidak hanya untuk anak, namun banyak juga produk untuk dewasa yang layak dicoba. Namun kali ini yang kita bahas adalah Blackmores Kids Fruity Fishes, yaitu produk suplemen yang mengandung minyak ikan salmon terbaik untuk pertumbuhan anak.

Selain mengandung omega 3, merek ini juga diperkaya kandungan vitamin E. Omega 3 berfungsi untuk pertumbuhan otak anak, sedangkan vitamin E sebagai antioksidan alami yang menjaga daya tahan tubuh anak. Tersedia dua varian rasa yang dapat dipilih, yakni raspberry dan jeruk yang pastinya disukai anak-anak.

5. Nature’s Health Omega Junior

Nature’s Health Omega Junior
Photo by Tokopedia.com

Nature’s Health Omega Junior adalah produk selanjutnya yang kami rekomendasikan. Produk ini mengandung Asam lemak omega-3, seperti EPA dan DHA, seperti halnya produk sebelumnya. Keduanya membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi kadar trigliserida, meningkatkan kadar kolesterol baik, dan mengurangi peradangan.

Tidak hanya itu saja, minyak ikan salmon ini juga mengandung asam lemak tidak jenuh. Sebagaimana yang diketahui, kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan fisik dan kecerdasan otak. Rasa jeruk yang nikmat membuatnya disukai anak-anak. Apalagi dikemas dalam bentuk permen gel, sehingga seperti mengunyah permen.

6. Scott’s Emulsion Vita Sirup

Photo by Genpi.co

Pada umumnya, minyak ikan tidak disukai anak karena rasanya yang aneh dan amis. Namun tidak demikian dengan produk Scott’s Emulsion Vita Sirup. Merek ini dikenal kalangan luas karena promosi di berbagai media. Meski dikemas dalam bentuk sirup, namun penambahan rasa jeruk membuatnya tetap disukai anak.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Minuman Collagen Terbaik untuk Kesehatan Kulit

Untuk manfaatnya tidak jauh berbeda seperti halnya produk yang kami sebutkan diatas. Produk ini mengandung omega 3 tinggi, serta beberapa jenis vitamin lainnya. Mengonsumsi nya setiap hari akan menambah berat badan anak, mencerdaskan, dan juga menjaga daya tahan tubuh. Namun tetap pastikan sesuai dosis dan anjuran supaya hasilnya maksimal.

7. Nordic Naturals Children DHA

Nordic Naturals Children DHA
Photo by Nourishindonesia.com

Nordic Naturals Children’s DHA adalah suplemen nutrisi yang dirancang khusus untuk anak-anak. Suplemen ini mengandung asam lemak omega-3, terutama DHA. Ini adalah jenis asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan otak dan mata pada anak-anak. DHA merupakan komponen utama struktur sel-sel otak dan retina mata.

Selain itu, ada juga vitamin D, yang berperan penting dalam penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang. Vitamin A yang terkandung di dalamnya membantu untuk menyehatkan mata, menjaga sistem imun, dan mencegah infeksi. Anak-anak dijamin tidak akan menolak jika diberikan produk ini, karena mengandung aroma buah-buahan.

8. Healthy Care Fish Oil Omega 3

Healthy Care Fish Oil Omega 3
Photo by Suckhoekhop.com

Minyak ikan salmon yang bagus untuk pertumbuhan anak selanjutnya adalah Healthy Care Fish Oil Omega 3. Produk ini juga dapat dikonsumsi dewasa, namun tetap menyesuaikan dosis anjuran. Kandungan utamanya tidak lain adalah asam lemak omega-3, yang terutama terdiri dari DHA (asam dokosaheksaenoat) dan EPA (asam eicosapentaenoic).

Asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dengan meningkatkan profil lipid darah, mengurangi tekanan darah, dan memiliki efek antiinflamasi. Sedangkan DHA memiliki peran kunci dalam perkembangan otak, terutama pada bayi dan anak-anak. Produk dari Australia ini juga mampu menjaga kesehatan kulit dan sendi.

9. Scape Wellbeing Kids Omega-3 Fish Oil

Scape Wellbeing Kids Omega-3 Fish Oil
Photo by Mooimom.id

Masih membahas produk minyak ikan terbaik dari Australia, kali ini ada Scape Wellbeing Kids Omega-3 Fish Oil. Meskipun harganya lebih mahal, namun secara manfaat tidak dapat diragukan. Sesuai namanya, kandungan utama dari merek ini yaitu omega 3. Manfaatnya untuk menjaga pertumbuhan anak dan sekaligus mencerdaskan.

Menjaga kesehatan jantung, meningkatkan fungsi saraf dan pembuluh darah adalah beberapa manfaat lain. Dalam satu kemasan terdapat 300 kapsul, yang mana dijual sekitar 350.000 rupiah. Setiap kapsul berbentuk ikan yang lucu dan imut, rasanya pun manis. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan mengonsumsi sesuai dosis anjuran.

10. Natures Way Kids Smart Omega 3

Natures Way Kids Smart Omega 3
Photo by Naturalfarm.id

DHA dan EPA merupakan dua kandungan penting yang dibutuhkan tubuh. Namun sayang, tubuh tidak dapat menghasilkan dua kandungan tersebut sehingga harus didapatkan dari luar. Natures Way Kids Smart Omega 3 adalah produk yang mengandung keduanya. Produk ini sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan kecerdasan otak.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai minyak ikan salmon yang bagus untuk pertumbuhan anak. Kami juga membahas apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari kandungan ini. Hanya saja untuk mendapatkan hasil lebih maksimal, anda harus mengonsumsi secara teratur dan sesuai dosis anjuran.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Rafika Ilham

Rafika suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags