10 Rekomendasi Vitamin Penambah Darah untuk Penderita Anemia

10 Rekomendasi Vitamin Penambah Darah untuk Penderita Anemia

Anemia adalah salah satu gangguan tubuh ketika mengalami kurang darah. Salah satu cara untuk mengatasi gangguan ini yakni dengan mengonsumsi vitamin penambah darah. Yah, ada banyak sekali produk suplemen yang beredar di pasaran saat ini. Sayangnya tidak semua produk memberikan hasil terbaik, selain itu juga belum tentu sesuai yang dibutuhkan tubuh.

Sebagaimana yang diketahui, kekurangan darah yang dimaksud adalah sel darah merah atau eritrosit. Salah satu zat tubuh ini mengandung hemoglobin yang kaya akan zat besi. Fungsinya tidak lain untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh melalui peredaran darah. Seseorang yang mengidap gangguan ini pada umumnya memiliki gejala mudah lelah dan mata berkunang-kunang.

Semua orang berpotensi mengidap gangguan ini, tidak ada pengecualian. Meskipun anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, faktanya usaha tersebut kurang maksimal. Maka dari itulah diperlukan suplemen vitamin yang dengan berbagai zat lain yang dibutuhkan tubuh, misalnya zat besi, vitamin B2, asam folat, dan lain sebagainya.

Gejala Anemia

Vitamin Penambah Darah, Gejala Anemia
Image by Okezone.com

Sebelum anda membeli vitamin penambah darah untuk anemia, ada baiknya mengenal terlebih dahulu gejalanya. Bisa jadi apa yang anda rasakan bukan karena kekurangan darah, melainkan gangguan kesehatan lainnya. Sebenarnya sangat mudah mengenali ciri-ciri anemia, karena ada banyak sekali yang bisa diperhatikan.

Misalnya saja ketika anda mudah lelah ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Mudah lelah yang dimaksud bukan ketika melakukan aktivitas berat, namun aktivitas yang sangat ringan. Bahkan beberapa kasus untuk melakukan aktivitas jalan saja sudah terasa lelah. Meski demikian, bukan berarti gejala ini pasti dianggap anemia, karena banyak gejala lain.

Pada umumnya, salah satu gejala lain yang dimaksud yaitu pusing disertai mata berkunang-kunang. Gejala anemia ini biasanya terjadi ketika anda bangun dari duduk atau ketika tiduran. Memang hanya bersifat sementara, namun dalam tahap yang serius bisa menyebabkan pingsan dan kehilangan keseimbangan.

Gejala lain yang membutuhkan vitamin penambah darah adalah ketika anda sering mengantuk. Selain itu, wajah terlihat pucat meski tidak terasa lelah atau setelah beraktivitas. Apabila semua gejala tersebut disertai nyeri pada dada dan detak jantung tidak teratur, maka hampir dipastikan anda menderita anemia.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Suplemen Peninggi Badan Tercepat

Rekomendasi Vitamin Penambah Darah

Apakah semua gejala anemia diatas anda rasakan saat ini? Jika memang iya, maka anda butuh suplemen untuk membantu menambah darah. Ada banyak produk vitamin yang ditemukan di pasaran, sebagian telah kami rangkum dengan sedikit penjelasan berikut!

1. Spirulina Plus

Spirulina Plus
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Tokopedia

Produk vitamin yang bagus adalah yang mudah diserap oleh tubuh. Kelebihan ini ada pada Spirulina Plus yang diproduksi dengan teknologi canggih dan modern. Sesuai namanya, vitamin ini dibuat dari bahan utama Spirulina yang berbentuk molekul kecil sehingga mudah diminum atau dikonsumsi.

Manfaatnya bukan hanya untuk menambah darah, namun juga untuk memperbaiki masalah pencernaan lambung, menurunkan darah tinggi, mengatasi penyakit hati, dan diabetes. Semua manfaat ini didapatkan karena kandungan di dalamnya, yaitu phycocyanin, phytonutris, dan kandungan lain yang dibutuhkan tubuh.

2. Tonikum Bayer

Tonikum Bayer
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Beberapa vitamin penambah darah mungkin sudah anda kenal lebih lama. Ini dikarenakan produk yang dimaksud menggunakan media sebagai promosi. Salah satu yang dimaksud yaitu Tonikum Bayer, pastinya anda mengenal vitamin ini bukan? Multivitamin ini mengandung banyak sekali zat penting yang dibutuhkan tubuh.

Adapun beberapa zat yang dimaksud diantaranya kalsium, seng, zat besi, dan berbagai macam vitamin. Semua kandungan tersebut terbukti efektif meningkatkan sel darah merah untuk mengatasi gangguan anemia. Menariknya, produk ini aman untuk segala usia dan berbagai kondisi, misalnya ibu hamil, pasca melahirkan, dan menstruasi.

3. Novabion

Novabion
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Tokopedia

Novabion merupakan rekomendasi produksi selanjutnya yang perlu anda pertimbangkan. Multivitamin ini sangat cocok bagi yang sedang menderita anemia. Manfaat utamanya adalah merangsang dan membentuk hemoglobin, yang mana fungsi utamanya untuk memproduksi sel darah merah.

Berbagai kandungan penting untuk tubuh ada pada produk vitamin ini, seperti ferrous gluconate, zat besi, mangan, dan asam folat. Meski banyak manfaat yang didapatkan, namun anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membelinya. Pasalnya, produk ini dijual dengan harga murah dan banyak di temukan di pasaran.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Vitamin Penambah Nafsu Makan Tanpa Efek Samping

4. Sakatonik Liver

Sakatonik Liver
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Tokopedia

Vitamin penambah darah untuk anemia selanjutnya adalah Sakatonik Liver. Multivitamin ini juga mungkin sudah anda kenali karena sampai saat ini masih menggunakan media promosi iklan di televisi. Bukan hanya untuk menambah hemoglobin atau sel darah merah, melainkan juga merangsang produksinya.

Dengan mengonsumsi vitamin ini secara teratur, anemia dan gangguan kesehatan lainnya dijamin berangsur membaik. Kandungan penting yang dibutuhkan tubuh diantaranya adalah vitamin B1, vitamin B6, nicotinamide, kalsium, dan natrium. Selain menambah darah, vitamin ini juga mengatasi gangguan mudah letih dan lesu ketika beraktivitas.

5. Nat B

Mega Nat B
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Tokopedia

Produk berikutnya adalah Nat B, cocok bagi anda yang ingin mendapatkan takaran pas dari suplemen multivitamin. Manfaat yang didapatkan dari produk ini tidak hanya sebagai penambah darah, namun ada banyak lainnya. Misalnya saja untuk menambahkan energi, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mengatasi depresi.

Semua manfaat yang disebutkan tadi didapatkan dari kandungan utamanya. Produk ini mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang cukup murah. Dengan kemasan botol isi 40 kapsul, anda cukup menggantinya seharga 90 ribu rupiah. Satu botol bisa untuk 1 bulan pemakaian rutin jika anda mengonsumsi satu kapsul per hari.

6. Sangobion

Sangobion
Cek Harga di LazadaCek Harga di Tokopedia

Siap yang tidak kenal Sangobion, vitamin penambah darah ini sangat efektif membantu penderita anemia. Hingga saat sekarang, produk ini masih sering terlihat di media televisi. Harganya pun sangat murah, hanya sekitar 15 ribu untuk satu kaplet isi 10 tablet. Selain di apotek dan toko obat, anda bisa mendapatkan produk ini di toko online.

7. Cyano Spirulina

Cyano Spirulina
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Tokopedia

Spirulina telah lama dikenal sebagai bahan yang sangat bagus untuk menambah darah. Cyano Spirulina adalah salah satu produk yang menggunakan bahan tersebut, sesuai namanya. Selain bermanfaat untuk menambah darah, produk ini juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Vitamin untuk Badan Lemas dan Lesu, Dijamin Menambah Energi

Ini dikarenakan kandungan antioksidan tinggi pada bahan yang digunakan. Bukan hanya itu, manfaat lain yang didapatkan juga untuk mencegah kanker. Sayangnya, produk multivitamin ini cukup mahal. Di pasaran dijual dengan harga sekitar 380 ribu rupiah, tergantung dimana anda membelinya.

8. Hufabion

Hufabion
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Bagi ibu hamil dan sedang menyusui, vitamin penambah darah sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar. Apabila anda saat ini sedang berada pada kondisi tersebut, maka pilihan terbaik adalah mengonsumsi Hufabion. Berbeda dengan produk sebelumnya yang cukup mahal, kali ini anda bisa mendapatkannya seharga 5 ribu rupiah.

9. QnC Jelly Gamat

QnC Jelly Gamat
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Tokopedia

Produk vitamin yang baik adalah yang dibuat dari bahan alam, seperti halnya QnC Jelly Gamat. Produk ini menggunakan bahan dari laut, tepatnya teripang emas yang juga dikenal sebagai gamat laut. Hewan yang berbentuk mirip mentimun ini kaya akan manfaat dan sangat baik untuk kesehatan.

Menariknya, produk ini merupakan hasil alam nusantara, artinya merupakan produk lokal. Gamat atau teripang mengandung banyak zat penting yang dibutuhkan tubuh, diantaranya adalah omega, kolagen, vitamin, dan mineral. Produk ini aman untuk semua usia dan kondisi, baik dewasa maupun anak-anak.

10. Livron B Plex

Livron B Plex
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Tokopedia

Rekomendasi produk vitamin yang terakhir yaitu Livron B Plex yang mungkin sudah familiar bagi anda. Produk ini memang untuk menambah darah, namun hal itu bukan satu-satunya manfaat yang didapatkan. Selain itu, masih ada banyak manfaat lainnya, seperti meningkatkan imun tubuh dan menjaga tubuh tetap fit.

Bukan hanya itu, berbagai masalah kesehatan yang disebabkan karena kekurangan vitamin B juga dapat diatasi dengan suplemen ini. Adapun penyakit yang dimaksud yakni infeksi, pendarahan, dan masih banyak lainnya. Dalam satu tablet terdapat banyak kandungan, misalnya kalsium, mineral, zat besi, dan asam amino.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai rekomendasi vitamin penambah darah bagi penderita anemia. Menjaga kesehatan sangat penting, karena sehat itu mahal. Daripada mengobati, alangkah baiknya kita mencegah terlebih dahulu. Beberapa langkah pencegahan untuk gangguan kesehatan ini yaitu olahraga teratur, makanan sehat, dan istirahat yang cukup.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Nikeisha

Nikeisha suka bepergian, fotografi dan pastinya makanan enak. Dia paling sering bersama dengan laptopnya, menulis apa saja yang muncul dibenaknya.

Tags