10 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Ibu Menyusui

10 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Ibu Menyusui

10 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Ibu Menyusui

Vitamin sangat dibutuhkan oleh siapa saja, apalagi untuk ibu hamil dan menyusui. Sayangnya, dalam kondisi ini tidak diperbolehkan mengonsumsi sembarang jenis vitamin. Pasalnya, ada beberapa kandungan yang tidak boleh masuk pada tubuh yang justru berbahaya. Selain itu, bisa jadi multivitamin yang dipilih tidak berpengaruh pada apa yang diharapkan.

Menjaga tubuh agar selalu sehat menjadi kewajiban semua orang, apapun kondisinya. Sebenarnya sangat mudah untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar setiap hari. Kita hanya perlu mengatur pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang bergizi. Pada kenyataannya, tidak mudah untuk melakukan hal seperti ini.

Alasannya bisa jadi karena tidak adanya waktu, malas, dan alasan lainnya. Sebagian orang memilih produk multivitamin sebagai gantinya. Meski harus dibarengi dengan pola hidup sehat supaya hasilnya lebih efektif, namun setidaknya membantu menjaga imun tubuh. Produk vitamin yang baik harus memiliki kandungan yang dibutuhkan tubuh ibu menyusui.

Cara Memilih Vitamin Terbaik untuk Ibu Menyusui

Vitamin Terbaik untuk Ibu Menyusui
Image by Orami.co.id

Sebelum mengetahui apa saja vitamin terbaik untuk ibu menyusui, sebaiknya kita simak dulu bagaimana cara memilihnya. Ini dikarenakan banyaknya produk yang anda temukan di pasaran. Memilih salah satunya bisa jadi membingungkan, apalagi untuk ibu menyusui yang tidak boleh sembarang mengonsumsi kandungan di dalamnya.

✦ Ketahui Bahan Pelancar ASI

Tujuan utama ibu hamil mengonsumsi multivitamin bukan hanya untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, tujuan lain yang diharapkan adalah supaya ASI semakin lancar. Seperti yang diketahui, tidak semua ibu menyusui memiliki ASI yang lancar, apalagi ketika awal memiliki bayi. Pastikan produk yang anda pilih mengandung daun katuk.

Kandungan utama daun katuk adalah lactagogue, fungsinya untuk merangsang ASI dan meningkatkan hormon prolaktin. Kandungan lain yang wajib diperhatikan adalah Fenugreek yang tidak hanya melancarkan ASI, namun juga menambah berat badan bayi. Pertimbangkan juga daun kelor yang mengandung vitamin B6, vitamin C, dan provitamin A.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Vitamin untuk Badan Lemas dan Lesu, Dijamin Menambah Energi

✦ Pilih Bentuk Vitamin

Vitamin terbaik untuk ibu menyusui tidak jauh berbeda dengan multivitamin lainnya dalam hal bentuk. Ada yang berbentuk kapsul, bubuk, dan juga sirup yang praktis. Sesuaikan dengan kebutuhan dan selera, sirup lebih cocok bagi ibu hamil yang tidak ingin repot menelan kapsul dengan bantuan air putih.

Namun jika anda ingin mendapatkan manfaat sambil merasakan nikmatnya rasa multivitamin, bentuk bubuk lebih disarankan. Bentuk ini lebih cocok bagi ibu yang memiliki banyak waktu dan bersantai. Tidak hanya bisa dikonsumsi berupa minuman, pada umumnya vitamin yang dimaksud bisa dinikmati dengan mencampurnya pada makanan.

✦ Hindari yang Mengandung Zat Adiktif

Perlu anda ingat, semua yang anda konsumsi pada saat hamil juga diserap oleh tubuh bayi. Jadi sebisa mungkin hindari vitamin untuk ibu menyusui yang mengandung zat adiktif. Memang tidak begitu masalah untuk ibunya, tetapi bisa jadi masalah bagi bayi. Bahan adiktif yang dimaksud biasanya berupa pewarna, pemanis buatan, pengawet, dan rasa buatan.

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Menyusui

Setelah menyimak beberapa tips memilih multivitamin diatas, sebenarnya saat ini tidak sulit bagi anda untuk menemukan pilihan. Tetapi dengan tujuan agar lebih spesifik dan mempermudah pilihan, berikut kami berikan rekomendasi yang diambil dari berbagai sumber!

1. Bossi ASI Booster

Bossi ASI
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Bossi ASI dapat dijadikan pilihan utama bagi anda yang sedang mencari suplemen vitamin terbaik untuk ibu menyusui. Produk ini memiliki tiga kandungan utama pelancar ASI yang disebutkan diatas, yakni fenugreek, daun katuk, dan daun kelor. Kemasannya kapsul, anda perlu air putih untuk mengonsumsi nya.

Meski sedikit ribet, namun dalam hal manfaatnya tidak dapat diragukan. Semua kandungan yang disebutkan memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sebagai contoh adalah zat besi, vitamin C, asam lemak, dan diosgenin. Produk suplemen vitamin dari Bossi ini dijual di kisaran 210.000 rupiah, tergantung dimana anda membelinya.

2. Asifit

Asifit
Cek Harga di TokopediaCek Harga di Blibli
Baca Juga:  10 Rekomendasi Vitamin Penambah Nafsu Makan Tanpa Efek Samping

Apabila produk diatas dianggap mahal, silahkan pertimbangkan Asifit yang diproduksi oleh Kimia Farma. Produk ini dijual tidak lebih dari 80.000 rupiah dengan manfaat yang tidak kalah bagusnya dari produk lain. Meskipun kandungan utamanya hanya dari daun katuk, bahan pendukungnya cukup lengkap.

Nutrisi yang didapatkan dari vitamin terbaik untuk ibu menyusui ini diantaranya adalah vitamin B1, B2, B6, dan vitamin B12. Produk ini aman dikonsumsi setiap hari atau sesuai aturan yang berlaku. Sebab semua bahan yang terkandung di dalamnya termasuk herbal. Manfaat lain selain melancarkan ASI yaitu meningkatkan stamina ibu.

3. Mom Uung Asi Booster

Mom Uung Asi Booster
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Bagi anda yang dalam proses persalinannya harus operasi, Asi Booster sepertinya cocok dijadikan pilihan. Produk ini tidak hanya mengandung bahan herbal dari tumbuhan, namun juga hewani. Selain daun katuk dan daun kelor, produk yang di banderol seharga 75.000 ini juga mengandung ikan gabus.

Seperti yang diketahui, ikan gabus memiliki manfaat yang sangat baik untuk penyembuhan luka. Bagi bayi, kandungan albumin pada ikan bagus dapat mempercepat pertumbuhannya. Kandungan ikan air tawar pada multivitamin yang diproduksi oleh Mom Uung ini juga mengandung bahan yang dapat merangsang pertumbuhan hormon prolaktin dan oksitosin.

4. Milkapalooza

Milkapalooza
Cek Harga di TokopediaCek Harga di Blibli

ASI sangat penting bagi pertumbuhan bayi, meski hanya satu tetes yang keluar dari sang ibu. Maka dari itu, sebaiknya mematikan bahwa ASI keluar dengan lancar supaya tumbuh kembang bayi tidak terhambat. Selain yang telah disebutkan diatas, vitamin terbaik untuk ibu menyusui selanjutnya adalah Milkapalooza.

Produk dari Legendairy Milk ini memang mahal, namun soal khasiat tidak perlu ditanya. Apalagi multivitamin ini tersertifikasi oleh FDA dan terbukti halal. Bahan yang digunakan dari organik, itulah kenapa harganya mencapai 375.000 rupiah. Sayangnya, produk ini tidak boleh dikonsumsi saat hamil, jadi hanya ketika menyusui saja.

5. Almond Milk Powder

Almond Milk Powder
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Almond Milk Powder merupakan salah satu multivitamin dalam bentuk bubuk yang memiliki banyak varian rasa. Produk ini tidak mengandung pengawet, perasa buatan, dan juga pewarna. Mengonsumsi nya setiap hari dijamin aman, selain itu juga mendapatkan manfaat. Sesuai namanya, kandungan utama suplemen yang diproduksi Mama’s Choice ini adalah kacang almond.

Baca Juga:  10 Minyak Ikan Salmon yang Bagus untuk Pertumbuhan Anak

Tentu bukan hanya itu saja bahan yang membuatnya mampu memberikan kesehatan maksimal dari ibu hamil. Selain kacang almond, vitamin terbaik untuk ibu hamil ini mengandung daun katuk, fenugreek, dan ekstrak kurma. Menariknya, ada kandungan kalsium di dalamnya yang dapat menguatkan tulang ibu dan bayinya.

6. Vitonal-ASI

Vitonal-ASI
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Salah satu faktor produksi ASI yang tinggi adalah makanan yang bergizi. Ibu hamil disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan yang bergizi. Sayangnya, tidak semua ibu bisa melakukannya. Ada sebagian yang kehilangan nafsu makan karena alasan tertentu. Solusinya adalah Vitonal-ASI yang dapat menambah nafsu makan untuk melancarkan ASI.

7. Pregnancy and Breast-Feeding Gold

Pregnancy and Breast-Feeding Gold
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Blackmores merupakan suplemen multivitamin yang tidak pernah diragukan kualitasnya. Melalui Pregnancy and Breast-Feeding Gold, mereka menawarkan solusi terbaik bagi ibu yang kesulitan memproduksi ASI. Multivitamin yang dijual seharga 250.000 ini mengandung minyak ikan dan Dunaliella salina sebagai bahan utamanya.

8. Herbs ASI Booster

Herbs ASI Booster
Cek Harga di TokopediaCek Harga di Blibli

Kacang almond seringkali dijadikan bahan untuk multivitamin karena manfaatnya. Adapun salah satu manfaat yang dimaksud adalah untuk memberikan nutrisi pada otak dan kulit. Produk vitamin terbaik untuk ibu menyusui yang mengandung bahan ini adalah Herbs ASI Booster. Pastinya ada kandungan lain di dalamnya, yaitu daun katuk dan fenugreek.

9. Teh Pelancar ASI

Teh Pelancar ASI
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Sesuai namanya, multivitamin selanjutnya tersedia dalam bentuk teh. Produk ini tidak mahal, hanya dijual di kisaran harga 40.000 rupiah. Murah bukan berarti murahan pastinya, karena ada banyak manfaat yang anda dapatkan. Selain dapat melancarkan ASI, vitamin ini juga mampu mengendalikan stres yang biasanya sering dialami ibu menyusui.

10. Lactamor

Lactamor
Cek Harga di TokopediaCek Harga di Blibli

Jika ada produk vitamin yang tidak diperbolehkan dikonsumsi ketika hamil, pastinya ada produk yang justru disarankan. Lactamor yang diproduksi oleh Kalbe disarankan dikonsumsi menjelang kelahiran, tepatnya 7 hari sebelum HPL. Tujuannya untuk mencegah kontraksi dini, terutama bagi ibu yang baru pertama kali hamil.

Ada banyak sekali vitamin terbaik untuk ibu menyusui yang masih belum disebutkan. Masing-masing produk memiliki kelebihan dan kekurangan, cukup wajar memang. Namun pastikan bahwa apapun pilihan anda, usahakan yang mengandung bahan herbal karena terbukti aman dan tidak mengandung efek samping.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Rafika Ilham

Rafika suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags